IKLAN

Minggu, 26 Januari 2014

#1Hari 1Ayat Hari Ke-22: "Kiat Baca Alqur'an"

Assalamualaikum wr wb...

Saat pertama kali membaca postingan Mbak Prima Dita penyelenggara kontes #1Hari1Ayat, saya langsung memutuskan ikut. Secara tak langsung kontes ini dapat menularkan energi positif untuk membaca Alqur'an.

Kali ini aku ingin berbagi cerita bagaimana cara mudah untuk membaca Alqur'an.


Yang pertama tentu saja belajar dari ahlinya, misal guru mengaji yang bisa dipanggil ke rumah. Dengan cara ini kita akan diajarkan secara benar cara melafalkan ayat-ayat berdasarkan tajwid.

 Cara kedua, bisa secara otodidak belajar sendiri melalui media seperti VCD, kaset atau buku yang banyak dijual di toko buku. Kelemahan belajar seperti ini adalah datangnya rasa malas dan tak punya waktu. Alasan seperti itu seringkali diungkapkan yang menurut saya sih mengada-ada ya? Kalau sudah niat kan apapun kondisinya tak mempengaruhi belajar Alqur'an.

Nah...kalau aku punya cara sendiri bagaimana agar bisa membaca Alqur'an. Aku membeli kitab Alqur'an dengan tajwid blok warna. Alqur'an seperti ini akan memblok beberapa huruf yang pelafalan atau bacaannya harus sesuai tajwid. Berdasarkan pengalamanku, dengan membaca Alquran yang memblok huruf yang ada tajwidnya memudahkan kita membaca dan melafalkannya.

Sejak aku memiliki Alqur'an tajwid blok tiga warna tersebut, alhamdulillah membaca Alqur'an menjadi lebih lancar. Kalau sahabat blogger ingin mencobanya boleh juga tuh! Silahkan mendatangi toko buku dan beli satu ya! InsyaAllah kalau sahabat lancar membaca Alqur'an nantinya akan pengen terus membaca, membaca dan membacanya.....!

"Dan ingatlah apa yang dibacakan di rumahmu dari ayat-ayat Allah dan Hikmah (sunnah nabimu). Sesungguhnya Allah adalah Maha lembut lagi Maha mengetahui."
(QS. Al-Ahzab:34)


2 komentar:

  1. @hariyanti sukma: betul sekali Mbak semoga kita tetap istiqomah dijalan Allah..

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...