IKLAN

Sabtu, 09 Agustus 2014

HITAM ITU MISTIS




Entahlah, kenapa aku alergi sekali mendengar kata hitam. Menurutku hitam adalah sesuatu yang tak menarik. Hitam itu identik dengan hal-hal yang berbau mistis. Coba saja lihat film-film dengan lakon mistis, sering dijumpai sosok dukun mistis yang berpakaian serba hitam. Berbaju hitam, bercelana hitam bahkan memakai tutup kepala hitam pula.


Kalau kita lihat film Harry Potter, tokoh-tokoh penyihir jahat di film itu pun semuanya memakai jubah hitam. Sosok penyihir jahat yang ada dalam buku cerita anak pun juga memakai jubah hitam. Tokoh penyihir jahat terasa hidup peran dan sosoknya, dengan seringainya yang menakutkan, menaiki sapu terbang, jubah hitamnya pun melambai.  Lalu tertawa kik..kik..kik..kik... Menyeramkan sekali!

Hitam identik pula dengan sesuatu yang tidak baik seperti tentang pekerjaan yang (maaf) kurang pantas. Makanya sering kita jumpai istilah "dunia hitam" untuk menggambarkan hal-hal yang tidak baik. Seperti, "Wanita itu bekerja di dunia malam." untuk menggambarkan bahwa wanita itu bekerja di cafe. Pekerjaan yang sesungguhnya (maaf) kurang patut dilakoni oleh seorang wanita. Istilah "Dunia Hitam" sering juga terdengar untuk merujuk perbuatan kejahatan seperti pekerjaan yang melibatkan perdagangan manusia, perdaganan narkoba, atau kekerasan.

Dalam lakon kehidupan sehar-hari, hitam menisyaratkan kegelapan. Sesuatu yang tak bergairah dan suram. Coba lihat rumah-rumah yang tak terawat dengan baik, yang sudah ditinggalkan pemiliknya. Dindingnya lusuh tak bercahaya, terkesan kumuh, dan tak menarik.

Hitam akan terasa mistis saat ada prosesi pemakaman. Orang-orang datang ke pemakaman dengan busana serba hitam, baju hitam, celana hitam, kacamata hitam, berpayung hitam.  Entahlah ya...kenapa orang senang sekali memakai pakaian serba hitam saat datang ke prosesi pemakamam. Menurutku, busana hitam seperti itu kan akan menambah suasana duka yang mendalam bagi keluarga yang tengah kehilangan anggota keluarganya. 

Coba perhatikan pula sosok Deddy Corbuzer, sang mentalis terkenal di negeri ini. Sosoknya terkesan semakin mistis dengan busana serba hitam yang sering dikenakannya. Olehkarenanya, tak salah jika kita istilahkan bahwa Hitam itu Mistis....!


Artikel ini diikutsertakan pada #BlackGiveaway


20 komentar:

  1. iya kadang kesan hitam itu seraaammmm....hehehehe
    smg sukses ya mbak GA nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe....memang seram Mbak... Makasih support-nya ya Mbak...

      Hapus
  2. Saya suka hitam mbk hehe...kelihtn kurus aja kl pake baju hitam xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaahh...ternyata hitam juga bisa jadi rujukan berpakaian ya..? Nice..ternyata warna hitam membuat mbak Hanna nyaman berbusana..hehe

      Hapus
  3. hitam itu elegant lho, cocok banget dipadu padankan dengan warna apa saja, sukses ya GA nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata hitam itu elegan juga dalam dunia fashion ya.. Mksh mbak atad support dan kunjungannya..

      Hapus
  4. saya kadang suka pakai warna hitam. Apalagi hitam itu paling mudah cari padu padannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna hitam juga bisa jadi trend mode juga ya Mbak.. Siplah...

      Hapus
  5. Saya suka warna hitam utk pakaian & jilbab krn menurut syariat berpakaian dlm Islam warna hitam & gelap itu lebih utama utk pakaian wanita.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berpakaian Hitam juga ternyata ada tuntunan syariat-nya juga.. Paantesan orang di Timur Tengah sering mengenakan gamis hitam bagi wanitanya..mksh byk atas pencerahannya ya..

      Hapus
  6. Entah bagaimana mulanya hitam menjadi sesuatu yang mistis. Bahkan dalam berbusana. Sejak zaman dahulu kalakah? Wallahu a'lam.
    Ya, coba tokoh jahat kayak penyihir bersapu itu busana plus sapu terbangnya berwarna pink ngejreng atau oren. Hehe.
    Mungkin kita bisa menelisik bagaimana sesungguhnya hitam itu hingga punya sejarah kelam. Pun menjadi stigma.
    Maaf baru bisa BW sekarang-sekarang ini, Mak. Sibuk pindahan rumah dan terkendala sinyal.
    Semoga sukses GA-nya, ya. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakannya sih hitam itu memang identik dgn hal negatif bahkan menjadi stigma utk hal2 yg negatif pula.. Mksh byk Mak Rohyati..disela2 kesibukan pindahan rumah msh sempat mampir kemari...

      Hapus
  7. pakai baju warna hitam kelihatan kurus mbak hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh gitu ya...baju warna hitam memberikan efek kurus bagi si pemakai? Aku gak suka baju hitam soalnya aku sdh kurus Mbak..hehe..

      Hapus
  8. Dalam dunia pakaian, warna hitam membantu Mak. Membantu badan terlihat lebih kurus dan membantu kulit terlihat lebih putih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak...dari bbrp info dan rekomendasi teman2 menyatakan bhw warna hitam itu bisa membuat tubuh terlihat lebih slim...

      Hapus
  9. setuju sama komen2 diatas, baju warna hitam bisa bikin keliatan langsing hehe
    emang sih, hitam itu keliatan mistis yah, tapi rasanya itu pengaruh budaya barat aja..
    Kalau di timur, justru banyak perempuan berbusana hitam ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak.. Di Timur Tengah msyoritas wanitamya berbusana gamis hitam.. Aku setuju pendapat teman2 bhw memakai baju warna hitam membuat tubuh kelihatan ramping.. Berarti hitam itu mistis tapi cantik ya..hehe..

      Hapus
  10. Wah benar sekali, hitam seringkali menggambarkan hal-hal yang berbau negatif. Namun taukah kita, sepertihalnya warna lain, hitam juga mempunyai arti. disamping warna putih yang artinya suci dan merah artinya berani maka hitam artinya kekal. Karena hitam itu identik dengan gelap, maka warna hitam kerap digunakan untuk simbolis bermakna menyeramkan...
    (Rahman Tri A)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...ulasannya mantap..makin menambah wawasan ttg warna hitam.. Makasih atas kunjungannya ya...

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...