IKLAN

Sabtu, 25 Januari 2014

#1Hari 1 Ayat Hari Ke-20: "Yuk Bersedekah"

"Kamu tidak akan memperoleh kebaikan, sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu sungguh Allah mengetahuinya."
(QS. Ali Imron/92:2)


Bersedekah sangat dianjurkan dalam Islam. Tak perlu menunggu uang banyak, tak perlu menunggu harta melimpah. Kapan pun, di manapun kita bisa bersedekah kepada yang membutuhkan.

Pernah aku dibuat malu hati mengenai hal ini. Saat aku berkunjung ke rumah mertua, aku berjumpa Bik Lin. Beliau adalah tukang pijat langganan keluarga kami yang bertetangga dengan mertua. Pagi-pagi dia keluar rumahnya membawa sepiring nasi. Karena penasaran, aku pun menyapanya.

"Bik Lin, mau kemana? Koq bawa-bawa sepiring nasi segala? Untuk siapa Bik?"

"Ooh...nasi ini mau diberikan kepada Mak Onah. Kasihan dia, tinggal sendirian. Tak ada keluarga yang mengurusnya padahal dia sudah renta," jelas Bik Lin sambil tersenyum.

"Oh...begitu ya,?" aku manggut-manggut.

Orang sederhana seperti Bik Lin ternyata suka bersedekah. Sedekah sepiring nasi setiap pagi, subhanallah! Betapa mulia hati beliau. Sementara aku? Aduh...malu aku dibuatnya! Gerakan Jumat sedekah yang aku canangkan buat diriku sendiri nyatanya tak selalu mulus kujalankan. Aku kadang lupa bersedekah di Jumat barokah! Ampunilah aku ya Allah yang masih lalai dengan kewajibanku. Padahal bisa berbagi kepada sesama adalah nikmat yang luar biasa.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...