IKLAN

Minggu, 06 Desember 2015

Menu Sederhana Untuk Santap Siang


      "Sayang... bikinin ikan goreng sepat ya.. Sama sambal terasi cungdiro dan lalapan. Kali aja nafsu makanku terbit. Pengen banget makan itu...." Tiba-tiba suamiku request menu untuk santap siang.

       "Hmm..mesti ke pasar nih nyari ikan sepat. Kalo di warung kayaknya gak ada. Soalnya agak susah dapetin ikan itu," aku menimpali. 

       Akhirnya, Sabtu pagi kemaren aku ke pasar Sekip Ujung. Kebetulan pasarnya bersebelahan dengan Puskesmas tempat suamiku kontrol. Sudah satu minggu ini suamiku kontrol ke Puskesmas lantaran terkena TB (tuberkulosis). Awalnya suamiku sempat shock lantaran mikirin penyakit itu kenapa sampai menimpanya. Padahal dia sendiri seumur-umur tidak merokok. Namanya juga penyakit ya, kalau mau datang tidak pandang usia dan siapa saja bisa diserangnya. Efeknya suamiku demam, suhu badan tinggi pada malam hari, merasa mual, kepala pusing, dada sakit dan hilang nafsu makan.

       Begitulah, sejak menjalani pengobatan suamiku kehilangan nafsu makan. Padahal dokter menyarankan untuk melawan rasa tidak nafsu makan.

        "Pada beberapa kasus, penderita TB memang kehilangan nafsu makan. Tetapi Pak Titus harus lawan rasa males makan ya! Pokoknya Bapak harus makan yang bergizi agar berat badannya kembali naik," terang sang dokter di Puskesmas itu. Memang berat badan suamiku menurun drastis sejak dua minggu terakhir.

       "Hmm...gimana ya dok, saya malah ogah makan. Gak nafsu! Perut terasa mual kalau diisi makanan. Bahkan lidah saya pun terasa pahit, dok!" suamiku berdalih.

       "Hilang nafsu makan memang salah satu dampak terkena TB. Bapak harus rutin minum obat jangan sampai terputus selama enam bulan ini. Apa yang Bapak rasakan itu akan berlangsung selama dua bulan. Makan saja apa selera makanan yang diinginkan. Kalau Bapak bisa mengatasi rasa males makan nantinya berat badan Bapak akan berangsur naik lho...! Coba minum susu khusus penambah berat badan yang mengandung protein tinggi," sang dokter kembali menjelaskan secara panjang lebar.

Begitulah, pesan dokter pada suamiku agar menjaga pola makannya. Menurut dokter, agar berat badan cepat naik harus banyak makan. Makanya, ketika dia minta dibikinan menu sederhana itu aku buru-buru menyanggupinya. 

       Setelah ngubek-ngubek pasar dan membelli pesanannya, saatnya mengolahnya di dapur. Ikan sepat digoreng garing dan krispi. Bikin sambel terasi cungdiro dan merebus buncis muda, labu putih dan buah pare sebagai lalapan. Dan hasilnya ..tarraaaa..... sudah tersaji di meja makan.

Goreng Ikan Sepat Krispi, Sambel Terasi Cungdiro, Lalapan

       Suamiku makan dengan lahap siang itu. Alhamdulillah nafsu makannya terbit setelah dibikinin makanan kesukaannya untuk santap siang pada hari itu. Ternyata menu sederhanapun mampu membangkitkan selera. Semoga cepat sembuh ya sayangku....
         

32 komentar:

  1. Lekas sembuh ya suami nya mbk Rita betewei ikan sepat itu macam mujahirkah? Kok gak dikasih resep bikin sambelnya yang mak nyus itu mba hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atensinya ya Mba.. Btw, resep sambelnya itu ntar ditulis utk postingan selanjutnya..hehe..

      Hapus
  2. Belakangan ini karena suami lagi nggak dirumah lagi males masak krn selalu nyisa & dibuang. Utk anak2 beli deh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya jg sering beli krn kami berdua makannya cuma dikit.. Kalo masak yg kayak ginian praktis koq..

      Hapus
  3. haduuh... enak banget tuh mba, santap siang dgn menu seperti itu, apalagi ditambah tempe goreng nasinya panas, uenake puoll :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba kalo ditambah tempe garing tambah enak.. Nasinya mesti anget.uenak puoll..

      Hapus
  4. Duuuh enaknya, suamiku juga suka banget kalo makan gituan, tapi gak pake pare. Hehehe.
    Cepet sembuh ya buat suaminya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atas atensi dan kunjungannya ya Mba..

      Hapus
  5. Penampakannya [ikan dan sambalnya itu] bikin laper, Mbak. Jangankan Pak Suami, saya aja jadi ngiler nih. Hehe.
    Cepat sembuh untuk Pak Suami ya, Mba. GWS. :)

    BalasHapus
  6. Semoga suaminya cepat sembuh kembali, ya, Mba Rita. Duh, menunya itu bikin ngiler ih!

    BalasHapus
  7. asli mak saya ngilerrr, sambel dan ikan dan lalap...paduan yg oke bgt nih (kebetulan lg ga masak krn suami dines, malas masak hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masakan ini mudah banget bikinnya dan murah meriah..namun msknyus..hehe.

      Hapus
  8. alhamdulillah...sederhana tapi menyenangkan hati ya mbak.
    ini menu aku banget mbak,seringnya ngelalap/ngerebus sayur terus bikin sambel trasi..nikmat bangett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan kyak gini memang menerbitkan selera makan ya Mba.

      Hapus
  9. Wah justru menu yang kayak gitu memang yang bikin semangat makan. :) Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata menu sederhana seperti ini banyak yang suka ya..

      Hapus
  10. Di kolam dekat rumah banyak ikan sepatnya Mbak, di tanami ikan apa Aja yang hidup cuma sepat. Yang lain entah kemana ikannya. Tapi kurang suka karena banyak durinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar gak terasa durinya ikan digoreng garing biar krispi.. Kayak makan kerupuk kriuk kriuuk...

      Hapus
  11. makan pakai nasi hangat hmmm enak banget ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..makan tambah lahap pake nasi hangat..

      Hapus
  12. sambelnyaaaaaaa.. *lap iler*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..maaf nih Mba malo bikin ngiler..

      Hapus
  13. adooh bikin ngilerrr ikan sepat crispynya + sambel trasinya, mau donk kk rita bagi sepiring hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhhh...maaf ya Mba kalo bikin ngiler. hihi..

      Hapus
  14. Sambel terasi cungdiro tu ky gimana ya? Btw semoga suaminya lekas sembuh ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cungdiro itu semacam tomat tapi kecil2.. Rasanya asam manis tapi seger.. Buah ini khas tumbuhan di Sumsel..

      Hapus
  15. lalapan dan sambel terasi memang ga pernah failed bangkitin napsu makan mba ;).. akupun suka bgt makan walo hny dgn lauk begitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanan sederhana namun bikinbafsu mkn ya Mba..

      Hapus
  16. ini judulnya menu penuh cinta mbaaa...gampang, cepat, dan pasti habis karena enaaaak :)

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...