IKLAN

Minggu, 12 Juni 2016

MENGATUR JADWAL DAN POLA MAKAN TUBUH UNTUK PROGRAM DIET SEHAT


          Bagi banyak wanita memiliki bentuk tubuh yang bagus adalah idaman. Bahkan ada mengidam-idamkan bentuk tubuhnya sebagus model yang berlenggak-lenggok di panggung. Bentuk tubuh yang bagus itu adalah bentuk tubuh yang ideal. Artinya, antara berat badan dan tinggi badan memiliki ukuran yang proporsional. Hmm... pantaslah ya sering disebut bentuk tubuh model itu idaman banyak wanita. Biasanya kan yang terpilih jadi model itu kan selektif banget. Salah satu tolok ukur menjadi model itu mesti memiliki bentuk tubuh yang bagus dan proporsional.




          Nah...ngomong-ngomong soal bentuk tubuh yang bagus, aku juga pengen banget lho memiliki bentuk tubuh yang bagus. Secara tinggi badanku hanya 156 cm dan berat badanku 43 kg masih belum proporsional. Masih terlihat kurus. Waktu aku belum menikah hingga sekarang dah emak-emak bentuk tubuhku relatif tak berubah. Tetap saja kutilang alias kurus tinggi langsing, haha... Jadi ingat masa-masa ketika masih lajang dulu, kutilang itu julukan yang sering diberikan teman-teman padaku.

          Selain aku, masih banyak wanita lainnya yang mengidamkan bentuk tubuh yang ideal. Bagi yang bertubuh gemuk tentunya sibuk memikirkan bagaimana caranya bisa jadi kurus. Sementara aku yang kurus sibuk juga memikirkan bagaimana caranya bisa jadi gemuk. Haha.... yang gemuk dan yang kurus ternyata sama-sama pengen tampil cantik denga bentuk tubuh ideal dan sempurna ya!

          Keinginan wanita bertubuh kurus maupun bertubuh gemuk untuk menjadi wanita berbentuk tubuh sempurna bukanlah hal yang mustahil lho. Menurut beberapa referensi yang kubaca ada wanita yang dengan gigihnya mengatur jadwal dan pola makan akhirnya bisa memiliki bentuk tubuh yang diidamkan. Pada akhirnya wanita bertubuh kurus pun berhasil membuktikan pada dunia bahwa dia bisa berhasil mendapatkan bentuk tubuh yang ideal. Demikian juga bagi wanita yang bertubuh gemuk jangan pesimis dulu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa memiliki tubuh lebih bagus. Caranya adalah dengan mengikuti cara diet sehat. Salah satu cara diet sehat adalah :
  1. Menghindari terlalu banyak makanan yang berlemak / berkolesterol
  2. Banyak mengkonsumsi sayuran hijau
  3. Mengurangi makanan cepat saji
  4. Mengganti beras putih dengan beras merah karena kandungan seratnya lebih  banyak (bagi yang ingin kurus) 
  5. Banyak mengkonsumsi buah-buahan.         


          Selain mengatur jadwal dan pola makan serta mengikuti cara diet sehat, satu hal yang tak boleh dilupakan adalah berolahraga. Lakukan pula olahraga yang cukup dan teratur. Dengan berolahraga yang cukup dan teratur akan membuat otot padan dan menjaga metabolisme tubuh meningkat. Rajin berolahraga juga membuat tubuh tetap sehat dan menghilangkan stres. Yang jelas stres gak selalu memikirkan bentuk tubuh kita ya, hehe... Salah satu yang bikin aku gak gemuk-gemuk mungkin stres ya, karena aku tipe orang yang terlalu memikirkan pekerjaan atau apapun apapun yang menjadi beban.


          

30 komentar:

  1. Gw agak trauma ama diet, turun dari 73 ke 59 itu kebablasan banget ihik ihik trus naikin nya susah buanget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..benar Mas..itu dietnya kebablasan, terlalu semangat ya ..heheh..

      Hapus
  2. Wah, yg ke 4 itu masih berat.. ternyata gak doyan nasi merah, hihihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka gak konsisten ngatur makan, pas awal2 semangatnya itu minta ampun, tetapi kalo pas malesnya ampun deh semangatnya kendor..hihi

      Hapus
  3. wuih tipsnya kece banget mba... tapi makan nasi merah itu belum pas di lidah. Lebih sering ganti dengan sayur atau buah aja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo belum pas di lidah kayaknya sesekali aja bisa dicoba Mba., Siapa tahu ntar malah doyan, hehe..

      Hapus
  4. Ternyata kita sama mbak. Sama-sama pengen gemuk..hi..hi.. Susah banget naikin timbangan badan, tapi kalo mau turun, gampang :)

    BalasHapus
  5. dulu saya susah banget naikin BB. Sekarang malah susah banget nurunin BB hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...maik turun ya Mba BB-nya..hehe

      Hapus
  6. saya juga kalau habis lahiran pengen diet, tapi apadaya ibu Asi bawaannya makan terus. makasi tipsnya kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar aja dietnya kalo msh ngasih ASI mbakk..

      Hapus
  7. tinggi kita sama mbak ritaa, tapi beratnya bedaaa. aku kelebihan almost 20 kg dari beratmu...aku mau ringan mbak ritaa, berat amal ajaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo berat badanku dari dulu segini2 aja timbangannya..hihi..

      Hapus
  8. mertua aku rajin banget makan beras merah, trus kurus gitu sekarang huhuhu *pengeenn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuncinya harus disiplin ya Mba kalo mau diet agar berhasil..

      Hapus
  9. waah aku pengen langsing Mbak Rita:((

    Tapi problemnya adalah biasanya yang pindah ke nasi merah jadi berkurang nafsu makannya karena nggak doyan. lha kalau aku malah doyan sama nasi merah hehe.

    Btw aku skrg lagi mencoba makan tanpa nasi, minimal mengurangi nasi. tapi susah godaannya bulan puasa gini. Nggak makan nasi takut nggak kuat puasanya hehehehe *curhat*

    Main-main ke blogku yah Mbak Rita. Thankyou:)

    www.imusyrifah.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Problem kita hampir sama tapi tak serupa ya Mba.. hehe.. aku pengen gemuk tetapi mbak Iffah pengen kurus,.. kita sama2 diet sehat aja ya..

      Hapus
  10. Duuh.. Jd tertampar karena jarang olahraga, meskipun setelah punya baby bobotnya ga jauh2 dr 47-49 dan selalu dibilang kurus, oia TBku juga sekitar 156 mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tingginya sama tetapi BB-nya agak lebar mba Arina ya..hehe

      Hapus
  11. Wah diet emang kayanya hal yang penting banget bagi perempuan yang memiliki bb berlebihan. Aku sendiri sih TB 153 BB 53 proposional tapii lemak nimbun di lengann sama pahaa *nangis
    Makasih tipsnyaa 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lengannya masih 'tertimbun' lemak ada baiknya pake trik olahraga Mba..hehe..

      Hapus
  12. aku nih lagi mau ngurusin badan... dah kelebihan berat badan banget kayaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pny tubuh kurus maupun yang gemuk kayaknya sama2 harus diet ya..

      Hapus
  13. aku entah kenapa susah buat langsing.. tapi kalo diet sehat sudah aku jalani sejak beberapa tahun yang silam sih dengan suami.

    BalasHapus
  14. Aku gak suka nasi merah... bisa dipaksa sih, tapi anak2 tidak doyan.
    Mbak, aku pengen langsing beneran #curhat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali aku dicampur sama nasi putih biar gak eneg makannya..

      Hapus
  15. Mbak Rita jangan mudah kebawa pikiran, slow saja. ;)
    TFS ya

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...