IKLAN

Rabu, 10 Juni 2015

APA ARTI MIMPI?


Dua malam yang lalu... Tidurku terjaga... Kunyalakan lampu, masih pukul 3 pagi menjelang subuh. Aku kucek-kucek mata, menatap lekat-lekat ke arah jam di dinding. Betul nih, masih jam 3 pagi. Beberapa menit kemudian aku menyadari, aku ternyata telah bermimpi. Mimpi yang mebuatku terjaga dalam keheningan malam.


Sebagian orang percaya pada mimpi. Sebagian lagi tak percaya mimpi. Sah-sah saja mereka berpendapat. Begitu juga diriku, selama ini menganggap mimpi adalah bunga tidur. Atau khayalan yang terbawa dalam tidur. Malah ada sebagian orang membuat buku tafsiran mimpi sebagai media untuk mengartikan makna dari mimpi yang dialaminya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mimpi adalah sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Mimpi juga bisa diartikan sebagai angan-angan. 

Kembali lagi cerita tentang mimpi yang kualami. Ketika itu aku bermimpi  jumpa dengan mamaku yang sudah almarhum. Dalam mimpiku, terlihat mama tampak sangat bahagia. Dia selalu tersenyum bahkan tertawa lepas. Namun senyum dan tawanya tak lagi ceria ketika aku dan adikku Linda berpamitan.

       "Ma, kami pamit dulu ya. Mama jangan sedih dong...nanti juga kami pasti datang dan berkunjung lagi ke sini," hiburku pada mama.

      "Kalau mama masih kangen sama Linda (adikku yang tinggalnya di luar kota), peluk aja tuh dia," ledekku lagi pada mama.

      "Iya nih...sini mama ntar kupeluk erat-erat ya...'" tukas adikku Linda. 

Begitulah percakapan yang terjadi dalam mimpiku, antara aku, Linda (adikku) dan mamaku. Dalam mimpiku itu, seolah aku dan adikku berkunjung ke rumah mama. Di rumah itu ada seorang ibu, sepertinya ibu itu yang membantu mama di rumahnya. 

Mimpiku nyata adanya...

Nyatanya, dua hari sebelumnya, aku memang berkunjung ke rumah mama. Rumah abadi milik mama ada di komplek pemakaman di kota kami. Dua hari sebelumnya, pada pagi Minggu, aku, suamiku, papaku dan adikku Linda (yang datang dari luar kota) ziarah ke makam mama. Di sana kami memanjatkan doa kepada almarhumah mamaku, agar amal ibadah almarhumah diterima olehNya dan mendapat tempat yang terbaik disisiNya.

Tak terasa, waktu sudah cukup lama memisahkan alam kami.... Ramadhan yang sudah didepan mata menjadi ramadhan keenam bagi keluarga kami tanpa mama. Ahh...mendadak jadi melow terkenang dengan almarhum mama, terkenang ketika berangkat sama-sama ke masjid, terkenang ketika sahur bersama, terkenang ketika almarhum begitu semangat di dapur memasak sajian untuk berbuka puasa....

Ramadhan tinggal menghitung hari.... Kenangan indah bersama almarhum mama takkan pernah kembali.
Miss you Mama...


54 komentar:

  1. Mimpi dini hari itu "puspo tajem" biasanya pertanda/petunjuk. Ini seingatku dari obrolan2 orang pas di kampung halaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak Arin sebagian orang meganggap mimpi sebagai petunjuk...makasih atensinya ya...

      Hapus
  2. mimpi yang banyak orang hanyalah sebagai bunga tidur terkadang memang ada makna yang terkandung sebagai firasat gitu deh.
    betewe, ternyata saya udah follow blognya deh...belomfollow balik ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp...sudah follow google plus-nya ya.. makasih atas atensi dan kunjungannya...

      Hapus
  3. Alhamduillah sleama hamil saya malah jarang mimpi Mbak. Akan tetapi, kalau mimpi malah sering aneh-aneh. Pernah mimpi sampai naik turun gunung, bangunnya terasa capeeekk banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...mimpinya naik gunung turun gunung berasa sekali ya mbka kayak bener2 terjadi ya sampe ngerasa capek gitu...hehe

      Hapus
  4. Duh mbak, bikin meleleh deh baca kayak gini malem-malem :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhh....jadi ikutan melow ya Mbak...

      Hapus
  5. Iya Mak, mau ramadhan aku pun melow. Inget bapak. Ramadhan ini akan jadi ramadhan pertama tanpa bapak. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ramadhan pertama tanpa bapak ya Mbak? Pastinya melow sekali tuh karena begitu terasa lho kalau orangtua ita telah tiada itu gak enak banget...

      Hapus
  6. aku juga sering mimpi, mungkin sering berrhubungan dg aktiviatsku. kadang mimpi srem sampai gak bisa tidur lagi. Malah pernah mimpi punya anak lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oalah....serem2 mimpinya Mbak apa mungkin nonton tayangan horor kali? Trus mimpi punya anak lagi....wah gimana tuh..hehe

      Hapus
  7. Membaca ini, jadi inget aku juga belum ziarah ke makam Mama :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari Mbak Leyla ziarahi makam mamanya dan kirim fatihah...

      Hapus
  8. al fatihah buat mamanya mba rita....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh mba Dewi Rieka atas atensinya...

      Hapus
  9. Al Fatikhah untuk mamanya mba rita..

    BalasHapus
  10. mimpi kadang bis ajadi petunjuk untuk kita ya mbak, saya pernah kok ada yg begitu, pernah juga mimpi yang berisi peringatan untuk diri sendiri. semoga almarhumah diberikan keberkahan dalam rumah abadinya. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mbak Evrina atas atensi dan kunjungannya...

      Hapus
  11. Mimpi seperti itu memang selalu berkesan, Mbak ... semoga almarhumah Mama bahagia di sana

    BalasHapus
  12. Percaya gak percaya sih ya...tp aku jg prnh ngalamin.... sekian thn yll...mimpi 3 hr berturut2 ketemu sobat masa kecil... eh selang 2 hr beneran ketemu... meski di dunia maya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh...senangnya ya Mbak Nani mimpinya terealisasi walupun ketemunya sama teman lama itu hanya di dunia maya...

      Hapus
  13. mimpi indahnya terasa berkesan dan meninggalkan rasa kangen terhadap sosok ibunda ya mba :) #kirim doa alfatihah ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih atensinya Mbak Christanty...

      Hapus
  14. Aah, aku jd inget neneku nih, br meninggal 2 bln lalu.. Semoga almh mama & nenekku bahagia di alamnya ya maak.. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga neneknya mbak Nurul juga bahagia dialamnya..amin...

      Hapus
  15. Merinding bacanya Mak..
    Sulit membayangkan sedihnya ditinggal orang tua. Semoga Mamanya Mak Rita diterima di sisiNya dan amal ibadahnya dicatat sebagai amal kebaikan. Amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas atensi dan doanya Mbak Yuniarti...

      Hapus
  16. akhir-akhir ini setiap malam mimpi ketemu orang-orang terdekat, entah, semoga just a dream :)

    BalasHapus
  17. Tetap semangat menyambut Ramadhan ya, Mak. Semoga mama tenang di sana..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mksh mbak Orin atas atensi dan kunjungannya ya..

      Hapus
  18. Subhanallah, mimpi merupakan keadaan di bawah alam sadar kita, semoga Ramadhan kita makin berkah ya, Mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn...mksh mbakRany atas doa dan atensinya..

      Hapus
  19. Kangen mama ya mbak? Al Fatihah saya untuk beliau. Sekalian mohon maaf jika saya salah2 kata ketika komen disini. Selamat menjalankan ibadah Ramadan.

    BalasHapus
  20. iya mbak, mimpi itu emang angan-angan. tapi bisa juga petunjuk sih menurutku, ... hehehe.
    Aku jg kangen mamaku mbak..:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm..bener juga kayaknya sih...mimpi kadang juga berupa petunjuk...

      Hapus
  21. Semoga Mama mendapat tempat yang layak di sisi-Nya. Amin
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn...makasih Pakde...salam juga dari Palembang..

      Hapus
  22. Saya sering banget mimpi...tapi kebanyakan mimpi aneh, yang berhubungan degan orang-orang yang saya kenal mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih atensi dan kunjungannya mbak Liswanti..

      Hapus
  23. Ikut meleleh bacanya Mak :((.

    Semoga Mama mendapat tempat yg paling indah di sisi Allah, aamiin.

    BalasHapus
  24. Mungkin mimpinya karena sedang rindu, ya. Turut berduka atas kepergian mamanya :')

    BalasHapus
  25. terkadang mimipi itu terasa nyata bagi orang yang memimpikannya sendiri,walaupun katanya mimpi itu bunga tidur tapi jika kita yang ngalaminya langsung mimpi itu berasa jadi pertanda ya mbak? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mbak Nindy..krn kita langsung yg mengslami mimpi itu dan seolah nyata adanya terkadang membuat kita merasa gimana gitu..

      Hapus
  26. yupss...mksh atensinya mbak Rani..

    BalasHapus
  27. Duh, aku jadi teringat sama almarhum mama ku juga nih mbak :)

    Mari kita sama2 kirim doa supaya beliau tenang yah mbaaak :)

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...