IKLAN

Rabu, 26 September 2018

Kiat Sukses Merintis Bisnis Online Syariah


       Kiat Sukses Merintis Bisnis Online Syariah. Hidup di era jaman now haruslah kreatif, agar tetap eksis dalam segala hal. Termasuk harus eksis dalam hal finansial. Hal ini mendorong saya berpikir untuk mencoba peluang lain dalam hal pendapatan. Saat ini saya bekerja pada salah satu instansi pemerintahan dengan gaji standar. Hmm, tahu sendiri kan berapa gaji pegawai macam saya. Sebagai nyonya rumah, saya harus pintar mengelola keuangan keluarga. Pendapatan yang ada harus dikelola dengan maksimal agar tetap bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Walaupun saya juga mendapat dukungan kucuran dana dari Pak Suami, saya tetap harus menguras otak agar semua kebutuhan bisa terpenuhi.


       Saya pernah membaca suatu artikel tentang keuangan bahwa ketika kebutuhan semakin meningkat dan pendapatan hanya segitu saja, harus dicari jalan keluar. Jalan keluar yang bagaimana? Salah satu jalan keluarnya adalah mencari aktivitas yang bisa menambah penghasilan. Lalu saya berpikir, tidak ada salahnya mencoba suatu pekerjaan lain. Dengan adanya pekerjaan lain disamping pekerjaan utama diharapkan akan menjadi sumber penghasilan lain. Wow, mantap nih. Kalau memiliki pekerjaan sampingan tentu saja berpeluang bisa menambah pundi-pundi. 

      Setelah saya mencermati kondisi yang ada, keinginan untuk mempunyai pekerjaan sampingan makin menggebu. Tapi masalahnya, pekerjaan sampingan yang bagaimana, yang pas dengan kondisi saya saat ini? Saya tidak punya waktu bebas, karena saya terikat waktu bekerja kantoran. Tidak mungkin saya meninggalkan jam kantor untuk pekerjaan sampingan, bukan? Salah satu solusinya adalah mencari peluang bisnis online saja. Bisnis online lebih pas untuk saya tekuni karena tidak mengganggu pekerjaan utama.

       Beberapa teman saya ada yang menekuni bisnis online. Sudah lama saya memperhatikan aktivitas teman yang berbisnis online. Walaupun teman saya itu bekerja kantoran, tetapi mereka bisa kok sukses dengan bisnis online yang ditekuni. 

       Lalu saya berpikir kembali, kalau saya menekuni bisnis online, apa yang akan saya jual? Saya terpikir untuk menjual pernak-pernik khas wanita yang dibuat secara handmade. Menurut saya, sesuatu barang yang dibuat secara handmade punya nilai jual lebih tinggi. Karena proses pembuatannya butuh waktu khusus dan dibuat dengan desain khusus. Istilahnya, bisa dipesan secara khusus (custom) bagi yang ingin punya barang tidak ada kembaran. Rencananya, saya ingin menjual pernak-pernik khas wanita dengan sentuhan etnik. Kebetulan kota Palembang tempat saya berdomisili merupakan kota penghasil kain tenun songket. Kain tenun songket tidak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap busana semata. Tetapi bisa diciptakan pernak-pernik lainnya. Misal, dibuat gantungan kunci, dompet koin, tas wanita, sandal wanita, sabuk blouse, bando, dan masih banyak lagi. Saya melihat peluang menjual pernak-pernik seperti yang saya sebut di atas masih terbuka lebar. Pernak-pernik seperti gantungan kunci, dompet koin, clutch, bros, wadah tisu, banyak dipesan untuk suvenir pernikahan.

       Belakangan ini bisnis online makin marak. Bahkan muncul dengan mekanisme bisnis online syariah. Prinsip yang ditekankan dalam bisnis online syariah adalah berbisnis yang sesuai dengan tuntunan syariat (sesuai tuntunan dalam adama Islam). Berbisnis secara syariah ini mengikuti cara berbisnis ala Nabi.

KIAT APA YANG HARUS DIPAHAMI AGAR BISA SUKSES MERINTIS BISNIS ONLINE SYARIAH?

       Menurut saya, sebelum memulai bisnis online syariah haruslah mempunyai kiat-kiat sebagai berikut:

1. SESUAI MINAT. Berbisnis mulailah dengan sesuatu yang menjadi minat kita. Misal, saya minat pada pernak-pernik khas wanita. Menurut saya, barang-barang seperti itu bentuknya lucu, unik dan khas. Tinggal kita pesan pada pengrajin untuk membuat sesuai dengan desain pilihan kita sendiri.

2. BARANG YANG SPESIFIK. Tentukan jenis barang yang akan dijual secara online. Apakah barangnya yang bersifat tahan lama atau tidak tahan lama? Beberapa pebisnis memilih menjual berbagai jenis makanan secara online. Namun ada juga yang memilih bsinis online bukan dalam bentuk makanan. Kalau saya memilih menjual barang yang bisa tahan lama. Walaupun tidak laku, tetapi barang tersebut tidak rusak atau membusuk seperti halnya kalau menjual makanan.

3. TEKUN. Tekun dan tidak mudah menyerah. Kiat sukses bisnis online harus tekun menjajakan barangnya secara online. Menurut saya ini lebih mdah daripada berjualan secara langsung. Media internet punya jangkauan lebih luas, sehingga bisa menyentuh pada semua lapisan masyarakat.

4. KEJUJURAN. Nah, sikap jujur haruslah dipegang teguh oleh seorang yang ingin merinis bisnis online. Kenapa? Karena bisnis online tidak mempertemukan orang secara langsung, hanya mengandalkan media online. Peluang untuk berlaku curang tetap ada. Tapi, sekali berlaku curang bakal habislah usaha bisnis online. 




       Nah, saat ini bisnis online sudah menyentuh bisnis secara syariah lho! Pernahkah teman-teman mendengar istilah bisnis online syariah? Salah satu contohnya adalah K-Link Indonesia, yang merupakan bisnis online syariah pertama di Indonesia. K-Link Indonesia menerapkan sistem MLM kepada membernya.

       "Sejak 2002, K-Link Indonesia menjadi salah satu pemain bisnis MLM Syariah yang diperhitungkan dan terbukti memberikan peluang bisnis usaha rumahan bagi ibu rumah tangga dan peluang usaha bisnis online terutama bagi anak-anak muda yang memiliki ide bisnis kreatif".

       Sudah banyak bergabung menjadi member K-Link Indonesia yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Hal ini menandakan bahwa MLM ini menjadi bisnis online terpercaya dan banyak diminati. Tidak ada kriteria khusus lho untuk bergabung menjadi membernya. Yang penting niat awal dan punya semangat juang tinggi untuk sukses berbisnis MLM Syariah bareng K-Link Indonesia. Mekanisme bisnisnya secara online membuat bisnis ini bisa lebih leluasa dijalankan oleh semua kalangan tanpa membedakan status. Baik para pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga bahkan orang kantoran macam sayapun bisa menekuni bisnis syariah online ini. 

       Bagaimana, berminat? Yuk gabung saja menjadi membernya dan raih sukses bersama K-Link Indonesia.
     

76 komentar:

  1. Yes, aku udah gabung. Banyak manfaatnya, bukan cuma dapet materi tambahan tapi masuk dalem positive vibe yg luar biasa. <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, pastinya sudah merasakan manfaatnya ya sejak gabung dalam bisnis Online Syariah K-Link..

      Hapus
  2. Zaman now memang kita harus kreatif dan memanfaatkan peluang ya, Mbak Rita. Dan peluang itu salah satunya ada pada bisnis online syariah. K-Link mamntap nih, sebagai bisnis online syariah pertama dan terbesar di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups... Kalau ada peluang jangan sampai dilewatkan ya, apalagi kalau bisnisnya secara syariah..

      Hapus
  3. Betul banget mbak, ketika pemasukan dan pengeluaran sudah mulai tidak setabil, maka kita harus mencari aktivitas baru yang menghasilkan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tosss... Hatus kreatif ya Mba untuk mencari peruntungan baru dalam dunia bisnis syariah..

      Hapus
  4. Wah ternyata K-LINK ini bisa dijalankan oleh siapa saja ya, dari mulai pelajar sampai pekerja kantoran.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, bisnis ini mudah dijalankan oleh siapa saja dan dari kalangan manapun..

