Selasa, 30 Juni 2015

Pengen Punya Mobil yang Mendukung Aktifitas Harianku


Dulu, seluruh aktifitas keseharianku didukung dengan kendaraan sepeda motor. Kemana-mana aku bawa sepeda motor. Menurutku lebih enak bawa sepeda motor daripada mobil. Alasannya, bawa sepeda motor itu bisa cepat sampai di tujuan. Tahu sendiri kan saat ini pertumbuhan kendaraan bermotor sangat pesat tak seimbang dengan kondisi jalan yang cuma segitu-gitu saja. Kalau naik sepeda motor kita bisa nyalip kendaraan di depan ketika terjebak macet.

Namun, sejak kejadian tiga tahun lalu dimana ketika itu aku mendapat musibah ketika mengendarai sepeda motor. Tepatnya pada tahun 2012 yang lalu  tiga kali terjatuh dari sepeda motor sehingga tulang selangka sebelah kanan patah. Akibatnya aku harus dioperasi pasang pen. Sejak kejadian musibah itu hingga kini aku trauma bawa sepeda motor. Kini, kalau ke kantor aku naik turun angkutan umum. Masalahnya kalau naik angkutan umum, kita harus banyak bersabar. Kadang-kadang angkutan umum yang akan kita naiki itu sudah penuh. Harus menunggu lagi datangnya mobil angkutan lain. Efeknya kita bisa terlambat datang ke kantor atau ke tempat tujuan lainnya.

Nah, gara-gara hal itu terbersitlah keinginan ingin punya mobil sendiri. Alasannya, bepergian naik mobil lebih safety dibandingkan sepeda motor. Kalau terjadi senggolan di jalan kan tak langsung mengenai tubuh kita. Lalu kita terhindar dari udara panas maupun kehujanan. Dan yang tak kalah penting nih, kemana-mana aku bisa bawa teman dong kalau mau jalan-jalan.

Dulu, aku dan suami punya mobil yang kami beli dalam kondisi mobil seken. Ugh....tiap tiga bulan sekali aku stres lantaran mesti mengeluarkan biaya perawatan dan ganti oli. Tahu sendiri kan yang namanya mobil seken kondisinya tak selalu prima. Bila pas ganti oli dan perawatan mesin selalu ada saja alat-alat atau onderdil lain yang diganti. Lama-lama biaya yang dikeluarkan untuk perawatan mobil seken itu membengkak. Inilah salah satu alasan kenapa aku ingin sekali membeli mobil yang lebih bagus.

Keinginan ingin punya mobil baru milik sendiri pernah aku diskusikan dengan suami.

      "Bagaimana sayang, boleh kan aku beli mobil? Boleh ya...boleh ya...?" rayuku setelah menceritakan latar belakang ingin punya mobil pribadi.

      "Lho, bukannya kamu sudah memiliki mobil dinas? Untuk apa beli mobil lagi?"

     "Tapi mobil itu kan milik negara. Malu dong aku kalau dibawa-bawa untuk kepentingan pribadi. Apa kata dunia? Nanti aku dikira memanfaatkan fasilitas negara bukan untuk kepentingan dinas. Tahu sendiri kan sayang, sebentar lagi Lebaran. Masa' keliling-keliling silaturahmi sama keluarga mesti bawa-bawa mobil dinas? Malu ah...!" jelasku panjang lebar.

      "Yah sudah....terserah kamu deh. Tapi dengan catatan ya, kamu sendiri yang nyetir jangan nyuruh aku ya jadi sopirnya!" suamiku mewanti-wanti.

       "Oke sayang.....makasih ya sudah mengizinkan...," tukasku bahagia.

Urusan selanjutnya adalah diskusi memilih mobil yang tepat dan sesuai dengan kebutuhanku. Pilihanku jatuh pada city car Toyota Agya. Kenapa aku naksir sama Toyota Agya? Ini nih alasannya:
  1. Menurutku, mobil kecil sejenis city car bisa menjadi solusi masalah ketika terjadi kemacetan di jalan raya. Di kota-kota besar sekarang ini kondisi jalan sudah parah, di mana-mana ada titik-titik kemacetan. Ughh...gerah sekali ketika terjebak macet. Nah, kalau pakai mobil kecil kan lebih lincah untuk menerobos kemacetan di jalan raya.
  2. Jujur nih, awalnya naksir Agya lantaran sahabat karibku si Idah udah beli Agya duluan. Menurutnya Agya itu hemat BBM. Tahu sendiri kan harga BBM kini semakin selangit. Kalau duit habis hanya untuk beli BBM kan sayang tuh, lebih baik sebagiannya digunakan untuk keperluan lain, iya kan? Lalu aku pun mencari info di web www.rajamobil.com. Di web tersebut informasi yang kubutuhkan seputar mobil Toyota Agya lengkap sekali tuh. 
    Penampakan diriku berlatar belakang Agya milik sahabatku Idah.
    Kami sering jalan-jalan pakai Agya, salah satu kisahnya kutulis di SINI
  3. Selain itu, mobil produk pabrikan Toyoya memiliki harga mobil bekas yang relatif tinggi. Sehingga bila kita pengen ganti mobil lagi dan berniat menjual mobil yang lama, mobil seken ini masih mempunyai nilai pasaran yang cukup tinggi. Tidak rugi-rugi amat kan bila dijual lagi? Berarti dengan nilai jual mobil seken yang relatif tinggi kita sudah mendapatkan keuntungan lebih dong, keuntungannya ya itu...keuntungan pemakaian sebelumnya.
  4. Karena aku ini pegawai negeri, aku hanya mampu beli mobil secara mencicil. Nah...di web raja mobil kita bisa mendapatkan informasi memiliki mobil dengan cara cicilan atau kredit. Selain itu di web tersebut kita juga memperoleh informasi mengenai harga mobil dari berbagai merek. Setelah aku baca-baca syarat dan ketentuannya baru aku paham mengenai proses beli mobil secara cicilan. Langkah pemerintah sudah tepat mengeluarkan kebijakan mobil murah. Sehingga aku yang kondisi ekonominya pas-pasan punya kemampuan memiliki mobil walaupun dengan cara cicilan. 
Nah...semua alasan dan informasi bagaimana caranya bisa memiliki mobil sudah aku dapatkan. Termasuk juga mengenai syarat dan ketentuannya. Sekarang tinggal cerita lagi dan laporan kepada suami tercinta untuk minta ACC darinya.




Jumat, 26 Juni 2015

Tips Menabung: RECEHAN JUGA BERHARGA KOQ!


Menurut KBBI, menabung mempunyai arti: menyimpan uang baik itu di celengan, pos, bank dan lain sebagainya. Sedangkan tabungan mempunyai arti:  1) tempat menabungkan uang, celengan, 2) uang tabungan; uang simpanan.

Berbicara mengenai konsep menabung, sejak aku masih duduk di bangku SD sudah dikenalkan dengan menabung. Orangtuaku mengenalkan konsep menabung dengan cara yang sederhana. Ketika itu, aku dan adik-adikku dibelikan celengan dari tanah liat berbentuk ayam. Setiap papa gajian kami selalu dibagikan uang logaman (koin) untuk dimasukkan kedalam celengan ayam. 

Begitulah seterusnya sampai tiba waktunya masa memasuki tahun ajaran baru. Berarti kita kan mesti punya seragam baru, tas baru, sepatu baru bahkan buku-buku dan perlengkapan sekolah yang baru. Dari mana uang untuk membeli barang-barang baru itu? Aku tak pernah kesulitan membeli keperluan sekolah yang baru. Bermodalkan uang celengan kami bisa membelinya. Kalaupun belum cukup uangnya, mama akan menambahkan uangnya agar bisa dibelikan sesuatu. Hal yang paling aku suka dan menjadi kenangan hingga kini adalah saat memecahkan celengan. Aku dan dua adikku berkumpul dengan celengan masing-masing. Lalu celengan itu dipecahkan dan cring...cring...berhamburanlah uang logaman. Aku dan adik-adik sangat bersemangat menghitung jumlah uang logaman itu.

