IKLAN

Minggu, 20 September 2015

Sedapnya Mie Celor 26


Siapa yang tidak kenal dengan Mie Celor 26? Bagi para pendatang yang berkunjung ke kota Palembang pasti mencari makanan ini. Tak lengkap jelajah kuliner saat traveling kalau belum mencicipi Mie Celor 26. Kenapa ya nama makanan ini pakai embel-embel 26? Angka 26 itu melambangkan tempat atau lokasi dimana mie ini dijual. Tepatnya di kawasan kelurahan 26 ilir, salah satu kelurahan yang ada di kota Palembang. 

Seperti halnya saat sepupuku berkunjung ke Palembang, kami mengajaknya mencicipi mie celor 26. Berangkatlah kami ke kawasan 26 ilir. Di sebuah ruko yang terletak di Jalan K.H. Ahmad Dahlan (dekat pasar 26 Ilir) terdapat kedai yang menyediakan mie celor 26. Nama kedainya " Mie Celor 26 H. Safei". Nama pemiliknya memang H. Safei yang sudah malang melintang sejak lama menjual mie celor. Bahkan saat ini mie celor 26 tersebar di beberapa tempat, seperti di jalan Mujahiddin dan di Jalan Merdeka. 



Sepintas, mie celor mirip dengan mie rebus yang sering kita temukan di beberapa resto. Keunikan citarasa mie celor 26 terletak pada kuah santan kental dipadu rebusan kaldu udang. Ada juga tauge yang dicelor sebagai pelengkap sajian. Disebut mie celor karena memasaknya dicelor, yang berarti direbus sebentar. Cara merebus mie, didihkan air dalam wajan lalu mie direbus dengan alat saringan bergagang dengan cara dicelup-celupkan hingga matang. Saat penyajian, mie dan tauge diletakkan dalam piring dan disiram dengan kuah santan kental. Tambahan bumbu lainnya adalaah irisan udang rebus, telor rebus, bawang goreng dan daun kucai. Aromanya harum banget sangat menggoda selera. Biar terasa nikmat, meyantapnya saat mie masih panas. Maknyusss...!!! Harganya untuk satu porsi Rp. 15.000,- Bagi pecinta kuliner mie, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk mencicipi mie celornya.

Banyak pembesar pernah mampir makan mie celor di tempat ini. Ada artis dan petinggi republik. Hal ini dapat dilihat dari foto-foto yang dipajang di dinding. Memang sih, kalo berkunjung ke Palembang belum mencicipi mie celor 26 terasa belum lengkap jelajah kulinernya. Yukk....mampir ke Palembang....!!!




10 komentar:

  1. Duh...jadi pengen makan mie celor. Kebetulan tempat makan ini ga jauh dari rumah mertua di Makrayu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo tinggal di Makrayu memang dekat ke Mie Celor ini, hehe..

      Hapus
  2. suka banget aku makanan khas Palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyuka kuliner khas Palembang jg ya Mba?

      Hapus
  3. Enaaaak tuuuuh.. Aduuuh jadi pengeeen mak.. Pasti original dan okeee ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba....original nih..rasanya juga oke...

      Hapus
  4. Hemmm enaknya,,,, btw kalau nama lokasinya berubah kelurahan 56 ilir, kira - kira mie ini tetep 26 apa bukan yaw? hahahaha just kiding,,, Mantab dah mie nya ada santan kelapanya juga :-) unik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cabangnya ada lho Mba di tempat lain dan namanya tetap koq Mie Celor 26..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...