IKLAN

Kamis, 31 Oktober 2013

"Belum Jadi Polisi"

 

       "Aldy.., di rumah Bunda banyak tikus lho.." kataku suatu sore saat bermain bersama "Aldy". Dia adalah keponakanku yang baru berumur empat tahun.

       "Oohh...banyak ya tikus di rumah Bunda?"

       " He-eh...banyak banget. Gimana ya biar tikus-tikus itu pergi dari rumah Bunda?"

       "Hmmm... Bunda beli lem tikus dong!"

       Dengan "sok dewasa" si Aldy bercerita dan memperagakan bagaimana mempergunakan lem tikus. Aku perhatikan saja tingkahnya saat itu, hmm..ternyata anak ini cerdas juga.

       Lalu dengan semangat si Aldy berceloteh lagi.

       "Bunda, nanti Aldy mau jadi polisi. Tikus-tikus di rumah Bunda mau Aldy tembak..'cus-cus-cus'...," Dia beraksi layaknya seorang polisi yang mengejar pencuri. Hehehh...aku tergelak dengan kelucuan bocah itu.

       Saat itu  aku mengajaknya ke rumah untuk "memburu" tikus-tikus yang berada di rumahku.

       "Nah...kalau begitu ayo ke rumah Bunda biar kita kejar tikus-tikus jelek itu!"

       Aldy mendekatiku seraya berkata pelan, "Bunda, nanti aja ke rumah Bunda.. Aldy takut!"

       "Lho...koq takut? Kan tadi Aldy sendiri yang bilang mau ke rumah Bunda biar bisa nembak tikus-tikus jahat yang ada di rumah Bunda?"

       "Tapi...Aldy kan sekarang belum jadi polisi? Aldy kan masih kecil?"

       Hahahh...ada-ada saja celotehan bocah ini, membuatku tergelak.



      

      

Senin, 21 Oktober 2013

MARI BERKUNJUNG KE PALEMBANG

         Siapa yang belum pernah ke kota tempat asalku "Palembang"? Apa yang ada dalam benak kalian saat membayangkan kota Palembang? Jembatan Ampera? Sungai Musi? Benteng Kutobesak? Ahh...itu hanya sebagian kecil saja, lebih dari itu cukup banyak tempat wajib dikunjungi di Palembang.
   
        Kota Palembang saat ini berkembang sangat pesat tidak kalah dengan kota besar lainnya di Indonesia. Pertumbuhan ekonominya sangat bagus ditandai dengan banyaknya hotel-hotel yang dibangun. Itu menandakan bahwa investor tertarik dan percaya menanamkan modalnya di Palembang. Selain hotel banyak pula mall mewah yang dibangun. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir perkembangan di kota Palembang sangat signifikan.

       Bila kalian berkunjung ke Palembang, ada baiknya membuat daftar list tempat wajib dikunjungi. Tujuannya adalah agar kalian dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya saat jalan-jalan. Sayang kan sudah capek-capek ke Palembang tetapi tak sempat mengunjungi icon-nya.

1. Jembatan Ampera.
           Hmm...siapa yang tak kenal Jembatan Ampera icon-nya kota Palembang? Jembatan Ampera menghubungkan daerah Seberang Ilir dengan Seberang Ulu yang dipisahkan Sungai Musi. Banyak wisatawan ke tempat ini hanya untuk mengabadikan fotonya. Tidak sah rasanya kalau ke Palembang tidak berfoto di Jembatan Ampera.



2. Masjid Agung
           Masjid Agung adalah masjid megah yang berada di pusat kota Palembang dekat bundaran Air Mancur. Banyak kegiatan besar keagamaan dipusatkan di sini. Pada hari-hari biasa masjid ini tak pernah sepi dijunjungi umat untuk beribadah. Termasuk para wisatawan selalu berkunjung ke Masjid Agung untuk shalat di sini.


3. Plaza Benteng Kuto Besak
           Letaknya di pinggiran Sungai Musi dekat Jembatan Ampera dan di depan Benteng Kuto Besak. Dulu, tempat ini dijadikan pedagang untuk menjajakan buah-buahan seperti pisang, nanas, ubi, dan sayuran. Para pedagang itu selain menggelar dagangannya di pinggir sungai juga di atas perahu. Tempat ini dulu semrawut sekali dan macet. Namun atas prakarsa pemerintah Kota Palembang akhirnya tempat ini 'disulap' sehingga menjadi plaza. Banyak wisatawan datang ke sini hanya ingin mencari suasana sejuk tertiup semilir angin Sungai Musi dan berfoto dengan latar belakang Jembatan Ampera di kejauhan.

