IKLAN

Rabu, 26 Oktober 2016

Mengenal Istilah Kamar Mandi Basah dan Kering


     Saat ini banyak sekali situs jual beli rumah secara online yang berseliweran di dunia maya. Salah satu yang dikenali banyak orang adalah situs www.urbanindo.com  Dengan perkembangan teknologi yang kian canggih, urusan jual beli rumah pun makin mudah. Bila kita mengakses situs tersbut, kita bisa mengakses rumah dijual di Bandung atau di tempat lainnya. 



     Bila kita mengakses situs tersebut, tak hanya iklan jual beli rumah yang kita dapatkan. Bahkan ada beberapa istilah lainnya yang berkaitan dengan rumah bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah istilah kamar mandi kering dan kamar mandi basah dari suatu bangunan rumah. 


       Banyak orang yang belum begitu familiar dengan istilah tersebut. Kamar mandi kering adalah suatu istilah dimana penggunaan dari suatu kamar mandi diharuskan atau diusahakan selalu kering. Terutama pada lantainya harus dijaga agar jangan sampai lembab atau basah. Sedangkan istilah kamar mandi basah adalah merujuk pada penggunaan kamar mandi tersebut yang kerap basah.



Kenapa ada kamar mandi basah dan kamar mandi kering?

       Seperti yang telah diuraikan dia atas bahwa kamar mandi basah akan selalu dalam kondisi basah. Area kamar mandi basah diperuntukkan bagi aktifitas mandi, baik itu menggunakan gayung maupun pancuran air. Area ini termasuk juga area toilet untuk buang air kecil dan besar.

       Sementara kamar mandi kering adalah kamar mandi yang diusahakan tidak terkena basah ketika digunakan. Biasanya area kamar mandi kering merupakan bagian yang didesain dengan menarik. Area ini biasanya menempatkan kloset dan bathtub yang memberi kesan bersih.

Desain dari suatu kamar mandi

       Desain kamar mandi bisa diciptakan sesuai kebutuhan. Ada yang membutuhkan keduanya, ada pula yang membutuhkan salah satunya saja. Ada juga mendesain satu kamar mandi dengan dua area kering dan basah. Desain yang terakhir ini tentu saja membutuhkan area yang luas. Hal ini agar bisa mengakomodir penempatan bathtub, kloset dan wastafel dalam satu area kering. Di sisi lain pada area basah ditempatkan shower dan bak mandi. Apabila tidak memiliki luas ruangan yang cukup besar, sebaiknya tidak perlu membagi area kamar mandi kering dan dan basah. Cukup pilih area untuk kamar mandi basah saja.

Kapan kita membutuhkan kamar mandi basah dan kering? 

       Untuk menjawabnya tentu saja kembali kepada pemilik rumah masing-masing. Jenis kamar mandi apakah yang diinginkan dan sesuai dengan kebutuhan keluarga mereka? Memiliki kamar mandi luas sekaligus dengan area basah dan kering tentu ini menjadi pilihan yang pas. Karena kamar mandi seperti ini secara kebersihan dan kesehatan lingkungannya akan terjaga dengan baik. Selain memberikan kesan nyaman berada di kamar mandi yang desainnya apik dan bersih, kamar mandi seperti ini akan awet karena terjaga kelembabannya.


  

24 komentar:

  1. Kamar mandi mertuaku banget ini mbak, dia punya dua jenis ini dalam satu kamar mandi, Jadi yang ada showernya itu basah, itu dia buat kayak ada pintu transparannya, selebihnya kamar mandinya kering dan bersih, ada kursi didalamnya, radio dan bisa senam :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...pasti rumahnya lumayan besar ya karena bisa bikin kamar mandi yg ada area basah dan kering...

      Hapus
  2. kaya di mall ya, toiletnya selalu kering, kita pun jd nyaman gak ada becek dan keliatan ttp kinclong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba.. kayak kamar mandi di mall atau di hotel ya.. ada area kering sehingga kesannya bersih dan sehat ..

      Hapus
  3. Yg kering biasanya cumak isi wastafel sama toilet aja ya, Mbak. Kalok shower atau bak gitu ya basah. Tapi di rumah semuanya kamar mandi basah tuh. Gak afdol rasanya kalok kering. Wkekek :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...kebanyakan suka kamar mandi basah karena segala aktifitas basah2an seperti mencuci pakaian maupun mencuci piring dilakukan di kamar mandi juga..

      Hapus
  4. hihii ga cuma dapur ya mba sekarang yang kering dan basah. kamar mandi juga. Kalaa saya pake semi kering. belum bisa kayak di hotel itu. Udah pakai shower, tapi tetap disediakan ember buat nampung dari kran. hihi... sebernarnya suka yg kering, semoga nanti bisa kering total..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...kalo kamar mandi di rumah kita masih campur aduk ya Mba.. soalnya kalo di rumahku lahannya kecil..hehe..

      Hapus
  5. Keren yuk..baru tau juga kalo kamar mandi ada yang basah dan kering. selama ini cuma tau dapur basah dan kering dan kue basah serta kue kering..heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha... ternyata istilah 'basah" dan "kering" itu bukan cuma kue2 ye.., hehe

      Hapus
  6. Kalo di rumahku masih kamar mandi basah. Penginnya sih kamar mandi kering, jadi shower aja, biar lebih bersih dan nggak susah2 nguras bak mandi hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tuh.. jamans ekarang maunya yang simpel aja ya Mba.. kamar mandi pake shower gak usah pake bak lagi..

      Hapus
  7. Orang tua saya tuh yang demen kamar mandi kering :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalo beliau berfikir kalo kamar mandi kering itu hygines ya Mba..

      Hapus
  8. Saya lebih suka kamar mandi kering mbak. Rasanya lebih higienis aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya.. banyak yang suka kamar mandi kering ternyata ya..

      Hapus
  9. Suka kamar mandi kering juga, tp blm punya hehe.. klo anak2 masih kecil, kamar mandi kering butuh tenaga ekstra ga ya buat melatih mereka dlm menggunakannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurutku justru bagus Mba.. Soalnya gal licin lebih aman buat anak2..

      Hapus
  10. suka dua2nya..tapi baru punya satuu ajaa TT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mba dengan aku.. baru punya satu kamar mandi basah, hehe..

      Hapus
  11. aku belum punya nih yang seperti ii, kamar mandiku masih basah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamar mandiku juga kamar mandi basah Mba..hehe..

      Hapus
  12. Kamar mandi kering seperti di hotel gitu ya. Terlihat lebih bersih dan rapi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba... kayak yg di hotel2 itu kamar mandinya ..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...