IKLAN

Sabtu, 28 Februari 2015

Menulis Artikel di Suara Pembaca Sumeks

Akhirnya....nongol juga tulisanku di media. Sebuah artikel mini yang berisi komentar atas berita utama pada koran terbitan Sumsel "Sumatera Ekspres". Syarat dan ketentuannya tak rumit. Cukup memberikan komentar atas berita utama pada edisi minggu. Walaupun panjang tulisan tak dibatasi namun jangan panjang-panjang amat, kan namanya juga komentar. Artikel tersebut dikirim melalui email ke redaksi. Tak perlu menunggu lama, bila beruntung minggu depan tulisan kita sudah dimuat. Hadiahnya? Dua lembar voucher ke Amanzi Water Park, sebuah wahana bermain di Citra Grand City Palembang. Lumayan buat ngajak ponakan berenang dan bermain air sepuasan. Selain itu artikel komentar yang kita tulis akan dimuat dalam web Sumeks online.


Bila sahabat tertarik ingin mencoba kirim artikel, bisa buka link di SINI

Berikut aku tulis ulang artikel komentarku di bawah ini. 

BATU AKIK SEBAGAI IKON WISATA SUMSEL

     Beberapa tahun terakhir tren batu akik semakin populer digemari masyarakat. Baik itu sebagai pelengkap aksesori, diburu untuk koleksi para kolektor maupun diyakini sebagai tuah untuk pengobatan. Semua tergantung motif dari si pemburu batu akik itu sendiri.
     Tak terkecuali di Sumatera Selatan, masyarakat seolah terhipnotis dengan daya tarik batu akik. Bahkan bagi maniak batu akik, rela menggelontorkan uang dalam jumlah besar demi membeli bongkahan batu akik. Keindahan batu akik seolah memberi magnet bagi pecintanya untuk diburu dan dikoleksi.
     Di Baturaja, Pagaralam bahkan terakhir ini di Musirawas, ditemukan daerah penghasil batu akik dengan kadar yang cukup baik. Masyarakatpun seolah ketiban rezeki dengan tren batu akik. Bahkan, ada yang rela beralih profesi dari petani dan peladang menjadi penambang tradisional batu akik. Lagi-lagi tak ada yang salah dengan alih profesi itu, semuanya demi batu akik.
     Menanggapi minat masyarakat yang cukup besar terhadap tren batu akik, saat ini sebaiknya ada campur tangan pemerintah melalui Dinas Pariwisata. Misal, selain   merelokasi pedagang batu akik di kawasan Cinde ke tempat yang lebih representatif, juga sebaiknya mempromosikan batu akik khas Sumsel dalam event pameran atau festival.
     Sebut saja, mengadakan festival batu akik khas Sumsel di mal atau hotel berbintang. Selain untuk menarik daya kunjungan wisata, juga akan memberikan nilai plus secara ekonomi. Artinya, ada penguatan ekonomi masyarakat melalui tren batu akik.
     Selain itu, dengan lebih dikenalnya batu akik khas Sumsel, bisa lebih mempopulerkan Sumsel untuk dijadikan tujuan wisata Nusantara. Istilahnya, melalui batu akik khas Sumsel, dapat menjadikan ikon wisata Sumsel pula. Semoga batu akik khas Sumsel bisa berjaya dan bersaing keindahannya dengan batu akik dari daerah lain.
     
Penampakan tulisanku di koran Sumeks

Penampakan tulisanku di Sumeks





20 komentar:

  1. lagi ngetren banget nih bahasan ini tante :D sampe2 bu ani yudhoyono aja bagi2 batu akik di instagram. hihihi

    BalasHapus
  2. iya Syifa..dimana2 skrg lg ngetren batu akik.. Sampai2 ada pegawai di suatu kabupaten yg wajib pakai batu akik waktu ngantor.. Hadehh..hehe..

    BalasHapus
  3. Mbak....org palembang ya? Sama donggg... salam pempek n tekwan...hehhehe

    BalasHapus
  4. Salam kenal mbak Nani.. Senang rasanya ketemu orang Palembang du KEB.. Salam pempek dan tekwan juga..hehe.. Mksh kunjungannya ya..

    BalasHapus
  5. batu akik mewabah, di mana-mana batu akik ya mak.. yg aku suka dr palembang tetep pempeknya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali Mak...batu akik ngetren sampai ke seluruh penjuru nusantara... ttp pempek Palembang ttp jadi favorit ya, hehe.. mksh atas kunjungannya ya...

      Hapus
  6. wahh selamat ya mbak....kereen..iyaa, akik booming pisan yaaa...

    BalasHapus
  7. selamat mak.. tulisannya dimuat... batu akik bener-bener hits banget :D

    BalasHapus
  8. wah selamat ya mbak,,,senengnya deh tulisan bisa masuk surat kabar :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh mbak.. Ini blm seberapa dgn karya2 sahabat blogger lainnya... Tp aku senang..krn karyaku diapresiasi media .

      Hapus
  9. wah hebat... selamat yah... giliranku kapan. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh Mbak ...lain kali insyaAllah giliran Rinie juga ya....

      Hapus
  10. batu akik, lagi trend banget, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul Mak Myra..di mana2 pada demam batu akik..

      Hapus
  11. selamaat yaaaa...batu akik sepertinya memang lagi heboh bangeeet ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksih Msk Indah....memang saat ini batu akik sdg ngetop di mana..

      Hapus
  12. kenapa ya batu akik hebohnya sekarang
    jaman Tessy masih aktif di srimulat dulu juga sudah pake cincin akik banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...iya ya? Koq jamannya Tessy dulu pake cincin batu akiknya segede jengkol malah kurang populer ya? Koq baru skrg ya orang2 pada demam batu akik? Konon kabarnya batu akik ini populer lantaran mantan Presiden SBY menghadiahi Barack Obama batu akik bacan...

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...