IKLAN

Senin, 20 Januari 2014

#1Hari 1 Ayat Hari Ke-12: "Ketika Musibah itu Datang"


Awal tahun 2014, bangsa kita seolah mendapat musibah nasional. Pada beberapa daerah ada yang terkena musibah banjir. Di Jakarta bahkan banjir telah melumpuhan aktifitas warga. Di daerah lainnya, letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara seolah melengkapi musibah yang datang pada bangsa ini.

Di kotaku Palembang, curah hujan turun cukup tinggi. Pada beberapa wilayah kecamatan tertentu yang rawan banjir telah dibentuk posko-posko penanggulangan. Betapa hujan pun bisa menjadi ancaman bencana yang mendatangkan musibah.

Aku pernah bertugas di kelurahan yang rawan banjir  pada awal November 2012.  Saat itu hujan mengguyur dengan derasnya sehingga merendam rumah warga di kawasan km-12. Butuh waktu sampai tiga hari air yang menggenang surut kembali. Penyebab banjir itu banyak faktornya. Salah satunya adalah penimbunan kawasan karena adanya pembangunan gedung-gedung. Disisi lain karena ketiadaan daerah resapan air, seperti belum adanya waduk penampungan air. 

Apa pun penyebabnya yang jelas banjir pun bisa mendatangkan musibah. Berapa kerugian materi yang diderita warga tentu nominalnya tinggi. Belum lagi kondisi demikian bisa menjadi sumber penyakit menyerang.

Dalam menyikapi musibah yang datang, sebagai umat muslim tentunya kita harus menyikapinya dengan bijak. Musibah yang datang pada kita adalah ketentuan dari Allah SWT. Olehkarenanya bila itu terjadi pada diri kita janganlah sampai kita menjadi stres, mengeluh bahkan putus asa.

Sebagaimana firman Allah SWT berikut:
"Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allah; barang siapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. At-Taghabun/64:11)

Menyimak ayat tersebut, sebagai muslim tentunya kita harus:
  1. Meyakini bahwa musibah adalah ketentuan Allah, kita pun harus sabar dan berserah diri hanya kepada Allah.
  2. Dibalik musibah yang datang tentu ada hikmah dibaliknya, bisa jadi Allah akan menaikkan derajat dan menggantikan apa yang hilang dengan sesuatu yang lebih baik.
 Apa pun bentuk musibah itu...  Semoga kita semua bisa tawakal bila musibah itu hadir dalam kehidupan kita....





4 komentar:

  1. Ada hikmah yang disertakan di dalam setiap kejadian, termasuk musibah ya, Mak? Jadi harus pandai2 memetik hikmah, walau itu terkadang terasa sulit, apalagi jika kita sedang dirundung duka. Trimakasih untuk pencerahannya. Yuk berdoa agar bencana yang sedang getol singgah di segala penjuru negeri kita ini, segera mendapatkan solusi yang baik agar semakin menurun penderitaan yang kita hadapi. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un ... Sungguh segala musibah hanya bisa kembali padaNya. Tinggal bagaimana kita mampu bangkit dan memperbaiki keadaan.
    Salam silaturahim, mbak Rita

    BalasHapus
  3. @Alaikah Abdullah: Betul sekali Mak... Pasti ada jawaban dari Allah atas musibah yang kita hadapi... Mudah2an kita semua dapat memetik hikmahnya...

    BalasHapus
  4. @Ani Rostiani: Iya Mbak.. Allah Maha Pengasih dan mencintai umatnya yang tawakal menerima ujian... Salam silaturahim kembali...

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...