Seiring dengan perkembangan jaman, kegiatan menabung sangatlah mudah dilakukan. Tidak hanya secara konvensional menabung kedalam celengan. Kini anak-anak pun sudah bisa memiliki tabungan. Bangaimana caranya? Kan anak kecil belum berusia dewasa, belum punya KTP sebagai syarat untuk membuka tabungan? Tenang...tenang..., saat ini pihak bank memberi kemudahan dengan cara didaftarkan oleh orangtuanya. Nanti nama yang tertera dalam buku rekening itu adalah nama orang tua CC. nama si anak. Misal, Rita Asmara CC. Raffy Algifari (nama yang tercantum dalam buku rekening).

Berbicara masalah menabung nih...jujur aku katakan bahwa aku adalah orang yang susah sekali menabung. Lho koq bisa? Kan aku bekerja, punya gaji lagi? Kemana saja tuh larinya uang? Jujur... aku ngaku bahwa aku orang yang tidak pintar mengelola keuangan, kira-kira kurang baguslah manajemen keuangannya. Uang yang kusisihkan tiap bulan belumlah bertahan lama sudah kuambil. Kemana lagi larinya kalau bukan ke mall, haha.. Olehkarenanya, cara paling aman bagiku adalah menabung dalam bentuk tabungan asuransi. Uangnya tak bisa diambil dalam jangka waktu tertentu sampai pada masa jatuh tempo. Nah, aman bukan? 

Cara lain yang kulakukan untuk menabung adalah menabung uang logaman (koin). Aku pernah membaca artikel di sebuah majalah tentang tips menabung. Menurut artikel tersebut, menabung itu tak perlu dalam jumlah yang banyak. Menabung uang recehanpun bisa dilakukan koq. Jangan pandang rendah nilai uang logam (koin) tersebut. Masih ingat kan dengan peribahasa "Sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi bukit.?" Nah, akupun langsung mengikuti tips-nya. Di rumah, aku punya celengan plastik tempat menyimpan uang logaman. Tiap kali  habis berbelanja pasti kita dapat uang kembalian berbentuk logaman kan? Lama-lama celengan itu penuh. Sudah beberapa kali aku berhasil menabung recehan seperti ini. Rata-rata bisa terkumpul uang 700 ribu hingga 1 juta rupiah dalam satu tahun. Lumayan kan?

Berbicara mengenai menabung, kini banyak lho bank-bank yang menawarkan produk tabungan dengan kelebihan masing-masing. Tak sulit untuk mengetahui informasi mengenai produk perbankan yang satu ini, karena ada cara yang praktis. Kita cukup mengklik web Cermati.com, di sana ada banyak jenis tabungan yang bisa dipilih sesuai keinginan masing-masing. Nah, tunggu apa lagi, bagi yang ingin menambah lagi satu rekening penyimpanan bisa klik wed di atas.Lalu kunjungi cabang terdekatnya untuk membuka rekening yang baru.




Sabtu, 20 Juni 2015

GEBYAR BCA TAHUN 2015 DAN WORO-WORONYA MELALUI MESIN AUGMENTED REALITY


Sensasi naik Mercedes-Benz, aplikasi dari teknologi Augmented Reality (AR)
yang digunakan BCA untuk woro-woro promo GTB 2015

Tidak terasa ternyata aku menjadi nasabah BCA sudah berjalan selama empatbelas tahun. Tepatnya pada tahun 2001 aku membuka rekening tabungan Tahapan BCA di BCA Kenten Palembang. Wow... empatbelas tahun ya, bangga juga aku menjadi nasabah setia.

Selama kurun waktu tersebut aktifitas yang sering aku lakukan adalah menabung, transfer dana, tarik tunai dan cek saldo. Cerita awal kenapa aku membuka rekening tabungan Tahapan BCA adalah karena BCA memiliki jaringan luas ke seluruh Indonesia. Dengan jangkauan luas aku berharap setiap transaksi yang kulakukan tak mengalami kendala. Benar saja, dulu itu aku sering melakukan transfer dana dari rekeningku ke rekening Saudaraaku yang tinggal ngekos di Jakarta. Maklumlah, sebagai anak muda yang baru belajar mandiri dan tinggal di rantau, kadang-kadang Saudaraku itumasih butuh suntikan dana dari keluaargaanyaa, hehe.... Biasa, alasan klasik, gajinya belum mencukupi untuk hidup dan tinggal di Jakarta, hehe.... Selain itu, BCA kerap mengadakan acara promo-promo seperti Gebyar Tahapan BCA. Nah... itu pula alasanku mengapa sampai saat ini aku menjadi salah satu nasabah setia BCA. Barangkali saja suatu saat aku hoki dan dapat memenangkan salah satu hadiahnya, haha....

Suasana pelayanan kepada nasabah di kantor BCA Demang Lebar Daun Palembang

Nah... pada tahun ini BCA kembali mengadakan promo lho. Kali ini promonya terasa lebih istimewa yaitu menyertakan mesin Augmented Reality (AR) untuk woro-woro kepada masyarakat. Mesin AR ini adalah bagian dari strategi promo Gebyar Tahapan BCA (GTB) 2015 dimana BCA mengajak seluruh nasabah untuk merasakan sensasi bersama hadiah utama Mersedes-Benz. Jangan lupa untuk bergaya lho... nyetir Mersedes-Benz pada mesin AR. Lalu fotonya bisa di-share ke Facebook dan Twitter dengan hastag #RayakanMomen beserta #RayakanPalembang (kebetulan aku tinggal di Palembang).

Ini lho...mesin Augmented Reality (AR) yang kumaksud

Tidak hanya di Palembang, mesin AR yang canggih ini juga hadir di Surabaya, Medan, Semarang, Kediri, Makasar dan Samarinda. Jangan lupa untuk mention @GoodLifeBCA karena semua foto di social media itu akan dipilih oleh juri-juri BCA dan pemenangnya akan mendapatkan berbagai hadiah mantap. Ada smartphone Xiaomi yang sedang hype dan Samsung S6 canggih teranyar. Jangan takut untuk tidak menang, karena hadiah akan dibagikan mingguan di setiap cabang! Khusus untuk Samsung S6 akan diberi sekali di akhir periode sebagai Grand Prize.

Mesin AR ini akan aktif mulai dari 15 Juni 2015 sampai 3 Juli 2015. Info lebih detail bisa kamu tengok di bit.ly/Rayakan.

Mekanisme Gebyar AR Tahapan BCA Competition

Jadi mesin AR ini adalah sarana promo dari BCA dalam upayanya memberitahu kepada masyarakat luas dan nasabah akan kelanjutan dari promo Gebyar Tahapan BCA (GTB) 2015. Diharapkan kepada masyarakat luaas dan seluruh nasabahnya agar dapat mengambil kesempatan emas untuk menambah pont-pointnya agar bisa mengikuti GTB 2015 ini.
Mesin Augmented Reality (AR) yang ada di BCA Demang Lebar Daun

 Gak bosen memberi hadiah, Gebyar Tahapan BCA yang meleganda ini juga sedang mencari pemenang baru tahun 2015. Semoga nasabah yang punya Tahapan BCA, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi dan nasabah BCA Syariah yang memiliki Tahapan IB dan Tahapan Rencana IB, bisa ikutan program ini. Hadiahnya banyak banget euy. Aku baca di selebaran BCA di situ, ada ratusan motor Honda, puluhan Mersedes-Benz C-Class dan yang paling top Mersedes-Benz S-Class. Cara mudahnya ikutan program ini adalah dengan memperbanyak saldo di tabungan BCA dan melakukan transaksi memakai fitur BCA sebanyak mungkin. Bingung gak?

Begini nih. Supaya bisa ikut dalam Gebyar Tahapan BCA, nasabah harus memiliki kupon yang bisa didapatkan dengan kegiatan-kegiatan ini:

- Tambahan saldo 
- Bayar tagihan kartu kredit, listrik, air, telepon, dan lainnya pakai e-Banking BCA (KlikBCA, m-BCA dan ATM)
- Beli pulsa, tiket dan lainnya pakai e-Banking BCA (KlikBCA, m-BCA, KlikPay dan ATM)
-Belanja pakai Debit BCA.

Setiap aktifitas akan menambah menambah pundi-pundi kupon kamu dan semakin banyak kupon berarti semakin besar kesempatan untuk meningkatkan hadiah-hadiah yang ditawarkan. Semua nasabah berhak untuk ikut dan semua nasabah juga berhak untuk menang. Gak percaya? Coba deh main-main ke http://www.bca.co.id/gebyartahapanbca. Disitu kamu bisa lihat berbagai simulasi yang memberi tahu gimana caranya memperbesar kemungkinan menang. Ikuti aja caranya biar bisa dapet Mercy.

Nah... kalian sudah pada paham kan dengan mekanisme GTB 2015 dan woro-woronya melalui mesinAR di BCA? Jangan pada bengong ah... Tunggu apa lagi, yuk tingkatkan segera transaksimu. Siapa tahu dewi fortuna berpihak pada kalian dan salah satu hadiah heboh GTB berada dalam genggamanmu. Yuk ah....



Jumat, 19 Juni 2015

Menyusuri Sungai Musi dan Wisata Sejarah Budaya


Siapa yang tak kenal dengan Sungai Musi? Sungai Musi begitu populer di seantero negeri ini lantaran di tengahnya berdiri bangunan kokoh nan megah. Bangunan itu adalah Jembatan Ampera. Sungai Musi membelah kota Palembang menjadi dua bagian, yaitu kawasan seberang ulu dan kawasan seberang ilir. Pemerintah setempat tengah giat-giatnya mempopulerkan Palembang sebagai kota tujuan wisata nusantara. Daya tarik Sungai Musi dengan Jembatan Ampera serta latar belakang sejarahnya menjadi nilai jual bagi industri kepariwisataan kota ini.

JEMBATAN AMPERA


PLAZA Benteng Kuto Besak (BKB)

Nah....karena ingin menikmati eksotika Sungai Musi dan wisata sejarah budaya di kota Palembang, aku meluangkan waktu menyusurinya melalui jalur darat alias naik kendaraan mobil bersama sahabatku, Idah.

BENTENG KUTO BESAK

Dimulai dari kawasan Plaza BKB (Benteng Kuto Besak). Dari tempat ini kita bisa melihat dengan jelas Jembatan Ampera yang berdiri kokoh. Bangunan ini dulu diresmikan oleh Presiden Soekarno sebagai pampasan perang dari pemerintah Jepang. Di Plaza BKB terdapat restoran River Side yang menyediakan kuliner khas Palembang. Di seberang resto terdapat bangunan kokoh Benteng Kuto Besak.

RESTO RIVER SIDE

Pada sore hari tempat ini ramai dikunjungi masyarakat untuk bersantai. Dan ketika beranjak malam akan semakin ramai lagi. Beragam dagangan gerobak maupun tenda tersedia sebagai pelengkap kuliner di lokasi ini.

MUSEUM SMB-II

Beberapa puluh meter dari tempat ini berdiri bangunan Museum Balaputera Dewa. Setiap malam minggu sering dipentaskan atraksi seni budaya lokal yang dikenal dengan Dul Muluk. Di seberang Plaza BKB ada juga tempat bersejarah, namanya Kampung Kapitan. Di Kampung Kapiten terdapat tiga buah rumah yang merupakan peninggalan dari saudagar Cina.

KAMPUNG KAPITEN 

Setelah puas berlama-lama di Plaza BKB, aku dan sahabatku beranjak menuju seberang ulu. Untuk ke seberang ulu kami menyeberangi Sungai Musi melalui Jembatan Ampera. Banyak juga sih orang yang mengambil foto-foto dengan latar belakang Jembatan Ampera. Ini pasti warga dari luar kota yang tak mau kehilangan momen berfoto di ikonnya kota Palembang. Dari atas Jembatan Ampera kita dapat melihat bangunan  Pasar 16 Ilir, sebagai pusat perdagangan. Kini Pasar 16 Ilir sudah dipugar namun masih ada beberapa bangunan asli yang dipertahankan karena mengandung nilai seni budaya yang tinggi. Dari atas Jembatan Ampera pula kita bisa melihat pabrik PUSRI, penghasil pupuk terkenal di negeri ini. Dan terlihat pula di kejauhan kilang-kilang minyak milik Pertamina di Sungai Gerong.

 PASAR 16 ILIR

Sampai di seberang ulu, mobil kami berbelok ke kiri ke arah Plaju. Di persimpangan jalan Naga Swidak mobil berbelok arah ke sebelah kiri memasuki Jalan KH.AAzhari. Masih dari dalam mobil, kami menyusuri jalan tersebut yang tepat berada di tepian Sungai Musi. Di sini tepatnya di kampung 14 Ulu terdapat Kampung Arab, sebuah kampung yang berlatar belakang sejarah. Di kampung ini masih banyak rumah-rumah asli yang berusia puluhan bahkan ratusan tahun.

KAMPUNG ARAB 

Dari seberang kampung 14 ulu kita bisa melihat bangunan masjid Lawang Kidul dari kejauhan. Masjid Lawang Kidul ini dibangun oleh Kiayi Muara Ogan (nama aslinya adalah Mgs. H. Abdul Hamid). Selain membangun Masjid Lawang Kidul beliau juga membangun Masjid Kimerogan di daerah 1 ulu. Perjalanan menyusuri Sungai Musi berlanjut sampai di kawasan Bagus Kuning.


MASJID LAWANG KIDUL

Dari kawasan Bagus Kuning kita bisa menyaksikan Pulau Kemaro di seberang sungai. Bangunan pagoda yang didominasi warna merah khas Cina terlihat cukup jelas. Ada kapal motor yang disewakan bila kita ingin menyeberang ke Pulau Kemaro. Tetapi kalau kita ingin jarak yang lebih dekat menyeberang ke Pulau Kemaro sebaiknya dari pabrik ban di Sungai Selincah. Tak sampai 10 menit sudah sampai di Pulau Kemaro. Kisah cinta antara Siti Fatimah (putri raja Sriwijaya) dengan saudagar Cina bernama Tan Bun Ann menjadi begitu melegenda dan menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung. Di Pulau Kemaro terdapat pohon cinta. Konon pohon tersebut menjadi saksi kisah cinta dua insan berbeda latar belakang tersebut.

PULAU KEMARO

Puas memandangi Pulau Kemaro dari kawasan Bagus Kuning, mobil kembali berbalik arah. Kali ini menuju ke arah Kertapati. Kami menyusuri Jalan Fakih Usman yang berada di tepian Sungai Musi. Untuk sampai ke Masjid Kimerogan harus melalui  Jembatan Ogan.

MASJID KIMEROGAN

Setelah puas mengitari pesisir Sungai Musi, kami kembali lagi ke Plaza BKB. Kami singgah di sebuah resto cepat saji untuk menyantap makanan pengisi perut. Maklumlah, setelah keliling-keling dengan si cantik Toyota Agya, rasa lapar pun terbit.   Ughh...untung kami jalan-jalang menggunakan Toyota Agya, sangat pas untuk kondisi Kota Palembang yang mulai padat dan macet. Di mana-mana macat, sudah hampir menyamai kondisi ibukota Jakarta kayaknya. Terutama pada jam-jam sibuk, sering terjadi kemacetan di jalan raya.

Nah...kelebihannya menggunakan Toyota Agya sebagai sarana transportasi, selain tampilannya yang modis khas cewek, bentuknya yang rampingpun bisa leluasa menembus kemacetan di jalan raya. Ohh...pantas saja sahabatku Idah memilih mobil ini sebagai kendaraan pribadinya. Sangat cocok dan pas sesuai kebutuhan personalnya. Makasih ya Idah....sudah mengajakku jalan-jalan menyusuri tepian Sungai Musi...

Bersama si cantik Agya milik Idah, 
sayangnya Idah gak mau diajak foto...beda sama aku yang selalu narsis..


Kamis, 18 Juni 2015

TIPS SAHUR SEHAT


Ramadhan hari ke-2
Jumat, 19 Juni 2015


Alhamdulillah.... hari ini masih bisa lanjut puasa ramadhan dalam keadaan segar dan bugar. Mudah-mudahan kondisi tubuh yang seperti ini bisa lanjut sampai saat berbuka nanti. Biar tubuh kita tetap fit sepanjang puasa ini tentunya perlu dibantu dengana nutrisi yang cukup. Bisa juga sih dibantu dengan mengkonsumsi vitamin yang banyak dijual di apotik. Namun akan lebih bagus bila nutrisi tersebut diperoleh dari bahan makanan yang segar.

Berikut ini tips dan trik ala diriku saat sahur: 

1. Pilihlah bahan makanan yang berkadar serat tinggi. Efeknya adalah bisa mengenyangkan hingga waktu berbuka. 

2. Makanlah buah-buahan yang cukup. Bisa juga diolah dalam bentuk jus dan sedikit gula. 

3. Makan buah kurma juga bagus koq saat sahur. Karena kandungan gula alami dari kurma itu akan membuat tubuh kita lebih bertenaga saat puasa.

4. Minum madu, bisa dicampur dengan air puti atau langsung diminum dalam takaran beberapa sendok.

5. Banyak minum air putih agar tubuh kita tidak terkena dehidrasi atau kekeringan saat puasa. Bila tubuh kekurangan cairan akan terasa lemas dan mengantuk.

Nah...itulah tips dan trik dariku, semoga bermanfaat. Dan semoga puasa kita pada hari ini bisa kita jalankan dengan lancar, aminnn...



BERBURU BUSANA MUSLIM SYAR'I


Wah...sudah masuk bulan ramadhan nih. Tak terasa ya rasanya baru kemaren bulan ramadhan berlalu, eh...sudah berjumpa lagi dengan ramadhan. Alhamdulillah, patut disyukuri. Itu artinya kita masih diberi kesempatan oleh Allah SWT menikmati hidup. Masih diberi nafas kehidupan untuk mebenahi ahklak dan tingkah laku sesuai ajaran-Nya. Mudah-mudahan momen ramadhan kali ini kita semua istiqomah ya dan beribadah dengan khusuk. Agar amal dan pahala kita bertambah sebagai tabungan untuk akhirat. Aminnn... Lho koq kayak ustadzah yang lagi ceramah ya..haha..

Ngomong-ngomong soal ramadhan, yang tak kalah serunya nih obrolan para Emak yang menjadi trending topik selain menu ramadhan adalah busana muslim. Ya, bagi para Emak nih, busana muslim sangat penting lantaran akan dipakai beribadah tarawih ke masjid. Kalau aku sih suka busana muslim yang nyaman dipakai, sehingga saat dipakai tarawih tidak gerah. Kebetulan nih di kantorku setiap ramandhan selalu mengadakan safari ramadhan satu bulan penuh. Butuh baju muslim yang agak banyak dong buat gonta-ganti. 

Saat ini trend busana muslim yang digemari kalangan Emak adalah modelnya yang syar'i. Memang secara aturan dalam agamaku sebaiknya busana muslim itu yang menutupi aurat dan tak memperlihatkan lekuk tubuh. Saat ini tak terlalu sulit mencari busana muslim syar'i. Banyak koq dijual di pertokoan dan mall. Tinggal mengunjungi pertokoan atau mall, pilih-pilih model dan bahannya, kalau cocok harganya kita bayar. Eitttsss..... itu kalau kita punya banyak waktu untuk jalan-jalan ke mall enak ya. Tinggal beli dan bayar. Nah, masalahnya aku saat ini tak punya banyak waktu untuk jalan-jalan ke mall. Pekerjaanku di kantor sedang banyak-banyaknya. Energiku seolah telah habis di kantor. Di rumah tinggal letih dan ngantuk yang mendera. Sabtu dan Minggu lebih banyak kuhabiskan di rumah untuk beristirahat dan mengurus rumah. Jadi kapan dong bisa jalan-jalan nyantai keliling mall mencari busana muslim syar'i? 

Menurut informasi yang kudapatkan, saat ini banyak lho toko online yang menjual bermacam-macam kebutuhan keluarga. Mulai dari fashion, handphone, barang elektronik, meubel, perangkat rumah tangga, dan lain sebagainya. Nah, kebetulan nih ada sahabat blogger yang memberi tahu, katanya sih ada web toko online yang menjual baju syar'i, nama web tersebut shopious.com.  Benar juga tuh, setelah aku buka web-nya ternyata di web tersebut banyak koq menjual berbagai busana muslim untuk wanita maupun pria. Bahkan busana muslim untuk anak-anakpun banyak koq. Kita tinggal buka web dan pilih-pilih layaknya belanja di pertokoan atau mall. Tinggal menghubungi ke nomor kontak yang tersedia di situ untuk pemesanan lebih lanjut. Mudah bukan? Kebetulan nih aku sudah mendapatkan beberapa busana muslim syar'i yang model dan harganya cocok dengan seleraku. Aman deh sekarang... busana muslim syar'i pilihanku akan segera meluncur ke rumah. Berarti acara silaturahmi keluarga saat Idul Fitri busana muslim syari terbaru ini bisa dipakai dong...






Rabu, 17 Juni 2015

Selamat Datang Ramadhanku

Ramadhan hari ke-1
Kamis, 18 Juni 2015

Alhamdulillah....pagi ini aku masih diberi kesempatan oleh Allah SWT menghirup udara segar. Itu artinya aku masih bernafas pertanda masih menjadi bagian dari mahkluk yang hidup di jagad alam ini. So, yang sangat aku syukuri adalah masih dipertemukan dengan Ramadhan. 

Sama dengan kebanyakan orang yang bersuka-cita menyambut Ramadhan, akupun demikian juga. Berbagai persiapan kulakukan, terutama persiapan rohani agar tetap istiqomah selama menjalankan puasa ramadhan. Persiapan lainnya menyiapkan menu hidangan sahur agar tubuh tetap fit dan bugar selama berpuasa. Tahu sendiri kan biasanya pada puasa hari pertama itu kadangkala belum terbiasa dengan kondisi perut lapar. Biasanya sih aku tak pernah lupa minum madu saat sahur. Menurutku, minum madu setiap pagi atau saat sahur dapat mempertahankan kondisi tubuh tetap prima selama beraktifitas saat puasa. Kalau menu selama ramadhan tak ada perbedaan dengan menu sehari-hari. Biasa saja. Yang agak sedikit berbeda adalah kolak atau es cendol. Itu saja cukup koq...

Aku juga bersyukur karena semalam bisa shalat tarawih. Walaupun kulakukan di rumah bareng suami, mudah-mudahan tak mengurangi pahala ibadah ramadhan. Aku berharap pada malam-malam selanjutnyapun tetap bisa tarawih bareng suami. Mudah-mudahan tahun ini aku bisa khatam Alquran lagi seperti pada tahun-tahu sebelumnya.

Ya Allah....mohon rahmat dari-Mu semoga aku dan keluargaku diberi kesehatan dan umur panjang untuk menjalankan ibadah ramadhan tahun ini...