IKLAN

Sabtu, 10 November 2018

Ini Dia Manfaat Bubur Kacang Hijau Bagi Balita yang Harus Bunda Ketahui


       Bisa dipastikan, bahwa seluruh masyarakat Indonesia sudah kenal betul dengan sebuah kuliner yang bernama bubur kacang hijau. Biasanya, kuliner yang satu ini sangat cocok untuk disantap pada pagi hari dan malam hari yang dingin. Selain itu, bubur kacang hijau tersebut juga kerap muncul ketika bulan Ramadhan tiba. Tentu saja hal itu juga tidak lepa dari cita rasanya yang manis dan lezat, serta memiliki kandungan protein nabati yang cukup tinggi. 






       Tak hanya berlaku bagi orang dewasa, balita juga sangat dusarankan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya tentang manfaat bubur kacang hijau bagi si kecil, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini:

1. Mengatasi Biang Keringat
    
    Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa biang keringat merupakan salah satu kondisi masayah yang kerap dialami oleh balita. Saat terserang biang keringat, tentu saja si kecil akan menjadi rewel yang tentunya akan membuat Bunda kerepotan sendiri. Dengan memberinya bubur kacang hijau, maka masalah biang keringat pada si kecil akan segera teratasi.

2. Menurunkan Demam Pada Bayi

    Selain dapat mengatasi biang keringat, bubur kacang hijau tersebut juga dapat menurunkan demam pada bayi lho. Ya, gal itu dikarenakan bubur kacang hijau memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal-radikal bebas.

3. Sebagai Sumber Protein

    Menurut para pakar gizi terkemuka dunia, kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi yakni sekitar 24%. Itu sebabnya mengapa bubur kacang hijau selalu dijadikan alternatif sebagai sumber protein nabati. Tak hanya bagus untuk si kecil, bubur kacang hijau ini sangat bagus untuk perkembangan dan pertumbuhan janin dalam kandungan. Pasalnya, hal itu dikarenakan bubur kacang hijau mengandung asam folat yang cukup tinggi lho.

4. Memelihara Kesehatan Tulang dan Gigi pada Anak 

    Manfaat berikutnya dari mengonsumsi bubur kacang hijau untuk balita, yakni dapat memelihara kesehatan tulang dan gigi pada anak. Mengapa bisa demikian? Pasalnya bubur kacang hijau ini memiliki kandungan zat besi, fosfor, kalium dan kalsium yang berfungsi untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi.

5. Penambah Nafsu Makan

    Nah, bagi Bunda yang dipusingkan dengan masalah si kecil yang susah makan, maka berilah bubur kacang hijau secara rutin dan teratur. Soalnya bubur kacang hijau tersebut memiliki kandungan fosfor yang dapat merangsang nafsu makan si kecil lho.

6. Melancarkan Sistem Pencernaan

    Sembelit atau yang disebut susah buang air besar, merupakan sebuah masalah yang bisa dialami siapa saja tanpa mengenal usia. Begitu juga pada balita yang tak luput dari masalah sembelit, sehingga sangat disarankan untuk mengonsumsi bubur kacang hijau. Soalnya, bubur kacang hijau yang kaya akan kandungan serat yang bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan.

7. Menyembuhkan Batuk pada Anak

    Penyakit yang satu ini juga tampaknya sangat akrab dengan anak-anak. Nah, saat si kecil terserang penyakit batuk, bisa memberikannya bubur kacang hijau. Soalnya bubur kacang hijau kaya akan kandungan vitamin C yang dapat mempercepat proses penyembuhan batuknya.

8. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

    Selain dapat menyembuhkan batuk, ternyata vitamin C pada bubur kacang hijau juga dapat menyembuhkan radang tenggorokan pada anak lho. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, bubur kacang hijau ini dapat menyembuhkan influenza pada anak-anak. 


      Itulah 8 kelebihan dari bubur kacang hijau untuk kesehatan balita. Dengan begitu, maka tidak ada alasan lagi bagi Bunda untuk tidak memberi si kecil bubur kacang hijau.

14 komentar:

  1. Bubur kacang ijo ternyata mengandung vitamin c juga.

    BalasHapus
  2. Ia masih ingat aja waktu belum sekolah dibawa ke posyandu di sana selalu dikasih bubur kacang hijau. Kalau gak kebagian saya suka nangis. Hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah pengalaman itu kini jadi kenangan seru ya Mba.. Hehe

      Hapus
  3. Wah, banyak juga ya manfaatnya. Aku baru tahu. Selama ini ngasih ke anak-anak ya karena memang enak dan mengenyangkan. Dan kebetulan anak-anak pun suka. Jadi semangat deh buat ngasih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, dibalik rasanya yg enak dan mengenyangkan ternyata banyak manfaat lainnya juga..

      Hapus
  4. Wah banyak manfaatnya ya mba, dulu yang aku tau kalo lagi hamil banyak makan kacang hijau biar rambut baby tebal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lagi hamil makan bubur kacang ijo diyakini bisa bikin rambut bayi tebal dan lebat ya..

      Hapus
  5. Memang banyak manfaat dari kacang hijau. Sedari kecil dikasih kacang hijau sampai suka banget . Terima kasih infonya Mba.:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 Mba, semoga artikel ini bermanfaat ya..

      Hapus
  6. Eh..baru tau bahwa kacang hijau memiliki begitu banyak manfaat. Apa karena itu y..jd bubur kacang hijau sering disertakan di acara2 lembaga kesehtan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, banyak manfaatnya bubur kacang hijauu..

      Hapus
  7. Saya suka sekali bubur kacang hijau mbak, apalagi saat hujan, maem burjo anget tambah mantap

    BalasHapus
  8. Banyak sekali ya manfaat bubur kacang ijo selama ini yang ku tahu cuma bergizi saja jadi punya banyak referensi

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...