IKLAN

Rabu, 29 Juni 2016

MEMANFAATKAN THR UNTUK INVESTASI MASA DEPAN





          Tak terasa nih, Lebaran sudah di depan mata. Itu berarti bagi karyawan baik pegawai negeri, karyawan swasta, maupun buruh bakal menerima THR. Atau sudah ada yang menerima THR-kah dari kantornya? THR juga diberikan bagi tenaga kerja informal seperti asisten rumah tangga yang biasa membantu kita sehari-hari di rumah.





          Ngomongin soal THR nih, aku juga ikut senang dan alhamdulillah THR sudah dibayarkan. Sebagai pegawai negeri yang gajinya tak terlalu besar, momen pembayaran THR ini tentu saja sangat menghibur hati. Bahkan untuk tahun ini, pegawai negeri di seluruh Indonesia juga bakal menerima gaji 13. Namun untuk gaji 13 ini menurut aturannya akan dibayarkan setelah Lebaran. Pertimbangan pemerintah, kalau dibayarkan sekaligus akan ludes dalam sekejap bisa saja terjadi.  Alasan lainnya adalah gaji 13 diarahkan peruntukannya untuk anak sekolah. Dengan demikian diharapkan bagi yang punya anak bisa punya modal untuk membayar uang masuk sekolah ataupun membeli buku dan seragam sekolah.

         Menurutku sih... kebijakan pemerintah itu sudah tepat yaitu membagi waktu pembayaran THR dan gaji 13 dalam dua termin. Termin pertama THR dibayarkan dua minggu sebelum Lebaran, dengan catatan untuk memenuhi kebutuhan pada saat Lebaran nanti. Termin kedua gaji 13 akan dibayarkan setelah Lebaran. Bagi aku yang suka tergiur belanja bila pegang uang tentunya kebijakan pemerintah ini sangat menguntungkan diriku. Otomatis keinginan belanja bisa aku rem sedemikian rupa, hehe... 

          Seneng banget nih aku sudah mendapatkan lembaran-lembaran rupiah. Alhamdulillah pada tahun ini dobel-dobel deh mendapatkan uang tambahan, THR dan gaji 13. Mau diapakan ya uang itu? Kalau untuk buat belanja tidak akan pernah habisnya sih naluri belanja itu akan selalu terbit ketika kita pegang uang. Enaknya ditabung saja de kayaknya. Tetapi kalau menabung dengan cara konvensional seperti menabung di bank biasanya gak pernah sukses. Belum banyak jumlah saldo pada buku tabungan selalu saja aku tarik dengan alasan untuk memenuhi segala kebutuhanku, hehe...

          Iseng-iseng aku berselancar di dunia maya dan menemukan topik yang pas yaitu investasi saham hari ini di okezone  Ini topik yang menarik seputar investasi dan perlu diketahui oleh awam seperti itu. 



Gedung Otoritas Jasa Keuangan

SAHAM SEBAGAI ALTERNATIF INVESTASI UNTUK MASA DEPAN

          Ada beberapa bentuk investasi yang sudah kita kenal. Yang lebih familiar kita mengenal istilah menabung di bank. Ada juga yang berinvestasi dengan deposito, emas, tanah, danareksa, obligasi dan saham. 

          Secara harfiah investasi mempunyai arti menanamkan modal atau uang dalam jangka waktu tertentu untuk memperoleh keuntungan. Dari beberapa bentuk investasi di atas yang pernah aku lakukan seperti menabung di bank, deposito, rumah dan asuransi. 

          Yang paling sering aku lakukan bila ada uang lebih adalah menabung di bank. Tetapi kelemahannya adalah aku tidak disiplin menabung. Maklumlah karena banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi sehingga lebih sering uangnya ditarik. Bahkan sampai saldonya minimal, haha... Pernah juga sih punya deposito. Lagi-lagi akhirnya ditarik karena pada waktu itu aku butuh uangnya untuk membayar uang kuliah.

          Ngomongin soal investasi, akhir-akhir ini gencar banget kabar dan informasi di media online mengenai investasi saham. Nah... kalau investasi saham aku belum pernah melakukannya. Dulu aku menyangka berinvestasi saham itu butuh dana yang besar. Ternyata anggapanku itu keliru. Berinvestasi saham itu bisa dengan unit terkecil. Dengan dana 1 juta pun kita sudah bisa membeli saham.

          Untuk membeli saham tidak perlu lagi mendatangi bursa saham. Saat ini sudah bisa melakukan pembelian saham secara online melalui internet. Hmm... menarik juga nih investasi saham. Lalu aku berfikir kenapa tidak uang THR dan gaji 13 diinvestasikan dengan saham saja ya?

          Seperti informasi mengenai investasi saham hari ini di okezone. Dalam portal tersebut kita bisa melihat beberapa aktifitas dalam dunia investasi saham. Nah... biar kita bisa lebih mengerti lagi mekanisme berinvestasi saham ada baiknya mendatangi perusahaan sekuritas yang ada di kota masing-masing.

          Kayaknya belum terlambat nih mencoba berinvestasi saham. Karena keuntungan yang nantinya diperoleh sangat menjanjikan. Yukk... manfaatkan THR kita untuk inestasi masa depan yang lebih baik!





32 komentar:

  1. wah, alhamdulillah rezeki ya Mba.. nanti juga katanya akan ada yang ke 14. wah.. tapi bener, kalau ngga diinvestasikan, bisa-bisa ludes tak berbekas. sayang sekali kan yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..alhamdulillah banget.. THR utu sama dgn gaji 14 Mba..

      Hapus
  2. Ngomongin THR itu sedap-sedap ngeri ya mba heheh.. seneng dapat uang buat hari raya tapi biasanya gampang banget abisnya. Secara kalo hari raya itu banyak banget kebutuhannya.

    Kalo soal saham, aku masih belum berani buat beli. selain belum ada pengalaman, karena ngga ngerti juga gimana cara kerjanya sampai bisa menghasilkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg baru mulai ngertiin soal saham Mba.. Bisa dgn midal minim utk mencoba.. Itung2 Diversifikasi investasi..

      Hapus
  3. aku dpt THR dari suami mbak, tapi gak bs belanja banyak, uang daftar ulang menanti hihi.. but kalo ada lbh boleh juga nih buat investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. Sisihkah buat anak sekolah THRnya.. Janan dibelanjakan semua buat Lebaran..hehe..

      Hapus
  4. Bijak juga peraturan pemerintah ya Mbak Rita. Dengan memisahkan THR dan gaji 13 , jadi duitnya gak dipakai untuk jor2an lebaran :)

    BalasHapus
  5. Langkah yang tepat nih kalo menyisihkan THR untuk saham, jadi nggak habis buat lebaran. Biasanya kan berapapun THR nya selalu habis dalam seminggu lebaran. Aku sih waktu kerja selalu nyimpan semua THR tapi di tabungan, bukan saham.

    BalasHapus
  6. wahh asyiknya ya dpat double hehe
    seru jg mbak kalo thr untuk investasi
    kalo aku jg buat tambahan modal usaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..THR buat tambahan modal juga seru ya Mba..

      Hapus
  7. Duh di tempat saya mah belum dikasih tahu nih mbak apa ya thrnya jadi penasaran saya, semoga saja sesuai dengan keinginan semuanya.

    BalasHapus
  8. Kalau ditempat saya mah belum dikasih tahu mbak jadi penasaran deh saya nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga sekarang ini sudah cair THRnya ya Kang..

      Hapus
  9. Baru tahu ada investasi saham di Okezone, Mbak.
    TFS :)

    BalasHapus
  10. Wah sharingnya mantap, makasi ya mba, kirain okezone cuma portal berita saja,ternyata ada investasinya juga,makasi kak infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba.. Mksh juga sudah berkunjung ya..

      Hapus
  11. haru sbi samemanfatkab THR dengan bijaksana ya mbak. Terima kasih sharingnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas atensi dan kunjungannya ya Mba..

      Hapus
  12. Jangan lupa untuk bayar zakat juga hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti dong bayar zakat..kan kewajiban..hehe

      Hapus
  13. Aku agak butaa nih mba mengenai investasi, blogwalking ke blog mbk jadi nambah wawasan :D


    Rusydinat.com

    BalasHapus
  14. Aku pun setuju kalau ditabung dan investasi mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo THR ditabung untuk investasi ada ujungnya ya Mba.. nilainya bisa bertambah..hehe..

      Hapus
  15. THRku udah jadi teras rumah hahahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. THR-nya bermanfaat sekali tuh Mba..

      Hapus
  16. Halo mbak. Ramai juga ya disini.
    Kalau aku sih karena jobless maka ga dapet thr. Makanya kalo dapet transferan dari blogjob, senangnya tiada tara :)

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...