Cara Melakukan Tambal Gigi Berlubang dengan Bahan Herbal

Adakah yang pernah mengalami begitu menyiksanya ketika sakit gigi? Saya pernah mengalaminya, sakitnya begitu menyiksa. Perasaan yang saya ...


Adakah yang pernah mengalami begitu menyiksanya ketika sakit gigi? Saya pernah mengalaminya, sakitnya begitu menyiksa. Perasaan yang saya alami serba salah. Mau makan tidak bisa lantaran sakit gigi dan gusi bengkak. 





Penyebab sakit gigi bisa beragam. Salah satunya adalah karena gigi berlubang. Memang gigi saya banyak yang berlubang dan keropos. Padahal saya rajin merawat gigi sejak dini lho! Faktor kekurangan zat kalsium salah satu pemicunya. Selain itu dari garis keturunan pihak ibu saya mempunyai riwayat kesehatan gigi yang kurang baik.

Gigi yang sudah berlubang dan keropos harus cepat diatasi. Bisa mendatangi klinik dokter gigi langganan. Biasanya dokter gigi akan melakukan beberapa tindakan. Kalau berlubang harus ditambal sesuai dengan prosedur yang diberikan oleh dokter gigi.


Lebih baik mencegah daripada mengobati

Pada beberapa kasus sakit gigi yang terjadi, ada yang disebabkan karena kurangnya menjaga kesehatan gigi sejak dini. Selain itu pola hidup yang kurang baik menjadi pemicunya. Misal, sejak kecil si anak suka makan permen dan mengkonsumsi makanan yang manis. Banyak penelitian ilmiah menyimpulkan bahwa mengonsumsi permen dan makanan yang mengandung zat bercitarasa manis bisa berdampak pada gigi.

Selain itu kurangnya disiplin menjaga kesehatan gigi sejak dini bisa menjadi pemicu masalah pada kesehatan gigi. Tidak rajin menyikat gigi misalnya, membuat sisa-sisa makanan menempel pada gigi. Lama kelamaan bisa membuat gigi menjadi keropos karena dimakan kuman sisa makanan. Nah, kalau sudah begini bisa berujung pada munculnya sakit gigi yang menyiksa.


Atasi segera bila gigi sudah berlubang

Gigi yang sudah berlubang harus segera diatasi dengan cara ditambal.  Selain mendatangi dokter gigi langganan, ada juga lho cara sederhananya. Yaitu dengan memakai bahan-bahan herbal yang tidak berbahaya. Bahan-bahan herbal ternyata juga berguna untuk tindakan tambal pada gigi berlubang. Cara yang satu ini tergolong alami dan merupakan bentuk pencegahan.


Perbanyak makanan-makanan yang bergizi tinggi

Makanan-makanan yang bergizi tinggi dapat mencegah kerusakan pada gigi. Bahkan dapat memperhambat perluasan gigi yang berlubang secara perlahan. Makanan seperti susu sapi dan keju serta beberapa makanan olahan dari susu sapi lainnya mengandung zat kalsium, seng, zat besi dan magnesium. Semua zat-zat ini membuat gigi menjadi lebih kuat dan bisa memperhambat perluasan gigi yang berlubang.

Pencegahan gigi berlubang dapat dilakukan dengan memakan buah-buahan dan sayuran yang kaya akan vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Beberapa jenis buah atau sayur yang memenuhi kriteria di atas adalah pepaya, apel, tomat, brokoli, wortel dan masih banyak lagi. Konsumsi buah-buahan seperti alpukat dan mengkonsumsi protein hewani seperti ayam, daging sapi, telur hingga ikan kod dapat mengurangi rasa sakit akibat gigi yang berlubang.


Hindari makanan yang mengandung gula tinggi 

Makanan yang mengandung gula tinggi dapat membuat mulut menjadi asam dan mengurangi kadar sehat yang dibutuhkan oleh gigi. Akibatnya bakteri atau kuman akan lebih cepat berkembang biak dan mulai merusak gigi. Sehingga proses tambal gigi berlubang pada dokter harus segera dilakukan. 


Hindari makanan yang mengandung asam sitrat secara berlebihan

Beberapa makanan yang mengandung asam fitrat adalah beras dan jagung. Selain itu beberapa kacang seperti almond dan kacang kedelai hingga kacang tanah juga mengandung asam fitrat yang cukup tinggi. Oleh karena itu makanan-makanan tersebut harus dikonsumsi secara bijaksana jika tidak mau menjalani proses tambal gigi berlubang. Asam fitrat adalah suatu zat yang terdapat dalam makanan yang tidak mengandung fitrase. Makanan yang tidak mengandung fitrase akan menyebabkan zat tertentu yang tidak dapat dicerna dengan baik.

Itulah beberapa tindakan pencegahan atau penanganan awal terhadap gigi berlubang. Sangat disarankan untuk segera melakukan tindakan tambal gigi berlubang ke dokter gigi jika dirasa semakin parah.

Nah pilih mana, mencegah datangnya sakit gigi atau mengobati ketika gigi sudah sakit dan berlubang?


COMMENTS

BLOGGER: 46
  1. Waduh mbak, kalo udah sakit gigi ampun deh,kepala pun ikut sakit. Iya deh, mending merawat dari pada sampai mengobati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. gak ada enaknya ya kalo sakit gigi, serba salah..hihi..

      Hapus
  2. mending sakit gigi daripada sakit hatiii.. #eh hihihihi emang kalau gigi bermasalah itu pusingnya keseluruh badan, jadi sebelum menambal harus beneran dijaga. Btw aku baru tau ternyata almond & kedelai mengandung asam sitrat yg banyak & tidak disarankan untuk gigi berlubang lho :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget Mba, sakit gigi itu bisa bikin sekujur tubuh sakit semua, hihi

      Hapus
  3. aku udah gak bisa cegah mba, gigi graham bolong udah banyak banget huhuhu

    BalasHapus
  4. Duh, penyakitku adalah gigi berlubang dan gigi yang aduhai banget lah. Jadi, memang saya harus pinter pinter memilih makanan supaya pas makan ndak sakit gigi. Bagaimanapun juga sakit gigi itu sangat menyakitkan dan enggak boleh disengggoooool

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghindari makanan yg manis2 dan harus segera dibersihkan setelah menyantap makanan yg manis2..

      Hapus
  5. Aku itu gigi atas kanan malah ga jelas mak Rita, jadi kayak ditambal permanen tapi dalamnya bolong

    Jadi sampe sekarang ngiluuuu banget kalo dingin. Emang ga boleh cuek Ama gigi ya, mencegah lebih baik daripada mengobati

    BalasHapus
  6. Aku banget ini mba Rita
    Udah berlubang lagi gigi yang aku tambal
    Mau ke dokgi masih degdegan hahahha
    Dokter gigi tempat yang paling aku takuti

    BalasHapus
  7. Aku pernah tambal gigi berlubang, 30 menit setelah ditambah rasanya nggak karu karuan ini mulut. Bau banget sama bahan penambalnya. Karena nggak kuat, aku kumur2 dan penambalnya hilang. Langsung makan penywtan lele haha

    BalasHapus
  8. Gak enak bangey deh kalo gigi berlubang. Selain makanan bs nyelip, terus jadi ada rasa ngeganjel...juga bisa bau mulut. Selain itu ganggu penampilan dan ngurangi rasa nyaman di mulut. Terparah kalo sakit gigi, duh... Pengen nangis karena kesakitan parah. Hiks jangan sampai deh

    BalasHapus
  9. Makasih tipsnya MBA, anakku nih banyak lubang di giginya harus dicegah sejak Dini ya

    BalasHapus
  10. Gigi saya berlubang hiks, jadi kalau makan makanan yang manis langsung cenut cenut hihihih.

    BalasHapus
  11. Aku udah cpt2 tambal mba klo ada lubang. Sedih sakitnya ampun. Sekarang alhamdulillah nggak pernah sakit gigi. Paling pakai pasta gigi utk gigi sensitive aja supaya nggak ngilu

    BalasHapus
  12. Aduh sakit gigi itu enggak banget deh ya Mbak..
    Makanya setuju sekali kalau perawatan gigi secara berkala itu penting sekali...termasuk segerq menambal jika memang berlubang

    BalasHapus
  13. sitrat sm fitrat mmg berbeda ya mbak? wah baru ngerti lho ttg asam fitrase yg ternyata juga kurang baik bagi gigi

    BalasHapus
  14. Contoh akibat kebanyakan makan permen dan makanan manis, ya saya. Dari SD saya sering mengalami sakit gigi. Parahnya pas SMK, saya sampai 2 minggu gak masuk sekolah gegara sakit gigi.

