IKLAN

Sabtu, 29 Oktober 2016

STROKE JUGA BISA MENYERANG USIA MUDA


       Banyak yang mengira bahwa stroke hanya menyerang mereka yang berusia 50 tahun keatas. Asumsi demikian itu tentunya tidak tepat. Memang resiko stroke meningkat tajam seiring dengan pertambahan usia seseorang. Tapi pada kenyataannya siapa saja bisa terkena stroke.




       Menurut penelitian yang dilakukan di Cincinnati selama tahun 1999-2005, Amerika Serikat, rata-rata umur penderita stroke merambah usia muda. Sebelumnya, stroke banyak diderita oleh orang yang berusia antara 61-71 tahun. Pada tahun 2005, stroke banyak diderita oleh mereka yang berusia 20-54 tahun.

       Masih di Amerika Serikat, stroke ditemukan menyerang 4000 balita. Sementara pada anak berusia 7-18 tahun, 11 diantara 100.000 orang anak terserang stroke.


Lalu apa penyebab stroke menyerang usia muda?

       Pada usia dewasa tua, stroke biasanya disebabkan oleh gumpalan darah yang terbentuk dalam jantung atau pembuluh darah. Kemudian gumpalan ini keluar dan berpindah ke otak. Sedangkan pada anak-anak, penyebab stroke biasanya infeksi, gangguan jantung, penyakit sel sabit, dan dehidrasi. Selain itu, penggunaan obat yang diberikan melalui nadi juga perlu diperhatikan, sebab ada beberapa kasus yang disebabkan oleh hal ini.


Bagaimana mencegahnya?

       Setelah mengetahui penyebab stroke pada usia tua maupun muda, ada baiknya melakukan pencegahan sebelum datang penyakit ini. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari stroke pada usia berapapun.

  • Biasakan diri untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tahunan. Dengan melakukan hal ini, dokter bisa mengetahui lebih awal jika seseorang memiliki penyakit dasar. Misalnya penyakit diaabetes. Apabila dokter memastikan seseorang memiliki diabetes atau potensi diabetes karena keturunan, sebaiknya melakukan pemeriksaan dengan menjaga asupan gula. 
  • Olahraga dengan rutin untuk menjaga berat badan idel.
  • Mengkonsumsi makanan rendah lemak dan perbanyak konsumsi buah, sayuran serta gandum utuh.
  • Hindari mengkonsumsi alkohol dan merokok.
Namun, stroke yang menyerang usia muda memiliki kemungkinan lebih besar untuk sembuh total. Hanya sedikit kasus, stroke yang menyerang usia muda menyebabkan kecacatan jangka panjang. Meskipun begitu, mencegah lebih baik daripada mengobati bukan? Olehkarena itu mulai sekarang ikuti gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.




       

40 komentar:

  1. Pola hidup sehat ya mba biar jaga kesehatan tubuh, serem juga muda2 sdh stroke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. Kudu memperhatikan pola hidup sehat ..

      Hapus
  2. Baru aja kejadian, suami teman, usia belum 35 tahun malah kena stroke mba :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh... usia 35 tahun dah kena stroke ya.. miris ya Mba.. sebab usia 35 tahun adalah usia produktif utk berkarya, malah kena stroke gak bisa ngapa2in..

      Hapus
  3. Eh ngeri mbak..
    Sakit sekarang sdh tak mengenal usia.
    Harus ubah gaya hidup menjadi lebih sehat nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah..iaya benar Mba.. harus mengubah gaya hidup.. kalo yg sebelumnya malas olahraga, kudu rajin olahraga.. demikian soal makanan juga harus memperhatikan makanan sehat utk tubuh kita..

      Hapus
  4. ahhh takuut denger penyakit ini mbaaa...
    Kemaren pamanku meninggal di usia 50 karena stroke ringan, mendadak pula huikss..

    Hayu ah pola hidup sehat terus! semoga kita semua selalu diberikan kesehatan ya Mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba... sejak dini kita kudu memperhatikan pola hidup sehat agar terhindar penyakit stroke ya Mba..

      Hapus
  5. Yup, mencegah memang selalu akan lebih baik daripada mengobati, ya, Mba. Yuk ah, semakin berhati-hati dalam mengatur pola hidup yang lebih sehat. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess... pola makan juga harus diperhatikan jangan sampai makan yg berlemak secara berlebihan.. nanti kena kolesterol dan pemicu stroke..

      Hapus
  6. Jadi inget alm ade iparku hiks
    Tiba2 pingsan, koma, dalam hitungan menit...mninggal.pembuluh darah di otak pecah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keluargaku juga ada yang mendadak meninggal lantaran stroke..

      Hapus
  7. guru sd-ku juga ada yang meninggal karena stroke, mba. :( padahal usianya sepantaran dengan ibuku, masih 53 an. huhu. jadi emang harus jaga kesehatan banget dari sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. kita kudu jaga kesehatan ya Mba.. baik itu memp[erhatikan asupan makanan maupun olahraga teratur ya Mba..

      Hapus
  8. Makasih sharingnya mbak. Bener banget, mencegah lebih baik daripada mengobati. Serem juga masih muda udah kena stroke. Jadi kepikiran buat check up deh mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. kudu check up kesehatan ya Mba ketika merasa ada sesuatu terkait kesehatan tubuh kita..

      Hapus
  9. ini penyakit yang paling aku takuti mbaaaak, atasan ku sudah seminggu masih belum sadar karena kena stroke T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang terkena stroke ya Mba.. saatnya kini kita mulai jaga2 kesehatan ya Mba..

      Hapus
  10. Ngeri ya... Mudah2an kita semua diberi kesehatan... Hrs jaga gaya hidup ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba..kudu jaga gaya hidup sehat y Mba..

      Hapus
  11. Ih mbak jadi ngeri ah,, Jadi hati-hati nih waspada Stroke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yupss.. kudu jaga kesehatan ya Mba biar stroke tidak jadi sesuatu yang menakutkan..

      Hapus
  12. kesehatan adalah sesuatu yang sangat berharga,
    pada saat sehat bisa jadi kita tidak atau kurang menghargai kesehatan,
    namun setelah sakit apalagi parah seseorang baru akan merasakan betapa berharganya kesehatan itu.
    maka jagalah sehatmu sebelum sakitmu.

    beberapa tahun yang lalu pernah sakit parah, hasil kerja puluhan tahun habis... dan sekarang sedang memulai lagi untuk bangkit.

    thank

    BalasHapus
  13. Iya, ga tua ga muda, bisa saja terserang penyakit ini. Harus atur pola makan

    BalasHapus
  14. Iya..udah banyak tuh pasien2ku yang kena mbak Rit..sekarang bener harus2 hatilah buat makan apa saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba..mulai darisekarang kita mesti merhatiin makanan yang kita konsumsi.. apakah sehat apa enggak buat tubuh kita..

      Hapus
  15. yap begitulah
    ada saudaraku juga yang meski usianya masih 35 tahunan tapi udah pincang jalannya karena stroke
    miris deh, jadi makin ketat jaga kesehatan :)

    BalasHapus
  16. Terimakasih info nya mbak. Memang lebih baik mencegah daripada mengobati. Mengatur pola makan yang baik kadang emang susah.

    BalasHapus
  17. Terimakasih infonya mbak. Mencegah memang lebih baik. Tapi yang namanya menjaga pola makan sehat itu memang agak sulit ya.

    BalasHapus
  18. Balita kena stroke? Y Tuhan... makasih buat infonya Mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama3 Mba.. mksh juga sdh berkunjung ya..

      Hapus
  19. Benar mba, sekarang stroke tidak mengenal usia. Kayanya sih pola makan harus dijaga bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..kita kudu perhatikan pola makan dari sekarang Mba..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...