IKLAN

Kamis, 23 November 2017

Keseruan Mengikuti Acara Flash Blogging di Palembang


       Hari ini saya berkesempatan mengikuti acara kece bertajuk "Flash Blogging". Acara ini merupakan kerjasama Kementerian Informasi dan Komunikasi Publik dengan Dinas Kominfo Provinsi Sumsel. Acara ini diselenggarakan di sebuah ruang pertemuan Hotel Novotel Palembang. 

          Saya yang datang sekitar pukul 08.15 WIB langsung mengisi daftar hadir sebagai bentuk konfirmasi kehadiran. Ternyata nih sudah ada beberapa teman blogger yang lebih awal datang. Saya bergabung dengan teman blogger lainnya menempati sebuah meja yang dikelilingi 8 kursi.

          Sekitar pukul 08.30 MC mulai menyapa dan membuka acara. Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu beberapa kata sambutan, baik dari Kementerian Informasi dan Komunikasi Publik maupun dari Dinas Kominfo Sumsel.


Ibu Rosalina Niken Widiastuty memberikan kata sambutan,
 beliau dari Kementrian Informasi dan Komunikasi Publik


          Seyogyanya acara ini dibagi dalam 3 sesi. Sesi pertama, materi dari INASGOC Daerah. Materi kedua dari Tim Komunikasi Presiden. Selanjutnya materi ketiga dari Enda Nasution, seorang penggiat blog ternama Indonesia.

          Mengawali materi yang pertama, Bapak Bambang Suprianto (dari Inasgoc pusat) memaparkan seputar kesiapan pelaksanaan Asian Games 2018. Tema yang disampaikannya bertajuk "Indonesia Menghadapi Asian Games 2018" mendapat perhatian antusias dari peserta yang notabene adalah blogger. Sebagaimana kapasitasnya sebagai pengurus Inasgoc tentu saja beliau dengan gamblang memaparkan seputar kesiapan pemerintah dalam mendukung kesuksesan Asian Games 2018. Bahwa  saat ini seluruh fasilitas yang akan digunakan baik oleh atlet maupun ofisial hampir rampung. Terutama sarana dan prasarana yang akan digunakan baik oleh atlet dan ofisial hampir siap, yang mana semuanya terintegrasi dalam kawasan Jakabaring Sport City Palembang.

          Pada materi yang kedua, diisi oleh Tim Komunikasi Presiden. Hadir membawakan materi ini adalah Bapak Andoko Sudarta dengan materi bertajuk "Sudut Istana." Banyak hal yang disampaikan beliau seputar tugas dari tim komnikasi presiden. Salah satutugasnya adalah mendengar dan mendapatkan masukan serta menerima kritikan. Bliau juga menyampaikan informasi seputar fokus kebijakan 2017 pada masa pemerintahan Presiden Jokowi. 

          Menurut Bapak Andoko Sudarta, fokus kebijakan 2017 masa pemerintahan Presiden Jokowi, ada 3 hal. Yaitu : pondasi, percepatan dan pemerataan. Ketiga hal ini menjadi kunci sukses penyelenggaraan pemerintahan. Tentunya hal-hal positih inilah yang harus disebarkan kepada khalayak umum dan masyarakat luas di seluruh tanah air.

          Materi ketiga, dibawakan oleh Enda Nasution, seorang penggiat blog yang populer di tanah air. Materi yang dibawakannya bertajuk "Menulis Kreatif di Blog." Menurut beliau, seorang blogger itu mempunyai kecerdasan lapangan. Kenapa demikian? Karena dengan kecerdasan lapangan itulah akan lahir sebuah tulisan yang berisi konten positif. Apa sih konten positif itu?  Konten positif adalah yang berisikan hal-hal sebagai berikut:
1. Memperhatikan emosi orang yang membaca tulisan kita.
2. Mempunyai spesifikasi khusus penulisan.
3. Berguna bagi orang banyak sehingga bisa disebarkan lagi kepada khalayak melalui medsos.

Dalam kesempatan ini Enda Nasution mengajak para blogger yang hadir untuk mengucapkan ikrar #BIJAKBERSOSMED. Kenapa beliau mengajak para blogger utk berikrar? Karena ini adalah bentuk untuk perlawanan terhadap bentuk penulisan yang bersifat hoax, berisi informasi negatif, uraian kebencian, fiktif, dan uraian kebencian. Dengan semangat ikrar bijak bersosmed diharapkan dunia perblogingan dan sosial media akan semakin baik membarikan manfaat kepada khalayak umum dan masyarakat luas.

          Terakhir, dilaksanakan lomba penulisan blog, yang bertemakan Asian Games 2018 dan Kemajuan Indonesia. Lomba blog ini untuk mengasah kemampuan para blogger yang sempat hadir dalam acara ini. Namanya juga blogger ya, sudah terbiasa menulis. Begitu dikasih materi langsung saja deh buka laptop dan asyik menulis. Sampai akhirnya panitia mengingatkan bahwa waktu untuk menulis dalam lomba blog ini sebentar lagi akan habis.

          Akhirnya, waktu yang diberikan untuk lomba menulis blog ini habis. Wktu menunjukkan pukul 14.45 WIB. Artinya, sebentar lagi panitia akan mengumumkan siapa nih yang paling jago menulis yang bakal keluar sebagai juaranya. Kita tunggu saja ya siapa pemenangnya... 

8 komentar:

  1. Wah sangat inspiratif dan informatif. #SemangatMenulis

    BalasHapus
  2. WAH SAYA JUGA ASYIK DAN SENANG TU MBAK MENGIKUTI ACARA YANG BEGINIAN, SALAM KENAL YA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal jg Pak.. Ikut acara spt ini menjalin pertemanan Pak dan menambah wawasan..

      Hapus
  3. Ahh...mengasikkan kalau bisa ikutan acara-acara seperti ini....beberapa kali ada acara seperti di Jogja tetapi saya sama sekali gak bisa ikutannnn :( sukses selalu ya mbak semoga Allah selalu memudahkan...

    BalasHapus
  4. Pastinya banyak manfaat yang didapat dari acara ini, kira2 kapan lagi ada acara yang speerti ini ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Yg jelas banyak informasi update yg kita dapatkan terutama materi yg berkaitan dgn blogging..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...