Mengenal DonasiKu Alfamart, Tak Kenal Maka Tak Sayang

       Saya sering gerah ketika berbelanja sering dikasih permen sebagai pengganti kembalian uang receh. Makanya selalu tersedia uang rece...


       Saya sering gerah ketika berbelanja sering dikasih permen sebagai pengganti kembalian uang receh. Makanya selalu tersedia uang receh di dompet saya. Gunanya ketika kasir tidak bisa memberi kembalian uang receh saya selalu menggenapkan belanja saya dengan uang receh. Bukannya saya pelit tetapi saya tidak suka kalau hak saya diganti dengan permen. 

         Ketika saya belanja di Alfamart, kasir sering menanyakan kepada saya, "Ibu, duaratus rupiahnya boleh didonasikan untuk program DonasiKu Alfamart?" Awalnya saya tidak berkenan. Lalu kasirnya tetap membayarkan duaratus perak sebagai uang kembalian belanja saya.




       Saya sering belanja di minimarket yang jaraknya sekitar 50 meter dari rumah. Saya sangat tertolong dengan keberadaan Alfamart karena lengkap menyediakan kebutuhan rumah tangga. Seringnya saya ditanya soal donasi uang receh oleh kasir membuat saya bertanya, "Apa sih sebetulnya DonasiKu Alfamart?"

         Program DonasiKu Alfamart adalah program sosial dari PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Adapun bentuk program sosial ini yaitu memberikan donasi kepada masyarakat luas di seluruh pelosok tanah air. Diantaranya adalah memberikan bantuan dalam bidang pendidikan, kesehatan serta bantuan sosial lainnya. Dananya dihimpun selama periode tertentu dari seluruh cabang Alfamart di Indonesia. Darimana dana tersebut dihimpun? Ternyata dananya berasal dari konsumen yang berkenan menyumbang uang recehan saat berbelanja di Alfamart.

       Sejak saya tahu recehan belanja dari konsumen dihimpun melalui program DonasiKu Alfamat sejak itu pula saya rela uang recehan belanja saya sumbangkan untuk program itu. Saya berpikir kapan lagi bersedekah untuk orang banyak? Kalau dihitung-hitung, recehan duaratus perak yang saya sumbangkan melalui program DonasiKu Alfamart sangat bernilai. Uang duaratus perak dihimpun bersama recehan-recehan lainnya hingga mencapai jumlah tertentu. Hingga batas jumlah tertentu nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.


 Program DonasiKu Alfamart
(sumber: Alfamart)

       What? Dengan duaratus perak sudah bisa membantu orang yang membutuhkan? Kenapa tidak? Saatnya kini saya memberikan sedikit rupiah yang saya punya kepada orang yang membutuhkan. Bila saya meghimpun sendiri  recehan yang saya punya, kapan bisa terkumpul dalam jumlah yang pas untuk saya sumbangkan? Butuh waktu cukup lama untuk mencapai jumlah tertentu agar bisa disumbangkan kepada yang membutuhkan. Namun dengan adanya program DonasiKu Alfamart saya pun bisa berpartisipasi membantu sesama.


Latar belakang program DonasiKu Alfamart
(sumber: Alfamart)

       Ada pepatah mengatakan "tak kenal maka tak sayang", begitulah kira-kira yang saya rasakan ketika belum mengetahui tentang program Donasiku Alfamart. Ketika saya mengetahui latar-belakangnya baru saya paham sesungguhnya program ini bertujuan sangat mulia.

       Yang paling mendasar pada program DonasiKu adalah kita sebagai konsumen yang menentukan berapa besaran uang receh yang akan disumbangkan. Jadi besarnya itu relatif tergantung keinginan dari konsumen itu sendiri. Tidak ada paksaan kepada konsumen untuk menyumbang atau tidak uang receh kembalian saat belanja. Oleh karena itu kasir selalu menanyakan terlebih dulu apakah konsumen bersedia atau tidak untuk ikut ber-DonasiKu. Kalau yang saya sumbangkan besarannya dibawah limaratus perak.



