IKLAN

Sabtu, 02 Desember 2017

Yuk Berlibur ke Palembang, Bisa Menikmati Wisata Kuliner Yang Beragam


       Siapa yang belum mengenal kota Palembang? Pasti sudah banyak ya yang mengenal kota Palembang dengan Jembatan Ampera-nya itu. Walaupun mungkin ada yang belum pernah datang ke Palembang, paling tidak sudah mengenalnya dari cerita teman-teman. Atau mengenalnya dari berita yang dimuat di media massa.






 Jembatan Ampera



       Yupss... kota Palembang terkenal tak hanya Jembatan Ampera saja lho! Ada banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa dikunjungi. Para wisatawan yang datang bisa mengunjungi pulau Kemaro yang terkenal dengan legenda cinta Tan Bun Ann dengan Siti Fatimah. Tan Bun Ann adalah putera raja negeri Cina yang jatuh cinta pada Siti Fatimah, putri Raja Sriwijaya. Namun kisah cintanya berakhir tragis. Di pulau Kemaro terdapat sebuah pagoda yang ramai didatangi ketika perayaan tahun baru Cap Go Meh.


 Pagoda yang ada di Pulau Kemaro



     Lalu ada bangunan Masjid Agung di pangkal Jembatan Ampera. Masjid Agung Palembang merupakan salah satu ikon kota. Telah beberapa kali dipugar namun tak mengubah ciri khas bangunan lama. Wisatawan yang datang ke kota Palembang pasti menyempatkan untuk shalat di masjid ini.

       Yang paling gres adalah wisata religi Alquran Raksasa di daerah Gandus Palembang. Tepatnya berada di Pondok Pesantren Al Ihsaniah Gandus Palembang. Para wisatawan dapat melihat penampakan 30 juz Alquran yang dibuat dan diukir pada lembaran kayu tembesu. Ukiran khas Palembang menghiasi lembar demi lembar hiasan pada Alquran Raksasa tersebut.

       Sebetulnya masih banyak lho tempat lain yang layak dikunjungi ketika kalian berlibur di kota Palembang. Bisa sangat panjang sekali kalau diceritakan semuanya disini. Namun yang tak kalah pentingnya ketika liburan ke Palembang adalah wisata kulinernya. Ada banyak sekali makanan khas Palembang yang patut dicoba.

1. Aneka Pempek Palembang

     Berbicara mengenai pempek Palembang, ada banyak macamnya lho! Tak hanya pempek rebus, pempek goreng, bahkan ada juga pempek panggang. Yang paling terkenal itu adalah Pempek Kapal Selam.  Unik ya namanya? Nah kalau pempek kapal selam pastinya sudah banyak yang mengenalnya bukan? Sebetulnya pempek kapal selam ini sama dengan jenis pempek lainnya. Hanya saja yang ini lebih besar dan ada isi telur ayam atau telur bebek di dalamnya.

2. Mie Celor

    Makanan yang satu ini termasuk makanan khas Palembang yang kesohor. Bila wisatawan datang ke Palembang pasti mencari tempat jualan mie celor. Yang paling terkenal adalah Mie Celor 26 yang memiliki gerai di beberapa tempat. Kuah santannya yang kental dicampur rebusan udang giling  merupakan ciri khas mie ini yang berbeda dengan mie di tempat lain. Citarasanya jangan ditanya, sedap sekali!

3. Martabak HAR

    Martabak HAR merupakan salah satu makanan Palembang yang wajib dicicipi oleh wisatawan yang berkunjung. Ada beberapa gerai yang menjual martabak HAR yang tersebar di kota Palembang. Tetapi kalau pendatang baru pasti ingin mencoba martabak HAR yang ada di simpang SEKIP. Konon yang dijual di sini adalah yang asli dan pelopor pertama kali martabak HAR.


Martabak HAR


4. Rujak Mie

    Citarasa rujak mie sangat segar sekali. Terdapat irisan tahu, irisan timun, irisan pempek dan mie kuning yang disiram dengan kuah cuka pempek. Yang bikin citarasa rujak mie ini terasa segar karena ada taburan ebi. Pokoknya rujak mie ini wajib dicoba juga kalau kalian berkunjung ke Palembang.

5. Ragit

    Ragit adalah makanan khas Palembang yang mirip roti jala India. Ragit dibentuk seperti dadar gulung dan kuahnya dari kari kambing. Mirip-mirip seperti masakan India dan Timur Tengah. Walaupun ragit tak sepopuler makan khas Palembang lainnya, tetapi patut juga dicoba. Bagi yang suka dengan makanan khas India dan Timur Tengah, ragit merupakan pilihan tepat untuk dicoba oleh pecinta kuliner.

6. Laksan

    Laksan merupakan makanan khas Palembang yang berbahan ikan dan sagu. Bentuknya mirip seperti pempek lenjer, namun saat penyajian dipotong-potong dan disiram dengan kuah santan. Untuk kuah santan ini biasanya ada campuran udang giling. Sehingga aromanya harum dan citarasanya sungguh menggoda lidah untuk segera menyantapnya.

7. Celimpungan

    Sama dengan makanan khas Palembang lainnya, celimpungan juga terbuat dari ikan dan sagu. Hanya saja bentuk dan cara penyajiannya yang berbeda. Celimpungan mirip dengan pempek bulat.  Kuahnya pun berbahan santan. Kalau laksan kuahnya dicampur dengan udang giling, untuk celimpungan kuahnya dicampur dengan ikan giling. Rasanya juga sangat istimewa di lidah kita.

8. Model dan Tekwan

    Kedua jenis makanan khas Palembang ini hampir mirip. Bedanya, kalau tekwan itu bulatan bola-bola ikannya kecil-kecil. Kalau model itu bulatannya lebih besar dan ada potomgan tahu sebagai isinya. Untuk kuahnya adalah rebusan air yang digodok dengan bumbu khusus. Untuk menambah sedap kuahnya sering juga ditambahkan kepala udang. Penampakan kuahnya memerah lantaran ada rebusan kepala udang. 

9. Es Kacang Merah

    Nah, es kacang merah ini wajib dicoba juga bagi wisatawan yang datang berkunjung ke kota Palembang. Tekstur kacang merahnya sangat lembut dan pecah di lidah. Ada juga penjual yang menambahkan bahan lain seperti dawet dan tape kedalam es kacang merah. Tentunya menambah sedap citarasa es kacang merahnya.


Es Kacang Merah



     Nah itulah beberapa makanan khas Palembang yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Palembang. Ada banyak penjual makanan khas tersebut yang tersebar di seluruh penjuru kota. Kita tinggal pilih saja mau di mall, di ruko, atau di warung kecil. Makanan yang saya ceritakan di atas mudah ditemukan koq!

       Bila kalian ingin liburan ke kota Palembang, ada baiknya jauh-jauh hari sudah memesan tempat menginap atau hotel. Sebagai kota yang sudah menjadi tujuan wisata tentunya banyak penginapan dan hotel yang sudah full dipesan saat musim liburan. Agar kalian tidak kehabisan tempat bisa memesannya jauh-jauh hari melalui Airy Rooms. Caranya mudah koq, tinggal berselancar di situs www.airyrooms.com  Lalu tinggal pilih penginapan dan hotel mana yang sesuai dengan budget yang dimiliki. Mudah sekali kan caranya?

       Kenapa memilih Airy Rooms? Selain harganya murah, jaringannya sudah tersebar di seluruh penjuru nusantara. Dengan harga yang murah kita bisa mendapatkan fasilitas yang lumayan lengkap. Fasilitas yang tersedia  seperti: AC, TV, air minum gratis, perlengkapan mandi, shower, selimut, tempat tidur dan wifi gratis. Cara pembayarannya pun gampang koq, bisa melalui kartu kredit atau transfer bank.


Salah satu kamar Airy Rooms yang akan membuat tidurmu nyaman



       Mengingat liburan akhir tahun sudah di depan mata, sudahkah kalian mengagendakan ingin liburan kemana? Yuk tentukan destinasi favoritmu dan berkunjunglah ke kota Palembang. Dijamin pasti puas berkeliling tempat-tempat wisata yang bagus dan tak kalah dengan tempat wisata lainnya di nusantara.


      

26 komentar:

  1. Saya penasaran banget sama Pagodanya. Pernah liat beberapa foto yang keren dari fotografer yang motret pas malem malem. Keren banget jadinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Pada dasarnya mirip pagoda yg lainnya.. Tapi krn berada di Pulau Kemaro terasa lebih istimewa..

      Hapus
  2. Menanti postingan mb Rita yg merekomendasi jalan2 2D1N selama di Palembang, makasii..

    BalasHapus
  3. Wah banyak juga ya kuliner Palembang. Semua belum pernah makan, kecuali pempek, itu pun makannya bukan di Palembang nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss... Sebetulnya msh byk lg Mba makanan khas Palembang, tapi kalo diceritakan semua akan panjang banget artikel ini.. Hehe.. Btw, kapan ke Palembang ntar makan pempek yg asli dibuat di Palembang..

      Hapus
  4. Yak, ayuk, bikin lapar bae. Aku ndak nyubo ragit tuh yuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Milda ke Palembang lagi biso nyicip ragit yg byk dijual di pasar Kuto..

      Hapus
  5. Erna ingin sekali ketemu kaka alias bu Lurah di Palembang,semoga next kita bisa berjumpa ya.Selalu suka sama postingan kaka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh ya sdh mampir.. Kapan mau ke Palembang? InsyaAllah kita bisa jumpa..

      Hapus
  6. Palembang = kota pempek
    Itu sudah brandingnya yakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Palembang memang identik dengan pempek.. Hehe

      Hapus
  7. Ada 1 lagi mba khas palembang yang aku tau yah, keripik pisang. Soalnya ayah ku pernah bawa ber dus dus keripik pisang dari palembang hehehe.. btw airyrooms itu kayak traveloka gitu yah mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo keripik pisang aslinya dari Lampung Mba..😊😀

      Hapus
  8. Semoga bisa ke palembang suatu saat nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn.. Semoga harapannya kelak terkabul ya Mba..

      Hapus
  9. Es kacang merah, hmm segarnya. Trus aku penasaran rasa pempek asli sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata para pendatang sih pempek yg dibuat dari tempat asalnya Palembang lebih enak gitu..

      Hapus
  10. Kulinernya bikin ngiler. Sayang gambarnya kurang nih mbak, hehe

    BalasHapus
  11. Mba, yang membedakan martabak HAR dan martabak lainnya apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo martabak HAR ini kuah karinya khas sekali campuran kentang dan daging kambing..

      Hapus
  12. aku belum pernah ke Palembang, dan tahu tentang Palembang yaa soal Jembatan Amperanya itu doang...

    TFS Mbak... semoga suatu saat dapat kesempatan mengunjungi Palembang... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Semoga suatu saat bisa ke Palembang ya..

      Hapus
  13. Jadi kangen martabak har mbak >.<

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...