IKLAN

Minggu, 08 Maret 2015

Review Buku Dahsyatnya Ibadah Haji

Judul Buku: DAHSYATNYA IBADAH HAJI
Nama Penulis: Abdul Cholik
Penerbit: PT. Elex Media Komputindo Jakarta
Cetakan: I, Jakarta 2014
ISBN: 978 602 02 4810 3
Tebal: ix + 233 halaman
Harga: Rp. 47.800,-





Buku ini merupakan kisah perjalanan sang penulis saat melaksanakan rukun Islam yang kelima. Dalam buku ini penulis menuangkan kisah perjalanannya dalam 61 kisah yang tertuang dalam 61 sub judul. Namun secara keseluruhan menggambarkan perjalanan rohani sang penulis di dua kota suci yaitu Makkah dan Madinah. Tak seperti buku bertema yang sama dimana isinya terkesan berat, buku ini malah sebaliknya. Secara utuh memang menggambarkan hal-hal yang berbau ibadah haji. Namun bila dicermati lebih kisah dalam buku ini memberikan gambaran berupa panduan bagi jemaah yang berkeinginan menunaikan ibadah haji. Sangat cocok dimiliki oleh pemula yang belum pernah ke tanah suci. Dengan bahasa yang gamblang dan mudah dipahami, sang penulis mencoba memberikan pemahaman yang ringan tentang apa yang seharusnya dilakukan oleh calon jemaah haji.

Secara lebih lanjut, kisah perjalanan sang penulis terangkum dalam 3 (tiga) bagian:
1. Bagian pertama, menceritakan tentang hal-ikhwal persiapan sebelum berangkat haji. Pada bagian ini meliputi kisah pertama sampai dengan kisah kelima belas yang tertuang pada halaman satu dan berakhir pada halaman empatpuluh satu. Hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum berangkat dapat diketahui pada bagian ini.

2. Bagian kedua, menceritakan tentang awal dimulainya prosesi ibadah haji. Kisahnya dimulai dengan ritual memakai kain ihrom saat tiba di Jeddah. Pada bagian ini mulailah terdapat esensi dan hakikat yang sebenarnya dari ibadah haji itu sendiri. Banyak hal-hal penting yang diuraikan sang penulis mengenai esensinya, seperti hal-hal apa saja yang dilarang saat berpakaian ihram. Bila tak paham esensinya maka sang jemaah akan mendapat dham dan membayar denda. Prosesi ibadah haji yang diceritakan sang penulis meliputi kisah ke-16 sampai dengan kisah ke-46 yang tertuang pada halaman 46 dan berakhir pada halaman 158. Sebagai penanda usainya prosesi pelaksanaan ibadah haji dengan ditandai tawaf wada' di Masjidil Haram.

3. Bagian ketiga, berkisah tentang ibadah pelengkap dalam rangkaian prosesi ibadah haji. Kisah-kisahnya diuraikan sang penulis pada kisah ke-47 sampai dengan kisah ke-61 yang tertuang pada halaman 160 dan berakhir pada halaman 220. Kisah-kisah yang tertuang pada bagian ketiga ini lebih kepada pengalaman pribadi sang penulis namun memberikan benang merah bagi pembacanya. 

Beberapa catatan untuk buku ini:

1. Buku ini sangat cocok dimiliki oleh pembaca yang ingin berangkat ke tanah suci. Kenapa? Karena isinya tidak berat dan berisi tips-tips ringan selama beribadah.

2. Ditulis dengan gaya bahasa yang segar sehingga tidak membosankan bagi pembacanya.

3. Ditulis secara runut mulai dari awal tulisan hingga berakhirnya tulisan. Sehingga pembaca yang belum pernah ke tanah suci mendapatkan gambaran yang jelas dan mudah dipahami bila kelak ke tanah suci.

3. Buku ini tak hanya sekedar menyajikan panduan ringkas beribadah haji, namun membaca kisah-kisahnya yang syarat makna layak dimiliki oleh berbagai kalangan usia untuk dijadikan koleksi. 

4. Harganya cukup terjangkau dan sesuai dengan kualitasnya. 

5. Sedikit catatan: akan lebih menarik lagi bila ilustrasi gambar yang terdapat di dalam buku ini disertai dengan foto berwarna sehingga menjadikan kisah-kisanya lebih hidup lagi dan manis tampilannya.

Bila sahabat blogger belum memiliki bukunya silahkan mengunjungi toko buku langganan di kota Anda. Atau bisa memesan secara online pada gramediaonline.com atau di grazera.com. So, tunggu apalagi?



18 komentar:

  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Lomba Menulis Resensi Buku Dahsyatnya Ibadah Haji
    Dicatat sebagai peserta
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Pakde... Senang aku bisa berpartisipasi dalam GA-nya...

      Hapus
  2. Smg saya mendapat rejeki bisa naik haji kayak pakdhe cholik, dan smg mbak Rita dapet uang baksonya... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseekk...makasih doanya buat aku ya...hehe...semoga aja GA-nya Pakde kali ini aku termasuk yg beruntung..hehe...#ngarep.. Semoga Mas Adi juga mendapat kelapangan rejeki dan bisa naik haji kayak Pakde ya..insyaAllah...amin...

      Hapus
  3. Aku dah baca buku ini. Setuju semua dg komennya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Mbak atas atensinya...yuk bikin review-nya juga dan ikut GA-nya...

      Hapus
  4. aku kalo baca buku berbau haji mesti mesti nangis, soalnya pengen kesana mbak...semoga kelak ama Allah diizinkan kesana..amieen

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah bisa ke sana juga ya Mbak...niatin aja dulu selebihnya usaha... semoga kelak dilapangkan jalannya ya...amin..

      Hapus
  5. suatu saat Dija juga mau berangkat HAJI sama kayak eang cholik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. InyaAllah ya Mbak.....semoga harapannya kelak terkabul....amin..

      Hapus
  6. Pakdhe memang hebat ya...
    bukunya udah banyak banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak.... Pakde memang hebat... sekarap beliau tiap bulan mengeluarkan buku baru...

      Hapus
  7. aku pengen banget bacaaa...bukunya belum sampai sini :)...semoga menang ya maaak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensinya Mak Indah... Semoga jg bukunya cpt sampai ya agar bisa ikutan GA-nya Pakde... Mksh jg atas kunjungannya...

      Hapus
  8. Kalau sekedar baca buku panduan haji memang berat ya mbak, buku ini jadi alternatif yang ringan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Fenny....buku ini gak berat ttp kita tetap bisa belajar cara2 melakukan ibadah haji dlm buku ini karena dikemas dalam bahasa yg mudah dipahami...

      Hapus
  9. penasaran sama bukunya, baru mau beli di gramed... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus lho Mbak bukunya...ayo cari di gramed dan buat review-nya ikutan GA-nya Pakde...

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...