Memahami Remaja Melalui Film My Generation

Poster Film My Generation        Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya berhasil dan sukses. Berhasil dalam bidang pendidikan ...


Poster Film My Generation



       Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya berhasil dan sukses. Berhasil dalam bidang pendidikan dan sukses dengan karir serta pekerjaannya. Masalahnya, tak semua anak mau memahami keinginan orangtua dengan baik.

     "Ma, jangan paksa aku masuk kuliah di tempat itu. Aku gak minat bidang itu. Aku maunya sekolah dibidang desain saja, Ma!"

       Seorang teman curhat tentang anaknya yang bantahan ketika dirinya menginginkan si anak masuk sekolah berbasis pendidikan dinas seperti halnya dirinya (si Mama). Tentu saja teman saya itu kecewa lantaran harapannya terhadap si anak pupus.

       Konflik orangtua dan anak seperti itu tak hanya dialami oleh teman saya tadi. Ada banyak kejadian serupa yang juga dialami oleh orangtua-orangtua lainnya. Problematika atas konflik tersebut kerap muncul ketika antara keinginan sang ortu yang bentrok dengan keinginan sang anak.

       Pengalaman yang dialami orangtua jamannya dulu seringkali dikaitkan dengan si anak. Para orangtua kerap mencontohkan keberhasilan dirinya pada jamannya. Namun tak sepenuhnya hal itu bisa diterima si anak. Contohnya pada kasus teman saya tadi dimana teman saya itu ingin anaknya melanjutkan sekolah yang sama seperti halnya dirinya.

       "Kuliah jurusan seperti yang Mama ambil itu enak, Nak. Berbasis ikatan dinas. Setelah tamat tak perlu repot lagi mencari pekerjaan seperti halnya Mama!" teman saya tadi masih berusaha membujuk anaknya. Tetapi tetap mendapat penolakan dari anaknya.

     Istilahnya nih, anak jaman now mana mau manut saja disuruh masuk kesekolah tertentu. Remaja jaman now lebih suka meng-eksplore kemampuan diri sesuai dengan minatnya. Mereka lebih pandai mengekspresikan keinginannya. Kalau kita simak lebih jauh, ada nilai plusnya ya karena mereka ini kepercayaan dirinya sangat kuat. Mereka merasa yakin bahwa pilihannya dalam menentukan sekolah mana yang akan ditempuh itu sudah tepat. Yakni yang sesuai dengan minat mereka.
       Berbicara tentang kepercayaan diri, saya mendapat curhatan dari teman lainnya tentang pengalaman masa kecilnya. Bahwasannya ketika kanak-kanak teman saya itu cenderung pemalu sehingga tak punya banyak teman. Sifat pemalunya itu terbawa sampai dia menginjak remaja. Beruntung dia punya orangtua yang peka melihat tumbuh kembang gadis kecilnya yang tak selincah teman sepermainannya. 

       Orangtua teman saya itu menyadari sifat pemalu sang anak haruslah dibuang jauh-jauh. Pelan-pelan mengarahkan anaknya agar tumbuh menjadi gadis remaja yang percaya diri. Bagaimana caranya keluar dari zona tak nyaman seperti yang dialami sang anak? Ternyata orangtua teman saya itu menyuruh anaknya ikut kegiatan PRAMUKA di sekolah. Berkat ikut kegiatan PRAMUKA teman saya itu lambat laun sifat pemalunya hilang. Dia menjelma menjadi gadis remaja yang percaya diri. Kini teman saya itu telah berkarir di perusahaan swasta dan mendapat posisi yang cukup bagus.


Bagaimana peran orangtua dalam perkembangan remaja jaman now?


       Penting sekali membangun komunikasi dua arah dalam sebuah keluarga. Komunikasi yang terjalin dengan baik antara orangtua dengan anaknya akan menghasilkan suatu pemahaman akan kehendak. 

       Saling memahami dan saling menghargai akan suatu pendapat itu jauh lebih baik daripada saling ngotot. Remaja yang dalam fase tumbuh kembang dari fase anak-anak tentunya mengalami perubahan alam pemikiran. Mereka tak mau lagi didikte seperti halnya anak kecil lagi. Mereka ingin dihargai dan dipahami. 

       Kunci sukses hubungan antara orangtua dan anaknya adalah komunikasi yang baik, adanya keterbukaan dan saling memahami. Dengan demikian konflik-konflik yang sering kita dengar antara orangtua dan remajanya dapat diminimalisir.


Film My Generation dan gambaran remaja jaman now

       Berbicara masalah remaja dengan dunianya tak akan pernah habisnya. Kisah-kisah konflik dan pertentangan dalam keluarga antara orangtua dengan anaknya mengilhami sutradara film ini untuk diangkat kelayar lebar.

       Dialah Mba Upi, seorang sutradara kawakan yang sebelumnya sukses dengan film-filmnya di pasaran. Sebut saja film 30 Hari Mencari Cinta, Realita Cinta dan Rock n Roll, Radit dan Jani, mampu sukses dipasaran. Dia mengangkat tema ini remaja jaman now dan meracik ceritanya dengan apik. Adapun film ini mengisahkan tentang 4 (empat) orang remaja yaitu Zeke, Konji, Suky dan Orly dengan dunia SMA-nya. Konflik film ini muncul ketika mereka membuat video yang berisi protes terhadap aturan guru di sekolahnya. Hal ini menjadi viral dan tentu saja membuat pihak sekolah marah.

       Bagaimana kisah film ini selanjutnya? Kalau penasaran ada baiknya catat saja tanggal mainnya ya. Dijadwalkan tayang perdaya pada tanggal 9 November 2017 di bioskop kesayangan. 

       Mari kita ajak keluarga kita menonton film yang bergenre remaja ini. Agar kita sebagai orangtua bisa memahami bagaimana sih dunia remaja jaman now.

COMMENTS

BLOGGER: 4
  1. Jadi penasaran sama filmnya. Menarik juga untuk lihat perspektif dari anak jaman now. Apalagi jamannya kan udah beda banget ya. Semoga bisa lebih membuka mata jadi bisa buat referensi pas bimbing anak2. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton aja filmnya biar gak penasaran lagi Mba.. 😊

      Hapus
  2. Ktny film ini disutradarai sama dgn film realita cinta dan rokenrol ya. Bgs ini pasti....

    BalasHapus
  3. Film yang rame pro-kontra, ya :D
    Tapi tiap zaman, pasti ada sih masalah kayak gitu. Aku dulu sama ortu dan guru disuruh masuk Biologi, trus ke FK. Ehhh...malah ngotot masuk Sosial :D *anak jaman old mah kenalnya jurusan Fisika, Biologi,Sosial...

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Memahami Remaja Melalui Film My Generation
Memahami Remaja Melalui Film My Generation
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtTDglT1GmjKu4CUkQGkZfaoqXAYLyyMbRrTM_Piopjncfjza2ovB9CQ40QUEmVQhIrAYMPywmA3-VNERtGRypekDMYhVKR0sU3LfhHn2ov9J8PtiZBzMqWXtHauXhwqydK3VT9YFbyO8/s320/Poster+MY+GENERATION.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgtTDglT1GmjKu4CUkQGkZfaoqXAYLyyMbRrTM_Piopjncfjza2ovB9CQ40QUEmVQhIrAYMPywmA3-VNERtGRypekDMYhVKR0sU3LfhHn2ov9J8PtiZBzMqWXtHauXhwqydK3VT9YFbyO8/s72-c/Poster+MY+GENERATION.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2017/10/memahami-remaja-melalui-film-my.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2017/10/memahami-remaja-melalui-film-my.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy