DARI BLOGGING FOR FUN MENJADI BLOGGING FOR PROFIT

Latar Belakang Ngeblog Banyak cerita mewarnai kegiatan blogging ku. Motivasi awal menjadi seorang blogger cukup sederhana. Awal...




Latar Belakang Ngeblog

Banyak cerita mewarnai kegiatan bloggingku. Motivasi awal menjadi seorang blogger cukup sederhana. Awalnya hanya untuk mengakomodir hobi menulis. Sejak usia SD aku sudah akrab dengan dunia tulis-menulis. Hal ini sejalan dengan hobiku membaca. Kerap membaca majalah anak-anak membuat imajinasiku berkembang. Lama-lama tak hanya hobi membaca, akupun bisa menulis cerita seperti yang ada di majalah anak tersebut.

Waktu jamannya SD dulu, aku paling suka pelajaran Bahasa Indonesia. Biasanya sang guru akan memberikan tugas mengarang. Banyak teman-teman yang kesulitan membuat karangan. Tetapi tidak demikian dengan diriku. Kata demi kata membentuk kalimat terangkai menjadi sebuat cerita. Menurut teman-temanku, cerita yang aku tulis bagus. Itu kata temanku lho, hehe...

Menginjak remaja aku memberanikan diri mengirim tulisan ke media. Beberapa karya bahkan pernah dimuat di majalah Gadis dan Anita. Senangnya bukan main saat menerima honor. Aku masih ingat kala itu dari honor satu tulisan aku bahkan bisa membeli satu buah kemeja. Lumayan banget kan bagi seorang remaja kala itu. Bisa beli baju dari hasil menulis.

Sayangnya, tak semua tulisan yang aku kirim dimuat media. Kebanyakan sih ditolak, hehe... Mungkin tulisanku itu belum memenuhi kriteria medianya. Oleh karena itu, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, aku ikut-ikutan bikin blog. Trend menjadi seorang blogger agaknya menjadi minatku. Minim wawasan dengan hal-ikhwal blogging tak menyurutkan niatku. Berkat bantuan seorang sepupu aku dibuatkan blog olehnya. Sepupuku itu tinggalnya di Jakarta lho dan menyenangi juga dunia blogging. Bahkan dia mendukung niatku menjadi blogger. 

Menjadi Seorang Blogger

Aktifitas ngeblog dimulai sejak November 2009 yang lalu. Tulisan demi tulisan mulai aku posting. Dari aktifitas ngeblog ini aku mendapat banyak teman sesama blogger. Isitilahnya nih pertemanan dalam dunia maya. Bahkan aku merasa seperti sebagai sahabat lama dengan teman-teman sesama blogger. Dari pertemanan itu aku mendapat banyak manfaat. Yang paling terasa adalah bisa bertukar informasi seputar blogging. Secara aku ini blogger minim ilmu, semuanya aku pelajari secara otodidak, tentunya butuh banyak masukan dari sesama blogger. Alhamdulilah teman-teman bloggerku ini semuanya baik hati. Mereka acapkali memberikan ilmunya seputar blogging. Bila ada yang aku tanyakan, mereka akan membantu memberi trik dan tips.


Aktifitas Blogging

Tak terasa, aktifitas blogging-ku ini sudah memasuki tahun keenam. Ya, berarti aku menjadi blogger sudah enam tahun dong? Dalam kurun waktu yang lumayan banyak itu aku merasa belum maksimal menjadi blogger. Aku mencoba bandingkan dengan aktifitas blogger yang lain. Mereka melesat sangat cepat. Bahkan mereka mendapatkan penghasilan dari aktifitas blogging? Lha, diriku koq nggak seperti mereka ya?

Dari keinginan ingin sama dengan blogger lain yang punya penghasilan dari blog, aku mengubah domain. Dari blog gratisan menjadi berbayar. Katanya, blog berbayar dinilai lebih profesional dalam arena perbloggeran. Blog berbayar lebih kredibel. Para pemberi job lebih memilih blogger yang punya domain berbayar. Yupss....akhirnya awal tahun 2015 aku ganti domain. Sejak mengganti domain barulah sedikit demi sedikit job review kudapatkan. Bahkan aku pernah mendapatkan job review on the spot dari brand besar negeri ini. Alhamdulillah.

Blogging For Profit

Dari aktifitas blogging ini aku mencatat beberapa hal:

1. Memiliki blog seperti memiliki rumah, dimana di tempat ini kita bisa beraktifitas. Dari berbenah hingga mengisi perabotan rumah. Berarti, kita harus membuat konten yang menarik dari blog itu. Misal, mengisi artikel tulisan yang bermanfaat bagi pembacanya. Kebetulan aku bukan tipe penulis blog yang doyan curhat di blog. Aku lebih suka menulis artikel yang informatif. Ide tulisan bisa dari mana saja. Yang jelas, ide kudapatkan dari lingkungan kehidupan sehari-hari.

2. Dari blog ternyata bisa mendapatkan banyak keuntungan. Pertama, bisa sebagai relaksasi hati dan otak. Dengan menulis di blog, hati tenteram dan otakpun sehat. Katanya sih, bila hati dan otak sehat, maka bisa berdampak pada ketenangan jiwa. Kedua, dari aktifitas menulis di blog, otomatis melancarkan teknis menulis. Aku merasakan hal ini. Walau kusadari kemampuan menulisku masih jauh dibandingkan dengan blogger lainnya. Aku memberanikan diri menjajal ajang lomba menulis atau giveaway. Sesekali ada juga nyangkut sebagai pemenangnya. Ketiga, dari sekedar hiburan ternyata bisa tercipta peluang lain dari aktifitas blogging ini. Kalau ditekuni dari sebuah blog kita akan mendapatkan profit berupa penghasilan. Nah, siapa sih yang tidak mau mendapatkan penghasilan dari aktifitas blogging?  Semua blogger pastinya mau dong ya...

3. Untuk memaksimalkan blog agar mendapatkan profit, ada hal-hal yang perlu ditingkatkan. Pertama, tingkatkan kemampuan teknis mengutak-atik blog. Kedua, Tingkatkan kemampuan menulis. Ketiga, jalin silaturahmi dengan sesama blogger. Nah, yang terakhir ini menurutku penting banget lho. Kadangkala aku mendapatkan job review dari pemberi job atas rekomendasi teman blogger. Kalau kita tidak menjalin silaturahmi dari mana kita dapat info tentang job review kan?

Bagi blogger yang ingin maju, kini saatnya memaksimalkan blog dan ciptakan peluangmu dari sebuah blog. Demikian juga diriku pengen banget menjadikan aktifitas blogging ini menjadi profesi. Tentunya profesi untuk mendapatkan pundi-pundi lain. Istilahnya nih mendapatkan side-job. Walaupun dalam keseharian diriku punnya profesi sebagai abdi negara, tak ada salahnya kan punya side-job sebagai blogger? Bagiku, memaksimalkan kemampuan yang ada dalam diri adalah kebutuhan. So, mari sama-sama mengembangkan blog masing-masing dan menjadikan aktifitas blogging for fun menjadi blogging for profit.

Artikel ini diikut-sertakan dalam Giveaway Cerita dibalik Blog



COMMENTS

BLOGGER: 44
  1. Klo aku msh just for fun yuk...hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Ayuk nih pengen dapet duit dari blog, hehe..

      Hapus
  2. Waaah udah lama juga ya mak rita ngeblognya, lebih lama dari saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak Leyy
      la..aku dah lumayan lama ngeblog tapi sebatas fun.. kini pengen lebih maksimal ngeblog utk mendapatkan tambahan penghasilan..

      Hapus
  3. betul ya mbak, ternyata ngebog banyak manfaatnya salah satunya adalah job review, kalo gak ada job review ya cari di kontes hehe, yang pasti ngeblog itu asik banget, saya kalo gak ngeblog sehari rasanya ada yg kurang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mba, sehari nggak ngeblog terasa ada yg kurang.. Kalo gak sempat posting biasanya aku BW ke blog teman2..

      Hapus
  4. Kalo baca cerita kayak gini pengen juga cari profit dari ngeblog. Tapi.... Hehehe... Sukses terus ya, Mbak Rita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mksh atensinya ya Mba.. Yukk nyari profit bareng dari blog..

      Hapus
  5. Blogging for profit; mau banget saya Mak. Tapi masih jauh karena blognya masih bau kencur hihihi! harus belajar bnyk biar dpt piti kayak Mak Rita ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mah belajar sama blogger senior koq Mba..

      Hapus
  6. Ibuk....seru banget yah...enam tahun ngeblog, coba kalo dari dulu murni tekuni mungkin sekarang sudah pinter ngeblog n bisa dapet profit, hehee...
    Sekarang nih lagi bangun dari awal, mohon support dan saran untuk ke depan nya....hehee....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tak ada kata terlambat utk memulai Murni.. Yukk bangkit dan garap lagi blogku.. Keep spirit ya..

      Hapus
  7. Salut deh mbaak ama prestasimu yang kereen,,tuuh diawali sbagai penulis cerpen Anita :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..jadi malu aku .. Soalnya masih ketinggalan jauh dari blogger2 senior.. Perlu belajar byk pila sama Mba Tanty..hihi..

      Hapus
  8. Waahh udah ganti domain jadi berbuah berkah yaa, jadi bikin galau, pengen ganti domain berbayar jugaa jadinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Maya.. Sejak ganti domain berbayar baru ada yg melirik ngasih job.. Ngikutin saran teman2 blogger senior Mbak katana kalo ganti domain kesannya lebih serius menggeluti blogging ini..

      Hapus
  9. Semoga makin banyak manfaat blog buat kita & pembaca kita ya.

    BalasHapus
  10. Sudah 6 tahun ngeblog...waa...udah lama banget itu mak... kalo SD aja udah mau jadi anak SMP... advance.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba... Sdh lumayan lama ngeblog...tapi pencspaiannya blm maksimal...

      Hapus
  11. Duuh, aku udah niat mau bli domain dari awal tahun ga jadi2...gara2 baca ini jd inget maak XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo..burusn ganti domain..pasti nantinya tambah semangat ngeblog.. Krn begitu byk peluang datang menanti..

      Hapus
  12. Hehehehhe ini ceritanya gue banget.. sekarang yang saya cari juga profit mulu..

    BalasHapus
  13. Saya juga awalnya ngeblog just for fun, buat ekspresi hobi menulis. Alhamdulillah, skrg bisa dapat fulus dr ngeblog, semoga berkah

    BalasHapus
  14. Kalau saya pribadi sih masih just for fun, belum kepikiran buat nyari profit dari blog. Pikir saya kalau profit nanti bisa sejalan sama perjalanan blogging. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga pendapatnya Bang Jefri.. Mksh atas kunjungannya ya
      .

      Hapus
  15. Hari gini, ngeblog memang sudah profitable. Asal usaha terus dan... banyak doa. Hehehehe

    BalasHapus
  16. toss mba aku sekarang ngeblog buat fun, buat promo buku dan dapat duit hihihi yang penting happy blogging ya

    BalasHapus
  17. Hmm kalau saya sih belum kepikiran untuk menghasilkan uang dari blog. Tapi kalau istilahnya profit sih pasti banyak hasilnya, nggak cuman profit dalam materi doang. Profit dalam ilmu hasil ngeblog juga alhamdulillah dapet. :)

    BalasHapus
  18. wah sama nih dgn aku dr nulis2 biasa, niat selanjutnya mau luar biasa :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita bisa memaksimalkan blog kita agar menghasilkan ya Mba..

      Hapus
  19. happy blogging iya, dapat duit juga iya... pokoknya happy deh :D

    BalasHapus
  20. ngeblog kalau dinikmati memang asik banget, kalau diseriusin bisa menghasilkan profit, ga ada ruginya lah pokoke

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: DARI BLOGGING FOR FUN MENJADI BLOGGING FOR PROFIT
DARI BLOGGING FOR FUN MENJADI BLOGGING FOR PROFIT
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL6hgK0TG7QeaXoRlcFKWu2S54at-MG_ywMFTWkQw13EwGiSJUQ8HETB4vJl3ZdZTtgySewqchno7WVCaCZbVrpvJKHl-fc_qGqDgX3GydGRQ_JcQnG8-0YHGlAiJ-nGhAXSTdwWRaaUs/s320/GA+UNIEK.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgL6hgK0TG7QeaXoRlcFKWu2S54at-MG_ywMFTWkQw13EwGiSJUQ8HETB4vJl3ZdZTtgySewqchno7WVCaCZbVrpvJKHl-fc_qGqDgX3GydGRQ_JcQnG8-0YHGlAiJ-nGhAXSTdwWRaaUs/s72-c/GA+UNIEK.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2015/10/dari-blogging-for-fun-menjadi-blogging.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2015/10/dari-blogging-for-fun-menjadi-blogging.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy