IKLAN

Senin, 25 Desember 2017

Pemberdayaan Warung Tradisional Melalui OBA


       "PAYO BELANJO KE WARUNG TETANGGO" Tulisan tersebut terpampang dalam sebuah spanduk di sebuah warung. Sebuah imbauan yang bagus agar masyarakat luas memberdayakan warung kecil. Imbauan tersebut merupakan salah satu program dari Pemerintah Kota Palembang. Tujuannya adalah untuk mengangkat pelaku usaha kecil dan menengah agar bersaing dalam bisnis ritel.




        Kepedulian terhadap pelaku usaha kecil dan menengah tidak hanya datang dari pemerintah. Saat ini PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) punya program serupa. Yaitu program OBA (Outlet Binaan Alfamart).



sumber: Alfamart


Apa sih OBA?

     Pasti ada yang bertanya demikian bukan? Program OBA (Outlet Binaan Alfamart) bertujuan menggandeng pelaku usaha kecil dan menengah dengan sistem keanggotaan. Nantinya warung-warung tradisional didata dan diimbau untuk masuk dalam keanggotaan OBA dan diberi pelatihan kepada anggota. 

       Materi pelatihan yang diberikan beragam, baik itu tentang manajemen ritel maupun  maupun manajemen keuangan. Selain itu diberikan pula pelatihan tentang bagaimana mengelola barang dagangan, mengatur tata letak barang mapun mengatur stok barang.

       Banyak keuntungan yang didapat bila pelaku usaha kecil dan menengah menjadi anggota OBA. Setiap anggotanya akan mendapat pengetahuan yang luas dalam mengelola usaha. Misal, pelaku usaha mendapatkan kemudahan memperoleh barang dagangan. Memperoleh harga beli yang pas serta kualitas barang dagangan yang baik.

       Dengan adanya program OBA ini menepis anggapan miring bahwa hadirnya pelaku usaha ritel akan mengancam perkembangan warung tradisional. Justru sebaliknya, melalui program OBA diharapkan dapat bersinergi dengan pelaku usaha kecil dan menengah. Sehingga menjadi kekuatan besar dalam perekonomian nasional.



 sumber: Alfamart



     Ibu Rokhiati, seorang anggota OBA sudah merasakan keuntungan yang diterima setelah menjadi anggota. Beliau memiliki warung kecil yang bersebelahan dengan Alfamart di Jalan Inspektur Marzuki Palembang. "Program Outlet Binaan Alfamart (OBA) sangat membantu saya selaku pedagang tradisional. Selain memberikan harga yang kompetitif, kami juga diajarkan ilmu manajemen ritel modern."

       Bukan  hanya itu, melalui petugas MRO (Member Relation Officer) turut menata ulang barang dagangan di warungnya. Sebagai outlet binaan Alfamart tentu saja keinginan perusahaan harus tercapai, yaitu maju bersama pelaku usaha kecil dalam bidang perekonomian.



Warung Bu Yati yang bersebelahan dengan Afamart tengah ditata
oleh tim MRO Alfamart
sumber: Alfamart



Tim MRO sedang mengecat warung milik Ibu Yati agar terlihat rapi
sumber: Alfamart


Tim MRO sedang menata ulang dagangan Bu Yati
sumber: Alfamart



Ibu Yati sedang mendengarkan penjlasan dari tim MRO
sumber: Alfamart



   

60 komentar:

  1. ini program yang bagus banget ya mba.memberdayakan banyak pihak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. program yg harus didukung ya..

      Hapus
  2. Waah alfamart makin keren aja niy dengan programnya OBA, moga makin banyak membantu warung2 kecil binannya ya.

    BalasHapus
  3. Bagus juga nih idenya, ga melulu cari untung tapi bisa memperbaiki kompetitor. Salut!

    BalasHapus
  4. Toko toko kecil yang biasanya ada di depan parkiran Alfamart itu berarti binaan mereka za? Kadang bertanya tanya kok bisa za ada pedagang lain yg berdagang di area Alfamart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul.. Toko kecil itu termasuk binaan Alfamarr..

      Hapus
  5. Dengan adanya OBA ini citra Alfamart dimata masyarakat tentu sangat baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Mba, pandangan negatif masyarakat dpt diminimalisir..

      Hapus
  6. Wah OBA jadi berkawan dgn warung lainnya ya, salut deh sama Alfamart, gak cari untung sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alfamart menggandeng warung kecil melalui OBA utk tumbuh dan sukses bersama..

      Hapus
  7. Waah, warung2 kelontong bisa tampak lbh menarik kalo jadi OBA nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu Mba, krn dibantu oleh tim MRO utk mempercantik warung..

      Hapus
  8. Wah ukm bukan pesaing malahan membantu. Keren. Siapa tahu nantinya mempunyai franchise alfamart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mikirnya pengen buka warung dan kerjasama dgn Alfamart jg.. Hehe

      Hapus
  9. Wah ukm bukan pesaing malahan membantu. Keren. Siapa tahu nantinya mempunyai franchise alfamart

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. UKM dan Alfamart skrg bermitra..

      Hapus
  10. Wah programnya bagus bgt mbak

    BalasHapus
  11. Salut denga Alfamart, selain CSR ada juga program binaan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mba, ada CSR dan program lain yg sgt membantu..

      Hapus
  12. Good job buat Alfamart. Mudah mudahan warung kecil yang dikelola masyarakat kecil juga bisa menjadi penghidupan layak bagi mereka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan saya jg demjkian semoga warung kecil dpt tumbuh dan berkembang jg..

      Hapus
  13. Wah..mantap nih, ada progrm OBA yang membantu warung tradisional. Kira2 program alfamart nyampe sini gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Program Alfamart ada di setiap cabang Mba..

      Hapus
  14. semoga makin banyak ritel2 yang juga melakukan hal yang sama seperti alfamart, jadi nggak cuma ambil untung tapi tetap bisa berkontribusi terhadap lingkungan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. Kalo semua perusahaan berbuat yg sama enak ya..

      Hapus
  15. Bagus banget program Alfa ini. Selama ini kan org2 tu khawatir warung2 tradisional tergusur minimarket kyk gini. Tapi programnya oke mbak TFS

    BalasHapus
  16. Baru tau ada program ini. Bagus banget memeluk pihak lain begini

    BalasHapus
  17. keren sekali ya program OBA ini, Mbak Rita. Jadi warung-warung sekitar pun tetap bisa mendapatkan rezeki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pak, warung2 kecil dapat berkah juga dari OBA..

      Hapus
  18. Membantu saling bersama mencari pelanggan dan rezeki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang misi program ini seperti itu.. Saling membantu..

      Hapus
  19. Memang betul mba, banyak warung warung kecil yang ‘mati’ gegara pasar retail sudah menjamur dimanamana.. semoga dengn adanya OBA warung kecil tetap hidup ^^

    BalasHapus
  20. Wahhh ternyata alfamart jiwa sosialnya bagus yaa, ga cuma mentingin omzet sendiri tp juga peduli pada warung2 kecil 😆👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba.. program ini membangun jiwa sosial..

      Hapus
  21. Naah, sinergi ini emang penting agar banyak warung tradisional semakin maju dan dapat banyak untuk ya mbaa

    BalasHapus
  22. Ya Allah, aku kog terharu ya baca ini. Seharusnya memang beginning lah para pengusaha2 besar merangkul pedagang2 kecil dan membantu mengedukasi mereka agar berkembang bersama. Semoga Indonesia bisa maju dengan cara ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau semua pengusaha melakukan hal ini gak ada lagi gap ya Mba dgn pedagang kecil..

      Hapus
  23. Bagus juga program Alfamart ini. Toko kecil tampilannya juga tampak menarik karena ada tim MRO yg bantuin ya. Semoga makin banyak warung2 kecil yg terbantu dengan program OBA ini.

    BalasHapus
  24. Bagus juga inovasi Alfa. Mudah-mudahan bisa semakin maju warung-warung kecil masyarakat dan tidak ada kesenjangan ekonomi yang tinggi.

    BalasHapus
  25. Wah bisaa gitu yaa, syukurlah bahwa meski kini alfamart merupakan satu toko yg paling ramai tidak menutup mata pelaku UKM yaa mbaa.

    BalasHapus
  26. Bagus juga ya mba. Jadi warung2 kecil tidak mati dan makin berdaya. Kalau dilihat2 program alfamart ini makin hari makin bagus ya.. menyentuh banyak lapisan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Ira, program Alfamart makin bagus krn menyentuh lapisan kecil dalam masyarakat..

      Hapus
  27. Alfamart makin keten aja emang ya, Mba? Rajin ngasih binaan dan training untuk OBA agar proses niaga anak binaan berjalan lancar dan maju. Pernah diundang ke sebuah kelas dimana alfa menyediakan trainer utk melatih para OBA. Keren deh program mereka ini. Salut euy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih atas atensinya ya Mba Alaika..

      Hapus
  28. Warung-warung jadi ketolong ya Bun, dengan adanya OBA.
    Kalo member Alfa kartu ponta aku punya, OBA belum punya. Mertuaku tak saranin ah :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo saranin buat mertuanya.. Kalau punya warung bisa minta bantuan OBA untuk pengembangannya..

      Hapus
  29. Program OBA ini keren banget ya. Menepis anggapan bahwa adanya ritel akan 'mematikan" warung-warung kelontong, tetapi justru membantu meningkatkan pertumbuhan usaha kecil ya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru dgn adanya program OBA membantu warung kecil ya Mba..

      Hapus
  30. di beberapa daerah alfamart sempat ditolak karena katanya mematikan pengusaha kecil lokal, tapi dengan ini alfamart justru meningkatkan gairah perekonomian rakyat kecil dan membantu pengusaha lokal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya betul masih ada daerah yang menolak Alfamart.. Mungkin pemahamannya saja yg kurang jelas..Padahal kalau bersinergi bisa menjadi lebih bagus lagi ya..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...