#1Hari 1 Ayat Hari Ke-12: "Ketika Musibah itu Datang"

Awal tahun 2014, bangsa kita seolah mendapat musibah nasional. Pada beberapa daerah ada yang terkena musibah banj...


Awal tahun 2014, bangsa kita seolah mendapat musibah nasional. Pada beberapa daerah ada yang terkena musibah banjir. Di Jakarta bahkan banjir telah melumpuhan aktifitas warga. Di daerah lainnya, letusan Gunung Sinabung di Sumatera Utara seolah melengkapi musibah yang datang pada bangsa ini.

Di kotaku Palembang, curah hujan turun cukup tinggi. Pada beberapa wilayah kecamatan tertentu yang rawan banjir telah dibentuk posko-posko penanggulangan. Betapa hujan pun bisa menjadi ancaman bencana yang mendatangkan musibah.

Aku pernah bertugas di kelurahan yang rawan banjir  pada awal November 2012.  Saat itu hujan mengguyur dengan derasnya sehingga merendam rumah warga di kawasan km-12. Butuh waktu sampai tiga hari air yang menggenang surut kembali. Penyebab banjir itu banyak faktornya. Salah satunya adalah penimbunan kawasan karena adanya pembangunan gedung-gedung. Disisi lain karena ketiadaan daerah resapan air, seperti belum adanya waduk penampungan air. 

Apa pun penyebabnya yang jelas banjir pun bisa mendatangkan musibah. Berapa kerugian materi yang diderita warga tentu nominalnya tinggi. Belum lagi kondisi demikian bisa menjadi sumber penyakit menyerang.

Dalam menyikapi musibah yang datang, sebagai umat muslim tentunya kita harus menyikapinya dengan bijak. Musibah yang datang pada kita adalah ketentuan dari Allah SWT. Olehkarenanya bila itu terjadi pada diri kita janganlah sampai kita menjadi stres, mengeluh bahkan putus asa.

Sebagaimana firman Allah SWT berikut:
"Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allah; barang siapa yang beriman kepada Allah niscaya Dia akan memberi petunjuk ke (dalam) hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu. (QS. At-Taghabun/64:11)

Menyimak ayat tersebut, sebagai muslim tentunya kita harus:
  1. Meyakini bahwa musibah adalah ketentuan Allah, kita pun harus sabar dan berserah diri hanya kepada Allah.
  2. Dibalik musibah yang datang tentu ada hikmah dibaliknya, bisa jadi Allah akan menaikkan derajat dan menggantikan apa yang hilang dengan sesuatu yang lebih baik.
 Apa pun bentuk musibah itu...  Semoga kita semua bisa tawakal bila musibah itu hadir dalam kehidupan kita....





COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. Ada hikmah yang disertakan di dalam setiap kejadian, termasuk musibah ya, Mak? Jadi harus pandai2 memetik hikmah, walau itu terkadang terasa sulit, apalagi jika kita sedang dirundung duka. Trimakasih untuk pencerahannya. Yuk berdoa agar bencana yang sedang getol singgah di segala penjuru negeri kita ini, segera mendapatkan solusi yang baik agar semakin menurun penderitaan yang kita hadapi. Aamiin.

    BalasHapus
  2. Innalillahi wa inna ilaihi roji'un ... Sungguh segala musibah hanya bisa kembali padaNya. Tinggal bagaimana kita mampu bangkit dan memperbaiki keadaan.
    Salam silaturahim, mbak Rita

    BalasHapus
  3. @Alaikah Abdullah: Betul sekali Mak... Pasti ada jawaban dari Allah atas musibah yang kita hadapi... Mudah2an kita semua dapat memetik hikmahnya...

    BalasHapus
  4. @Ani Rostiani: Iya Mbak.. Allah Maha Pengasih dan mencintai umatnya yang tawakal menerima ujian... Salam silaturahim kembali...

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: #1Hari 1 Ayat Hari Ke-12: "Ketika Musibah itu Datang"
#1Hari 1 Ayat Hari Ke-12: "Ketika Musibah itu Datang"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYcjQ0dwNBPcpAh6gXurePgYsyvXsp6YsBc1ZIImoD5MkjxJwT6oZTdSSC-oVfPbJFp7zuEWnYjEiXEeKIPC5yMI5DsqvNrebxkH8VcW51g9DC93rwMPTA5WeJF6olu3KY6lPuttkxhIs/s1600/1+Hari+1+Ayat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjYcjQ0dwNBPcpAh6gXurePgYsyvXsp6YsBc1ZIImoD5MkjxJwT6oZTdSSC-oVfPbJFp7zuEWnYjEiXEeKIPC5yMI5DsqvNrebxkH8VcW51g9DC93rwMPTA5WeJF6olu3KY6lPuttkxhIs/s72-c/1+Hari+1+Ayat.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2014/01/1hari-1-ayat-hari-ke-12-ketika-musibah.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2014/01/1hari-1-ayat-hari-ke-12-ketika-musibah.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy