FB vs BLOG

Seorang teman, sebut saja namanya si XX, menyapa saat sedang online di jejaring facebook. "Halo apa kabar, kemana aja nih, koq gak p...

Seorang teman, sebut saja namanya si XX, menyapa saat sedang online di jejaring facebook.

"Halo apa kabar, kemana aja nih, koq gak pernah online lagi?' sapanya.

"Kabar baik." balasku singkat. "Aku selalu online koq, tapi memang aku jarang buat status atau komen di facebook. Aku lebih suka mengutak-atik blog." lanjutku.



Yah, paling-paling cuma buka doang, melihat up-date status teman-teman. Kadang statusnya bikin kita tersenyum lantaran lucu. Kadang postingan mereka bikin hati miris lantaran komen-komennya yang terasa tidak pantas ditulis di facebook.

Saat membaca up-date status dari teman lainnya, seolah-olah apa yang ditulisnya di status facebook adalah bentuk ekspos jati dirinya sesungguhnya. Dia dengan 'vulgarnya' (lho koq vulgar? serem banget istilahnya, hikhik..) mengkapkan bahwa dirinya mendapatkan promosi jabatan yang cukup bergengsi. Padahal jabatan itu belum tentu lho menjadi miliknya. Kan masih banyak tahapan-tahapan yang mesti dilalui. Bahkan tidak menutup kemungkinan jabatan itu justru jatuh pada orang lain. Kalau sudah begini apa kita tidak malu sudah mengeksposnya ke orang lain?

Dalam kesempatan lainnya, aku melihat up-date status teman, yang isinya selalu keluhan-keluhan. Apa gak bosen ya mengeluh terus? Bukankah masih ada cara lain membuat status yang lebih bermanfaat bagi orang lain yang membacanya?

Well, apa pun pilihan teman-teman tersebut sesungguhnya adalah hak mereka untuk menulis up-date status mereka di facebook dengan komen yang beragam. Tetapi yang perlu dingat, harus hati-hati menulis status. Sebab, bisa saja ada yang tersinggung dengan status yang kita tulis, lho. Apalagi Undang-undang Informasi Teknologi sudah diberlakukan. Sebut saja kisah seorang ibu muda di Jakarta yang tersandung kasus dan dijerat masalah hukum, gara-gara menulis keluh-kesahnya terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan oleh salah satu rumah sakit swasta. Ibu muda itu akhirnya dipenjara karena terbukti melanggar Undang-undang Informasi Teknologi.

Oleh karena itu aku lebih tertarik menulis dalam blog pribadiku. Sebab, aku bisa menulis apa saja. Aku bisa menulis curhat-curhatku dengan leluasa tanpa menyinggung perasaan orang lain. Sejak punya blog, aku punya teman baru dari dunia maya dan bertukar informasi dengan membuat link ke blog mereka. Ketika membaca link blog teman-teman, ada saja hal-hal baru yang menarik buat dibaca. Dengan membuat link blog beberapa teman, tulisan yang aku baca pun beragam Sejak nge-add blog teman dan rutin membukanya, aku jadi lebih hemat nih. Soalnya, tak perlu lagi beli beragam majalah, cukup buka blog teman, dan dapat sudah informasi yang aku inginkan.

Thanks teman atas kesediaannya bertukar link denganku..

COMMENTS

BLOGGER: 9
  1. hehe....
    salam kenal ya...
    makasih banyak infonya

    BalasHapus
  2. Setuju tuh non, emang kayaknya mesti bijak & hati2 kalo nulis di fb, jangan sampe vulgar seperti istilahnya non. Bang Pendi juga punya akun fb tapi cuman ngeliat pesen masuk doang...he..he

    alam hangat & sehat selalu...

    BalasHapus
  3. Sama Mba, gw juga jarang banget bikin status di FB. Paling FB gw gunakan untuk ceting sama teman, sahabat, dan keluarga di tanah air. Plus imel2an ajah kalo ada yang penting2.

    Yup, saat gw punya blog, gw ngerasa hepi coz tambah banyak temen. Uneg2 ato cerita2 yang banyak berkeliaran di kepala juga bisa dituangkan.

    Ocreh deh Mba, semangat terus yah nge-blognya :-)

    BalasHapus
  4. kalo curhat di blog bisa nulis panjaaaaaaaaaaaaaaang
    blogger.com belom ngasi batasan

    kalo di fb ada aturan baru cuma bisa 452 karakter (berubah turun dari dulunya 5000 karakter)

    BalasHapus
  5. setuju dg bang atta. di blog bisa cerita panjang dan lebar.

    BalasHapus
  6. Dateng lagi hujan2...mao cari kopi susu...he...he

    Makasih dah berkunung...
    Salam hangat & sehat selalu...

    BalasHapus
  7. setuju saya bun, lebih baik ngeblog

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: FB vs BLOG
FB vs BLOG
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2010/05/fb-vs-blog.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2010/05/fb-vs-blog.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy