IKLAN

Minggu, 31 Juli 2016

5 TEMPAT WISATA TASIKMALAYA YANG PENGEN DIKUNJUNGI


          Libur Lebaran baru saja usai. Namun masih saja kurang nih..hehe.. Ngomongin soal liburan, sepertinya saat ini liburan itu sudah menjadi kebutuhan. Rehat sejenak dari rutinitas sehari-hari dengan tujuan mencari atmosfir segar. Tak bisa dipungkiri bahwa aktifitas yang padat dan monoton kerap membuat diri kita bosan dan jenuh. Belum lagi akibat beratnya beban pekerjaan kadang bisa bikin kita stres. Nah, kalau sudah seperti itu kondisinya buruan deh agendakan untuk berlibur. Yang asyiknya tuh bila bisa berlibur bareng pasangan atau keluarga.




          Ngomongin soal berlibur, aku sudah punya nih destinasi yang pengen banget aku kunjungi. Hayoo... siapa yang bisa menebak? Jakarta? Ah... kayaknya enggak deh, Jakarta terlalu ramai dan sumpek. Lagipula aku sudah amat sering ke Jakarta. Bali? Belum deh! Soalnya aku sudah ke Bali dua tahun yang lalu. Malang? Kayaknya belum juga deh untuk saat ini. Aku sudah pernah ke Malang. Ke Makasar? Duhh... jauh amat! Bisa jebol deh kantong lantaran ongkosnya pasti mahal kalau berangkatnya dari Palembang, haha... Lalu kemana dong liburannya? Nah... pada penasaran kan? Oke deh, aku ceritakan saja ya biar gak penasaran, hehe.. Mau tahu kan kemana destinasi liburanku yang pengen banget aku kunjungi? Jawabannya: wisata ke Tasikmalaya!

          Kenapa Tasikmalaya? Nah... pada nanya lagi kan pengen tahu kenapa Tasikmalaya? Oke deh... aku ceritakan alasannya. Pertama nih, Tasikmalaya yang notabene adalah salah satu tempat di daaerah Jawa Barat, menyimpan pesona wisata alam yang begitu indah. Banyak tempat wisata alam yang cantik dan keren, yang bisa membuat segar atmosfir kita. Tahu sendiri kan daerah Jawa Barat itu identik dengan panorama alam yang indah dan sejuk. Rugi banget deh kalo belum berwisata ke daerah Jawa Barat. Kedua, aku belum pernah ke Tasikmalaya. Kalau daerah lainnya di Jawa Barat aku sudah pernah berkunjung, seperti Bandung, Bogor, Cipanas, Cianjur, Depok dan sekitarnya. 

          Nah....biar gak kelabakan acara liburannya kelak, ada baiknya nih mencari info terlebih dahulu spot mana saja di Tasikmalaya yang bagus untuk dikunjungi. Alhasil nih, setelah aku googling dan cek website-nya ketemu deh destinasi yang pengen bangen aku kunjungi.

1. Kampung Naga

Sering banget aku mendengar nama ini, Kampung Naga! Ini adalah sebuah kampung tradisional Sunda yang masih asri dan murni. Bangunan rumahnya masih memegang pakem tradisional dan belum tersentuh modernisasi bangunan masa kini. Adat-istiadat leluhur masyarakat Kampung Naga masih memegang adat leluhur yang masih dipelihara dengan baik. Pesona alamnya pun tak kalah cantik dan asri dengan tempat lainnya di Jawa Barat. Menyajikan atmosfir segar dan masih alami, sungguh indah untik dinikmati pesonanya.


Kampung Naga, image: travel.kompas.com

2. Objek Wisata Gunung Galunggung

Gunung Galunggung pernah meletus pada tahun 1982 yang lalu. Letusannya kala itu begitu dahsyat sehingga membentuk kawah dan membentuk sebuah danau. Danau tersebut punya daya tarik tersendiri karena airnya berwarna hijau. Di tempat ini terdapat tempat pemandian air panas yang bersumber dari kaki gunung galunggung. Konon banyak wisatawan datang ke tempat pemandian air panas ini. Banyak orang meyakini air panas tersebut bisa  mengobati berbagai penyakit kulit.


Kawah Gunung Galunggung, image: webtempatwisata.com

3. Pantai Cipatujah

Kabupaten Tasikmalaya memiliki pantai yang indah dan ramai dikunjungi wisatawan. Pantai Cipatujah merupakan pantai terpanjang di pantai selatan pulau Jawa. Pantai ini terletak di desa Cipatujah kecamatan Cipatujah dan berjarak sekitar 74 km dari pusat kota Tasikmalaya. Nah... pas banget nih, di Tasikmalaya ada pantainya juga yang tak kalah cantik dengan pantai lainnya di nusantara. Terbayang deh bagaimana serunya bermain di pantai yang berpasir putih. Lalu bermain dengan ombak yang berkejaran di pantai. Duhh... tambah ngebet deh pengen main ke Tasikmalaya!


Pantai Cipatujah, image: webtempatwisata.com

4. Curug Dengdeng

Menurut kamus Bahasa Indonesia nih .. curug berarti air terjun. Nah, di daerah Tasikmalaya ini banyak banget curug atau air terjun. Salah satunya adalah Curug Dengdeng. Tempat ini terletak di desa Caringin dan desa Cikawung Gading. Berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Tasikmalaya dan butuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapai tempat ini. Konon nih jarak tempuh yang cukup banyak memakan waktu akan terbayar saat kita melihat keelokan Curug Dengdeng yang masih alami. Hmm... terbayang deh suara gemuruh air yang jatuh dan percikan air yang pastinya menyajikan panorama yang eksotik.


Curug Dengdeng, image: webtempatwisata.com


5.  Teejay Waterpark

Nah... untuk melepas kepenatan ada baiknya nih mampir ke tempat ini. Kita bisa bermain air di sebuah wahana air seluas 28 ha. Teejay Waterpark namanya, terletak di kawasan Asia Plaza Tasikmalaya.  Seperti wahana air di tempat lainnya, Teejay Waterpark memiliki fasilitas yang cukup komplit. Ada ember tumpah, kolam arus dan kolam ombak. Bahkan tempat ini dilengkapi pula dengan gazebo dan food court. Jadi, bila kita sudah kelaperan karena tubuh kita kedinginan akibat bermain air, tinggal isi perut di food court-nya.


          Nah... usai sudah googling mencari spot yang cantik untuk berwisata ke Tasikmalaya. Kini saatnya menghitung-hitung budget untuk bisa berlibur ke Tasikmalaya. Kayaknya ala backpacker aja deh, lebih seru. Apalagi backpacker-an bareng suami tercinta, makin asyik tuh acara liburannya, iya gak? Haha... hitung-hitung honeymoon ya...



46 komentar:

  1. Lho, aku penasaran juga ini mbak sama Kampung Naganya. Aku kir ada banyak buah Naga disana :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku awalnya ngira begitu jua, di kampung naga banyak naganya, haha.. perkiraanku ternyata salah, hihi

      Hapus
  2. waah... ternyata banyak juga ya tempat wisata di Tasikmalaya. Saya taunya cuma gunung galunggung hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga ngira cma Galunggung doang ternyata banyak banget tempat wisata asyik di Tasikmalaya..

      Hapus
  3. Sebenarnya aku sudah bolak balik lewat Tasikmalaya sih? Tapi kok ya belum pernah piknik disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duhh...belum sempat piknik ke sana ya Mba..padahal sering lewat wara-wiri ya?

      Hapus
  4. wuaaa... ini mah bukan pengen lagi mba. tapi pengeeeeeennnn sekali. keren banget ya, apalagi Gunu nng Galunggungnya. ikutan Mba Rita ah, mulai bermimpi main2 ke Tasikmalaya.. :-)

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Jangan nangis Mbaa... itung2 ini kan malah bisa ngobatin kangennya..hihi..

      Hapus
  6. semuanya belum pernah saya datengin hehehe

    BalasHapus
  7. gitu ya, sumber air panas di gunung galunggung itu mungkin airnya mengandung belerang ya mbak, jadi bagus buat kulit. : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga ya Mba..sumber air panasnya mengandung belerang..makanya pengen ke sana biar hilang penasarannya..😊

      Hapus
  8. Aku mau jalan-jalan ke sana, belum pernah semua ke sana, dulu mupenv deh

    BalasHapus
  9. Aku penasaran sama pantai cipatujah. Temenku dulu ada yang KKN di daerah sana dan liat foto pantainya bagus-bagus banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yg penasaran juga ya sama pantai Cipatujah..katanya sih pantai itu bagus bagnget Mba..

      Hapus
  10. mauuu, duh cantik nian pemandangan di fotonya . kapan ya bisa kesana , indonesia memang cantik :)

    BalasHapus
  11. Terakhir ke tasikmalaya waktu kecil..harus di agendakan nech..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. Mba Widhie pengen ke Tasik juga ya..

      Hapus
  12. Kampung Naga memang udah terkenal banget, tapi belum ada kesempatan aja, mau ke sana :( padahal pengen tau keadaan di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smga mba Nurul juga ada kesempatan ke Kampung Naga ya..

      Hapus
  13. Curug Dendeng, boleh mandi di sono nggak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tau jg ya Mba..boleh apa gak mandi di curug..soalnya aku blm pernah ke sana..

      Hapus
  14. Dari dulu penasaran sama curug

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss Mba.. Aku jg penasaran sama curug.

      Hapus
  15. Kampung naga viewnya bagus dan asri banget ^_^

    www.leeviahan.com

    BalasHapus
  16. keren bgt,, mga bisa berkunjung kesana suatu saat.. thanks informasinya

    BalasHapus
  17. Aku baru tahu kalo gunung galunggung jadi terlihat bagus, jadi tempat wisata juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena pernah meletus hebat bbrp tahun yg lalu menjadikan Galunggung terkenal..

      Hapus
  18. Belum pernah ke Tasikmalaya,

    penasaran deh sama kampung Naga, mirip kek suku Badui gitu kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin juga ya Mba.. Kampung Naga itu mirip2 kampung Badui yg msh memegang teguh adat istiadat asli..

      Hapus
  19. Seumur2 ke tasik baru sekali euy...nagntar sepupu nikahan.
    Jalan2 sih blom pernah.
    Banyak ya polihan wisatanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. ternyata di Tasik banyak pilihan tempat wisata..

      Hapus
  20. lokasinya cukup dekat padahal ya ternyata di Tasik banyak objek wisata alam yang bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba di Tasik alamnya indah..aku sdh googling..

      Hapus
  21. Ya ampun itu Gunung Galunggung sudah jadi inceran saya mbak, tapi belum sempat ke sana , hikssss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngebet je Galunggung ya Mba? Aku jg penasaran lihat Galunggung yg pernah meletus hebat..

      Hapus
  22. Aku blm ke curug dendeng, keren banget ...

    BalasHapus
  23. tasik kotanya adem enak buat jalan jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups.. tetapi aku belum nyampe ke sana .. ntar lagi diagendakan mudah2an bisa liburan ke Tasik..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...