    Dan gigiku gak bisa ditambal lagi. Udah harus dicabut :(

    BalasHapus
  15. Gigi berlubang memang menjadi masalah yang serius jika tiba-tiba sakit. Kadang belum tergerak untuk menambal gigi sebelum bagian tersebut sakit. Semoga terhindar dari sakit gigi yang sangat tidak nyaman tersebut.

    BalasHapus
  16. Lebih baik mencegah dong, tapi suka khilaf makan yang manis-manis...

    BalasHapus
  17. menghindari manis-manis itu betul sih, dari kecil aku kurang suka makan permen sampai sekarang gigiku masih bagus gak berlubang lain sama sodaraku yang doyan banget permen coklat, giginya gali tutup lobang hihi

    BalasHapus
  18. Aku suka makan cokelat, iya banget bikin gigi berlubang.

    BalasHapus
  19. aku termasuk orang yang takut ke dokter gigi, mangkanya harus rajin merawat

    BalasHapus
  20. Aku pernah sakit gigi sampe bengkak dan akhirnya ga sekolah... Padahal aku udah cukup rajin gosok gigi. Tapi kayaknya gigi aku sensitif.. jadi aku lebih rajin lagi merawat gigi dan mengurangi makan makanan yang manis...

    Sakiit kalo sakit gigi.. huhuhhu

    BalasHapus
  21. Gigi aku ada yang berlobang pas sakit yaampun sampe sakit kepala. Waktu itu gak aku apa"in cuma minum obat aja tapi semakin lama lobangnya semakin besar akhirnya aku tambal.

    BalasHapus
  22. Aku udah kehilangan dua gigi ketika hamil dua kali. Dan sekarang gigiku ada yang keropos, harus ditambah sih sebenarnya. Padahal ada adik ipar juga yang dokter gigi, tapi belum sempat meminta jadwal nambal gigi

    BalasHapus
  23. Aku termasuk yang jarang sakit gigi mba, tapi jadi reminder nih buat ngurangin makanan manis-manis. Aku hobi beli es krim jam istirahat kantor nih.. hihi

    BalasHapus
  24. Semua tentang gigi memang kudu ekstra diberi perhatian ya, mba.
    Soalnya sakitnya itu sampai ke ubun-ubun.

    Beda kalau dibandingkan sama flu, sakit perut dan lain-lain.
    Sakit gigi ini kayaknya suhu dari semua penyakit, bahahaha...

    Sejak pernah sakit gigi waktu kuliah dulu (tahun 1986 gitu), aku bertekad menjalankan ritul sikat gigi terutama sebelum keperaduan itu, is a must!

    BalasHapus
  25. Waduh pantesan kok aku ini berlubang terus. aku suka mengokonsumsi susu kedelai secara kan lagi nyusuin, eh bener lubangku nambah, baru tau kalo kedelai mengandung asam sitrat ya ditambah susunya manis, pantes makin parah hiks

    BalasHapus
  26. Gigi berlubang kalua gak segera diatasi bisa menyebabkan masalah lain ya mbak, selain sakit di gigi juga bisa jadi sumber masuknya kuman dan bisa jadi bau mulut. Wah aku penasaran nih mbak pakai bahan-bahan herbal nanti dimasukkan ke dalam gigi gitu ya?
    Aku suka makan coklat tapi habis itu selalu sikat gigi takut bolong

    BalasHapus
  27. Ini aku sedang mencari dokter gigi anak yang bagus, yang reviewnya oke karena ngeri anakku parno begitu masuk ruang dokternya.

