IKLAN

Kamis, 24 Juli 2014

Pesona Alam Nan Asri Wonosobo


Ke mana agenda liburanmu yang akan datang? Apakah kamu sudah merencanakan akan melancong ke suatu tempat? Bila kamu belum menentukan tujuan wisatamu, ada baiknya catat dalam agendamu: Wonosobo adalah tempat yang layak untuk dikunjungi.


Kenapa Wonosobo?


Kabupaten Wonosobo yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ternyata menyimpan banyak pesona keindahan alam. Sebut saja, dataran tinggi Dieng yang ketenarannya telah mendunia. Telaga Warna, juga tak luput dari sasaran tujuan wisata yang sering disinggahi para pelancong. Lalu apa lagi pesonanya? Selain pemandangan alam yang indah, daerah Wonosobo memiliki hawa sejuk dan dingin. Dan ini menjadi salah satu daya tarik kenapa banyak pelancong berkunjung ke sini.


Peta Kabupaten Wonosobo. Gambar dipinjam dari SINI

Lalu, apalagi yang menarik di Wonosobo?

Di sini juga terdapat Pemandian Mangli. Pemandian ini merupakan pemandian umum yang menyediakan kolam renang untuk anak-anak maupun orang dewasa. Airnya sangat segar karena dialirkan dari mata air yang terdapat di sekitarnya. Tak jauh dari tempat ini juga terdapat pabrik air mineral Aqua. Ada lagi Pemandian Kalianget, terletak di kawasan utara Wonosobo. Di sini terdapat kolam pemandian air hangat yang mengandung belerang.


Pemandian Mangli. Gambar dipinjam dari SINI


Pemandian Kalianget. Gambar dipinjam dari SINI

Hanya itu saja tempat wisatanya?

Masih ada lagi lho tempat yang wajib dikunjungi ketika melancong ke Wonosobo. Ada satu tempat bernama Telaga Menjer yang airnya masih bening. Di sini pelancong dapat berkeliling menikmati keindahan di sekjitar telaga dengan menggunakan rakit.


Telaga Menjer. Gambar dipinjam dari SINI
Lalu, perjalanan kita pun dapat diteruskan menuju perkebunan teh Tambi. Letaknya di utara Wonosobo, di bawah kaki gunung Sundoro. Di sekitar perkebunan teh ini banyak terdapat penginapan semacam bungalow. Jadi, tak perlu cemas bila ingin menginap di sini, kamu pun akan merasakan sejuknya hawa pegunungan di sekitar perkebunan teh Tambi.

Perkebunan teh Tambi. Gambar dipinjam dari SINI

Bagaimana caranya bisa sampai ke Wonosobo?

Untuk bisa ke Wonosobo, bisa melalui jalan darat maupun udara. Jalan darat bisa ditempuh dengan menggunakan kereta api atau bus. Dari Jakarta ke Purwokerta naik kereta api lalu dari Purwokerto ke Wonosobo dilanjutkan dengan menggunakan bus.

Bila ingin melakukan perjalanan lewat udara, rute yang ditempuh dari Jakarta ke Yoyakarta. Lalu dari Yogyakarta ke Wonosobo dilanjutkan dengan menaiki bus atau travel. Lama perjalanan bisa ditempuh sekitar 3 jam untuk tiba di tempat.


Bila sudah berada di kota kecil Wonosobo, bisa berkeliling ke alun-alun Wonosobo. Tempat ini sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan rindang seperti pohon beringin. Di sekitarnya banyak penjaja makanan yang menjual beragam kuliner khas Wonosobo. Kita bisa menikmati jajanan  mie ongklok yang merupakan kuliner khas Wonosobo. Sambil ditiup semilir angin dan sejuknya udara sekitar, mungkin akan menghabiskan berapa mangkok mie ya saking nikmatnya? Hehe....


Alun-alun Wonosobo. Gambar dipinjam dari SINI

Wonosobo juga memiliki oleh-oleh kuliner khas. Apa itu? Adalah buah carica, yang mirip dengan buah pepaya. Dari buah ini dapat diolah menjadi sirup dan manisan carica. Untuk membeli oleh-oleh semacam ini tak sulit, banyak toko oleh-oleh yang menjual aneka makanan yang telah diolah. Seperti buah caraita, selain diolah menjadi sirup aneka rasa, diolah m,enjadi manisan, juga dibuat dodol. 

Nah.....tunggu apa lagi? Catat dalam agendamu, dan jadikan Wonosobo sebagai tujuan wisatamu selanjutnya.

Akhirnya...tak lupa aku mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-189 kepada Kabupaten Wonosobo. Semoga semakin maju pembangunannya dan terutama semakin pesat kunjungan wisatawannya ke sini. Harapanku Wonosobo kelak menjadi tujuan wisata yang diminati dan tak kalah dengan tempat wisata lainnya di Nusantara ini.

Postingan artikel ini diikutsertakan dalam Giveaway #HariJadiWonosobo 189



Referensi:
www.liburkeluarga.com/destination/wonosobo-menjanjikan-beragam-objek-wisata



15 komentar:

  1. Aku penasaran sama telaganya. Seharian di sana rasanya masih kurang buat jalan2 semua tempat wisatanya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya blm pernah ke sana... Tetapi bila melihat pemandangannya saat googling...rasanya memang bakal enjoy jalan2 di sana...

      Hapus
  2. Duh..jd mkin pnasaran sm wnosobo q mbk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mbak.... aku pengen banget ke sana... Kayaknya sih alamnya mirip2 Malang... Kalau ke Malang aku sudah pernah berkunjung ke sana...

      Hapus
  3. wonosobo emng keren mantap dah

    BalasHapus
  4. Mak Rita ikutan juga. Alhamdulillah kita selalu barenagn ikut giveaway, meski lebih banyakan Mak Rita, hehe. Semoga kali ini kita sama-sama beruntung beroleh oleh-oleh khas Wonosobo. Di Limbangan kayaknay gak ada manisan dan sirup Carica Gemilang, kopi Bowongso juga baru tahu. Jadi penasaran pada yang itu.
    Pengen suatu saat bisa ke Wonosobo. Pengen ke Dieng juga. Aaah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mood-ku lagi enak buat nulis Mak... Kalo ikut GA kan sdh ada tema jadinya kita tinggal nulis aja...apalagi klu menang kan bisa dapet tuh manisan carica..hehe..

      Hapus
  5. selamat lebaran..mohon maaf lahir batin,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat Lebaran juga...mksh atas kunjungannya...

      Hapus
  6. Sayang sekali saya belum pernah ke sana. Padahal dari kampung halaman saya tidak terlampau jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...sayang sekali ya belum sempat ke Wonosobo? Mgkn perlu diagendakan dari awal ya...kan udah dekat tuh tempatnya?

      Hapus
  7. tiap ada yang menulis tentang pariwisata di Indonesia, rasanya saya pengen ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dgn aku Mbak...seneng ngikutin tulisan pariwisata..berharap sustu saat bisa berkunjung ke sana nantinya..

      Hapus
  8. Masih banyak obyek lain yang menarik loh. Apalagi Dieng Culture Festivalnya:D

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...