4. Riverside Restaurant
           Tempatnya tak jauh dari Plaza Benteng Kuto Besak. Restaurant ini menyajikan berbagai hidangan khas Palembang seperti nasi pindang, brengkes tempoyak, goreng ikan seluang dan lainnya. Direkomendasikan makan di sini saat malam hari. Kalian akan sangat menikmati hidangannya apalagi ada sentuhan live musik.


5. Kampung Kapiten
          Kampung Kapiten letaknya di pinggir sungai Musi tepatnya kawasan 5 Ulu kawasan Seberang Ulu. Tepatnya berseberangan dengan Plaza Benteng Kuto Besak dan Riverside Restaurant. Pemerintah setempat menjadikan Kampung Kapiten sebagai cagar budaya yang perlu dilestarikan. Di tempat ini berdiri rumah-rumah milik warga Tionghoa yang usianya sudah ratusan tahun. Konon rumah ini peninggalan saudagar kaya Tionghoa pada jamannya. Tak jauh dari sini saat ini telah dibangun Pusat Kuliner yang menyajikan jajanan dan makanan khas Palembang seperti pempek, model, tekwan dan lainnya. Sambil menn yantap pempek dan menghirup saus cukanya kalian akan dapat menikmati pemandangan malam hari yang indah. Diterangi cahaya kemilau lampu hias kalian akan dapat memandangi Jembatan Ampera dan kawasan Plaza BKB di kejauhan.

5. Pulau Kemaro
           Pulau seluas lebih kurang 30 hektare ini berada di Sungai Musi tepatnya di seberang wilayah Kecamatan Kalidoni. Untuk bisa sampai di pulau ini kita bisa naik perahu motor atau kapal pennumpang. Sekitar setengah jam perjalanan sungai kita akan tiba di pulau ini. Di sini ada pagoda terkenal tempat pemujaan etnis Tionghoa. Saat perayaan Cap Go Meh tempat ini ramai dikunjungi wisatawan bahkan ada yang dari luar negeri. Pemerintah Kota Palembang saat ini tengah merencanakan pembangunan di sini. Nantinya akan dibangun resort sekelas bintang lima, resto-resto yang representatif, dan pusat olahraga air. Nantinya kawasan Pulau Kemaro akan dijadikan destinasi untuk wisata olahraga air. Jadi kalian tk perlu jauh-jauh ke Bangkok untuk menikmati wisata air. Cukup datang ke Palembang dan melancong ke Pulau Kemaro.



       Sebetulnya masih banyak tempat-tempat menarik yang ada di Palembang dan wajib dikunjungi. Karena keterbatasan ruang mungkin akan aku tulis pada tulisan berikutnya di blog ini.

       Ohya, bila kalian berkunjung ke Palembang untuk berlibur tentunya perlu dong mencari hotel yang representataif? Nah..., aku akan rekomendasikan kalian ke Hotel NOVOTEL Palembang. Letaknya di Jalan R. Sukamto No.8A di samping pertokoan PTC Mall. Hotel ini berkelas bintang lima. Tentunya pelayanan dan kenyamanan yang kalian dapatkan sekelas bintang lima. Apa saja yang dapat kalian dapatkan dari fasilitas Hotel NOVOTEL Palembang?

Berikut informasinya:

1. Kamar.
           Hotel ini terdiri dari 3 tingkat. Kalian dapat memesan kamar dari 194 kamar hotel yang tersedia. Tarif hotel menyesuaikan dengan kelas bintang lima. Tiap kamar dilengkapi AC, TV, bathroom.


2. Rekreasi dan Spa
           Di hotel ini kalian dapat menikmati fasilitas kolam renang luar ruangan. Kalian juga dapat mencoba fasilitas spa yang ada, tentunya dengan tarif yang ditentukan manajeman hotel.


3. Tempat Makan
           Kalian dapat menikmati hidangan berkelas di bar dan lounge yang ada. Di sini juga tersedia hidangan khas Palembang dan tersedia juga hidangan Internasional. Pokoknya apa pun yang ingin kalian santap dapat dipesan di resto hotel ini.




       Nah, itu sekelumit cerita singkat tentang kotaku 'Palembang'. Bila kalian belum pernah datang ke sini tak ada salahnya membuat jadual liburan dengan destinasi Kota Palembang. Dijamin kalian akan menikmati keindahan dan kenyamanan selama berada di Kota Palembang. Nah, tunggu apa lagi? Yups...catat di agendamu, dan tentukan destinasi liburanmu akhir tahun ini ke Palembang. Bila kalian memerlukan info lebih lanjut mengenai hotel-hotel di Palembang dapat mengakses 'http://www.voucherhotel.com
' di situs ini kalian akan mendapatkan banyak informasi mengenai hotel-hotel di Palembang. Jadi kalian dapat menyesuatkan budgetnya. Mau menginap di hotel berkelas bintang lima bisa ke Hotel NOVOTEL Palembang. Bila dananya minim kalian bisa mencari hotel lain dengan tarif agak miring. Nah...siap-siap ya agendakan liburan akhir tahunmu ke Palembang?
   
 


         
 

     

Sabtu, 19 Oktober 2013

KETEMU TEMAN LAMA

     
Temen cowok: Nelson, Hanif, Uzirmsn, Cholid, Refly, Ichi, Udin
Temen cewek: Vera, Masayu, Repelita, Tya, Nurlela, Yuli

Setelah lama tak berjumpa dengan teman kuliah di APDN, akhirnya Minggu 13 Oktober 2013 yang lalu kesempatan itu ada. Katakanlah semacam reuni kecil-kecilan. Lho...koq demikian ya? Reuni koq kecil-kecilan? Nah...itu dia..!! Berhubung acaranya agak dadakan sehingga hanya sempat mengkontak teman-teman yang tinggal di Palembang. (Duh...sorry banget ya buat teman-teman di daerah dan yang di Bengkulu, hehe...). Tak semua teman angkatan tahun 1990 berdomisili di Palembang. Teman-teman alumni 1990 menyebar di seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Prov. Sumsel. Bahkan ada yang domosili di Bengkulu. Atas inisiatif seorang teman, dijadualkan kami berkumpul di "Pempek Sudi Mampir" kawasan Demang Lebar Daun.

       Akhirnya, pas jam 2 teng... satu per satu teman dateng. Awalnya, aku bersama dua orang teman "Repelita dan Tya" sejak jam 13.30 WIB dah nongkrong duluan di sana. Kepagian ya datangnya padahal jadualnya jam 14.00, hehe...

Kika: Tya, Nurlea, Aku, Yuli, Vera, Masayu


       Diawali dengan saling berjabat-tangan dan bertanya kabar, pertemuan siang itu sangat akrab. Suasana santai dan tanpa formalitas menambah keseruan reuni kecil-kecilan itu. Karena kami datangnya hanya seorang diri tanpa mengajak pasangan masing-masing, menambah kesan seolah kami ini berada di zona "1987-1990", dimana kami melebur jadi satu seperti saat kami kuliah dulu.

       Disela-sela perbincangan yang hangat, candaan penuh keriangan, celetukan lucu bahkan kekonyolan khas mereka membuat suasana tambah segar dan penuh tawa.  Boleh dibilang kayak kembali muda lagi, hehe.. Tak ada yang berubah dari mereka padahal mereka itu dah jadi "pejabat" semua lho...! Tapi tak perlulah mencantumkan jabatan mereka sekarang, karena pertemuan kami saat itu semata hanya ingin menyambung tali silaturahmi yang sempat putus sejak tamat kuliah tahun 1990. Setelah hampir 23 tahun berpisah kini kami bisa berjumpa kembali. Semoga dengan terjalinnya kembali silaturahmi ini akan menambah erat rasa persaudaraan Alumni APDN 1990.

       Olehkarena itu pada moment ini kami merancang untuk mengadakan reuni lagi dengan mengundang semua teman satu kelas angkatan 1990. InsyaAllah acaranya bisa terlaksana. Doakan ya..??!!

Kika: Masayu, Repelita, Tya, Nurlela, Aku, Yuli, Vera







     

     

Minggu, 13 Oktober 2013

NILAI BESAR




   "Mama... Aku dapat nilai besar..!!" teriak Raffy penuh semangat. Saat itu dia baru tiba di rumah setelah tiga jam belajar di sekolahnya, TK-B Mazharul Iman.

       "Oh ya? Dapat nilai besar ya Nak? Wah...tambah pinter donk anak Mama sekarang," kata Mama sumringah.

       "Iya Ma, kalo yang kemaren nilainya kecil Ma," cerita Raffy seraya mengeluarkan buku dari dalam tas.

       "Coba Mama lihat nilanya...," Mama tak kalah penasaran.

       Seketika Mama tergelak setelah melihat nilai yang dibanggakan Raffy. Ternyata, yang dimaksud nilai besar itu adalah huruf  "B" yang ditulis agak besar, sedangkan yang katanya nilai kecil itu adalah huruf "B" yang ditulis gurunya lebih kecil.

       Hehehe.... Ada-ada saja si Raffy. Ternyata dia belum mengerti makna nilai besar dan nilai kecil yang diberikan gurunya atas usahanya belajar di sekolah.

   

       

Senin, 09 September 2013

KACAMATA DAN CICAK

         Keponakanu "Aldy" usianya belum genap 5 tahun, tapi ngomongnya masih agak cadel. Seringkali apa yang diucapkannya membuat kami terpingkal karena lucu.

      Suatu hari Aldy  minta diputarkan film kesayangannya pada salah satu saluran televisi.

      "Bunda, tolong cari'in film KACAMATA," katanya suatu hari.

      "Film KACAMATA? Memangnya film itu bagus ya?" kataku sedikit bingung seraya mencari channel yang dimaksud. Saat channel televisi memutar film yang dimaksud dengan spontan  si Aldy berteriak, "Nah...itu tuh Bunda film yang pengen Aldy tonton!"

      Setelah aku perhatikan ternyata film yang dimaksud adalah sinetron 'GAJAHMADA' yang memang sedang digemari anak-anak. Aku pun cuma bisa senyum-senyum saja karena baru 'nyambung' maksudnya si Aldy.

       Suatu hari si Aldy bercerita lagi, "Bunda, tadi Aldy makan CICAK lho..."

      "Ihh...makan CICAK? Kan jijik?!"

       "Nggak Bunda, enak...! Mama yang ngasih!" jelasnya dengan suara agak meninggi, seolah membenarkan pernyataannya.

       'Ihh...masa' sih Mama ngasih makan CICAK?"kataku tak percaya.

       "Aduh...Bunda, enak CICAKnya dikasih susu terus Aldy minum..!"

Mau tahu nggak CICAK apa yang dimakan si Aldy? Ternyata maksudnya adalah SIRSAK yang diberi susu dan dibikin jus!  Hahaha...ada-ada saja si Aldy, dasar si cadel bikin senewen sang Bunda..



    

Selasa, 16 Juli 2013

UNTUNG

       "Raffy...nanti ke sekolah diantar uwak pengasuh naik ojek ya!" kata Mama.

       "Siapa Ma nama yang ngantar ojeknya?" tanya Raffy.

       "Namanya Pak Untung!"

       "Lho...koq sama kayak jatuh ya, Ma?"

       "Hmm...maksud Raffy?" Mama sedikit bingung.

       "Iya...kan kalau kita jatuh suka ngomong 'UNTUNG GAK APA-APA!'....."

       Hehehe......

   

Minggu, 14 Juli 2013

MASIH OMPONG

       Tiba saatnya Raffy sekolah karena usianya sudah mendekati 6 tahun pada November 2013 yang akan datang. Mamanya mendaftarkan Raffy sekolah di TK-B Mazharul Iman tak jauh dari kediaman mereka.

       "Raffy, tadi Mama sudah daftarkan sekolahnya di TK-B Mazharul Iman."

       Bukannya senang mendengar cerita Mama malah Raffy nampak cemas.

       "Ma, jangan dulu daftarin Raffy sekolah," katanya dengan mimik serius.

       "Lho, memangnya kenapa?" sang Mama tampak heran.

       "Raffy masih ompong, Ma!" jawabnya polos..

       Hahaha...ternyata Raffy ogah sekolah karena merasa giginya ompong. Lalu Mama memeluk Raffy dan berusaha menjelaskan duduk perkaranya.

       "Sayang...nanti di sekolah TK itu Raffy akan ketemu dengan teman-teman Raffy yang semuanya punya gigi ompong, Nak!"

       Ah...Raffy sekarang lega setelah tahu nantinya di sekolah itu bukan dia sendiri yang ompong.

M. Raffy Al-ghifary




Minggu, 30 Juni 2013

City Tour di SINGAPURA

       Sejak lama aku mengimpikan bisa pergi ke luar negeri. Negara yang aku tuju tidak jauh-jauh amat, Singapura, sebuah negara tetangga yang letaknya sangat dekat dengan Indonesia. Kenapa Singapura? Karena jaraknya cukup dekat tentu ongkosnya pun akan lebih hemat dong!

       Saking pengennya ke Singapura aku sering browsing di internet dan baca artikelnya di majalah. Pernah suatu hari aku sampaikan keinginanku pada suami, "Sayang, kapan-kapan kita jalan-jalan ya ke Singapura?" Suamiku pun menyetujui, 'Oke Sayang, tapi kita harus nabung dulu biar bisa pergi ke sana."

Rabu, 12 Juni 2013

BIKIN SIM KARENA INSIDEN

Terbayang kan kalau mengendarai kendaraan tanpa bawa SIM? Pasti selalu was-was selama perjalalan karena dihantui perasaan bersalah. Yang jelas bersalah karena melanggar aturan dan takut ditangkap pak polisi tentunya, heheh...Begitu juga dengan pengalamanku ini yang akan kubagikan dalam tulisan berikut...

Sabtu, 18 Mei 2013

NYERI ULU HATI

       Sudah beberapa hari ini tubuhku terasa tak nyaman. Nyeri di ulu hati dan seperti ada benda yang nyangkut di ulu hati.

       Kisahnya berawal dari sini... Selasa, 14 Mei 2013 aku kontrol di salah seorang dokter spesialis bedah ortopedi. Hari itu memang aku dijadwalkan kontrol ulang setelah operasi pengangkatan "pen" tanggal 07 Mei 2013 yang lalu.

Jumat, 17 Mei 2013

COPET TUA

   
foto: www.intanoctavianiii.blogspot.com

Senin, 13 Mei 2013

Surat dari "Me"

        Surat itu beramplop putih persegi panjang, tergeletak di meja belajar Dara.

        Tertanggal 01 September 1987..

                                                                                         
        Yth. Dara Hapsari (si Ayak)
        di Rumah (tentunya)

        Di sudut kiri surat itu tertera tulisan:
        Nomor       : 01/Fur Dara/From Me/IX/87
        Lampiran    : -
        Sifat           : Biasa
        Klasifikasi  : Segera


        Hmm... surat ini aneh! Pengirimnya gak jelas dari siapa, isinya juga aneh. Menurut Dara surat itu lebih mirip surat dinas. Tetapi rasa penasaran membuatnya ingin terus membacanya hingga tuntas.


@Hai....
    Apa kabar?
    Kabar baik 'kan?
    Pasti kamu terkejut terima surat ini.
    Nah, sekarang kamu tebak, siapa yang ngirim, hayooo!!!!

    Tapi, jangan keburu nebak dulu, yang paling penting sekarang ini cuma...persiapkan mental dan        
   fisikmu    untuk kegiatan latihanmu (kamu kan tanggal 7 ini berangkat latihan Menwa?) Betul nggak? 
   Pasti betul 'kan?

   Eh, siapa ya orang ini? Koq dia tahu jadwal kegiatanku? Rasa penasaran makin melanda benak Dara.
   Beberapa menit kemudian Dara melanjutkan membaca surat itu..


    Oya, hampir lupa, sebenarnya dalam rangka apa kamu dan temanmu itu "mengadakan" kegiatan pada hari Sabtu tanggal 29 Agustus yang lalu? Selamatan atau syukuran?

    Hmm..sepertinya orang ini salah satu dari mereka? Beberapa hari yang lalu memang Dara diundang oleh Santi, sahabatnya, untuk ngerujak bareng teman-temannya. Beberapa teman cowok Santi memang hadir di acara itu, Dara mencoba mengingatnya.

   Thanks ya atas undanganmu dan temanmu itu. Tapi yang berterima kasih cuma aku, melalui kamu tentunya.   Nah, aku menyampaikan "terima kasih" kepadamu. Apakah terima "KASIHKU" diterima? Hehehe..   Jangan cemberut Non! Jangan marah dulu. Maklum...intermezo, kata anak-anak jaman sekarang.

   Dara tersenyum geli membaca surat itu. Orang ini pasti kocak, pikirnya.
 
   Sering-sering ya adakan acara dan tentunya undang aku dan cs-ku. Acaranya yang ada "makan-makannya" tentunya! Dan jangan lupa, acara dihari bahagiamu...25 September.                     Katanya si Ayak sudah mengundang secara lisan, betul kan? Nah...tinggal ditunggu undangan resminya.

Hmm...orang ini pasti salah seorang cowok yang hadir pada acara rujakan itu, Dara menebak-nebak sambil
membayangkan salah seorang cowok bermata bundar.

Satu hal lagi, tentu saja untuk hari-hari mendatang kamu tidak lagi "sembunyi" kalo ada aku. (Malu ni yee). Aku kan bukan tipe pengganggu, hehehe..  Okey buatmu Ayak, selamat belajar di tempat dan suasana yang baru serta selamat bersiap-siap untuk latihan...


Daaggg Ayak...

Me!

Dara melipat surat itu dengan senyuman. Tak pernah disangkanya kelanjutan dari acara rujakan itu dia
akan menerima surat misterius ini. Sebuah surat tak dikenal pengirimnya dari siapa kecuali dari "ME" seperti yang tertera di sampul surat.

Dari siapa dan untuk apa orang tersebut menulis surat tanpa identitas kepada Dara? Apa kelanjutan dari cerita ini? Yuk...mampir dan beri komen ya..monggo..!!!


   
   






Jumat, 19 April 2013

Sup Terakhir buat Mama

     

Rabu, 16 Januari 2013

MASJID QIBLAT'AIN

Ziarah di kota Madinah berlanjut ke tempat-tempat suci lainnya. Ada banyak tempat yang dapat disinggahi oleh jemaah umrah. Namun mengingat waktunya sempit, rombongan kami tidak bisa berlama-lama di suatu lokasi ziarah yang patut disinggahi. Saat  itu bertepatan hari Jumat. Pimpinan rombongan mengatakan bahwa sebelum waktu shalat Jumat harus sudah kembali lagi ke hotel. Jadinya kami hanya sebentar singgah di masjid Quba, Jabal Uhud, Kebun Kurma. Mestinya kami singgah di Masjid Qiblat'ain, namun mengingat waktu yang sempit maka kami hanya dapat memandanginya dari dalam bus yang membawa rombongan berkeliling kota MADINAH.

Sabtu, 12 Januari 2013

MASJIQ QUBA

Pemandangan tampak depan Masjid Quba. Ada suamiku tuch..

Rabu, 09 Januari 2013

Berburu buku 'MARI BICARA'


Selasa, 01 Januari 2013

Selamat Datang 2013




Assalamualaikum wr.wb.. Hai, apa kabar semuanya? Wah..lama sekali aku tidak membuka blog ini. Saking lamanya gak di-update aku hampir lupa password-nya, hehe..

Ini adalah tulisan pertamaku setelah vakum cukup lama. Aku terkena sindrom males, bosan dan gak bergairah. Penyebabnya? Tentu ada penyebabnya yang tidak mungkin aku blow-up di sini. Well, apa pun penyebabnya tak masalah, sebab kini aku hadir kembali. Aku bertekad mengelola blog kesayanganku ini seperti saat pertama kali aku punya blog, penuh gairah.
 
Saat ini aku menemukan kembali chemistry-nya. Mudah-mudah di awal tahun ini semangatku tumbuh, bergairah dan bersemangat kembali .  Buat sahabat bloggerku, where are you? Would youvisited to  my second home again at 'rita asmara blog'??

Well, akhirnya aku tetap berharap semoga sahabat blogger-ku bisa kembali menjalin silaturahmi. Selamat Tahun Baru 2013. Semoga di tahun 2013 ini kita semua masih diberikan rahmat dan nikmat dari Yang Maha Kuasa. Amin.

Lovely 'RITA,