Kiat Menggapai Berkah Panjang Umur

Keluarga kami baru saja melalui hari-hari duka karena kehilangan salah satu keluarga tercinta. Dua bulan yang lalu adikku yang nomor empa...



Keluarga kami baru saja melalui hari-hari duka karena kehilangan salah satu keluarga tercinta. Dua bulan yang lalu adikku yang nomor empat meninggal. Tepatnya tanggal 21 April 2014 adikku "Ferry" meninggal karena sakit. Kanker nasofaring stadium empat telah merenggut nyawanya setelah menderita selama 3 tahun melawan sakitnya. Berbagai pengobatan baik medis maupun non medis tak mampu menolak takdir. Allah lebih menyayanginya untuk secepatnya dipanggil kedalam pangkuan Ilahi. Dalam usia kurang dua bulan usia 40 tahun adikku "Ferry" meninggalkan isteri dan dua anak balita.


Secepat itu adikku dipanggil dalam pangkuan Ilahi. Kenapa dan kenapa, begitu panjang daftar pertanyaan mengapa adikku begitu cepatnya meninggal dalam usia relatif muda. Memang urusan usia tak ada yang bisa melawan takdir.

Menurut dokter yang merawatnya, kanker nasofaring disebabkan karena adanya virus Epstein Bar. Disamping itu, pola makan yang sering mengkonsumsi makanan yang sudah difermentasi bisa menjadi pemicu berkembangnya virus Epstein Bar tersebut. Selidik punya selidik adikku itu memang suka menyantap makanan yang sudah diawetkan.

Berdasarkan pengalaman tersebut aku pun menyimpulkan bahwa memang ada korelasinya antara usia panjang seseorang dengan masalah kesehatan, utamanya dengan pola makan sehat. Menurutku, untuk menggapai berkah panjang umur ada beberapa kiat:

1. Mengkonsumsi makanan sehat.

Makanan sehat itu tidak saja dalam bentuk mengkonsumsi makanan dengan nilai gizi cukup. Makanan sehat itu juga identik dengan makanan yang diolah secara alami, bukan instan seperti yang banyak dijual di pasaran. Bukan pula mengkonsumsi makanan siap saji yang digandrungi masyarakat kita saat ini. Mengkonsumsi makanan yang diolah dari dapur bunda di rumah tentu lebih terjamin, baik dari segi hygenis maupun unsur gizinya bisa diatur sesuai kebutuhan kita.

2. Rajin berolahraga.

Faktanya, orang yang rajin berolah raga secara teratur rata-rata panjang umur. Kenapa demikian? Dari berbagai referensi yang aku baca, kalau berolahraga secara teratur bisa mengontrol fungsi organ penting dalam tubuh secara baik. Sehingga fungsi organ penting dalam tubuh bekerja secara maksimal. Contohnya, dengan membiasakan diri olahraga ringan seperti jalan sehat setiap hari, bisa mengontrol fungsi jantung untuk bekerja dengan mengalirkan darah melalui fungsi syaraf. Sehingga, aliran darah yang diserap tubuh manusia terdistribusi dengan baik dan memberikan efek positif pada tubuh manusia.

3. Mengontrol gaya hidup.

Gaya hidup yang seperti apa sih maksudnya? Manusia modern yang hidup pada abad ini cenderung memiliki gaya hidup modern juga. Misalnya nih, bekerja terlalu diforsir sehingga tubuh kelelahan dan tak ada waktu untuk beristirahat dengan cukup. Pikiran yang terbeban dengan pekerjaan yang harus dilaksanakan seringkali membuat hidup terasa tak nyaman. Belum lagi tuntutan ekonomi yang harus terpenuhi dengan baik, seringkali memicu pikiran manusia agar bekerja dan bekerja keras untuk mengejar pundi-pundi. Akhirnya stres mengancam kehidupan manusia. Demi mengejar materi dan mengumpulkan pundi-pundi manusia terjebak dalam dalam gaya hidup modern yang notabene membuat kita stres.
Untuk menghindari stres, ada baiknya menyediakan waktu luang agar bisa rileks sejenak. Sediakan waktu untuk bersantai bersama keluarga. Jadwalkan waktu berlibur dan nikmati hari-hari indah tanpa tekanan hidup dan stres. Untuk menikmati liburan tak harus pergi ke tempat wisata dan mengeluarkan biaya mahal. Ciptakan liburan sehat versi keluarga kita sendiri agar lebih terasa passionnya.

4. Selalu bersyukur.

Hal ini sering dilupakan dan diabaikan oleh manusia ketika menjalani kehidupan. Adakalanya manusia diuji oleh Tuhan dengan materi yang berlimpah, sehingga dia sendiri kadang merasa superior. Kehidupan itu rahasia Tuhan, ada kalanya kita berada di atas dan kadang berada di bawah. Bila tak pandai bersyukur atas segala nikmat Tuhan manusia akan terjebak dengan perasaan tak nyaman kala sedang berada di bawah. Olehkarenanya, ada baiknya kita selalu bersyukur atas segala nikmat yang Tuhan berikan. Apapun bentuknya nikmat itu, berapapun banyaknya nikmat itu, patutlah kita aselalu bersyukur atas nikmat Tuhan, dan hidup pun terasa ringan kita menjalaninya.

Selain empat kiat di atas, tentu saja sebagai hamba Tuhan kita harus menjalani tuntunan agama yang kita anut. Sebagai muslim dan muslimah tentunya harus menjalani ketentuan sebagaimana yang dianjurkan dalam agama Islam. Demikian juga seharusnya yang mesti dilakukan oleh umat yang beragama non muslim. 

Nah...itulah kiat menggapai berkah panjang umur versi diriku. Bagaimana kiatmu, yuk sharring dan ikuti giveawaynya bersama Pakde Guslik.  


Artikel ini diikutsertakan dalam Giveaway Seminggu: Road to 64


COMMENTS

BLOGGER: 14
  1. Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway Road to 64 di BlogCamp
    Segera didaftar sebagai peserta
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  2. Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un adiknya Mak Rita seusia saya ...
    Sy selalu ikut terpukul kalau ada seusia saya meninggal dunia.
    Mudah2an keluarga Mak Rita makin tabah ya.

    Kiat2nya di atas kalau dipraktikkan insya Allah mumpuni bisa hidup berkah ya Mak. Moga sukses GAnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..kami juga terpukul kehilangan adik dlm usia relatif muda..sdgkan ayah saya usia 74 tahun msh bugar dan sehat.. alhamdulillah mbak mau ngikutin kiat2 panjang umur..mksh juga atas support dan kunjungannya..

      Hapus
  3. Semoga kita selalu diberi kesehatan. amin

    BalasHapus
  4. Kesehatan adalah kunci utama untuk mewujudkan semua hal yang ingin kita lakukan, semoga sukses GA nya mbak

    BalasHapus
  5. Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, turut berduka ya mak...

    Sebuah pelajaran bagi kita, agar senantiasa "mencintai" diri sendiri, dengan memperlakukan tubuh sesuai dengan haknya, insha Allah jika diberi umur panjang kelak di masa tua tetap sehat..

    Semoga sukses GA nya ya mak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mak... Setidaknya tubuh perlu dipelihara agar sehat dan bugar agar tdk sakit2an..

      Hapus
  6. turut berduka cita ya mbak :(

    terimakasih untuk tipsnya dan salam kenal :)

    BalasHapus
  7. innalillahi wa inailaihi roji'uun. Turut berduka cita, Mak

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Kiat Menggapai Berkah Panjang Umur
Kiat Menggapai Berkah Panjang Umur
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2014/08/kiat-menggapai-berkah-panjang-umur.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2014/08/kiat-menggapai-berkah-panjang-umur.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy