IKLAN

Minggu, 31 Agustus 2014

Menelisik Permasalahan Krusial Seputar Dunia Penerbitan

Saat mengunjungi sebuah toko buku tentu saja tujuan kita ke sana adalah belanja buku. Ya, tepat sekali! Begitu juga yang terjadi dengan diriku, mengunjungi toko buku seolah agenda wajib setiap minggu. Biasanya sih pada hari Sabtu atau Minggu dimana aku punya waktu luang. Pernah juga sih menyempatkan diri saat pulang kerja. Kebetulan ada toko buku terkenal yang aku lewati saat perjalanan menuju rumah. Entahlah, bagiku toko buku adalah surga, tempat dimana aku merasa bahagia. Kalau melihat buku-buku yang dipajang di rak-rak toko buku itu rasanya pengen deh aku borong buku. Apalagi hampir setiap minggu ada saja buku baru terbit. Kalau tak memikirkan isi kantong akan ludes sekejap tentulah buku-buku yang menarik perhatianku aku beli tuh!.

Sabtu, 30 Agustus 2014

Eksistensi IKAPI dalam Industri Literasi Indonesia


Gambar dipinjam dari SINI

Jumat, 29 Agustus 2014

Ragam Al-Quran dan Kemudahan Beribadah



Ketika berkunjung ke sebuah toko buku terkenal di kotaku, aku melihat  beragam jenis Al-Quran dipajang. Aku mengamati satu persatu Al-Quran yang dipajang itu dan beberapa kuraih lalu membuka-buka lembarannya. Hmm...ternyata banyak sekali ragamnya. Misal ukurannya,  mulai dari yang kecil, sedang sampai berukuran besarpun ada. Lalu jenisnyapun beragam pula. Ada Al-Quran yang diterbitkan isinya langsung 30 juz, ada yang per sepuluh jus dan ada yang per juz. Di pajangan lainnya perhatianku tertuju pada Al-Quran digital yang bisa diaplikasikan kedalam komputer. Al-Quran jenis ini dilengkapi dengan pen penunjuk. Sehingga bila pen itu menunjuk pada stau kalimat dalam bahasa Arab, akan keluar suara bacaannya dari perangkat komputer. Semakin canggih dan beragam rupanya jenis Al-Quran saat ini.

Kamis, 28 Agustus 2014

Memilih gadget keren dan konten menarik

Suatu hari aku dibuat terkejut ketika keponakanku "Raffy" usia 4 tahun sedang mengutak-atik ponsel milik mamanya. Karena takut dia merusak ponsel itu lalu akupun menegurnya,"Raffy jangan utak-atik ponsel mamamu...nanti rusak lho tak bisa dipakai mama nelpon." tegurku. 

Selasa, 26 Agustus 2014

Menyampaikan Pesan Moral Melalui Buku Cerita Anak


Kegemaranku membaca buku boleh dikatakan terbangun sejak aku masih berusia dini. Seingatku, sejak aku bisa membaca aku sudah akrab dengan buku-buku bacaan. Namanya juga masih anak-anak ya...buku yang aku baca adalah jenis buku cerita anak yang berkisah tentang "Puteri Tidur", "Cinderella", "Pinokio" dan beragam judul lainnya. Kala itu buku bacaan anak masih didominasi dengan buku cerita saduran dari kisah-kisah yang bersetting luar negeri.Kebetulan waktu jamannya masih SD aku memiliki banyak teman yang hobi baca juga. Kami sering saling bertukar buku cerita. Karena kalau beli kan harganya cukup mahal kala itu dan belum banyak toko buku yang menjual buku cerita anak.

Asyiknya Mengunjungi Pameran Buku


"Buku adalah gerbang ilmu. Karena itu minat baca mesti dikembangkan sejak dini"

Kalimat di atas pernah dilontarkan oleh Edy Santana Putera saat beliau menjabat Walikota Palembang beberapa waktu lalu. Kala itu beliau tengah membuka kegiatan Festival Buku Nasional bertempat di halaman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Palembang. Dalam kesempatan itu berbagai jenis buku di pamerkan. Beberapa penerbit terkemuka negeri ini pun ikut meramaikan mengisi stand dan mempromosikan buku unggulannya. Seperti biasanya, aku menyempatkan hadir dalam kesempatan tersebut demi menemukan beragam jenis buku. 

Minggu, 24 Agustus 2014

Bebas Kuman dan Pestisida Berkat Mama Lime

"Apa? Mencuci buah dan sayur memakai cairan pencuci piring? Tidak salah tuh?" tanyaku terbelalak.

"Iya Kak, pakai cairan ini. Memang kenapa Kak?" adikku balik bertanya.

"Bukannya malah bikin masalah? Cairan pencuci piring itu kan mengandung bahan kimia?" aku masih meragukan penjelasan adikku.

Kamis, 21 Agustus 2014

My First Gift





Menjadi blogger itu asyik. Berbagai kompetisi lomba menulis dan giveaway bisa kita ikuti. Semua aktifitas itu banyak manfaatnya. Pertama, kualitas tulisan semakin hari semakin terasah. Kedua, blog kita pun terisi dengan konten yang disesuaikan dengan tema lomba. Ketiga, tentu saja kalau menang ada hadiahnya lho...hehe...

Secara aku ini pemula mengikuti berbagai event lomba menulis dan giveaway, tentu saja belum banyak pengalaman dan prestasi yang kutorehkan. Sebab peserta event tersebut biasanya diikuti oleh blogger keren yang sudah malang melintang dalam dunia ini. Well, berkat keseriusan mengikuti lomba-lomba semacam giveaway dari penyelenggara, akhirnya nyantol juga dapat penghargaan tali asih dari Mbak Istiadzah. Waktu itu beliau menyelenggarakan giveaway Hape Pertama. Alhamdulillah, tulisanku menjadi 10 karya terpilih untuk mendapatkan tali asihnya. Dan....tarraaaa....inilah penampakan tali asih dari giveaway Hape Pertama. Sebuah t-shirt cantik, pas banget untuk keponakanku Akbar yang berusia 2,5 tahun. Makasih ya Mbak Istiadzah...berkesan sekali...ini adalah tali asih pertama yang aku peroleh.



Sabtu, 16 Agustus 2014

Sadar Bencana dan Pembelajaran dari Tsunami Aceh





 
Pada suatu pagi.....

Seorang bocah kecil yang sedang bermain bola di pantai tergulung ombak ke laut.
Gelombang setinggi sepuluh meter yang timbul akibat gempa di bawah laut Hindia
menyebabkan tsunami hebat. Tubuh kecil Martunis terombang-ambing terhempas ke laut.
Beruntung bocah malang itu selamat dari terjangan ombak dan gelombang yang menggulung tubuhnya hingga berjam-jam terkatung-katung di laut.
Entah bagaimana dia bisa selamat dari amukan tsunami.
Hingga akhirnya bocah malang berkostum timnas Portugal itu pun selamat dan liputannya
beredar hingga ke stasiun televisi Eropa.
Beruntunglah dia berkat kostum yang melekat di tubuhnyanya itu hingga menarik simpati pemain top sepakbola Portugal.  Dia akhirnya diundang bersama ayahnya ke Portugal dan mendapatkan santunan uang.

Sabtu, 09 Agustus 2014

HITAM ITU MISTIS




Entahlah, kenapa aku alergi sekali mendengar kata hitam. Menurutku hitam adalah sesuatu yang tak menarik. Hitam itu identik dengan hal-hal yang berbau mistis. Coba saja lihat film-film dengan lakon mistis, sering dijumpai sosok dukun mistis yang berpakaian serba hitam. Berbaju hitam, bercelana hitam bahkan memakai tutup kepala hitam pula.

Kamis, 07 Agustus 2014

Kiat Menggapai Berkah Panjang Umur



Keluarga kami baru saja melalui hari-hari duka karena kehilangan salah satu keluarga tercinta. Dua bulan yang lalu adikku yang nomor empat meninggal. Tepatnya tanggal 21 April 2014 adikku "Ferry" meninggal karena sakit. Kanker nasofaring stadium empat telah merenggut nyawanya setelah menderita selama 3 tahun melawan sakitnya. Berbagai pengobatan baik medis maupun non medis tak mampu menolak takdir. Allah lebih menyayanginya untuk secepatnya dipanggil kedalam pangkuan Ilahi. Dalam usia kurang dua bulan usia 40 tahun adikku "Ferry" meninggalkan isteri dan dua anak balita.

Jumat, 01 Agustus 2014

BERAWAL DARI YANG MANIS BERSAMA SYSTEMA NANO


Ramadhan baru saja dilalui dan perayaan Idulfitri pun sudah usai. Walaupun menjalani ibadah puasa ramadhan sebulan penuh, namun alhamdulillah bisa kulalui dengan sempurna. Ngomong-ngomong soal puasa ramadhan dan perayaan Idulfitri, aku ingin berbagi cerita nih. Mau tahu kan ceritaku? Yuk simak di sini ya...