Isteri Kedua dan Ketiga

Waktu aku masih kecil, aku bersama keluarga menempati sebuah rumah dengan halaman luas yang ditumbuhi rumput gajah. Di atas rumput-rumput it...

Waktu aku masih kecil, aku bersama keluarga menempati sebuah rumah dengan halaman luas yang ditumbuhi rumput gajah. Di atas rumput-rumput itu bahkan aku dan adik-adik biasa bermain. Masih kuingat, kami sering meletakkan sehelai kain lusuh dan jingkak-jingkrak di atasnya. Bahkan kami berguling-guling sambil tidur-tiduran di atas sehelai kain itu. Rasanya seperti tiduran di atas kasur busa yang empuk.


Papaku punya seorang tukang potong rumput langganan, Lek Marso namanya. Setiap bulan Lek Marso pasti mampir ke rumah memotong rumput di halaman rumah kami. Kalau jadualnya telat maka rumput-rumput itu akan semakin tinggi membentuk semak-semak. Takutnya nanti ada ular bersarang di semak-semak kalau telat memotongnya, begitu kata papaku kala itu.

Aku pun akhirnya menjadi akrab dengan sosok Lek Marso. Dalam suatu kesempatan aku berbincang dengannya.

"Lek, capek gak motong rumput terus?" aku mengajukan pertanyaan lugu khas anak kecil.

"Ya nggaklah Mbak, ini kan sudah jadi pekerjaan Lek Marso, nggak ada kata capek untuk suatu pekerjaan. Kalau Lek Marso nggak merumput nanti keluarga mau makan apa?"

Aku pun manggut-manggut sok memahami arti ucapannya. "Langganan Lek Marso banyak ya?" lanjutku.

"Ya adalah beberapa langganan." sambungnya sambil mengasah mata tebasan. Ohya, jaman dulu belum ada mesin potong rumput. Pekerjaan memotong rumput dilakoni Lek Marso dengan bermodalkan sebuah alat potong rumput yang disebut tebasan. Tebasan itu terbuat dari lempengan besi yang salah satu sisinya diasah tajam. Kemudian lempengan besi itu dirangkai dan diikat dengan sebilah bambu. Nah, kalau mata tebasannya tumpul, Lek Marso mengasahnya dengan sebuah batu asahan namanya.

Sambil mengasah batu asahannya Lek Marso melanjutkan perbincangan. "Sebetulnya isteri Lelek bukan satu lho tapi ada tiga!" ucapnya sehingga membuat keningku berkerut tanda berfikir.

'Lho, memangnya Lek Marso mampu mengidupi isteri lebih dari satu?" tanyaku penuh heran.

"Haha.. Bukan begitu Mbak Rita! Maksud Lek Marso begini.. isteri pertama adalah isteri yang ada di rumah. Isteri kedua adalah rumput-rumput itu.. Isteri ketiga adalah alat tebasan ini. Ketiga isteri ini sangat berarti bagi Lek Marso. Tanpa ketiganya Lek Marso tak bisa hidup..!

Oala..., aku kira isterinya benar ada tiga. Rupanya sebutan isteri kedua dan isteri ketiga adalah sebuah perumpamaan untuk pekerjaan yang dilakoninya sebagai tukang rumput. Berarti, rumput dan alat tebasannya itu adalah soulmatenya Lek Marso dong!!

COMMENTS

BLOGGER: 16
  1. salam sobat
    patut diteladani Lek Marso.
    setia dengan istri,
    kirain beneran istri lebih dari satu.
    ternyata istri kedua hanyalah rumput,
    istri ketiga alat tebasan.

    BalasHapus
  2. Hehehehe, Qrain juga beneran mba si lek Marso itu istrinya 3, ^^

    salam kenal ya mba..

    BalasHapus
  3. Jangan-jangan itu hanya karena dia ingin punya istri lagi tapi nggak mampu, hihi

    BalasHapus
  4. Rumput itu bukan soulmatenya mbak.
    Tp rumput itu bak pejabat nakal, dan Lek Marso itu penyidiknya... Lepmegan besi itu ilmunya Lek Marso. Dan asahannya itu berkas-berkas beliau.

    hehehehehe

    BalasHapus
  5. sayang bukan beneran ya mbak hehehe

    BalasHapus
  6. Ibu, kalau ditambah rumput, jadi ada 4 dong. Buka cuma tiga
    Betul nggak?

    BalasHapus
  7. hahaa.. kupikir istrinya 3 beneran, ternyata yang 2 istrinya adalah rumput sama alatnya.. hemm.. bener-bener saking cintanya tuh

    BalasHapus
  8. hahaa.. kupikir istrinya 3 beneran, ternyata yang 2 istrinya adalah rumput sama alatnya.. hemm.. bener-bener saking cintanya tuh

    BalasHapus
  9. hahahah ... aku kirain apa?
    ternyata fake wife yah :P

    BalasHapus
  10. Oalah... judul itu membuatku berpikiran yg tidak2... hehehe

    BalasHapus
  11. ternyata Lek Marso orang yg setia dan baik ya...?

    BalasHapus
  12. hehe ... terkecoh oleh judul nih.
    maaf baru berkunjung lagi. Kok link blog saya belum terpasang disini, ya? padahal punya mbak rita sudah lama ada di blog-ku.

    BalasHapus
  13. Kirain eh kirain :-)

    Sekarang masih berhubungan dengan Lek Marso ga Mba?

    BalasHapus
  14. cerita yang menarik, mohon kunjungan balik ya, skalian follow balik, salam kenal :)

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Isteri Kedua dan Ketiga
Isteri Kedua dan Ketiga
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2010/11/isteri-kedua-dan-ketiga.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2010/11/isteri-kedua-dan-ketiga.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy