IKLAN

Jumat, 04 Juli 2014

Segarnya Berbuka Puasa dengan Air Layak Minum

Tak terasa hari ini adalah hari keenam aku puasa ramadhan. Alhamdulillah hingga saat ini aku bisa menunaikan ibadah puasa dengan lancar. Kondisiku tetap prima sehingga aku bisa beraktifitas seperti layaknya hari biasa. Memang tahun ini aku berkomitmen untuk lebih memperhatikan asupan gizi saat puasa. Asupan gizi yang baik itu penting untuk menjaga keseimbangan kondisi tubuh ketika sedang berpuasa. Biasanya kan pola makan kita tiga kali sehali. Karena puasa pola makannya berganti menjadi dua kali sehari dan itu harus ditopang oleh unsur gizi yang cukup.


Nah....selain harus memperhatikan asupan gizi, aku juga banyak minum air putih saat makan sahur. Kenapa harus banyak minum air putih? Ini untuk mencegah dehidrasi dan kekurangan cairan pada siang harinya. Tentu saja saat beraktifitas memerlukan energi dan cairan yang cukup agar kondisi tetap fit. Hmm...apa saja sih kriteria air putih yang layak minum?

Syarat air putih layak minum adalah :
1. Jernih
2. Tidak berwarna
3. Tidak berbau
4. Tidak mengandung bakteri
5. Tidak mengandung campuran yang bisa merusak orhan tubuh seperti seng,atau zat besi yang mengandung
    mineral organik.

Apakah point-point dia atas sudah mereferensi syarat air yang layak untuk diminum? Jawabannya, ya! Kelima syarat di atas harus terpenuhi agar tubuh kita benar-benar sehat. Selain itu untuk lebih menjamin syarat kesehatan ada baiknya air putih direbus dulu. Ini untuk memastikan bahwa bakteri dan unsur-unsur buruk yang terkandung dalam air sudah mati. Sehingga air putih yang diminum adalah air yang benar-benar menyehatkan tubuh.

Satu hal lagi, saat berbuka puasa jangan minum air es ya! Karena dengan minum air es akan mengganggu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh. Bagi tubuh yang rentan mendapat gangguan, berbuka puasalah dengan minum air yang hangat, seperti teh hangat. Dilanjutkan dengan makan kurma atau sepotong kue, lalu minumlah air putih. InsyaAllah tubuh akan tetap bugar dan sehat selama berpuasa di bulan ramadhan. 


http://www.ngablogburit.blogdetik.com/syarat-ketentuan-

6 komentar:

  1. Kadang ada yang nekad kok mbak tau itu gak baik eeh tetep saja minum air es..wadalah :)

    BalasHapus
  2. iya mak, bener banget minum air sesuai syarat di atas itu untuk berbuka rasanya enak ya, selain hilang haus, hilang laper, sehat pula :)

    BalasHapus
  3. Tadi saya buka hanya dengan air putih mak... gak sempet beli apalagi bikin menu takjil lain. Alhamdulillah, malah terasa adem ke badan. Sukses ya, mak :)

    BalasHapus
  4. @christanty: kalau bisa berbuka dulu dgn teh hangat agar perut terasa nyaman Mbak...

    BalasHapus
  5. @napitupulu rodame: iya dong Mbak...penting banget kita minum air yang layak konsumsi dan memenuhi syarat kesehatan...

    BalasHapus
  6. @orin: alhamdulillah ya Mak Orin...berbuka dengan air putih pun terasa nyaman dan adem...

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...