IKLAN

Minggu, 08 Juli 2018

5 Hal Spontan Ini Bisa Membuatmu Bahagia

       Rutinitas sehari-hari terkadang membuat jenuh siapa pun yang menjalaninya. Setiap hari melaksanakan kegiatan yang sama tanpa ada perbedaan juga dapat membuat seseorang diserang rasa bosan yang hebat.

       Kekhawatiran dan ketakutan akan masa depan juga seringkali membuat seseorang merasa tertekan hingga dunianya merasa sempit. Namun, sadarkah Anda bahwa kebosanan dan kekhawatiran yang menumpuk selama bertahun-tahun dapat mengundang berbagai efek negatif baik secara fisik maupun mental?



       Salah satu cara untuk menangkal rasa bosan yang mengungkung diri Anda, adalah dengan melakukan hal-hal atas dasar spontanitas. Dalam kadar tertentu, melakukan hal-hal yang spontan dapat membuka kesempatan baru yang selama ini Anda takut untuk jelajahi.

       Pendek kata, spontanitas dapat membawa diri Anda menuju pengalaman-pengalaman baru yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya. Berikut ini 5 hal spontan yang bisa Anda lakukan untuk mendobrak rutinitas yang membosankan.

1. Olahraga

       Olahraga merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengusir kebosanan sekaligus meningkatkan kebahagiaan. Ditengah himpitan zaman seperti sekarang ini, kesempatan untuk berolahraga menjadi langka. Tidak heran angka depresi semakin meningkat di kota-kota besar di dunia. Para ahli pun telah berulangkali menyatakan bahwa berolahraga dapat memperbaiki mood seseorang karena tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang dapat memberikan efek positif bagi tubuh dan pikiran.

       Bahkan menurut penelitian, paasien-pasien depresi yang rutin melakukan olahraga senam aerobik perlahan-lahan menunjukkan kemajuan kesembuhan. Bagi Anda yang dihantui rasa bosan yang tak berangsur punah, sebaiknya sempatkan diri Anda untuk berolahraga pada waktu-waktu yang dapat Anda tentukan sendiri. Tidak perlu berolahraga berat yang mengeluarkan keringat, cukup aktivitas ringan seperti berjalan-jalan pada pagi hari dan sore hari pun asal dilakukan secara rutin, cukup memberikan dampak bagi tubuh.


2. Reuni dadakan

       Bertemu kawan lama tentu sangat menyenangkan. Periksa kembali daftar kontak Anda dan cari kawan-kawan yang telah lama putus kontak dengan Anda. Ajak untuk bertemu, sekedar untuk makan bersama pun tak masalah. Saling bertukar cerita masa lalu dan kini bersama secangkir kopi atau teh, bahkan setangkup burger pun dapat menghibur siapapun.


3. Travelling    

       Travelling telah diakui sebagai salah satu kebutuhan masyarakat urban untuk menjaga kesehatan mental. Berada dalam suasana yang sama sekali baru membuat diri seseorang semakin kaya akan wawasan.



       Hal inilah yang membuat travelling selalu dinantikan, karena efeknya yang membahagiakan setiap pelakunya. Tidak perlu jauh-jauh apabila tidak memiliki cukup waktu yang banyak. Travelling di negeri sendiri pun sudah lebih dari cukup. Terlebih lagi kini cari tiket pesawat murah pun semakin mudah karena banyak agensi yang menawarkan tiket pesawat dengan harga bersaing.


4. Daftar kelas baru

       Anda bisa mendaftar di kelas yoga, musik, menjahit, pottery bahkan memasak, mendaftarkan diri ke kelas-kelas untuk meningkatkan kemampuan diluar professional skill adalah salah satu jalan terbaik menuju kebahagiaan.

       Perasaan meraih sesuatu atau menguasai sesuatu adalah salah satu perasaan terbaik yang bisa dirasakan oleh seseorang. Kesukaran atau tantangan yang mungkin timbul didalamnya pun dapat menarik antusiasme Anda yang mungkin telah redup dimakan rutinitas yang membosankan.


5. Volunteer kegiatan positif

       Menjadi volunteer atau sukarelawan kegiatan-kegiatan positif seperti menanam pohon, mengumpulkan sampah di pantai, mengajar kelas santai, atau di kegiatan peribadatan dapat memperkenalkan Anda pada orang-orang baru.

       Orang-orang baru ini membawa wawasan, pengalaman, dan energi baru yang mungkin saja Anda butuhkan untuk menyalakan kembali titik api dalam diri Anda. Membantu sesama pun juga merupakan sebuah kegiatan mulia yang baik untuk mendamaikan hati Anda. Selain bermanfaat kepada sesama, menjadi sukarelawan pun juga dianggap sebagai salah satu bentuk ibadah kepada Tuhan.
                                         

15 komentar:

  1. Kadang setelah olahraga memang badan dan pikiran jadi lebih fresh hehe

    BalasHapus
  2. Reuni memang paling enak dadakan, daripada direncanain entar gak jadi hehehe

    BalasHapus
  3. Menjadi volunteer kegiatannya yang positif juga membawa dampak positif juga buat diri kita

    BalasHapus
  4. Travelling dengan keluarga memang bisa jadi pilihan untuk menghilangkan penat

    BalasHapus
  5. Memang pada dasaranya bahagia itu sederhana ya hehe

    BalasHapus
  6. Traveling memang membahagiakan, begitupun dengan menjadi volunteer. Bisa menambah pengalaman dan memberi nilai pada hidup ya Bu

    BalasHapus
  7. Ide bagus, tapi mungkin tunggu anakku besar dikit lagi, kalo masih baby susah ditinggal

    BalasHapus
  8. Aku jadi ingat artis yang tekun berolahraga, katanya bikin happy dan hubungan sama suami pun lebih intim.
    Hehhe...aku juga olahraga, mba...sama EXO.
    wkkwk...nontonin mereka nge-dance, gak terasa...badan ikutan.

    BalasHapus
  9. Bener banget deh, kalau lakuin hal yang sama tiap hari itu kadang bosenin banget. Manusiawi juga sih ya.

    Kalau saya sih biasanya ngajak anak makan di luar. Jalan berdua sama anak tuh rasanya happy aja walau cape harus gendong2 :D

    BalasHapus
  10. baru nyadar kalau habis lebaran aku udah enggak pernah olahraga dalam arti sebenarnya kak. Sore ini mau olahraga lagi ah, biar tambah bahagia :)

    BalasHapus
  11. Traveling pengeeennn... tapi kalau dah punya buntut gini udah susah sih dadakan. Kalaupun dadakan ya paling banter perginya ke Depok atau Bogor, melipir yg deket2 aja hehe :D

    BalasHapus
  12. Daftar kelas baru ide yang menarik. Meskipun jadi Ibu yg kegiatannya anak dan suami tapi dengan banyaknya kelas online yg gk harus tatap muka bisa jadi menarik nih :) makasih mbak ide2nya, yg ngejleb olahraga. Harusnya tiap pagi :D

    BalasHapus
  13. Olahraga tuh paling cepet bikin hepi, karena memang katanya tubuh mengeluarkan endorphin untuk mengatasi tubuh yang lelah, yg efeknya bikin hati jd bahagia :D

    BalasHapus
  14. aku juga suka bangeeet reuni kecil-kecilan dan traveling. Bikin happy ya!

    BalasHapus
  15. Mbak Rita,
    setuju semuanya memang menyenangkan. Tapi kalau reuninya ketemu mantan kayaknya.... *baper

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...