IKLAN

Minggu, 24 April 2016

KISAH DIBALIK LAGU NINA BOBO VERSI HELENINA


"Nina bobo... ohh Nina bobo... Kalau tidak bobo..digigit nyamuk..."

Pernah dengar lagu pengantar tidur Nina Bobo kan? Pastinya kita semua sangat familiar dengan lagu tersebut. Bahkan lagu Nina Bobo kerap disenandungkan sebagai lagu pengantar tidur atau lullaby bagi si anak yang susah tidur.

Ngomong-ngomong tentang lagu Nina Bobo, ternyata ada kisah menyeramkan lho! Menurut sejarahnya nih yang aku baca dari berbagai sumber, bahwa lagu Nina Bobo diciptakan untuk meninabobokan seorang gadis kecil bernama Helenina. Gadis kecil tersebut merupakan anak seorang keturunan Jawa-Belanda. Sang ibunda bernama Mustika. Sedang sang ayah bernama Van Rodjnik.






Gambar dipinjam dari: www.segiempat.com


Konon, si gadis kecil Helenina sering disenandungkan lagu lullaby oleh sang ibunda, Mustika. Hal ini sering dilakukan oleh sang bunda karena gadis kecilnya itu sulit tidur. Lantaran hampir setiap hari disenandungkan lagu lullaby membuat Helenina akhirnya bisa tertidur pulas.

Selain menyenandungkan lagu Nina Bobo, sang ibunda 'Mustika' juga menciptakan liriknya. Liriknya yang hingga sekarang masih sering kita senandungkan bila menidurkan anak-anak kita di rumah yang sulit tidur.

Usia gadis kecil 'Helenina' cukup cingkat. Ketika usianya 6 tahun Helenina meninggal dunia. Sang ibundanya tentu saja sangat sedih dan merasa sangat berduka. Bahkan setelah Helenina meninggalpun ibundanya kerap menyenandungkan lagu Nina Bobo. Menurut ibundanya dia sering melihat bayangan Helenina hadir menangis minta dinyanyikan lagu Nina Bobo. Demikianlah, hingga akhir hayatnyapun sang ibunda kerap menyanyikan lagu Nina Bobo walaupun putri kecilnya Helenina sudah meninggal.

Kebiasaan tersebut berlanjut kepada tuan Van Rodjnik, ayahnya Helenina. Senandung Nina Bobo kerap dilantunkan sang ayah karena tuan Van Rodjnik juga kerap didatangi bayangan anaknya yang telah meninggal tersebut. Hingga akhir hayatnyapun tuan Van Rodjnik senantiasa menyenandungkan lagu Nina Bobo.

Ternyata, dibalik lagu Nina Bobo ada kisah mistis yang cukup menyeramkan ya. Tanpa kita sadari, bahkan kita sendiripun kerap menyenandungkan lagu Nina Bobo kepada anak-anak kita kalau mereka susah tidur. Konon katanya, anak-anak kita akan tertidur lelap lantaran arwah Helenina datang ikut meninabobokkan. 




54 komentar:

  1. Anakku sih nggak perlu dinina bobo kan udah pules sendiri. Tp prefer setel murrotal sih. Ato kalo nggak sugesti positif yang dilagukan *macak idealis tenan. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya sih memang setel murrotal hingga si anak tertidur pulas ya Mba..

      Hapus
  2. haiyaaaa, baca ini aku merinding lgs -__-.. soalnya aku srg nyannyiin ini lagu pas nidurin bayiku mbak ;p... tapi kata2nya suka aku ganti, jd nama ankku :D.. moga2 si nina jd males dtg kalo lagunya diganti gitu ;p hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg suka nyanyi lagu ini kalo nidurin ponakan ..

      Hapus
  3. oh baru tahu aku mbak...wah aku mah gak pakai nyanyi kalau nidurin anak, kebayang anakku gak akan bisa bobo soalnya suara ibunya jelek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..sama Mba.. Suaraku juga jelek..

      Hapus
  4. Saya malah ingetnya pas film susana lagi di kursi goyang trus nyanyi lagu ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..lagu Nina Bobo ternyata jadi soundtrack film juga ya? Aku baru tahu nih..

      Hapus
  5. kemarin sempat dengar di TV tentang lagu-lagu mistis salah satunya lagi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetugak nyangka ya kalo ada kisah mistis dibalik lagu Nina Bobo..

      Hapus
  6. Iya nih, dulu begitu tau cerita legendanya nyanyi lagu ini trus merinding sendiri. hahahaha sugesti kali ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita jadi merinding mungkin krn mempercayai kisah mistis itu..hehe

      Hapus
  7. Kok jadi serem nuansa nina bobonya.. Saya pikir hanya buat lucu lucuan aja.. Rupanya ada cerita di dalamnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga awalnya gak tahu kalo kisah dibalik lagu lullaby Nina Bobo ada cerita mistis..

      Hapus
  8. Hmm ternyata seram juga ya dibalik cerita mistis lagu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ternyata kisah dibalik lagu ini serem..

      Hapus
  9. Untung bacanya siang siang..klo umar biasanya aq sholawatin mba sambil nenen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusnya memang bacain shalawatan aja ya Mba..

      Hapus
  10. Wah, aku baru tau. Untungnya aku ga termasuk ibu yang suka menyanyikan lagu saat ninabobokkan Intan dulu. Soalnya suara Uminya ini jelek banget, jadinya biar ga ketara jeleknya aku palingan bertasbih aja dengan irama yang lembut. Atau sekali2 pake lagu aceh meninabobokan Intan. :)

    Serem juga ternyata dibalik kisah nina bobo itu ya, Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku malah suka nyanyikan lagu ini utk nidurkan keponakanku.. Gak tau sih kalo dibalik kisah lagu ini ada kisah mistisnya.. Entah benar apa gak kejadiannya wallahualam ya..

      Hapus
  11. kok jadi serem gini ya pas udah tau, padahal lagu inijadi andalan para ibu agar si buah hati dapat segera tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba...ini lagu andalan paea Emak2 untuk nidurin si kecilnya...

      Hapus
  12. duh ampun, aku jadi gak mau nyanyiin lagu ini lagi kalo ngelonin alfi mbak, soale ternyata menyeramkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata banyak yang tidak tahu ya kisah seram dibalik lagu Nina bobo..

      Hapus
  13. Kalau ritual nidurin anak biasanya baca cerita, baca doa, trus bobo. Kalau nyanyi yg ada anaknya malah melek gk jd bobo hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah dikira ngajak main ya Mba? Hehe..

      Hapus
  14. wah.. untung anakku mintanya dikipasi kalau mau bobok, kalau aku nyanyi biasanya malah dikirain diajak bernyanyi bersama hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ibunya nyanyi dikira ngajak main ya Mba? Hehe

      Hapus
  15. Kalo didenger denger lamat lamat memang alunannya bikkin merinding huhuii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sih..kalo lamat2 didengar koq lagu itu kayak punya daya magis sampe bisa bikin si baby tertidur pulas..

      Hapus
  16. wih kok ngeri juga ya, tapi bagus lagunya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang jadi merinding setelah tahu kisahnya..

      Hapus
  17. Walah..aku baru tau ceritanya mbak..

    BalasHapus
  18. Waduuuh, udah 77 thun umur bunda baru tau sekarang, dari postingan ini lho...(swear!) kalo diibalik lagu Nina Bobo ada kisah mistiknya. Utung anak-anak bunda udah pada punya anak-anak yang udah pada besar-besar, jadi lagu ini gak diperlukan lagi, hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi... Kalo cucu minta finyanyi'in Nina Bobo gimana Bund..?

      Hapus
  19. Saya belum perah menyanyikan lagu itu.
    Kalau anak ingin cepat tidur saya bacakan majalah Bobo sambil dikipasi.
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  20. Dulu saya juga pernah dengar cerita nina bobo, bikin merinding. Makanya semenjak punya anak, saya ga pernah nyanyiin lagu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bahkan baru tahu sekarang ini kalo kisah lagu Nina Bobo agak menyeramkan..

      Hapus
  21. Makanya kan pernah dibikin film nya nina bobo ini. Yang main teteh revalina kalau nggak salah. Aku dari dulu kalau ga bs tidur dibacain buku. Dan nurun ke ponakan sekarang semuanya dibacain buku atau baca sendiri sampai tidur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ohh ada filmnya y Mba.. Aku malah gak tau ada filmnya..haha.. Aku suka nyanyi lagu ini buat nidurin anak2..

      Hapus
  22. Wah, ternyata ada kisah sedih di balik lagu Ninabobo ya. Untung aq ga pernah nyanyiin ini buat anak2ku mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut ceritanya sih seperti itu Mba..ada legendanya.

      Hapus
  23. wah baru tahu ada kisah di balik lagu nina bobo , malah ada filmnya *kudet*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensi dan kunjungannya ya Mba..

      Hapus
  24. waduh sereemm ya bund...bikin merinding deh, pernah sih denger cerita gitu, makanya sekarang gak mau lagi nyanyi lagu itu, hiiii....

    BalasHapus
  25. waaah waaaah...ini serius latar belakang ceritanya serem hehehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maafkan daku ya kalo cerita dlm tulisan ini bikin ngeri..

      Hapus
  26. Omg mbaa. Aku baca ini tengah malam dan jadi ngeriii wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampe ngeri Mba...anggap aja ini hanya cerita saja..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...