IKLAN

Kamis, 15 Desember 2016

Saat Netizen Palembang Gathering Bareng MPR RI


       Yang paling seru menjadi blogger itu bila bisa kumpul bareng pada suatu event. Kita bisa silaturahmi, sharring maupun berbagi informasi seputar aktifitas blogging. Makanya ketika mendapat undangan kumpul blogger aku tak menyia-nyiakannya. Kali ini aku mendapat undangan pada acara gathering yang bertajuk "Netizen Palembang Ngobrol Bareng MPR RI". Acara tersebut berlangsung pada hari Minggu tanggal 11 Desember 2016 di Hotel Santika Palembang.




Para blogger yang hadir


           Suasana di tempat acara sudah ramai ketika aku datang. Setelah mengisi registrasi peserta tiba-tiba aku disapa seseorang. "Mba Rita ya?" Aku agak kaget dan menoleh kearah suara yang menyapaku.  "Iya betul...,"balasku. "Aku Ardiba Mba... Blogger Yogya yang dulu bermukim di Palembang. Kebetulan aku sedang berada di Palembang dan mendapat undangan untuk acara ini." lanjutnya dengan ramah. Wow! Surprise banget bisa ketemu Mba Ardiba. Gak disangka-sangka kami berjumpa pada acara kumpul blogger seperti ini. Seperti biasanya momen seperti ini selalu diabadikan dalam jepretan kamera. Jepret... Jepret... Foto hasil jepretan kamera hape bisa dilihat penampakannya sepeti di bawah ini. Hehe..





      Lepas jam 9 lebih 10 menit acara dibuka oleh Mba Ira selaku ketua penyelenggara. Beliau adalah seorang blogger dan penggiat media sosial di Palembang. Pada acara ini Sesjen MPR RI Ma'ruf Cahyono, S.H., M.H. hadir memberikan materi. Adapun materinya berua sosialisasi tentang Empat Pilar yang meliputiPaancasila,  UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Empat Pilar tersebut perlu disosialisasikan kembali kepada masyarakat agardapat meningkatkan kembali  rasa berbangsa dan bernegara.

       Menurut beliau, dalam mensosilisasikan Empat Pilar ini sudah banyak dilakukan dengan berbagai cara. Baik melalui media audio visual dan media surat kabar. Namun hasilnya belum maksimal. Masih banyak masyarakat yang belum memahami secara esensi makna dari Empat Pilar. Olehkarena itu pada kesempatan kali ini pihak sekretariat MPR RI menggandeng netizen. Sebelumnya sudah beberapa kali menyelenggarakan acara serupa di Makasar. Dengan menggandeng para netizen diharapkan sosiaisasi melalui media internet lebih terbuka dan bisa diakses secara luas.

          Acara berlangsung seru namun nyantai. Walaupun nomongin soal kebangsaan namun gak kaku. Pada sesi tanya jawab kita diajak berdialog santai. Beberapa masukan dari para netizen yang disampaikan mendapat apresiasi baik dari Sesjen MPR RI Bapak Ma'ruf Cahyono. Semua masukan ditampung untuk menjadi bahan selanjutnya dalam menyusun kebijakan dan srtategi berbangsa dan bernegara.

          Pada ahir acara beliau juga menyampaikan agar para netizen tanggap akan berita di dunia maya, mana yang benar dan mana yang hoax. Berita hoax sudah selayaknya tak perlu ditaanggapi karena kebenarannya diragukan.

          Nah... itulah sekelumit cerita menegnai acara gathering bersama MPR RI. Acara yang bermanfaat dan sarat makna. Ternyata peran netizen tak hanya sebatass meramaikan media sosial belaka. Namun eksistensinya diakui oleh para penye;enggara negeri ini. Salam netizen! Salam Blogger!


32 komentar:

  1. Berapa orang blogger Palembang yang diundnag Mbk? Seru ya acaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekitar 20 orang Mba.. soalnya kuotanya dibagi dgn komuntas lain seperti wartawan..akademisi..dll..

      Hapus
  2. haduh, kalo baca kumpul-kumpul bloger gini, ngiri banget, kapan giliran saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..terbayang keseruannya ya Mba..hehe..

      Hapus
  3. Hihi asyik.. bisa ketemu mba ardiba ya mba rita. Enaknya kumpul blogger itu bisa dapat ilmu dan makin kenal ya mba sama teman maya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss..iya Mba.. saat itu ketemuan sama Mba Fiba.. dia orang Palembang juga tetapi tinggal di Yogya..

      Hapus
  4. Bisa mengakspresiasikn suara rakyat Palembang no mak

    BalasHapus
  5. Seru acaranya
    saya belum berkesempatan nih
    pernah ada di DKI, tapi blogger domisili Cianjur gak masuk syarat
    jadi gak bisa ikut
    semoga kedepannya ada jumpa blogger dan MPR RI dengan blogger Cianjur, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget ya Mba..gak bisa ikut yang dati Cianjur.. Semoga ada kesempatan lagi ya Mba..

      Hapus
  6. Acara langka banget blogger ngumpul ma MPR. Bisa menyuarakan suara blogger Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh..itulah Mba keseruan acara ini..bisa menyerukan suara via MPR..

      Hapus
  7. asiik niy ditowel mba ardiba, senengnya yang kumpul blogger di acara kece.

    BalasHapus
  8. owalah ternyata mba ardiba lg di palembang. seneng ya bisa kopdar blogger pas acara spt ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mba.. ada Mba Ardiba di acara tsb.. kebetulan beliau sdg mudik ke Palembang..

      Hapus
  9. Sepertinya seru ya acaranya ini, dapat ilmu dan bisa kopdar dengan teman2 blogger lain :)

    BalasHapus
  10. Saya punya pengalaman menarik mb saking seringnya ketemu di event akhirnya kami membuat komunitas sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah...saking sering ketemuan jadinya ide muncul ya Mba..

      Hapus
  11. Seru banget.. Acara keren sekaligus kopdar 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa Mba.. seru acaranya bisa saling kopdaran juga..

      Hapus
  12. Belum berkesempatan nih kopdar dengan bu Rita. Sayang pas hari H aku malah lagi gak di Palembang. Next time ya bu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss...ntar kita kopdaran ya.. Abis Yayan jalan2 terus sih..hehe..

      Hapus
  13. Wiih, asik ya kalau gathering ke MPR, aku juga pernah sekali dan ngerasain duduk di kursi empuknya..hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gaathering-nya di Palembang Mba..hehe..

      Hapus
  14. Seru ya acaranya Bunda...sayang banget aku gak bisa ikut, hiks..hiks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa..kemana aja Murni lama gak nimbrung acara blogger..hehe

      Hapus
  15. kebayang serunya mba...pasti banyak yang excited :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. yang excited banyak banget Mba..hehe

      Hapus
  16. Acara seperti ini juga penting dan bermanfaat bagi blogger untuk menambah wawasan kita tentang urusan negara.
    Terima kasih reportasenya
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas atensi dan kunjungannya ya Pakde.. salam hormat dari Palembang..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...