IKLAN

Jumat, 30 Oktober 2015

iblogmarket

<span data-iblogmarket-verification="FW68hqF8ocsw" style="display: none;"></span>

Minggu, 04 Oktober 2015

DARI BLOGGING FOR FUN MENJADI BLOGGING FOR PROFIT




Latar Belakang Ngeblog

Banyak cerita mewarnai kegiatan bloggingku. Motivasi awal menjadi seorang blogger cukup sederhana. Awalnya hanya untuk mengakomodir hobi menulis. Sejak usia SD aku sudah akrab dengan dunia tulis-menulis. Hal ini sejalan dengan hobiku membaca. Kerap membaca majalah anak-anak membuat imajinasiku berkembang. Lama-lama tak hanya hobi membaca, akupun bisa menulis cerita seperti yang ada di majalah anak tersebut.

Waktu jamannya SD dulu, aku paling suka pelajaran Bahasa Indonesia. Biasanya sang guru akan memberikan tugas mengarang. Banyak teman-teman yang kesulitan membuat karangan. Tetapi tidak demikian dengan diriku. Kata demi kata membentuk kalimat terangkai menjadi sebuat cerita. Menurut teman-temanku, cerita yang aku tulis bagus. Itu kata temanku lho, hehe...

Menginjak remaja aku memberanikan diri mengirim tulisan ke media. Beberapa karya bahkan pernah dimuat di majalah Gadis dan Anita. Senangnya bukan main saat menerima honor. Aku masih ingat kala itu dari honor satu tulisan aku bahkan bisa membeli satu buah kemeja. Lumayan banget kan bagi seorang remaja kala itu. Bisa beli baju dari hasil menulis.

Sayangnya, tak semua tulisan yang aku kirim dimuat media. Kebanyakan sih ditolak, hehe... Mungkin tulisanku itu belum memenuhi kriteria medianya. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, aku ikut-ikutan bikin blog. Trend menjadi seorang blogger agaknya menjadi minatku. Minim wawasan dengan hal-ikhwal blogging tak menyurutkan niatku. Berkat bantuan seorang sepupu aku dibuatkan blog olehnya. Sepupuku itu tinggalnya di Jakarta lho dan menyenangi juga dunia blogging. Bahkan dia mendukung niatku menjadi blogger. 

Menjadi Seorang Blogger

Aktifitas ngeblog dimulai sejak November 2009 yang lalu. Tulisan demi tulisan mulai aku posting. Dari aktifitas ngeblog ini aku mendapat banyak teman sesama blogger. Isitilahnya nih pertemanan dalam dunia maya. Bahkan aku merasa seperti sebagai sahabat lama dengan teman-teman sesama blogger. Dari pertemanan itu aku mendapat banyak manfaat. Yang paling terasa adalah bisa bertukar informasi seputar blogging. Secara aku ini blogger minim ilmu, semuanya aku pelajari secara otodidak, tentunya butuh banyak masukan dari sesama blogger. Alhamdulilah teman-teman bloggerku ini semuanya baik hati. Mereka acapkali memberikan ilmunya seputar blogging. Bila ada yang aku tanyakan, mereka akan membantu memberi trik dan tips.


Aktifitas Blogging

Tak terasa, aktifitas blogging-ku ini sudah memasuki tahun keenam. Ya, berarti aku menjadi blogger sudah enam tahun dong? Dalam kurun waktu yang lumayan banyak itu aku merasa belum maksimal menjadi blogger. Aku mencoba bandingkan dengan aktifitas blogger yang lain. Mereka melesat sangat cepat. Bahkan mereka mendapatkan penghasilan dari aktifitas blogging? Lha, diriku koq nggak seperti mereka ya?

Dari keinginan ingin sama dengan blogger lain yang punya penghasilan dari blog, aku mengubah domain. Dari blog gratisan menjadi berbayar. Katanya, blog berbayar dinilai lebih profesional dalam arena perbloggeran. Blog berbayar lebih kredibel. Para pemberi job lebih memilih blogger yang punya domain berbayar. Yupss....akhirnya awal tahun 2015 aku ganti domain. Sejak mengganti domain barulah sedikit demi sedikit job review kudapatkan. Bahkan aku pernah mendapatkan job review on the spot dari brand besar negeri ini. Alhamdulillah.

Blogging For Profit

Dari aktifitas blogging ini aku mencatat beberapa hal:

1. Memiliki blog seperti memiliki rumah, dimana di tempat ini kita bisa beraktifitas. Dari berbenah hingga mengisi perabotan rumah. Berarti, kita harus membuat konten yang menarik dari blog itu. Misal, mengisi artikel tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya. Kebetulan aku bukan tipe penulis blog yang doyan curhat di blog. Aku lebih suka menulis artikel yang informatif. Ide tulisan bisa dari mana saja. Yang jelas, ide kudapatkan dari lingkungan kehidupan sehari-hari.

2. Dari blog ternyata bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, bisa sebagai relaksasi hati dan otak. Dengan menulis di blog, hati tenteram dan otakpun sehat. Katanya sih, bila hati dan otak sehat, maka bisa berdampak pada ketenangan jiwa. Kedua, dari aktifitas menulis di blog, otomatis melancarkan teknis menulis. Aku merasakan hal ini. Walau kusadari kemampuan menulisku masih jauh dibandingkan dengan blogger lainnya. Aku memberanikan diri menjajal ajang lomba menulis atau giveaway. Sesekali ada juga nyangkut sebagai pemenangnya. Ketiga, dari sekedar hiburan ternyata bisa tercipta peluang lain dari aktifitas blogging ini. Kalau ditekuni dari sebuah blog kita akan mendapatkan profit berupa penghasilan. Nah, siapa sih yang tidak mau mendapatkan penghasilan dari aktifitas blogging?  Semua blogger pastinya mau dong ya...

3. Untuk memaksimalkan blog agar mendapatkan profit, ada hal-hal yang perlu ditingkatkan. Pertama, tingkatkan kemampuan teknis mengutak-atik blog. Kedua, Tingkatkan kemampuan menulis. Ketiga, jalin silaturahmi dengan sesama blogger. Nah, yang terakhir ini menurutku penting banget lho. Kadangkala aku mendapatkan job review dari pemberi job atas rekomendasi teman blogger. Kalau kita tidak menjalin silaturahmi dari mana kita dapat info tentang job review kan?

Bagi blogger yang ingin maju, kini saatnya memaksimalkan blog dan ciptakan peluangmu dari sebuah blog. Demikian juga diriku pengen banget menjadikan aktifitas blogging ini menjadi profesi. Tentunya profesi untuk mendapatkan pundi-pundi lain. Istilahnya nih mendapatkan side-job. Walaupun dalam keseharian diriku punnya profesi sebagai abdi negara, tak ada salahnya kan punya side-job sebagai blogger? Bagiku, memaksimalkan kemampuan yang ada dalam diri adalah kebutuhan. So, mari sama-sama mengembangkan blog masing-masing dan menjadikan aktifitas blogging for fun menjadi blogging for profit.

Artikel ini diikut-sertakan dalam Giveaway Cerita dibalik Blog