5 Tips Hidup Sehat

       #Day 12          Semua orang ingin dong tubuhnya selalu sehat. Tapi tak semudah mengucapkannya, ternyata sehat itu perlu dikelola...


       #Day 12
  
      Semua orang ingin dong tubuhnya selalu sehat. Tapi tak semudah mengucapkannya, ternyata sehat itu perlu dikelola. Kadang kita tidak menyadari, mau sehat malah jadi tidak sehat. Lha, koq gitu?

        Saya punya pengalaman seputar kesehatan. Saya waktu remaja dulu, bertubuh kurus. Wajar dong tubuh saya kurus, sebab saya tidak doyan makan atau ngemil. Menurut cerita mama saya, sejak balita memang saya orangnya tidak doyan makan. Apapun makanan yang disuapin mama, dilepeh kembali.

       Pas masa remaja seusia anak SMA, saya lihat teman-teman koq postur tubuhnya bagus-bagus. Namanya juga anak remaja, pengen dong punya tubuh kece bak model, hehe. Waktu itu sedang gencar-gencarnya iklan sebuah produk jamu remaja, yang dibintangi artis remaja pula. Tergiur iklan, saya pun minum jamu tersebut secara rutin, dengan harapan agar tubuh saya sedikit berisi. 

       Apa yang terjadi kemudian? Saya merasa koq tubuh saya tidak berubah, alias tetap kurus. Setelah saya baca kemasannya, ternyata jamu tersebut punya efek membuat tubuh tetap singset! Ini akibat dari kurangnya pemahaman makna sehat. Kurus bukan berarti tidak sehat, sehingga harus minum ini itu, atau makan ini itu. 

       Makin kesini saya makin paham makna sehat. Menurut saya, sehat itu harus dikelola oleh diri sendiri. Saya menemukan pola yang pas untuk kesehataan diri sendiri. Mau tahu? Ini tipsnya:

1. Menjaga pola makan
Makanlah dengan porsi yang pas, memenuhi unsur gizi dan jauhi junk food dan minuman bersoda. Banyak minum air putih agar tubuh selalu segar karena tidak kekurangan cairan. Jangan lupa, makan buah setiap hari. Tak perlu yang mahal, buah lokal seperti semangka, pepaya dan pisang rutin saya konsumsi.


tips hidup sehat
5 Tips Hidup Sehat


2. Menjaga ritme kegiatan
Terlalu banyak kegiatan bisa bikin tubuh lekas capek. Buatlah jadwal yang mengatur seluruh kegiatan dalam sehari. Jangan sampai gara-gara banyak kegiatan, lupa makan dan lupa istirahat.

3. Berolah raga.
Luangkan waktu untuk melakukan olahraga ringan. Kalau saya cukup olahraga jalan sehat seputar tempat tinggal. Sabtu dan Minggu saya libur kerja, jadi saya punya waktu lebih lama untuk jalan sehat dengan rute agak jauh.

4. Mengontrol stres.
Stres bisa membuat hidup kita tidak nyaman. Hindari berpikir negatif terhadap sesuatu hal. Lebih banyaklah berpikir positif, agar tubuh dan pikiran mendapat energi yang positif.

5. Melakukan hobi yang bikin bahagia.
Nah, melakukan hobi apa saja asal ditekuni dengan sepenuh hati bisa bikin bahagia. Saya punya hobi menulis, saya salurkan melalui blog. Saya hobi membaca, saya mengoleksi buku-buku yang menjadi bacaan favorit. Adakalanya saya punya waktu dan reezeki untuk berlibur, saya pergi ke tempat wisata yang bikin saya bahagia.


       Begitu deh tips sederhana hidup sehat ala saya. Jangan terlalu menjadi momok sih, yang penting kita tahu cara mengelola hidup sehat itu harus seperti apa, inshaaAllah deh kita bisa sehat lahir batin. Nah, itulah cerita hidup sehat ala saya, kalau teman-teman bagaimana? Sharring dong....

   

COMMENTS

BLOGGER: 5
  1. Saya masih susah bangat untuk berolahraga padahal tahu sih manfaatnya bagus tapi malasnya itu loh Mba hahahaha

    Tapi makasiih Mba Rita tipsnya sudah ingatin saya untuk hidup sehat. :)

    BalasHapus
  2. udah lama ga olahraga, jadi badan juga mulai ga enak nih ayuk. cuma kapan ya mau olahraga, sibuk saja hari-hari

    BalasHapus
  3. Tambahan lagi, tidur yang cukup juga perlu banget

    BalasHapus
  4. Diantara pola hidup tersebut, olahraga rutin jadi peer terberat. Susah banget melaksanakan

    BalasHapus
  5. Kalau saya olah raga yang malas. Akibatnya mungkin badan mudah Capek ya.
    Salam kenal Mbak Rita..

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: 5 Tips Hidup Sehat
5 Tips Hidup Sehat
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnfg8FilFkLbI1PB50BPjG-E5QIuKgIPE0gwCQKyzaASIalgrPMGhp6m3rid7RZ4c8ZtXGjL3T0UIv1GyjV5H1n-7e6JMTD68Uw-jxa09omWhsljqC0nt_D1k4vzmyDjFdNtvcxgrLLvo/s320/gambar+5+Tips+hidup+sehat.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgnfg8FilFkLbI1PB50BPjG-E5QIuKgIPE0gwCQKyzaASIalgrPMGhp6m3rid7RZ4c8ZtXGjL3T0UIv1GyjV5H1n-7e6JMTD68Uw-jxa09omWhsljqC0nt_D1k4vzmyDjFdNtvcxgrLLvo/s72-c/gambar+5+Tips+hidup+sehat.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2018/12/5-tips-hidup-sehat.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2018/12/5-tips-hidup-sehat.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy