IKLAN

Selasa, 13 Juni 2017

TIPS MERAWAT AC AGAR TETAP AWET DAN TAHAN LAMA


       Sebagai salah satu negara tropis iklim di Indonesia tergolong hangat dan lembab. Kondisi yang demikian seringkali membuat banyak orang merasa gerah ketika udara sedang tak bersahabat. Oleh karena itu bagi sebagian orang sangat membutuhkan penyejuk ruangan di rumahnya. Apalagi bila kondisi bangunan rumah berbentuk minimalis yang minim jendela, AC sangat dibutuhkan. Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan menjadi salah satu solusi untuk medapatkan udara yang sejuk di dalam ruangan. Fungsi AC salah satunya adalah memberi kenyaman di dalam ruangan sehingga penghuni rumah akan betah. 




       Pemakaian AC atau pendingin ruangan ini agar awet harus dipahami bagaimana cara perawatannya. Sayangnya tak semua orang mengerti dan paham bagaimana cara merawat AC yang baik dan benar. Adapun tips merawat AC agar awet dan tahan lama sebagai berikut:

1. Pilih PK AC dengan memperhatikan luas ruangan

       Kinerja AC harus disesuaikan dengan luas ruangan. Meskipun orang menggunakan AC merek terkenal sekalipun tetap tak menjamin usia AC bisa bertahan lama atau tidak. Jika luas ruangan cukup besar maka gunakan pendingin ruangan dengan kemampuan pendingin yang besar juga. Sebaliknya, jika luas ruangannya kecil maka gunakan pendingin dengan kemampuan pendingin yang sedang. Hal ini berhubungan dengan efisiensi. Jika luas ruangan besar namun kualitas pendinginan rendah, maka AC akan bekerja keras. Dampaknya dapat memperpendek usia AC alias AC tak akan berusia lama.


2. Matikan AC saat tidak digunakan

       Mematikan alat elektronik saat tidak digunakan adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini berhubungan dengan efisiensi daya. Sebab dengan mematikan alat elektronik ini tentunya dapat menghemat pengeluaran listrik serta menghindarkan perangkat agar tidak mudah rusak. Pemakaian AC merek terbaik sekalipun tak menjamin usia AC bisa awet bila tak apik merawatnya. Selain menghemat AC, mematikan AC saat tidak digunakan akan membuat alat tersebut beristirahat atau berhenti sejenak. 


3. Atur suhu sesuai kebutuhan

       Gunakan AC dengan bijak, sebaiknya jangan menghidupkan AC dengan suhu dibawah 22 derajat. Sebab bila menggunakan suhu AC dibawah 22 derajat akan mengakibatkan mesin cepat panas dan cepat rusak. Maka dari itu aturlah temperatur diatas 22 derajat agar AC tetap bisa berfungsi dengan baik dan awet.

4. Selalu cek freon AC

       Agar AC tetap berada dalam performa terbaik maka hal yang harus dilakukan adalah sering mengecek freon oleh teknisi ahli. Pengecekan ini untuk melihat kondisi freon dalam AC apakah sudah habis atau terjadi sebuah kebocoran. Sebab apabila freon habis akan mengakibatkan AC bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan dan menjadi cepat panas.


       Nah... setelah tahu tipsnya mudah-mudahan yang punya AC atau pendingin ruangan di rumahnya bisa merawat AC dengan baik.



8 komentar:

  1. Nah iya, seringnya AC itu di dalamnya berdebu jadi agak-agak gak dingin dan suka bikin pedes mata kalau debunya sudah banyak gitu.
    Biasnaya aku panggil tukang bersihin AC terus disemprot kaya pake air

    BalasHapus
  2. Dengan sering membersihkan ac secara rutin , mudah2@n ac nya awet

    BalasHapus
  3. Keren sekali tipsnya, Mbak Rita.
    AC memang bagus dimatikan saat tidak digunakan, karena menghemat listrik juga. Secara AC memang paling banyak menyedot listrik.

    Terima kasih tipsnya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sudah ngelakuin beberapa tips di atas.
    yang paling males sih cek freon hehehe harus naik2 ke atas dulu.
    saya biasa ngecek setip 1 bulan sekali

    BalasHapus
  5. Saya pernah pasang ac baru 1 bulan sudah mati. Ternyata freonnya tidak sesuai. Awalnya beli freon seken buat ngirit, eh. ac nya malah ikutan mati

    BalasHapus
  6. kalau AC bocor, atau mati... wah ruangan terasa pengap banget... denger-denger katanya kalau freon itu katanya bisa merusak lapisan atmosfer ya mbak,

    BalasHapus
  7. Pakai AC emang mesti cermat ya, biar tagihan listrik nggak bengkak.
    Untung di tempatku udah dingin alami :)

    BalasHapus
  8. Pengalaman saya dengan AC, musuh utama emang debu. Kalau udah mulai kebanyakan debu yang masuk. AC mulai gak dingin. Jadi harus sering" service.
    Oh ya, jangan sampai salah pilih freon, mending beli yang bagus sekalian. Bener yang dibilang agan syuhada.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...