Manfaat program DonasiKu untuk membantu sesama
(sumber: Alfamart)


       Membantu sesama itu sangat mulia. Tetapi kadang kita lalai melakukannya. Sering empati kita tidak tersentuh ketika melihat masih banyak orang di sekitar yang membutuhkan uluran tangan. Melalui program DonasiKu kita diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk berpartisipasi membantu sesama. Program yang sangat bagus untuk mengetuk hati kita agar dapat menyisihkan sebagian kecil uang yang nilainya bagi kita mungkin tidak ada. Namun bagi orang lain mungkin sangat bernilai.
        Pasti ada yang bertanya-tanya apakah program pengumpulan dana ini legal? Program ini legal  dan telah dituangkan dalam bentuk peraturan melalui Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia tentang Izin Pengumpulan dan Pengelolaan Penghimpunan Dana Masyarakat.
Legalitas Progam DonasiKu
(sumber: Alfamart)

       Sekarang saya ridak ragu lagi menyumbangkan uang recehan saat berbelanja di Alfamart. Karena  uang tersebut dihimpun untuk membantu sesama yang membutuhkan. Ketika berbelanja nanti kasirnya akan memberikan struk dimana uang yang kita donasikan akan tampil di struk tersebut.  Dengan mengikuti program DonasiKu Alfamart berarti saya sudah ikut berpartisipasi menyisihkan recehan yang saya punya untuk kepentingan masyarakat luas yang mebutuhkan.


  
Penyaluran donasi kacamata bekerjasama dengan Lions Club
untuk anak SD dan SMP di Palembang
(sumber: Alfamart)


Penyaluran sepatu bekerjasana dengan KickAndy Foundation
di SD Empat Tunggal Palembang
(sumber: Alfamart)

COMMENTS

BLOGGER: 42
  1. Gak nyangka recehan sangat berguna. Buat orang lain. Senangnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba senang rasanya dengan recehan kita bisa berpartisipasi membantu sesama..

      Hapus
  2. Malas Bawa recehan, bermanfaat di alfamart

    BalasHapus
  3. Nice share, bermanfaat ya, Teh..
    Terkadang dari nilai yang kecil jika dikumpulkan lama-lama tak terasa akan terlihat besar, dan bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, uang yg sedikit kalo dikumpulin bareng2 jadi banyak juga dan bermanfaat utk didonasikan kpd yg membutuhkan..

      Hapus
  4. Wah, keren ya, Mbak Rita.
    Uang receh kita, bisa sangat berarti bagi yang membutuhkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Pak, recehan kalo dikumpulin jadi banyak dan bisa disumbangkan kepada yg membutuhkan melalui DonasiKu..

      Hapus
  5. Kalo dipikir recehan itu nilainya kecil tapi kalo dikumpulkan banyak jadi besar juga nilainya dan besar juga manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mba, seperti kata pepatah sedikit2 lama2 menjadi bukit, uang receh kalo dikumpulin besar nilainya dan jadi bermakna..

      Hapus
  6. Sama, saya juga kesel klo kbaliannya di donasikan. Tp habis baca postingan ini, malah malu krn donasinya disalurkan ke org yg membutuhkan. Makasih infonya mbaa

    BalasHapus
  7. Nah bener banget, tawaran donasi dari kasir dengan ramah membuatku terenyuh, meskipun cuma recehan tapi berguna sekali buat mereka yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba, kalo kasirnya ramah kita secara ikhlas pasti mau mendonasikan uang receh.. apalagi kalo untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan..

      Hapus
  8. Program program seperti ini patut didukung oleh masyarakat dan ditiru oleh perusahaan lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups... program kepedulian lingkungan dan sosial seperti ini patut didukung dan diikuti oleh perusahaan2 lainnya..

