IKLAN

Sabtu, 25 Januari 2014

#1 Hari 1 Ayat Hari Ke-19: "Berbakti pada Orangtua"

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orangtua...." 
QS. Lukman [31]:14


Kedua orangtuaku tak utuh lagi. Mama telah tiada sejak 5 tahun lalu. Sementara papa masih ada dan kini usianya menginjak 73 tahun. Masih terkenang dalam ingatanku begitu mama mencintai kami anak-anaknya. 


Waktu masih kecil hingga usia SD aku dan adik-adik begitu diperhatikan. Secara mamaku cuma ibu rumahtangga biasa, jadi beliau punya banyak waktu merawat anak-anaknya. Mama begitu peduli pada kami. Sepertinya tugas merawat anak sepenuhnya menjadi tanggung-jawab mama. Sementara papaku konsen mencari uang sebagai tenaga pendidik. Papa mengajar dari pagi hingga sore hari. 

Dulu, kami sering dibuatkan baju oleh mama. Dengan mesin jahit kesayangannya mama bisa membuat baju seragam sekolah, pakaian main, piyama. Pokoknya bahagia banget memakai baju buatan mama. Mama pun tampak bahagia melihat anak-anaknya mengenakan baju yang dijahitnya sendiri.

Dulu, papaku tak pernah makan seorang diri di restaurant. Yang aku ingat, kalau membeli makanan pasti dalam jumlah banyak untuk dimakan bersama anak-anaknya di rumah. Kalau papa baru gajian beliau suka beli ayam kampung di pasar dan mama mengolahnya menjadi masakan yang lezat.

Dulu, waktu jamannya opspek di tempat kuliah, mamaku pagi-pagi sudah menyiapkan sebutir telur setengah matang dan segelas susu hangat. Aku tinggal menyantapnya sebelum berangkat mengikuti opspek. 

Itulah sekelumit kenangan tentang kedua orangtuaku. Sayangnya aku tak sempat membahagiakan mama karena beliau telah tiada.  Tugas kami anak-anaknya sekarang ini merawat papa menghabiskan hari tuanya. 

Sebagaimana Rasulullah bersabda, " Berbaktilah kepada kedua orangtuamu, niscaya anak-anakmu akan berbakti kepadamu."



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...