IKLAN

Minggu, 22 April 2018

Melancong Asyik Bersama JD.id


       Siapa yang suka melancong atau hobi jalan-jalan? Ayo nunjuk tangan! Wah, banyak yang nunjuk tangan ya! Makin hari makin banyak yang hobi melancong. Sepertinya, melancong atau jalan-jalan sudah merupakan gaya hidup zaman now. Tak terkecuali dengan saya, selalu kepikiran untuk melancong ke suatu tempat yang belum pernah saya datangi.



       Dulu, saya pernah pengen sekali melancong ke Belitung. Keinginan itu sudah lama saya pendam jauh sebelum Belitung tenar seperti saat ini. Sekitar tahun 1996, teman saya asal Belitung pernah menceritakan pada saya tentang tempat wisata di sana.

       "Ayoo.. Kapan mau main ke Belitung?  Banyak pantai-pantai indah di sana. Kalau mau nginap, ada cottage milik pemerintah daerah yang bisa dipakai," kata teman saya yang berasal dari Belitung berpromosi.

       Mendengar kata "Belitung", yang terpikirkan dalam benak saya adalah sebuah pulau yang letaknya teramat jauh. Untuk menuju ke sana mesti naik pesawat dan kapal laut. Rute penerbangan hanya dua kali dalam seminggu. Waktu itu, saya agak ngeri bepergian ke suatu pulau yang masih belum banyak dikunjungi.

       Well, siapa sangka, setelah lebih duapuluh tahun kemudian akhirnya saya baru bisa sampai ke Belitung. Duapuluh tahun kemudian? Yupss...! Lama sekali ya? Awal Januari 2018 yang lalu, saya melancong ke Belitung bersama teman-teman sekantor. Walaupun cuma 3 hari 2 malam, acara melancong selama di Belitung terasa begitu mengesankan.


Bandara H. AS. Hanandjoeddin, siap pemnaymbut kedatangan para pelancong di Belitung


Kenapa Belitung berkesan?

       Nah, pasti diantara teman-teman ada yang bertanya seperti itu ya? Kalau menurut saya, alasannya sebagai berikut:

1. Pulau Belitung memiliki garis pantai yang panjang, yang mengelilingi pulaunya. Pastinya, pantai-pantainya indah dan masih alami. Belum banyak investor yang mengelola pantai menjadi tempat wisata yang asyik dan nyaman. Kalau banyak pelaku usaha yang berinvestasi pada sektor pariwisata, pasti Belitung akan ramai dikunjungi seperti pulau Bali.

Pantai Tanjung Kelayang


2. Belitung memiliki gugusan pulau-pulau kecil yang tak kalah elok. Dengan banyaknya gugusan pulau-pulau kecil, menjadi aset utama untuk mengembangkan wisata bahari. Yang paling terkenal adalah pulau Lengkuas. Di pulau Lengkuas terdapat mercusuar yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Konon, mercusuar tersebut dibangun saat masa pemerintahan kolonial.

Pulau Burung, terbentuk dari bebatuan granit dan tak berpenghuni


3. Kuliner khas Belitung tak kalah menarik untuk dicicipi. Yang paling kesohor adalah aneka makanan laut. Kalian bisa mencicipi aneka makanan laut yang segar. Selain itu, mie Atep dan kopi Kong Djie menjadi daya tarik pelancong untuk mencicipinya.

Kepiting Isi, enak banget bikin ketagihan


4. Kepopuleran Pak Ahok turut menyumbang daya tarik tersendiri bagi perkembangan wisata di Belitung. Di daerah Belitung Timur, ada yang namanya Kampung Ahok. Di sana ada rumah adat Belitung yang menjual berbagai cendera mata dan makanan khas Belitung. Ada juga Galeri Daun Simpor, tempat ini digunakan untuk memamerkan aneka batik motif daun simpor khas Belitung.

 Aneka makanan yang dijual di rumah adat Kampung Ahok


5. Pernah nonton film Laskar Pelangi? Kepopuleran film ini juga mengangkat nama Belitung, sehingga terkenal ke seantero nusantara. Berkat tangan dingin sutradara Andrea Hirata, film Laskar Pelangi begitu fenomenal. Beberapa tempat yang menjadi lokasi syuting film, saat ini dikembangkan untuk menjadi daya tarik tujuan wisata para pelancong. Seperti, pantai Tanjung Tinggi, pantai Laskar Pelangi dan SD Muhamadiyah Gantong di Belitung Timur. Andrea Hirata juga mendirikan Museum Kata, tempat memamerkan beberapa novel dan karya beliau yang lainnya.

Museum KATA Andrea Hirata


       Nah, apakah kalian penasaran juga dengan keindahan tempat wisatanya? Kalau penasaran, tak ada salahnya melancong ke Belitung. Apalagi dalam waktu dekat kita akan memasuki masa liburan sekolah, bukan? Pasti anak-anak kita suka dan tak menolak diajak berlibur ke Belitung. Coba deh berselancar di dunia maya, kalian akan mendapatan gambaran yang jelas mengenai keindahan panorama pulau Belitung.

       Saat ini, tak sulit untuk bepergian dan melancong ke Belitung. Banyak maskapai penerbangan yang menyediakan rute terbang PP menuju Belitung. Saran saya, jauh-jauh hari sudah pesan tiket, agar dapat tiket murah meriah. Tahu sendiri kan, kalau pas liburan baru beli tiket pasti harganya mahal.

       Sekarang ini, banyak sekali perusahaan e-commerce yang menyediakan jasa penjualan tiket pesawat. Salah satunya adalah JD.id yang menjual tiket pesawat murah ke berbagai tujuan. Tak hanya mudah pesan tiket pesawat, kalian juga bisa mendapat informasi seputar JD Flight dan JD Hotel. Ternyata JD.id wow banget ya! Karena menyediakan kebutuhan bagi kita-kita untuk keperluan berlibur bareng keluarga tercinta.

       Melalui JD.id kita bisa berselancar dalam dunia maya untuk mencari tiket yang pas dengan ukuran kantong masing-masing. Masih niat berlibur ke Belitung? Tiketnya cari di JD.id aja ya!



"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan
oleh Indoneia Corners dan JD.id Artikel ditulis berdasarkan
pengalaman dan opini pribadi" 

 

22 komentar:

  1. Wah seru banget jalan-jalan dengan tiket murah ya, bisa memangkas anggaran hehe hemat dan nyaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. kalau dapat tiket murah bisa berhemat, bisa sharring buat beli oleh2..hehe

      Hapus
  2. Laut. Sudah lama yang nggak menengok laut. Bahkan yg terdekat saja lagi gak bisa. Btw, laut kami tercemar, melihat yg cantik begini jadi membuka harapan baru agar laut kami bisa kembali sehat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayang banget kalo laut tercemar bisa2 wisatawan enggan datang lg..

      Hapus
  3. Ayook ke Belitung mbak Rita, nanti sama aku yaaa. Kebetulan mbakku tinggal di Belitung. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, asyik ada saudara tinggal di Belitung, bisa menghemat budget hotel, hehe..

      Hapus
  4. berkesan ya mbak, lagi cari destinasi lagi nih bareng anak2 lagi tp cari waktunya susah semau sdh kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh dah kerja semua ya anak2nya Mba Hastira? Kalau begitu Mba Tira perginya sama suami aja.. Hehe

      Hapus
  5. Belitung, salah satu destinasi yang pengen dikunjungi, tapi belum kesampean huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. Libur sekolah nanti aja Mba.. Bisa jadi alternatif ngajak keluarga berlibur ke sana..

      Hapus
  6. Aku juga pengin melancong mbak, ke destinasi wisata alam yang ada di indonesia hehe. Tapi kalau punya saudara banyak dan tinggal di luar kota jadi enak ya mau melancong ada t4 untuk menginap, bisa hemat ahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalobada saudara atau keluarga di suatu tempat tujuan wisata kita, itu lebih enak, bisa berhemat.. Hehe

      Hapus
  7. Ayo main ke Bangka juga Mba', biar lengkap mainnya ke Bangka dan BwlitBel, hehe. Di Bangka juga banyak lokasi wisata yang tak kalah menarik dan cantik. Sukses lombanya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensinya ya Mba.. Kalau ke Bangka saya sdh sering Mba..

      Hapus
  8. Belitung memang memanjakan mata, bikin feed instagram cerah dan kaya warna :).

    Pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang sudah terbayang-bayang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah terbayang2 ya Mba? Kudu dtg beneran nih biar gak terbayang2 lg.. Hehe

      Hapus
  9. aduuh...lebaran tahun ini kayaknya libur panjang nih, setelah baca tulisan Bunda jadi pengen ajak Ayang Beib ke Belitung..hihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah.. Ajaklah Yang Bebebnya liburan ke Belitung.. Dijamin asyik.. Hehe

      Hapus
  10. Lihat pantai Belitung ini aku makin naksir pengin lihat langsung bebatuan khas nya ...
    Khas banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Memang bebatuan granit ini bikin Belitung makin kesohor..

      Hapus
  11. Waaaaaa Belitung... Bile2 bise datang kesini nih. Lihat tulisannya seru gini makin pengen bisa jalan ke Belitung. Amin Ya Allah...

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...