Selasa, 24 April 2018

Artificial Intelligence, Teknologi Keren dari OPPO F7


       Zaman sekarang, teknologi semakin maju. Termasuk alat komunikasi yang kita punya, mulai dari telepon, lalu menjadi ponsel dan kini smartphone-lah yang sedang merajai dunia gadget. Kalau teknologi sudah maju begini, kita tentu harus bisa memanfaatkannya ya, apalagi dengan adanya asisten pintar dalam smartphone.


       Sayapun baru tahu kalau di dalam smartphone ternyata ada teknologi kecerdasan buatan atau istilah lainnya Artificial Intellegence (AI). Teknologi ini bahkan lebih dari sekedar asisten karena AI bisa mempelajari kebiasaan pengguna smartphone dan kemudian menjadi sistem yang secara otomatis mengatur setelah pada smartphone sesuai dengan keinginan kita (tanpa harus kita minta).

       Nah, untuk smartphone yang memiliki Artificial Intelligence (AI) di Indonesia yang saya tahu cuma OPPO, karena merek ini memang pelopor teknologi AI. Bahkan, pada produk terbarunya OPPO F7, teknologi AI jadi lebih meningkat lagi.


       Awalnya, AI ini dipergunakan hanya untuk membantu foto selfie. AI Beauty dapat mengenali perbedaan dari warna kulit, usia dan jenis kelamin pada subjek foto dan kemudian memberikan penyesuaian terhadap fitur beautify untuk mempercantik wajah kita dengan hasil foto yang natural.

       Tapi sekarang pada OPPO F7, Artificial Intelligence digunakan dalam beberapa fitur seperti AI Beauty 2.0, AI Scene Recognition, AI Album, AI Board dan AI Battery Management. Banyak banget kan?

       Soal cara dan fungsinya, begini nih. Misalnya saya foto selfie, kemudian sistem akan membaca wajah saya dengan 296 titik pemindaian berkat face recognition. Lalu, saya akan memilih efek beautification yang saya sukai. Nah, ketika saya foto selfie di OPPO F7 beberapa jam kemudian, kamera secara otomatis langsung menerapkan hal yang sama sesuai dengan cara saya sebelumnya. Ini pun berlaku pada orang lain yang numpang foto di smartphone ini. Dan jika foto dengan group selfie, setiap orang akan berbeda-beda penerapan beautification-nya.



       Bukan cuma pada foto wajah saja ya, AI juga bekerja pada objek foto lainnya seperti pemandangan dan masih banyak lagi.

       Sesudah punya banyak foto, galeripun akan menyimpan foto dengan AI Album yaitu pengelompokan berdasarkan wajah, nama, lokasi pengambilan foto atau acara/event pada saat foto diambil. Bonusnya lagi, OPPO F7 juga punya fitur memories untuk membantu pengguna mengingat kembali moment yang telah diabadikan dalam galeri.



       Sedangkan pada fitur AI Board, kita terbantukan untuk membuat pintasan aplikasi favorit pada screen dan pada baterai, terdapat fitur AI Battery Management yang berfungsi sebagai pengaturan daya yang membuat baterai akan bertahan lebih lama.

       Kalau manfaatnya sebanyak itu, teknologi AI kayaknya wajib ya buat kita punya OPPO F7. Biar aktivitas di smartphone makin praktis, dan yang pastinya biar kita kekinian juga.


26 komentar:

  1. Woooh sudah keluar lagi F7 niih, mupeng jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mupeng krn kecanggihan teknologinya ya Mba?

      Hapus
  2. Canggih banget fiturnya, asli bikin saya pingin punyaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa.. Fiturnya memang canggih Mba..

      Hapus
  3. Keren banget kalau HP bisa mengatur settingan berdasarkan kebiasaan kita. Oppo satu-satunya pula di Indonesia ya

    BalasHapus
  4. teknologo ini nggak ada habis-habisnya berinovasi ya mbaa? kenapa pendidikan kita nggak kayal gini sich #eh malah curcol heheheheh

    BalasHapus
  5. F7 dari Oppo keren banget.kmwe 25 MP ...bikin mupeng .

    BalasHapus
  6. Ya ampun padahal Oppo F5 ku blom setaun deh belinya, udah muncul F7. Kekep atm :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekep rapat2 dompetnya Mba.. Ntar tergoda.. Hehe

      Hapus
  7. Wah, ada fitur memory, keren! Kayak FB jadinya ya :D

    BalasHapus
  8. Oppo ini emang bikin ngiler deh makin keren aja sih smartphone Oppo

    BalasHapus
  9. Kamera depannya OPPO oke bangeef

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss. Kamera depannya kece banget biat selfie2an..

      Hapus
  10. Mantaaaap Spesifikasinya. Oppo emang selalu terdepan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, spesifikasi Oppo ini memang mantap..

      Hapus
  11. Wuiih keren banget... Berapaan sih ini harganya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya relatif Mba utk hasil foto yg oke..

      Hapus
  12. Wah aku emang lagi ngincar ini F7 Mbak. Keren bangeeet ya amapun.
    Kemaren coba-coba tes kameranya juga bagus banget, bisa pake efek blur. Hasilnya kayak kamera SLR banget, malah mungkin lebih bagus

    x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada efek blur, bikin foto makin kece Mba..

      Hapus
  13. AKu tau oppo bagus banget buat selfie, walau kamera belakang nya kurang memadai, sempat naksir oppo sayang nya android ^^ tapi oppo lebih keceh dari yang onoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss... Kamera depannya memang oke buat selfie..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...