      Hapus
  9. dulu sih suka sebel kalo pas kembalian diminta buat donasi, soalnya dulu belum tahu akan dipergunakan untuk apa. Sekarang sudah lebih transparan ya, gak sangka cuma beberapa rupiah Alfamart bisa mewujudkan kebahagiaan kepada yg membutuhkan, terutama kebutuhan kacamata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang butuh transparansiya Mba agar tidak duga akan sesuatu hal.. saya dulu juga mikirnya yg negatif aja ttg DonaasiKu..ternyata setelah tahu ssaya jadi mendukung..

      Hapus
  10. aku juga baru ngeh nih mba..walaupun memang udah lama ngga pernah belanja di Alfamart hehehe. Semoga membawa banyak manfaat ya

    BalasHapus
  11. Wah ternyata seperti ini penyalurannya

    BalasHapus
  12. Wah, jadi tau gimana penyalurannya. Tapi kadang kasirnya suka lupa minta hehehe

    BalasHapus
  13. ya gitu donk ya mba jdi kita tau uang kembalian kita tertuju nya kemana ^^ semoga makin banyak yang terbantu bekat alfamart. Aku sering belanja disini juga soalnya dekat rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan kita sama.. Semoga OBA bisa membantu warung kecil dan tumbuh bersama Alfamart

      Hapus
  14. Aku juga kadang kembalian seratus dua ratus kudonasikan. Habis kalopun kuambil, duit itu jg akhirnya gak keurus..

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah bisa sedikit berfaedah utk orang lain meskipun recehan 😊😊😊

    BalasHapus
  16. Tapi ada loh yg nyebar berita hoax ttg donasi Alfamart ini katanya donasi ini utk pembangunan gerejalah, dana kampanye Ahok lah. Ya ampuun dije. Hrs baca tulisan ini nih biar kebuka itu pikiran yg nyebar hoax.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berita hoax harus disaring lebih bijaksana kita menyikapinya..

      Hapus
  17. Receh buat kita belum tentu receh juga buat orang lain ya mbak... Apalagi kalau dikolektifkan pasti bakalan jadi sesuatu yang manfaatnya besar banget buat orang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Recehan kalau dikumpulkan bisa jadi bermanfaat buat orang lain yg membutuhkan..

      Hapus
  18. Aku ga pernah dimintai donasi lagi di alfamart tapi ada sih di layar. Kalau mau donasi ya tinggal klik. Kalo enggak ya selow aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya selagi mesinnya gak rusak kita bisa klik aja berapa yg mau kita donasikan..

      Hapus
  19. Pernah baca juga donasil Alfamart ini kemana. Sejak saat itu mempersilakan petugas kalau ditawari donasi dari kembalian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya petugas di Alfamart sering menawarkan terlebih dulu bila kita berkenan baru deh recehannya dijadikan donasi..

      Hapus
  20. aq baru tau nih kalo ada donasi ini, dari pada selalu dapat permen ya mending didonasikan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya daripada dapat permen mending donasikan saja uang recehnya buat membantu sesama..

      Hapus
  21. Program Alfamart ini keren banget! Bisa memberdayakan berbagai warung tradisional..

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Mengenal DonasiKu Alfamart, Tak Kenal Maka Tak Sayang
Mengenal DonasiKu Alfamart, Tak Kenal Maka Tak Sayang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsRNYOH_8MywimIYhe0T2nOz9lIl1Dn5ah8UIicMlhTSAKeFfPVNefixUo-gN8XxoYGdL85oG1YgWWsZRFFhsJRqXbwtRxbREZQKIWarjsTjSNn3ODU55LY4AGwgtW2vhK5f24Vrvdqrk/s320/gambar+DONASIKU+Alfamart.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjsRNYOH_8MywimIYhe0T2nOz9lIl1Dn5ah8UIicMlhTSAKeFfPVNefixUo-gN8XxoYGdL85oG1YgWWsZRFFhsJRqXbwtRxbREZQKIWarjsTjSNn3ODU55LY4AGwgtW2vhK5f24Vrvdqrk/s72-c/gambar+DONASIKU+Alfamart.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2017/12/mengenal-donasiku-alfamart-tak-kenal.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2017/12/mengenal-donasiku-alfamart-tak-kenal.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy