IKLAN

Sabtu, 05 September 2015

Wisata ke Batu Caves


Bila sahabat jalan-jalan ke Malaysia, jangan lupa mampir ke Batu Caves. Di sana ada tempat yang menarik untuk dikunjungi. Sebuah komplek kuil Hindu terbesar berada di Batu Caves, sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di sana berdiri patung Murugan yang berukuran besar. Patung Murugan adalah patung dewa Hindu. Di Batu Caves terdapat berbagai bangunan berornamen Hindu. Ada bukit  menjulang yang di dalamnya terdapat gua. Untuk mencapat gua tersebut harus mendaki anak tangga hampir 300-an jumlahnya. Setelah tiba di atas, kita dapat masuk ke dalam gua dan menyaksikan pemandangan yang cukup spektakuler. Maklum, aku belum pernah masuk ke dalam gua. Tapi gua yang satu ini lega dan luas ukurannya. Di dalam gua ini sering diadakan semacam pertunjukan yaitu festival Thaipusam. Ketika aku berkunjung ke Batu Caves pada akhir Februai 2015 yang lalu, di sana sedang diadakan festival Thaipusam. Banyak atraksi yang ditampilkan dalam festival tersebut, semacam ritual bagi umat Hindu. Yang dapat aku tangkap atraksi tersebut menyajikan pertunjukan tari-tarian yang dikemas seperti drama. Ada juga pemainnya yang tampil saat itu beraksi hingga seperti orang kesurupan. 

Batu Caves berada di utara kota Kuala Lumpur, kira-kira 13 kilometer dari pusat kota. Saat itu aku dan rombongan ke sana menumpang bus umum. Aku lupa berapa harga tiket bus-nya. Yang jelas sempat tertidur juga di dalam bus karena ngantuk.

Bila sahabat ingin menyaksikan foto-fotonya, bisa lihat di sini ya...

Di depan patung Murugan yang berdiri kokoh, di belakangnya terdapat
ratusan anak tangga yang harus di daki menuju ke dalam gua tempatnya
atraksi festival Thaipusam

Salah satu view yang menarik di Batu Caves untuk mengabadikan moment

Patung Murugan di kejauhan...

Menyaksikan atraksi tarian dan ritual di dalam gua saat festival Thaipusam

Lihat tuh...banyak wisatawan menaiki ratusan anak tangga menuju ke dalam gua

Bangunan di kawasan kuil Hindu di Batu Caves

Patung Murugan berdiri kokoh di Batu Caves




20 komentar:

  1. atraksi-atraksi nya gak di foto ya mba hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Atraksinya ntar aku ceritakan pada postingan selanjutnya ya Mba Ipah.. Kalo di postingan yg ini ntar kepanjangan dan bosan bacanya..hehe..

      Hapus
  2. Itu gua nya asli atau dibangun spt gua? Luas bangeett bisa ngadain festival...kerennn :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya buatan ya Mba..soalnya luas banget.. Iya Mba..tempatnya keren..

      Hapus
  3. Selalu untuk mencapai tempat yang indah harus bersusah payah dahulu, 300an tangga ya ampun mbak, saya mendingan dibuat datar jalanannya, kalau dibuat tangga malah cape duluan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya tekstur alamnya yg berbukit memang harus dibuat anak tangga Mba...agar memudahkan wisatawan mencapai ruang yg ada di gua itu.. Awalnya aku sempat ragu apa aku bisa naik ke atas.. Berkat semangat yg menggebu pengen tahu ada apa gerangan di gua itu akhirnya bisa sampai juga.

      Hapus
  4. Pemandangannya indah banget ya mbaa...syukaa...

    BalasHapus
  5. ada berapa anak tangga tuh mbak disana? aku belum pernah kesana. Makasih udah mampir ya, maaf baru bisa mampir balik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Antara 250 - 300an gitu deh.. Lumayan capek Mba menaikinya hingga atas..

      Hapus
  6. Seru banget mba jalan-jalannya, apalagi pemandangannya

    BalasHapus
  7. salam silaturahim, mbak Rita
    lama tak mampir ke sini. Asik tuh jalan-jalannya, itu anak tangga lumayan banyak juga ya, kebayang deh bikin kaki pegel.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...betul Mba..bikin kaki pegel menaiki anak tangga yg jumlahnya ratusan..

      Hapus
  8. Keren ya... tempatnya rapih dan bersih...

    salam kenal mba rita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga..mksh sdh berkunjung ya..

      Hapus
  9. Pengin banget ke Batu caves di negeri jiran tersebut mbak...*wakss siap2 ngitung duit sik. Hehehe, tapi beneran kok saya dan keluarga siapa tahu bisa liburan kesana:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menabung mulai dari dkrg Mba.. Kalo tiket PP gak mahal pake Air Asia.. Di sana juga ala backpacker biar ngirit..hhe.
      indyaAllah bisa ke sana juga ya Mba..

      Hapus
  10. kalau saya takut lihat patung yang gede begitu, Mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu patungnya malah gede banget lho Mba...hehe

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...