Melancong Asyik ke Bengkulu

Siapa yang belum pernah ke Bengkulu? Atau ada yang sudah pernah ke Bengkulu? Kalau saya sudah beberapa kali ke sana. Kebetulan ada saudara sepupu yang tinggal di Bengkulu. Jadi pas saya melancong ke sana bisa mampir ke rumah saudara, sekalian bersilaturahmi.

Ngomongin soal Bengkulu, pasti teman-teman sudah tahu kalau kota ini masuk dalam sejarah. Mantan Presiden Soekarno pernah dibuang dan diasingkan ke Bengkulu. Selain itu Ibu Fatmawati Soekarno berasal dari daerah Bengkulu. Nah klop deh, tambah populer kota Bengkulu masuk dalam sejarah republik ini.

Rumah Ibu Fatmawati Soekarno di Bengkulu

Kota Bengkulu memiliki magnet tersendiri bagi saya. Buktinya saya tidak pernah bosan datang melancong ke sana. Seperti yang terjadi pada awal tahun 2019 ini, saya dan teman-teman melancong bareng ke Bengkulu. Momen melancong bareng teman ini selalu masuk dalam agenda tahunan saya. Seru dan asyik banget kalo melancong rame-rame bareng teman. Selalu ada kisah yang membekas dalam setiap perjalanan yang saya lakoni.

Jadi ceritanya saya berangkat bareng teman ke Bengkulu pada tanggal 3 Januari 2019. Kalau biasanya orang mengambil jatah liburan pada akhir tahun, tidak demikian dengan kami. Jatah liburan kami ambil pas membuka tahun 2019. Koq liburannya pada awal tahun? Pasti ada teman yang bertanya demikian ya? Nih saya kasih jawabannya, saat akhir tahun 2018 masing-masing dari kami ada acara sendiri-sendiri. Jadi kurang pas waktunya saat akhir tahun untuk jalan-jalan bareng teman. Akhirnya kami memutuskan waktu yang tepat bagi kami untuk melancong pada awal tahun 2019. Gitu deh ceritanya!

Alhasil, pada tanggal 3 Januari 2019 (Kamis malam) kami berangkat naik kereta api tujuan Palembang-Lubuk Linggau. Nanti setelah tiba di Lubuk Linggau kami akan melanjutkan perjalanan menuju Bengkulu menggunakan mobil carteran. Berangkat dari stasiun kertapati Palembang pukul 20.00 WIB, tiba di Lubuk Linggau pukul 03.30 WIB. Sebelum melanjutkan perjalanan kami sempatkan untuk shalat subuh di mushallah stasiun Lubuk Linggau. Mobil yang kami carter sudah tiba. Jreng... jreng... jreng.. kami akhirnya melanjutkan perjalanan.

Selama perjalanan dari Lubuk Linggau menuju Bengkulu, kami sempat singgah di Curup. Di Curup ini kami mampir ke rumah kerabat teman perjalanan saya, untuk menumpang mandi dan salin pakaian. Tuan rumahnya baik banget, pas kami tiba di rumahnya sudah tersaji makanan untuk sarapan pagi.

Setelah selesai mandi baru deh tubuh terasa segar. Udara di Curup sangat sejuk, pantaslah banyak tumbuhan bunga yang cantik dan tumbuh subur. Setelah sarapan pagi kami sudah tak sabar lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Bengkulu.

Akhirnya, kami tiba juga di kota Bengkulu sekitar pukul 13.00 Wib. Untunglah sebelumnya kami sudah booking hotel sehingga pas tiba langsung bisa istirahat di hotel. Kami menginap di Jodipati Hotel yang terletak di Jalan Sutoyo. Hotelnya lumayan apik dan bersih. Kelihatan dari depan hotel ini kecil. Tapi dugaan saya salah. Makin kedalam makin terasa deh hotel ini lumayan luas. Kami menginap di Jodipati Hotel hanya semalm. Karena esok harinya akan balik lagi ke Lubuk Linggau setelah melancong sebentar ke objek wisata Rumah Pengasingan Soekarno dan membeli oleh-oleh khas Bengkulu.

Ada caranya agar kita bisa mendapatkan hotel tempat menginap yang sesuai dengan budget kita. Bisa cari hotel melalui aplikasi Pegipegi. Caranya mudah sekali, donlot aplikasi Pegipegi di hape melalui playstore. Setelah aplikasi terpasang pada hape nantinya teman-teman bisa dengan leluasa berselancar mencari hotel mana yang akan dipesan.

Donlot aplikasi Pegipegi versi terbaru di hape

Apa kelebihan aplikasi Pegipegi? Kelebihannya banyak sekali lho.. Pertama, kita bisa berselancar dengan mudah mencari hotel mana yang kita inginkan. Kedua, kita bisa menemukan banyak sekali promo hotel. Mau cari hotel murah sekalipun bisa langsung berselancar saja di Pegipegi. Pokoknya urusan pesan hotel dan booking hotel murah ada di Pegipegi deh!

Seperti yang kami lakukan sebelum melancong ke Bengkulu, kami sudah terlebih dahulu berselancar mencari hotel. Begitu membuka aplikasi Pegipegi nantinya kita akan menemukan banyak hotel yang ditawarkan. Apalagi budget hotel sesuai dengan budget kami, langsung deh kami pesan hotel Jodipati yang berada di lokasi cukup strategis di kota Bengkulu.

Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi di kota Bengkulu
1. Pantai Panjang
2. Rumah Pengasingan Bung Karno
3. Rumah tinggal Ibu Fatmawati Soekarno
4. Benteng Marlborough

Pantai Panjang adalah pantai terkenal di Bengkulu. Sesuai dengan namanya pantai ini memiliki garis pantai mencapai 7 kilometer. Sedangkan lebar pantai sekitar 500 meter. Di pinggir pantai banyak terdapat pondok-pondok kecil. Di pondok-pondok ini kita bisa duduk-duduk sembari memandang deburan ombak di lautan lepas. Angin semilir yang berhembus makin menambah suasana menjadi segar. Apalagi sambil menyeruput air dogan kelapa muda, hadeh gak bisa dilukiskan deh asyiknya berada di Pantai Panjang.

Memandang lautan lepas di Pantai Panjang Bengkulu

Rumah Pengasingan Bung Karno terletak di Jalan Soekarno Hatta Anggut Atas Bengkulu. Di tempat inilah mantan presiden Soekarno menjalani masa hukumannya. Beliau dibuang dan diasingkan di tempat ini sebagai tahanan politik.

Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah tinggal Ibu Fatmawati terletak di Jalan Fatmawati Bengkulu. Letaknya berdekatan dengan Rumah Pengasingan Bung Karno yaitu sekitar 200 meter. Yang menjadi ciri khas bangunan ini ada patung Ibu Fatmawati di area halaman depan. Bagi pengunjung yang mampir bisa berfoto di depan patung tersebut sebagai kenangan pernah ke sana. Di sekitar tempat ini juga banyak terdapat kios-kios yang menjual aneka kuliner dan cinderamata khas Bengkulu.

Rumah Ibu Fatmawati Soekarno

Benteng Marlborough terletak di JalanAhmad Yani Bengkulu. Benteng ini merupakan benteng peninggalan jaman pemerintahan Inggeris selama menjajah Bengkulu.  Letak benteng ini berada di atas bukit dan menghadap ke lautan lepas. Bila kita berada di atas benteng ini kita bisa memandang ke arah laut dan melihat panorama kota Bengkulu dari atas ketinggian.

Benteng Fort Marlborough

Keempat objek wisata tersebut wajib dikunjungi. Belum ke Bengkulu kalau belum singgah di objek-objek wisata di atas. Yang menarik saat melancong di Bengkulu ketika kita bisa berkunjung ke objek wisata yang mengandung unsur sejarah. Itulah nilai plusnya bila melancong ke Bengkulu. Nah, bagi yang belum punya tujuan mau berlibur kemana pas libur sekolah nanti, bisa mengajak keluarga tercinta ke sana. Dijamin deh acara melancong makin asyik karena selain melancong kita bisa mendapatkan edukasi sejarah dari objek wisata yang dikunjungi.

COMMENTS

BLOGGER: 30
  1. Saya penasaran banget dengan rumah pengasingan Sukarno. Semoga lain waktu bisa kesana.

Balasan
    1. Nah kalo penasaran monggo main2 ke Bengkulu, masih banyak lagi koq tempat asyik selain Rumah Pengasingan Soekarno..

Hapus
  2. Bengkulu ternyta menyimpan banyak warisan sejarah.
    Kapan2 aku mauuuu ke sana :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

BalasHapus
  3. kebetulan ada sodara di bengkulu. kalo main ke sana mau mampir ah ke tempat2 ini. makasi infonya mba :)

4. Ada beberapa teman blogger di Bengkulu, salah satunya Inokari. Pengen temu kangen sama dia...dari dunia maya jadi nyata. Semoga bisa ke pantai panjang dan 3 obyek wisata lainnya juga kayak mbak

Salam manis,
    Artha

5. Ya Allah.. aku pengen banget ke sini Mbak

6. Aku belum pernah mbak ke Bengkulu, dulu temen kuliahku asli sana jadi cuma bisa denger2 cerita mereka aja.
    Mbak Rita aj agak perah bosan datang ke Bengkulu, sepertinya aku harus ke ana jyga ya kapan-kapan.
    Pantesan di sebut Pantai Panjang karena garis pantainya lumayan panjang juga ya.

BalasHapus
  7. Saya belum pernah ke Bengkulu Mbak, dulu tahu Bengkulu cuma dari pelajaran PSPB rumah pengasingan Bung Karno. Pantai Marlbourogh itu terkenal sekali ya, temen temenku cerita kepingin balik lagi ke Bengkulu untuk traveling

8. Aku Blum pernah mba,,, DH kpingin bngt nih explore ke Bengkulu selain gk punya family terdekat Kali y jd Blum kepikiran walaupun sbnrny kpingin,,,bner bngt nih klo pkai Pegipegi nyaman

9. Aku belum pernah ke Bengkulu, mbak..
    Padahal dulu kuliahnya di Lampung...kan dekat ya
    Kalau ada rejeki ke sana pengen deh liat Rumah Pengasingan Bung Karno..

BalasHapus
  10. Penginnya suatu saat nanti bisa ke Fort Marlborough bareng keluarga. Sama sekali belum pernah ke Bengkulu nih mbaaa.. Semoga ada kesempatan untuk melihat rumah Ibu Fatmawati juga.

11. Masih disimpan dlm mimpi keinginan liat rumah Ibu Fatmawati dan benteng besejarah, tapi entah kapan ya mimpi itu bisa terpenuhi.

12. Saya blm pernah ke bengkuluuuuu.. Penasaran sama pantai panjangnya. Dah banyak yg cerita.

13. Wahhh aku penasaran pengen ke benteng Malborough nya 😍
    Mudah2an bisa ke Bengkulu nti jalan2 sama hubby 😍 apalagi ada app pegi-pegi 😄

14. Saya baru ke pantai panjang aja. 3 tempat lainnya cuma dilewati

BalasHapus
  15. Mbak seru banget ih travelingnya. Aku nih yang belum pernah ke Bengkulu. kayaknya memendam keinginan yang udah lama buat ke sana. Soalnya dulu pas ke Kerinci sempat terfikir mau belok ke Bengkulu eh tapi batal karena bingung ngatur waktunya.

16. Sayaaaa mbak, belum pernahke Bengkulu :D Sip deh, dicatet dulu empat tempat wisatanya, biar ntar kalo ada planning halan halan ke Bengkulu udah tau kudu ke mana aja.

17. Wah, seru banget tuh piknik ke Bengkulu. Aku belom pernah ke sana deh, Mbak. Pantainya waaaah... bikin mupeeeng

BalasHapus
  18. Saya baru berkunjung di Palembang, itu pun nggak nginap karena cuma mampir di rumah kakak. Jadi ke BEngkulu bisa ya dari Palembang, harus menyusun rencana nih bersama suami dan keluarganya. Di Bengkulu juga ada Pantai Panjang ya, kayak nama pulau di Jepara.

19. AKu aku aku mak belum pernah ke Bengkulu. Penasaran sih di sana ada hal apa aja yang menarik buat dikunjungi. Trus penasaran juga sama kulinernya

20. Sy blm pernah k bengkulu pak suami sdh tugas kantor trus exten buat jalan2, sy lihat foto2nya d rmh soekarno sejak itu pengen ke bengkulu

BalasHapus
  21. Kalo membaca keindahan wisata Bengkulu selalu klepek-klepek pingin segera bisa kesana. Belum pernah saya Mbak.

22. Bengkulu ini sungguh banyak sejarah yang terendap di sini yaa...
    Banyak kisah yang terukir, membuatku ingin sekali ke Bangkulu.

Balasan
    1. Betul Mba, Bengkulu merupakan salah satu tempat bersejarah di Indonesia

Hapus
  23. Ternyata Bengkulu selain punya tempat wisata yang indah juga banyak menyimpan tempat-tempat bersejarah ya

BalasHapus
  24. Aku belum pernah ke Bengkulu nih. Ternyata menarik juga yah di sana. Semoga bisa suatu hari ke sana deh. Kayaknya klo mudik lewat darat bisa dilewatin juga nih.

25. Padahal ada sodara di Bengkulu tapi belum pernah nih ke sana hehehe semoga next bisa juga jalan-jalan ke sana

26. Baca artikel ini jadi inget film Soekarno. Saat-saat dalam pengasingan, jadi guru eh malah ketemu calon ibu negara. Seru juga kalau lihat langsung lokasinya ya. Sepertinya tempatnya juga terawat. Dan memang harusnya dirawat kan ya. WOng termasuk saksi sejarah.

27. Aku penasaran banget nih sama bengkulu, bunda. Belum pernah kesana

scroll untuk melihat konten
Nama

#BPN30DayChallenge2018,1,Aneka Info,14,Aneka Tips,16,Arisan Link,8,Asian Games 2018,1,AWARD,5,Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.com,1,BPN30DayChallenge2018,1,Catatan Perjalanan Umroh,8,Content Placement,1,Event Blogger,1,FIKSI-CERPEN,1,FLASH FICTION,1,Hadiah GA,5,Hidup Sehat,6,Hobi TTS,1,iblogmarket,2,Infus Glutathione terbaik,1,Infus Vitamin C terbaik,1,Jalan-jalan,28,Jokes,15,Klinik Anti Aging terbaik,1,Klinik Ozon terbaik,1,Koleksi Buku,3,Koleksi Foto,3,Kompetisi Tulisan/Give Away,91,My Diary,55,My Story: Life and Love,2,ODOP-ISB,1,Ragam Informasi,3,Ragam Kuliner,13,Review,6,Review Blog,9,Review on The Spot,1,Road To Hajj 2016,1,Setetes Embun,6,Solusi Sehat dengan Terapi Ozon,1,Standford Medical Center,1,Stanmed,1,Tali Asih,5,Teknologi,1,Tentang Ompick,6,Toped,27,Travelling,32,Tulisan di Media,3,Umroh 2010,16,Wisata,29,
ltr
item
SPIRIT OF MY LIFE: Melancong Asyik ke Bengkulu
Melancong Asyik ke Bengkulu
SPIRIT OF MY LIFE
true
8924896856438245291
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy