IKLAN

Selasa, 20 April 2010

Si Gaptek Pengen Belajar Terus

Jujur aku mengakui, aku gaptek banget sama yang namanya internet. Apalagi bidang pekerjaanku jauh banget sama teknologi informasi seperti ini. Tapi, karena aku sekolah lagi S2, mau nggak mau aku harus rajin buka internet. Jadi ceritanya, sejak kuliah lagi S2 satu setengah tahun lalu, aku suka buka internet untuk cari bahan kuliah. Yah, banyak sekali tugas -tugas yang bahannya harus cari di internet.



Awalnya, yang ngajarin aku internet adalah suamiku sendiri. Pada suatu pagi Minggu, aku diajak suami ke warnet dekat rumah. Step by step dia mengajari, mulai dari cara mengoperasikan PC, bikin email, sampai mendaftar di fesbuk, dan membuka beberapa situs. Suamiku juga mengajarkan bagaimana membuka situs 'google'. Karena dengan mesin pencari 'google' apa saja yang kita cari akan kita dapatkan.

Alhasil, atas bantuan seorang saudara, aku punya blog pribadi. Namanya 'rita asmara blog', sesuai dengan namaku sendiri. Sejak punya blog, aku mulai rajin menulis apa saja yang pengen aku tulis. Yah, semacam diary gitu! Aku juga banyak belajar dari si Andre, seorang remaja petugas operator warnet langgananku. Berkat dia, sedikit demi sedikit pengetahuan tentang internet dan blogging dapat aku ketahui.

Tapi, sejak dua bulan ini aku nggak bisa lagi belajar sama si Andre. Itu karena warnet tempatnya bekerja pindah ke tempat lain. Otomatis si Andre juga ngikut pindah! Sejak itu, aku belajar sendiri alias otodidak bagaimana caranya mengelola dan mengutak-atik blog. Blog-ku yang ada sekarang ini terasa masih 'garing', gak ada greget. Itu karena aku belum mahir bagaimana membuat blog menarik dan dikunjungi orang lain.

Alhasil, aku pernah membaca buku bahwa supaya blog kita dikunjungi orang lain kita harus pakai teknik 'blog-walking'. Apa pula tuh maksudnya? Karena nggak ada lagi si Andre yang bisa ngajarin, terpaksa malam itu aku sms ke Eka, saudara yang bikinin blog-ku.

"Eka, bagaimana caranya kita membuat 'blog-walking' supaya blog kita dikunjungi orang?" tanyaku malam itu melalui sms.

"Caranya, main ke blog orang yang sama topiknya. Terus kasih komen. Paling akhir dari komen kita tulis alamat blog kita "www.ritaasmara.blogspot.com". Gitu, Mbak...!" balasnya melalui sms.

"Oh gitu ya? Berarti yang aku lakukan selama ini salah caranya. Selama ini kalau selesai komen aku kasih alamat email saja!"

"Jangan email, nggak ada gunanya, tapi hyperlink website kita saja, yang kalau diklik langsung buka web kita..."

"Terus, apa bedanya 'blogroll' dengan 'link'? tanyaku kemudian.

"Hmm, 'link' belum tentu 'blogroll' tapi 'blogroll'pasti dibuat 'link'. Blogroll adalah list atau daftar blog teman-teman kita yang kita sukai. Dibuat hyperlink biar gampang, diklik saja langsung masuk ke web itu! Kalau nggak dibuat hyperlink harus ngetik ulang di alamat mozilla-nya, misal "www.cerita.com"! jelasnya panjang lebar.

"Terus, bagaimana caranya membuat tambahan blog yang kita sukai? Aku lupa caranya, maklum gaptek nih!"

"Di blogspot kayaknya ada settingannya, coba saja deh Mbak! Tapi saranku jangan banyak-banyak blogrollnya. Lebih bagus kalau janjian dulu sama yang punya blog. Mbak pasang blog si teman, nah si teman mau nggak pasang blogroll di blognya dia?"

"Oh kalau yang itu kebetulan aku sudah pasang blog temen yang aku sukai. Aku sudah janjian koq sama dia, dia mau pasang blogku juga di linknya dia." uraiku.

Aku langsung ingat sama blog Sang Cerpenis Bercerita miliknya Mbak Fanny. Saat aku buka blognya, dia nawarin untuk tukeran link. Karena itu aku langsung bikin link blognya Mbak Fanny di blogku. Terus, aku kasih kabar padanya bahwa aku sudah pasang linknya dia di blogku. Mbak Fanny pun menyambut tawaran itu dengan memasung link blogku di blognya dia.

Sekarang aku punya daftar tiga blog yang terus aku pantau up-datenya. Aku juga pasang link beberapa web yang menarik bagiku. Berkat si gaptek mau belajar terus, kini aku ngerti bagaimana menambah daftar blog dan membuat link. Yang belum aku tahu bagaimana menambah foto-foto agar blogku lebih cantik penampilannya. Ada yang mau bantu nggak ya?

22 komentar:

  1. gaptek ga gaptek
    sing penting maju terus mba
    ayo semangat

    lha mba fanny juga ada blog MISS GAPTEK

    sukses selalu ya mba
    ayo blogwalking lagi
    tapi ga mesti yang sama topik lho
    blog walking itu adalah silaturahmi dunia blog

    BalasHapus
  2. Makasih ya Dik sdh ngasih semangat buat Mbak..

    BalasHapus
  3. bener kata bang atta, blogwalking alias bw gak harus blog yg topiknya sama. kamu bisa nanya2 kok ke bang atta. dia baik dan mo menolong teman. aku juga dulu dibantu dia.

    BalasHapus
  4. Mbak Rita...tukeran link sama saya, yuk...

    BalasHapus
  5. Permisi.. yuk.. ada tambahan dikit..

    Soal foto, agak ribet, bagus di upload dulu ke webhosting misal flickr, ntar dapat urlnya, nah br dico-pas ke postingan yg mo dikasih foto. Klo dr komputer agak lelet, nantinya.

    Selain itu, blogwalking gunanya menambah "traffic", umumnya org br akan datang setelah dikunjungi dan dikasih komentar, minimal di shoutboxnya.

    Perlu strategi promosi gerilya biar blog kita rame. Klo bagus dan berkualitas, org akan kembali.

    Sering2 berkunjung dan memberi komen. Saat memberi komen, jgn lupa pilih name/url. Jd kita bs masukkin nama dan alamat web. Gunanya scr alami meninggalkan backlink yg berguna buat (SEO)

    Gunanya tukar link, spt ayuk dg sang cerpenis, adalah u/ menaikkan martabat (pagerank) blog ayuk di gugle. Shg ketika orang search, maka blog ayuk ada di hal 1-2 (teratas) untuk suatu kategori (tergantung keywordnya).

    Sekian dulu, maaf bukan menggurui.. sekedar sharing,, ^^

    BalasHapus
  6. Wah, makasih banget sudah dikasih info yg sgt bermanfaat buat Ayuk.. Ntar Ayuk boleh dong tanya2 lg ke Atif.. Soalnya saudara Ayuk si Eko yg ngajarin blog minggu depan dah pindah ke Cirebon..

    BalasHapus
  7. rajin2 nanya sama blogger yg udah pengalaman aja, sis.

    BalasHapus
  8. sama2 makasi juga udah berkunjung dan bersedia berikan komentar.. :)

    BalasHapus
  9. Hai Mba Rita, thanks yah dah mampir ke blog keluargazulfadhli.

    Hihihi toss dulu ah, gw juga gapteks. Makanya baru terealisasi punya blog di akhir November 2009. Padahal mah dah napsu dari dulu cuma kaga tau cara bikinnya :-)

    Yuks mari kita tukeran link. Gw pasang yah Mba di list friends gw.

    Btw baru pulang umroh yah? Alhamdulillah yah Mba. Dan emang kalo udah beridir di depan Ka'bah air mata tanpa diminta pasti mengalir dengan sendirinya. Kaya gw dulu pas mo tawaf pertama juga begitu, berasa keciiiiiilllll banget dan banyak dosnya.

    ya sud lah Mba, kepanjangan neh komennya. Sukses selalu yah Mba :-)

    BalasHapus
  10. makasih yah, mabk dah berkenan ke blog saya :)

    Salam kenal, yuk, tukeran link ama saya :)

    BalasHapus
  11. Salam kenal Mba Rita. Thanks udah berkunjung ke blog keluargazulfadhli :-) Blog Mba saya link yah..........

    Btw toss ah saya juga orangnya gaptex Mba. Pengen punya blog ajah baru terealisasi akhir November 2009. Itupun isi blognya 'plain' ajah dibanding punya orang2 yang rame dan keren. Tapi gpp, yan penting punya hehehe

    Oya, Mba baru pulang umroh yah? Hiks, jadi inget dulu juga pertama kali liat Ka'bah langsung air mata tumpah ruah, karena ngerasa keciiiiillll banget dan banyak dosa.

    Ocreh deh Mba, sekian dulu komennya. Salam untuk suami. Semoga tesis Mba cepet kelar yah. Amien :-)

    BalasHapus
  12. Kunjungan pertama nih keknya, slam kenal dulu ah.... yang penting kita semua sama-sama belajar.... pasti akan bisa karena terbiasa.....

    BalasHapus
  13. siipppp

    link "rita asmara ningsih"
    juga udah kupajang
    tengkyu ya mba

    keep spirit

    BalasHapus
  14. link "rita asmara ningsih" dah dipasang juga

    BalasHapus
  15. semangat terus. lama-lama juga terbiasa. bukankah skill didapat karena terus berlatih ?

    BalasHapus
  16. Selamat ya yuk,.. salut atas semangat belajar nya, hayo belajar terus...

    BalasHapus
  17. ada dua menurutku guna tukeran link :
    pertama untuk memudahkan silaturahmi sesama blogger.
    kedua untuk mendapatkan backlink yang berguna untuk mendapatkan nilai PageRank dari Google.

    penempatan ;
    1. di halaman depan (kek punya mba rita)
    2. di dalam postingan (kek punya aku)

    BalasHapus
  18. Salam kenal, belajar tak ada batas usia kecuali kematian, tetap semangat

    BalasHapus
  19. Yang penting nggak malu bertanya dan rajin ngutak-atik, Mbak.. :-)
    Kalau aku dulu ngeblog utak-atik sendiri, nggak ada yang ngajarin. Trus kalau berkunjung ke blog orang, coba-coba niru. Eh, kok dia bisa bikin gini ya, gimana caranya yah.. Trus, di coba-coba. Lama-lama bisa.
    Semangat! :)

    BalasHapus
  20. yang penting terus semangat untuk belajar mbak.. :)

    salam kenal

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...