    BalasHapus
  28. Bicara soal gigi berlubang, saya udah kapok banget karena dulu ngga rajin sikat gigi. Satu gigi saya yg lubang ajah, dirawat dr jaman saya SMP sampai kuliah. Dan kuliah, kudu dicabut. Rasanya kaya patah hati *curhat hehe

    BalasHapus
  29. Sakit gigi itu, kerasanya bisa dari kepala hingga ujung kaki ya, Mbak. Gak nyaman kalau udah sakit gigi.
    Memang lebih baik mencegahnya dengan melakukan perawatan gigi dan mengonsumsi makanan yang bergizi dari pada mengobati

    BalasHapus
  30. iya banget, lebih baik mencegah daripada memperbaiki

    Ngga heran, mereka yang usianya udah sepuh banget, giginya masih utuh karena merawat gigi sejak kecil

    BalasHapus
  31. Aku memiliki gigi yang menurutku mudah rapuh, hingga kini sudah ada beberapa gigi yang "hilang", awalnya gupil sedikit demi sedikit lama-lama habis deh

    BalasHapus
  32. Alahmdullilah gigiku sudah gak ada yang berlubang karena yang berlubang parah aku cabut ke dokter gigi, buat dirawat juga sudah tidak tertolong lagi.Gigiku harus kurawat ini biar ga bolong lagi, makasih tipsnya mba

    BalasHapus
  33. Ada ya bahan-bahan herbal untuk menambal gigi, Mbak? Apa ajakah?

    BalasHapus
  34. gigi geraham bungsu
    kalo lubang sakit kalii
    makanya harus dirawat banget ini gigi

    BalasHapus
  35. waduh. poin2 nya sering dilakuin semua. apalagi kalau makanan manis2. hehhe
    gk lagi dehh . kapok sakit gigi eii

    BalasHapus
  36. Kalo nggak mau ke dokter gigi gimana mba Rita wahakakaka aku penakut
    harus hati-hati makann ini, sama jaga kesehatan mulut biar nggak berlubang melulu

    BalasHapus
  37. Untungnya aku belum pernah sakit gigi. Dah jangan sampailah. Yg jelas, kmrn aku baru pertama kalinya ikut tambal gigi. Sakit ya kayak digerus gitu. Linu.habis itu serasa ada yg beda kalau makan. Makasih mbak info lengkapnya, bermanfaat 🙏

    BalasHapus
  38. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Dari tulisan ini aku jadi tahu kalau ada bahan-bahan makanan yang justru malah membuat lubang ya.

    BalasHapus
  39. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati apalagi sakit gigi.. hmm :) Makasii udah sharing ya Kakaa

    BalasHapus
  40. Saya jadi teringat beberapa bulan lalu pernah operasi pencabutan gigi gara-gara gigi agak miring. Duh, sakit luar biasa pas operasi plus setelahnya. Ya Allah, sehat betapa mahal dan harus dijaga. Istri saya beberapa kali melakukan penambalan tuh, semoga awet ya Mbak.

    BalasHapus
  41. Waduh masalah gigi ini terkadang jadi perhatian yg serius dan suka terlupakan. Kalo sudha sakit lebih sakit dari sakit hati huhuhu

    Salam,
    www.kidalnarsis.com

    BalasHapus
  42. Penting banget nih pencegahannya. bahkan sejak usia anak2 ya.. Karena kalo sampe sakit gigi gara2 gigi berlubang... wahh rasanya mending sakit sakit hati *ehhh

    BalasHapus
  43. pernah ngerasain sakit gigi sekali, tapi nggak mau sakit lagi :(
    nggak enak banget rasanya :(

    BalasHapus

scroll untuk melihat konten
scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Cara Melakukan Tambal Gigi Berlubang dengan Bahan Herbal
Cara Melakukan Tambal Gigi Berlubang dengan Bahan Herbal
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtWWCmSqJ_B6bMVgRuRTUvMynjnMHuEXZeSrF-WK4kMreZ9L2K-JUakTpz_Xss02miXBtAH3q5mWqdKg0I8aSEuzyVIU2p3nSvIbsTahma2_INXSHz8uImfK4v5xcbQXRfhkAsaxkv8rY/s400/gambar+artikel+GIGI+BERLUBANG.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjtWWCmSqJ_B6bMVgRuRTUvMynjnMHuEXZeSrF-WK4kMreZ9L2K-JUakTpz_Xss02miXBtAH3q5mWqdKg0I8aSEuzyVIU2p3nSvIbsTahma2_INXSHz8uImfK4v5xcbQXRfhkAsaxkv8rY/s72-c/gambar+artikel+GIGI+BERLUBANG.jpg
SPIRIT OF MY LIFE
https://www.rita-asmara.com/2019/03/cara-melakukan-tambal-gigi-berlubang.html
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/
https://www.rita-asmara.com/2019/03/cara-melakukan-tambal-gigi-berlubang.html
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy