IKLAN

Jumat, 07 Oktober 2016

PENGALAMAN IKUT LOMBA TTS


        "Kapan ya ada lomba TTS di Gramedia Palembang? Kalau ada lombanya aku pengen banget ikut lombanya," gumamku sembari membaca postingan FB komunitas penggemar TTS.

       Pada postingan tersebut menceritakan tentang pelaksanaan lomba mengisi TTS di Gramedia Matraman Jakarta. Bagi para penggemar TTS tentu ajang lomba seperti ini jangan sampai terlewatkan. Kudu ikut nih! Hiitung-hitung untuk menjajal kemampuan dan pengetahuan mengisi TTS.

      Makanya, ketika seorang teman mengirim email padaku soal lomba TTS di Gramedia World Palembang, aku langsung oke. Ini adalah lomba yang kutunggu sejak lama, hehe..


Booth panitia lomba TTS di Gramedia World




       "Halo Rita, apakah sudah mendapatkan informasi tentang lomba TTS di Gramedia World? Lomba tersebut akan diadakan pada hari Minggu tanggal 25 September 2016. Untuk lebih jelas silahkan datang ke Gramedia World." demikian bunyi email dari Pak Mahmud. Beliau adalah kenalanku untuk urusan TTS. Namanya sering muncul sebagai pemenang TTS di koran. Bukan hanya jago ngisi TTS lho, beliau juga piawai membuat TTS. Nah... berarti beliau adalah seorang master TTS dari Palembang.

       Setelah menerima email dari Pak Mahmud, keesokan harinya aku ke Gramedia World. Di sana aku membeli sebuah buku TTS Pilihan KOMPAS Jilid 9 sebagai syarat mengikuti lomba. Lalu aku melapor kepada panitianya untuk selanjutnya namaku dicatat sebagai salah satu peserta. Ahh .... lega rasanya, sebentar lagi keinginanku sejak lama pengen ikut lomba TTS bakal terealisasi, hehe...


Sebelum lomba ketemu teman baru yang punya hobi sama

       Sampailah pada hari yang dinantikan, Minggu tanggal 25 September 2016. Di lantai 2 gedung Gramedia World sudah berkumpul beberapa orang, mungkin mereka itu peserta lomba, gumamku. Aku menghampiri meja panitia pendaftaran untuk konfirmasi kedatangan peserta. Ternyata pesertanya tercatat hanya 12 orang. Koq minim banget ya pesertanya? Kurang sosialisisasi atau memang gak banyak peminatnya lomba TTS ini? 

       Akhirnya tibalah waktunya lomba. Seorang panitia memberikan instruksi mekanisme lomba. Kami diberi waktu satu jam untuk menyelesaikan TTS hingga tuntas. Ketika aba-aba dimulai, para peserta kompak beradu cepat membaca soal-soal dengan teliti agar isian TTS benar dan tepat. Karena sudah agak lama gak ngisi TTS membuatku agak terkagok dengan soal-soal jebakan. Seringkali aku dibuat terkecoh dengan isiannya. Itulah serunya ngisi TTS. Kita mesti jeli kata apa yang tepat dalam kolom jawaban. Kalau semua jawaban benar maka tak sulit untuk menuntaskan semua isiannya.


Peserta lomba sedang mikir jawabannya apa ya..?


       Demikian juga denganku, ada beberapa soal yang bikin aku mumet mikirin jawabannya. Waktu yang tersisa kumanfaatkan untuk berfikir ekstra agar bisa menemukan jawaban yang tepat. Hmm... ini namanya benar-benar asah otak. Ketika lama gak diasah, otakku pun menurun daya ingatnya lantaran sering absen ngisi TTS di Kompas Minggu, hehe... Akhir-akhir ini aku memang lebih sering ngeblog!

       Sampai berakhirnya waktu lomba, masih terdapat beberapa peserta yang tidak bisa menuntaskan jawabannya. Sembari menunggu pengumuman pemenang, aku berbincang dengan 2 orang kenalan baru. Ada Pak Mahmud yang selama ini hanya kukenal namanya di Komunitas Penggemar TTS. Ada juga Mba Widi, seorang ibu muda yang ternyata hobi TTS sejak masih kecil. Hmm... sama nih Mba kayak diriku, hobi TTS sejak kecil yang menular dari hobi ayah. Senang banget berkenalan dengan mereka berdua yang punya hobi dan minat yang sama tentang TTS.


Pemenang lomba foto bareng panitia di Gramedia World

       Pada  saat panitia mengumumkan pemenangnya, aku dibuat kaget ketika namaku disebut sebagai pemenang ketiga. Lalu panitia menyebut nama Mba Widi sebagai pemenang kedua. Dan pemenang pertama siapa? Coba tebak? Dialah pak Mahmud sang master TTS dari Palembang. Wah... gak nyangka nih, kami bertiga menjadi pemenang lomba TTS tersebut.

       Rasa suka cita tentu saja menyelimuti hati kami bertiga. Senang banget bisa mengenal dua teman baruku ini. Semoga kita bisa ketemu lagi di ajang yang sama ya Mba Widi dan Pak Mahmud. 


48 komentar:

  1. Kyaa.. aku blum prnah brhasil nyelesaiin 1 TTS mbak. Kadang sampe bebrapa kolom udah kebawa hawa2esmosi gegara ga sgera nemuin jawabannya. Hhee
    Btw... syelamat ya mbkk :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... ayok Mba..jangan mudah patah semangat.. latih terus ngisi TTS ntar lama2 jadi tebiasa, bahkan kita akan dengan mudah bisa nebak jawabannya kalo dah terbiasa..

      Hapus
  2. wah, seru. aku kadang gak kelar satu tts

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..seru banget Mba pas ikut lombanya ini..

      Hapus
  3. Ya ampuuun.. Lamanya ga ngisi TTs. Jadi kangen. Hehehe... Selamaaaat ya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Keren ada Komunitas TTS, jadi ingat Ayahku dulu suka banget ngisi TTS, selamat ya Mbk menang juara 3

    BalasHapus
  5. Ngomongin TTS jadi inget bapak nya dipi yg hobiiii bgt ngisi TTS. Kami jg orang Palembang mba. Hehehe. Selamat ya jdi pemenang. Dipi baru tau loh mba Rita... Klo ada komunitasnya TTS itu.
    Salam kenal dari dipi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Dipi... wah senang deh ketemu wong Palembang di sini.. Iya Mba, ada koq komunitas penggemar TTS dan anggotanya tahu gak berapa usianya? Rata2 60 sampai 70 tahunan, hehe..

      Hapus
  6. Aku waktu kecil, main TTS pas puasaaaaa, heheh
    Kalau bulan puasam ke man2 malah bawa TTS
    skrg mah enggak pernah.... bdw, zelamat yaa mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atensinya ya Mba.. Sayang lho gak diterusin hobi isi TTS, lumayan bikin otak mikir ..

      Hapus
  7. Kece bener ada komunitasnya. Kalau aku sih kadang nggak sabaran pas ngisi TTS. Selamat ya mba :)


    anggiputri.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kudu sabar Mab utk menyelesaikan soal2 TTS, tapi pas sudah terisi semua rasanya plong banget lho, hehe..

      Hapus
  8. Ya ampun, kangen ngisi TTS jadinya Mbak. Ini hiburan sederhana yang bikin pinter ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups benar Mba, hiburan iseng2 tapi bikin pinter..

      Hapus
  9. Wah..selamat Mba jadi juara.. Yg juara pasti yg paling luas wawasannya. :)

    BalasHapus
  10. Lomba TTS? Wah, saya baru tau, nih! Yang saya tau lomba mengisi TTS di majalah atau di koran. Dulu kalau ada waktu luang,saya suka ngisi TTS, tapi sekarang kalo ada waktu luang dipake ngeblog atau BW he he he
    Eh iya, selamat ya, Mbak, atas kemenangannnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yg di koran atau majalah aku dah sering menang Mba.. sekarang nyoba lomba yang off air, hehe.. alhamdulillah menang juga..

      Hapus
  11. Mba Rita kerreen...
    Selamat juara Lomba TTS.

    Jadi kangen ngisi TTS yang ga pernah full keisi semua..heuuheuu...

    *minim info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sering berlatih ngisi TTS ntar lama2 hapal sendiri Mba dengan jawabannya dan insyaAllah bisa full terisi semua kotak2nya..

      Hapus
  12. Jago isi tts toh mba Rita, aku angkat tangan mba, isi tts ga pernah selesai hehehe selamat juara 3 mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atensinya ya Mba.. Entah jago apa gak istilahnya tetapi aku hobi ini sejak kecil, jadi otak dah terlatih, hehe..

      Hapus
  13. aku terakhir ikut ngisi TTS itu... wuih lama banget, sebelum nikah. hahaha. btw, itu hadiahnya ya yang ditumpuk tumpuk di meja panitia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. dah lama banaget Mba Ade gak ngisi TTS ya.. yukk asah otak lagi berlatih isi TTS yg di Koran Minggu, hehe..

      Hapus
  14. Akhirnya juara juga ya
    selamat!

    saya juga senang ikut isi TTS. Apalagi kalau pas bulan puasa, ngabuburit, haha
    tapi itu dulu, saat masih melajang. sekarang boro2 lah, urus anak dan rumah aja riweuh di dapur, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap juga ya ngisi TTS pas ngabuburit.. Btw, biar dah punya anak tetap dilanjutin gak apa2 lho ..

      Hapus
  15. Waah, selamat ya, Mbak, juara ketiga. Ikut seneng rasanya. Betul, Mbak, ngisi TTS Minggu di Kompas bener2 cara untuk mengasah otak :)

    BalasHapus
  16. Aku juga pernah ikutan TTS dan lumayan menang di media spt Suara Merdeka dan Nova.Iseng2 hobi berhadiah ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng bangetbya Mba pas dpt hadiah menang TTS..hehe..

      Hapus
  17. Aku waktu kecil demen banget ngisi TTS tapi semenjak gede ntah kenapa udah nggak mood. HUHUHU

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Dah beralih mood-nya ke ngeblog ya Mba..

      Hapus
  18. Ya ampun keren banget mbak. Aku dulu juga suka banget tts. Sekarang ngulik hp aja siiiih

    BalasHapus
  19. Baru tau kalau ada lomba TTS Kompas. Aku padahal penyuka TTS sejak zaman dulu, dari yang TTS di kompas sampai yang bentuknya buku depannya gambar cewek-cewek itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mba kalo di Jakarta sering diadakan lomba TTS di Gramedia Matraman.. Kalo di Palembang baru kali ini..

      Hapus
  20. aku juga suka banget isi TTS sampe beli buku-buku TTS :D

    BalasHapus
  21. Pak Mahud tak terkalahkan rupanya, Mbak Rita hehehe

    Wah komunitas penggemar TTS keren. Saya baru tahu kalau ada komunitasnya.

    Saya pikir pesertanya dikit bukan karena kurang sosialisasi tapi karena memang jenis lombanya kurang diminati. Kalo lomba joget banyak tuh yang ikutan Mbak.

    Keren euy. Selamat ya Mbak Rita Hadiahnya apa sih? Kepo sayah ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadiahnya banyak Mba.. Ada uang, voucher gramedia, buku2 terbitan gramedia dan T-shirt, hehe..

      Hapus
  22. He he,,aku jd lgsg inget2 mba, kpn ya trakhr aku isi TTS, dulu sukak bgt,,smbil gi2t ujung pulpen kalo ngga nemu2 jwbnya ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha...bete dan penasaran ya Mba kalo belum nemu jawabannya..

      Hapus
  23. Keren mbak rita, aku mungkin udah pusing duluan. Memang bukan hobiku sih...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe... aku karena sudah sejak kecil sering ngisi TTS jadinya nyantai aja Mba saat ikut lombanya..

      Hapus
  24. Wah, aku belum pernah ikut lomba mengisi TTS nih, kalau ada pengin juga ikut.
    Almarhumah ibuku dahulu piawai kalau isi TTS.
    TTS sebuah koran nasional, setiap sekali satu pekan, selalu tandas diisi, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah..ibunya hobi TTS juga ya Mba? Keren deh ibunya..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...