      Hapus
  5. Bagus banget tuh mbak idenya, menjual pernak pernik khas wanita secara online. Saya rasa jarang banget sih ada yang seperti itu, apalagi bisa memilih desain sesuai keinginan sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara saat ini banyak pesaing dalam dunia bisnis, kita harus pintar2 mencari sesuatu barang yg spesifik untuk dijual..

      Hapus
  6. Betul banget tuh mbak. Sebelum memulai bisnis kita juga harus memiliki prinsip.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss... Prinsip@ dalam berbisnis harus kita pahami lebih awal agar bisnisnya lancar kelak..

      Hapus
  7. Iya sih mba, di zaman modern seperti ini kita harus lebih kreatif.
    Saya jadi tertarik untuk gabung di K-LINK nih hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk...gabung di K-Link bareng saya, hehe..

      Hapus
  8. K link bisnis MLM yang terlama dan berkualitas ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul Mba, ini bisnis terlama.. Saya awal kenal bisnis ini blm yg syariah..

      Hapus
  9. Saya memiliki minat berbisnis online, sayangnya rada sulit dengan pengiriman barang karena belum ada jasa pengiriman di wilayah tempat tinggal karena tergolong daerah yang belum tersentuh jasa pengiriman kecuali untuk menerima, itupun diantar kurir tidak tentu waktunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kendalanya disitu ya, daerah tempat tinggal blm termasuk dlm layanan kurir secara meluas..

      Hapus
  10. Wah baru denger nih mba ada bisnis MLM syariah hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yukk disimak Mba, siapa tahu berminat bisnis Online syariah..

      Hapus
  11. Keren mbak Rita, bisnis online khususnya yang dijadikan sampingan sebaiknya jangan dalam bentuk makanan, kecuali makanan yang tahan lama.

    Bergabung di bisnis MLM secara online memang cara cerdas untuk belajar bisnis zaman now.
    Banyak banget ilmu bisnis yang bakal kita pelajari.
    Sayapun jadi sering sharing masalah bisnis karena belajar dari bisnis MLM.
    Sukses ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Mba Rey, pastinya ilmu bisnis online-nya dah banyak banget ya.. Share ilmunya di blog Mba, biar bisa saya baca2.. 😊

      Hapus
  12. Sampai sekarang aku masih lho make produk Klink bun :-D
    kloropil. Udah nyaman soalnya

    BalasHapus
  13. Aku member klink sudah 7 tahun, tp udah lama gak jalanin bisnisnya hee. Tp klink ini emg keren reward buat membernya yg achieved

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah dah duluan ya bisnis K-Link.. Ayo Mba semangat lg..

      Hapus
  14. Kalau bisnis atau usaha basicnya hobi, jatuh nya gak bakal merasa capek. Justru makin semangat dan menjalaninya dengan enjoy ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah benar itu Mba, kalaupun usahanya sedang lesu darah pastinya kita terus menggeluti dgn senang hati.. 😊

      Hapus
    2. Apalagi kalau niat sudah kuat ya. Jadi kalau pun ada kegagalan akan dianggap sebagai penyemangat, untuk terus lebih maksimal

      Hapus
    3. Yupss.. Niat yg kuat itulah modal berbisnis yg mendasar..

      Hapus
  15. wah mbak. aku juga samaan asn. Dan pernah usaha online jualan gitu tapi gak laku. hahahaha.

    sekarang pengen usaha nyata seh sebenarnya. Kayak punya rumah kos kosan. mudah2an aja bisa ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba aja lagi Mba yg online disamping yg offline.. Kalo yg offline saya jg sdh nyoba yg kost2an bulanan.. ☺

      Hapus
  16. Nah bagus nih, sudah ada solusi bisnis online syariah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Solusi bisnisnya berbasis syariah sesuai syariat agama..

      Hapus
  17. Iya nih, jaman sekarang mama mama makin mudah mencari sampingan dengan bisnis online.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mama2 kece makin eksis nih dalam dumay, tapi eksis yg berfaedah.. 😀

      Hapus
  18. Wah, menarik nih. Kebetulan selama ini pengen punya pendapatan tambahan tapi belum tau mau bisnis apa

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah saya sudah jadi membernya... anak saya suka salah satu produknya yaitu multivitamin utk anak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap Mba.. Semoga lancar bisnisnya ya..

      Hapus
  20. Bagus banget prinsip2 bisnisnya, mba...Jujur dalam berbisnis itu penting demi kelanggengan usaha kita. Selamat berbisnis ya, mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Dalam berbisnis apalagi secara online prinsip kejujuran sangat penting..

      Hapus
  21. Segala sesuatu dgn sistem syariah pasti ebih baik ya Mba krn Allah yg menciptakan kita tau yg terbaik utk ciptaannnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Lebih tenang dan nyaman kalau berbasis syariah ya Mba..

      Hapus
  22. Berbisnis dengan sesuatu yang kita sukai memang menyenangkan yah. Btw saya juga gabung bisnis online syariah K link ini, cuman kurang aktif heheh hanya untuk konsumsi sendiri aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huaa.. Mba Tian dah gabung duluan ya berbisnis K-Link.. Ayoo Mba dioptimalkan lagi.. 😀

      Hapus
  23. Aku jadi mulai kepikiran minat ku apa ya, biar bisnis online nya bs sejalan sama yang disuka. Soalnya merasa gk bakat bisnis mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba mulai dari hal2 yg disukai aja, biar gak stagnant kalo dah jadi berbisnis Online.. ☺

      Hapus
  24. waduhh saya ga bisa banget kalau dagang. Ga ada bakat disana mbak. tapi Klink memang terkenal sih, saya juga tau dari beberapa teman blogger dan store offlinenya di daerah saya.

    hmmm... ternyata ada ya mlm syariah. bisa dapat uang tambahan dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dong, bisa banget dapat uang tambahan kalau dijalankan dgn tekun..

      Hapus
  25. semoga sukses bisnis online nya kak.. :)

    BalasHapus
  26. Saya baru dengar nih bisnis mlm syariah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya sudah agak lama jg sih bisnis Online syariah muncul, hanya gaungnya saja yg belum berkibar..

      Hapus
  27. Kiat sukses merintis usaha bisnis akan membawa hasil yang baik jika di sertai doa dan semangat empat lima

    BalasHapus
    Balasan
    1. Doa dan semangat empat lima itu juga penting ya Mba. 😊

      Hapus
  28. Sesuai minat itu penting banget ya supaya semangat ngerjainnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, segala sesuatu yg dikerjakan sesuai minat hasilnya gak mengecewakan.. 😊

      Hapus
  29. Terimakasih infonya , boleh di coba ni bisnis online nya yang penting tekun dan berusaha y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss.. Gak ada salahnya untuk mencoba berbisnis.. Apalagi kalo secara Online kan gak terikat waktu..

      Hapus
  30. wah jadi penasaran, yang dimaksud MLM syariah itu seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo Mba disimak biar penasarannya hilang.. 😊

      Hapus
  31. Baru tahu kalo K-Link masuknya bisnis online syariah. Mungkin dari sistem dan produk2nya juga, ya. Semoga membawa manfaat untuk semua orang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn..semoga bisnis ini aman dan amanah ya Mba..

      Hapus
  32. Mbak aku juga pakai produknya K-Link. Favoritku adalah pasta gigi dan deterjennya, mantep banget bikin bersiiih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap nih, pengguna produk K-Link juga ya Mba..

      Hapus
  33. Seama bisnisnya menguntungkan, aman dan halal tentu membuat kita tenang. Asal rajin menjalankan dan menjual dengan jujur dan menjaga kepercayaan pasti semuanya berjalan lancar. Maju terus bersama k link ya kak :)

    BalasHapus
  34. aku juga pernah coba produk klink yang namanya KVITC , sudah kutulis di blog ku judulnya "Bunda energic dengan KVITC" hehehe
    meskipun ini MLM tapi klink menerapkan aturan syariah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu dia, ada aturan syariah.. Jadi kita merasa tenang ya Mba untuk menjalankan bisnis ini..

      Hapus
  35. Boleh banget neh kiat-kiatnya mba. Bisnis memang harus di tekuni dan diniatkan supaya halal dan mendapatkan hasil.

    BalasHapus
  36. "Tekun" itu yang cukup susah bagi orang yang mooody dan bosenan sepertiku. Padahal tekun itu justru koentji ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupss... Harus tekun dan sabar Mba dalam menjalankan bisnis MLM seperti ini..

      Hapus
  37. apapun itu kejujuran mesti tetep yaaa kakk. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups... Kejujuran sangat penting apalagi dalam menjalankan bisnis..

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...