IKLAN

Sabtu, 19 September 2015

Segarnya Es Kacang Merah


Bagi pecinta kuliner pastinya tahu dong dengan minuman dingin dan menyegarkan ini "Es Kacang Merah". Citarasanya yang manis sangat menggoda untuk dinikmati. Apalagi saat cuaca panas, nikmat sekali rasanya minum Es Kacang Merah khas Palembang.

Kenapa sih minuman ini pakai embel-embel "khas Palembang"? Konon katanya minuman yang menyegarkan ini memang aslinya dari Palembang. Keluarga tanteku yang tinggal di Jakarta selalu menyempatkan diri mencari es ini ketika berkunjung ke Palembang. Kata tanteku, dia paling suka es kacang merah yang dijual oleh pedagang di daerah Cinde. Ketika jamannya tanteku masih sekolah dia suka banget ke Cinde buat beli es kacang merah. Menurutnya, di Jakarta susah nyari es kacang merah. Kalaupun ada yang menjualnya tak selezat yang ada di Palembang. Itu kata tanteku lho...!!

Keunggulan es ini terletak dari kacang merahnya yang empuk dan legit. Kemudian campuran sirup gula asli dan tambahan susu kental manis membuat citarasanya semakin menggoda. Ada juga penjual es ini yang memakai sirop gula merah dan santan. Citarasanya pun tak kalah lezat dan menggoda lidah. Apalagi esnya memakai es serut, kalau diseruput langsung nyess di mulut. Duh...seger banget lho!

Es Kacang Merah khas Palembang

Seperti yang telah kuceritakan diawal bahwa keunggulan es ini terletak pada kacang merahnya yang empuk dan legit. Untuk membuat kacang merah yang empuk dan legit harus direndam dulu selama lebih kurang 12 jam baru direbus kemudian. Lebih bagus lagi kalau merebusnya pakai panci presto. Kalau  merendamnya hanya sebentar maka kacangnya tidak empuk. Kalau bulan puasa aku sering bikin sendiri es kacang merah. Kalau beli di luar harganya lumayan mahal dan gak bisa nambah, haha..

Reunian di Pempek Saga Sudi Mampir di Jalan Demang Lebar Daun
Makan pempek dan minum es kacang merah

Suasananya sangat nyaman untuk reunian bareng teman lama 
di Pempek Saga Sudi Mampir Jalan Demang Lebar Daun Palembang

Bila sahabat berkunjung ke Palembang tidak susah koq mencari penjual es kacang merah. Di beberapa resto baik yang sederhana maupun sekelas kafe biasanya menyediakan es ini. Beberapa penjual es kacang merah yang enak bisa ditemukan di Pempek Candy, Pempek Vico, Pempek Saga, Pempek Sudi Mampir. Harganya berkisar 12 ribuan. Di kedai pempek Cek Lin yang berada di dekat rumahku juga menjual es kacang merah. Harganya lumayan murah cuma 10 ribu. Kalau sedang malas bikin biasanya aku pergi ke kedai pempek Cek Lin mencari es kacang merah. Langsung bisa disantap dan tidak susah-susah merendam kacangnya semalaman.

Bila sahabat pengen nyoba bikin sendiri, aku beri resepnya berikut ini:
Bahan-bahan:
1. Kacang merah 500 gram (atau secukupnya)
2. Sirop gula merah atau sirop Marjan
3. Susu kental manis atau santan (bisa pakai santan instan dalam kemasan)
4. Air 1 liter
5. Es batu atau es serut

Cara membuat:
1. Kacang merah dicuci bersih lalu direndam semalaman atau selama 12 jam-an
2. Setelah itu rebus kacang dalam panci presto atau panci teflon hingga empuk dan lembut
3. Rebus gula merah 
4. Panaskan santan, bila memakai santan instan cukup panaskan sebentar saja
5. Setelah itu campur kacang merah dengan air gula (sirop gula merah), panaskan lagi hingga mengental  
6. Bila memakai sirop Marjan, siropnya ditambahkan sebelum disajikan.
7. Tambahkan susu kental manis dan es serut (es batu).

 Nah, es kacang merah sudah siap untuk disajikan dan disantap. Selamat mencoba ya...



30 komentar:

  1. Waktu di Batam dulu sering minum es kacang merah karena itu menu yg dikenalkan orang Singapura. Kalau es kacang merah sana dikasih es serut banyak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...es kacang merah ada juga di Batam ya Mba...

      Hapus
    2. waahh kereen ya es nya , mau nih dibawakan

      Hapus
    3. Dah ada resepnya bisa dicoba koq..

      Hapus
  2. Meski belum pernah nyobain samasekali, tapi aku yakin banget kok rasanya maknyusssbanget...swear:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...coba bikin sendiri aja Mba... rasanya memang maknyus,,apalagi disantap saat cuaca panas seperti sekarang ini,,,

      Hapus
  3. Segar euy es kacang merahnya, cara membuatnya cukup mudah ya. Tinggal di praktekan saja nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba....bikinnya mudah koq.. cuma teknik merebus kacangnya aja harus lama agar kacangnya empuk dan legit...

      Hapus
  4. memang enak, aku pertama kali lihat ada es kacang merah, aneh membayangkan kacang merah yang biasa di sayur dipakai minuman tpi setelah mencoba enak!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku malah aneh saat di Jakarta melihat tanteku masak kacang merah sebagai sayuran, hihi... beda tempat beda tradisi ya Mba...

      Hapus
  5. Biasanya kacang merah dimakan dalam bentuk sayur, kalo es belum pernah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kacang merah ini dipakai sebagai campuran es juga enak lho Mba ...

      Hapus
  6. Sepertinya menarik ni mak... brarti gula sm kacangnya stlh empuk direbus bersama gula & santan mirip spt bkin kolak ya mak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss...benar Mba....mirip2 pengolahannya seperti bikin kolak...

      Hapus
  7. blm pernah, tp pengen nyobak bikinnya ah, tengkiu resepnya ya maakk

    BalasHapus
  8. Ini kesukaan ayahku allahuyarham sewaktu dia masih hidup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh..kesukaan ayahanda ya Mba.. boleh dicoba bikinnya Mba Ade..

      Hapus
  9. Minuman favorit saya waktu dinas di Palembang. Saya harus meluncur ke Plaju untuk membelinya.
    Senior saya juga suka sekali je.
    Terima kasih resepnya, ati isteri saya biar mbuat utuk suguhan kalau kopdar.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya Pakde terkenang ya saat meneyruput es kacang merah saat msh dinas di Palembang, hehe.. ide yg tepat, boleh dicoba bikinnya sama Bude buat acara kopdar-an...

      Hapus
  10. Belum pernah nyoba, tp kalo lihat dari bahan sepertinya top markotop hehe *pinjem istilahnya pak bondan* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss...memang top markotop Mba...walaupun bahan2nya sederhana..hehe..

      Hapus
  11. suka bgt ama es ini... seger dan bikin kenyang juga mba ;) Btw, itu santannya seberapa bnyk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santannya jgn terlalu banyak..sesuaikan dgn selera agar tdk eneg..

      Hapus
  12. Makasih sharingnya ya, Mak. Jadi pengen nyobain juga nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba...silahkan nyoba.. Mlsh sdh berkunjung ya..

      Hapus
  13. Waduuuh.. Postingannya semuaaa bikin ngileeer.. Aku punya tukang es kacang merah langganan di Lampung ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe...kebetulan lagi suka posting tentang makanan Mba... Di Lampung ada juga ya es kacang merah yg enak?

      Hapus
  14. saya suka es kacang merah...
    jadi pengen ditraktir sama ibu...heheeee......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... Ayop sini ntar ibuk traktir..hehe.

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...