IKLAN

Minggu, 23 Agustus 2015

Menjelajahi Bukit Fatin San Bangka


Pulau Bangka memiliki banyak tempat yang indah untuk disinggahi. Tak hanya didominasi oleh pantai-pantai indah  tetapi bukit-bukitnya pun sangat indah. Salah satunya adalah Bukit Fatin San. Nah, penasaran kan bukit yang seperti apa itu?

Bersama dengan kerabat yang tinggal di Bangka, pada libur tahun baru 2015 yang lalu aku jalan-jalan menuju Bukit Fatin San. Perjalanan ditempuh kurang dari 45 menit dengan armada mobil. Tepatnya Bukit Fatin San ini terletak di Bukit Betung Sungai Liat Bangka. Begitu sampai di lokasi, decak kagum keluar dari bibirku. Ini adalah kali pertama aku singgah di tempat ini. Ketika menjejakkan kaki di sana kita akan disuguhi pemandangan yang indah. Di Bukit Fatin San ini berdiri kuil Budha. Banyak juga dibangun ornamen patung-patung mirip sekali dengan nuansa kuil Saolin lho. Di sekitar kuil ini terhampar pepohonan yang hijau menambah sejuk udara sekitar. 

Kuil Budha yang berada di Bukit Fatin San

Salah satu ornamen patung naga yang berada di Bukit Fatin San

Menara kuil yang berada dalam kawasan Bukit Fatin San

Untuk mencapai ke puncak kita harus melewati terlebih dahulu banyak anak tangga. Hati-hati saat mendaki anak tangga karena tempat ini lumayan curam. Bahkan keponakanku Akbar sempat terpeleset. Untungnya Akbar hanya lecet sedikit. Maklum, namanya juga anak cowok ya, lakunya sangat lincah, maunya berlari kesana kemari. Karena di sekitar tempat ini sangat indah, banyak pelancong yang mengabadikan spot-spot cantik di tempat ini. Termasuk juga diriku, sibuk jepret sana jepret sini pasang aksi. Kapan lagi bernarsis ria, mumpung sedang melancong ya, haha...

Ketika sudah berada di puncak bukit, kita akan disuguhi lagi panorama yang lebih indah. Dari atas puncak bukit ini kita dapat memandang sudut-sudut kota dengan pantainya. Kita bisa melihat juga lalu-lalang kapal-kapal yang berlayar ke tengah laut. Sungguh pemandangan yang eksotis dari atas bukit ini. Nah, bila sahabat berkunjung ke pulau Bangka jangan lupa mampir ke Bukit Fatin San. Tempat ini patut disinggahi lantaran memiliki nilai wisata sejarah dan religi. Untuk berkeliling di Bukit Fatin San kita cukup merogoh kocek limaribu rupiah sebagai tanda masuk. Lalu berkelana mengelilingi spot-spot yang cantik di Bukit Fatin San. Berikut ini aku tampilkan foto-fotonya ya...

Memeluk keponakanku "Akbar" di anak tangga kuil Budha Bukit Fatin San


Menaiki anak tangga Bukit Fatin San


Gak enak banget penampakan kresek merah itu...hadehhh..

Capek mendaki, ngaso dulu sejenak ahh.. Ada Akbar dan mamanya..


Naik terusss....hingga ke puncak..

Salah satu jalan yang harus dilalui untuk mencapai puncak Bukit Fatin San

Menatap lautan di ujung sana dari puncak Bukit Fatin San

Berada di puncak Bukit Fatin San dengan latar lautan lepas..

Saatnya narsis..mengabadikan moment..

Masih narsis di puncak Bukit Fatin San


16 komentar:

  1. nama bukitnya lucu nih...gabungan nama apa ya?? fatin islam san buda kah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukit Fatin San ada kuil tempat sembahyang umat Budha Mbak.. Di Bangka kan mayoritas penduduknya keturunan tionghoa dan mayoritas beragama Budha.. Konon penyebutan nama Fatin itu berasal dari suku kata Fat dan Hin..

      Hapus
  2. Asri tempatnya....tp ada kuil ya? Pasti ada cerita sejjarahnya ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mba Nani..tempatnya sangat asri dan sejuk.. panoramanya pun sangat elok.. Di bukit ini berdiri bangunan kuil tempat sembahyang umat Budha Mbak..

      Hapus
  3. Wah baru tahu ada tempat ini. Jadi pengen ke Bangka. Iya ya namanya lucu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo Mbak...jalan2 ke Bangka.. banyak tempat indah yg bisa disinggahi...salah satunya ya Bukit Fatin San ini..

      Hapus
  4. Naik teruuuss.

    Aduh berasa banget pegelnya.
    Tapi kebayar deh begitu sampai puncak.

    View nya manteb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Capek..pegel...langsung hilang begitu sampai di puncaknya Mbak.. Panorama alam sekitar sungguh elok dinikmati mata..

      Hapus
  5. Tangganya bikin ngos2an gak ya? Jantungku sedikit manja nih padahal mupeng liat pemandangan cantiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan ngos2an Mbak.. Biar gak ngos2an naik dengan santai aja sambil foto2 menikmati alam sekitar, gak terasa sdh nyampe ke puncaknya..gitu deh tipsnya..

      Hapus
  6. wah seru juga ya, aku gak tahu kenapa suak sekali kalau lihat kuil, kelenteng .... banyak ornamen2nya yang unik dan antik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba... Seru banget.. Di bukit itu ada kuil dan byk ornamen khas kuil budha..

      Hapus
  7. Wow, selamat datang di kota saya ya Bu. Kuil Fatin San itu relatif tidak jauh dengan tempat tinggal, juga kantor saya. Fatin San itu berada di lereng gugusan Bukit Siam, Bukit Betung dan Bukit Semut, di dekatnya atau sekitarnya terdapat air terjun mini, ketika masih SMA saya dan anak peserta didik sering mendaki disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensinya Pak Gus.. Bukit Fatin San memang elok.. Kalau ke Bangka saya mau mampir lagi di sana..

      Hapus
  8. jadi penasaran apa isi kresek mereaaah itu ya..wkki salah fokus, betewei senengnya ya mbak sudah bisa menjejakkan kaki ke Mekah:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...kresek merah isinya macam2 Mba.. Mksh atensi dan kunjungannya ya..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...