Rabu, 15 April 2015

Telor Cendrawasih, Oleh-Oleh Unik Khas Tanah Papua



Hmmm...ngomong-ngomong soal oleh-oleh, pastinya kita semua tidak ada yang menolak kan kalau dapat oleh-oleh dari seseorang ketika dia kembali dari bepergian? Tak terkecuali diriku, senang sekali bila dapat oleh-oleh. Dulu, aku tak begitu peduli dengan oleh-oleh berupa barang-barang khas dari suatu daerah. Belakangan kini aku justru berburu barang-barang oleh-oleh itu. Aku ubek-ubek lagi lemari di rumah mencari oleh-oleh yang terabaikan. Ketika aku menemukan barang-barang itu, buru-buru deh aku simpan rapi dalam lemari pajangan. Menurutku sih sudah selayaknya kita menghargai oleh-oleh pemberian entah itu dari sahabat, keluarga atau kolega kita. Makna yang tersirat dari pemberian oleh-oleh itu menurutku sih sangat dalam. Tak hanya sekedar pemberian semata namun ada rasa empati yang yang kental ketika seseorang memberikan oleh-oleh. Artinya, si pemberi oleh-oleh itu tentunya sangat menghargai kita. Oleh karenanya sudah sepantasnya ya kita menghargai pula oleh-oleh yang diberikannya pada kita.

Tak sekedar senang menerima oleh-oleh tetapi aku juga senang lho membagikan oleh-oleh juga kepada sahabat, keluarga atau kolega. Misal, ketika aku bepergian dari suatu tempat, yang terpikir pertama kali itu ya oleh-olehnya nanti mau beli apa buat mereka? Minimal, gantungan kunci atau magnet kulkas, yang bentuknya kecil dan bisa diborong dalam jumlah yang banyak. Mklum, yang mau dibagikan oleh-oleh banyak jumlahnya, lagi pula harganya kan tak terlalu menguras dompet, hehe...

Nah, berbicara tempat membeli oleh-oleh, biasanya sih di hampir tiap kota ada pusat oleh-oleh. Cukup mendatangi tokonya, kita akan mendapatkan banyak macam dan ragam oleh-oleh apa saja yang ingin dibeli. Mulai dari pernak-pernik seperti gantungan kecil, magnet kulkas, kipas, dompet kecil dan aneka jenis oleh-oleh lainnya. 

Hmmm...kembali lagi nih pada cerita oleh-oleh yang pernah kudapatkan. Dari sekian banyak oleh-oleh yang pernah aku dapatkan, ada satu yang paling aku suka. Aku pernah mendapatkan oleh-oleh unik dari saudara sepupuku ketika dia tugas di Merauke, Papua. Oleh-oleh apa ya? Sebuah telor burung Cendrawasih yang ukurannya cukup besar. Di sisi luar dari telor itu dipenuhi dengan pahatan lukisan-lukisan khas Papua. Kenapa aku suka sama oleh-oleh yang satu ini? Ada beberapa alasan, diantaranya:

1. Telor Cendrawasih ini dibawa langsung dari Merauke, Papua. Tepatnya di distrik Jagebob Merauke. Ketika itu, saudara sepupuku itu sedang bertugas di Merauke. Dia saat itu menjadi tenaga survey pemetaan dari kantor Agraria. Menurut ceritanya, lokasi survey itu berada sekitar lima kilometer dari perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini. Ketika itu daerah perbatasan sedang dalam konflik dan kondisi tidak aman. Di mana-mana ada pemberontak. Kalau sedang sial bisa kena tembakan para pemberontak di perbatasan Indonesia-PNG. Para pemberontak itu menuntut untuk merdeka dan menjadi negara sendiri yang terpisah dari Indonesia. Untungnya sih saudara sepupuku itu bersama timnya selama bertugas di sana masih dilindungi Sang Pencipta. Setelah tiga bulan survey di daerah perbatasan, akhirnya bisa kembali lagi ke daerah asal dengan selamat bersama timnya.

2. Telor Cendrawasih ini usianya sudah cukup tua lho. Namun hingga saat ini kondisinya sangat baik, walau sebelumnya sempat terabaikan alias tak mendapat perhatian penuh. Kalau aku tak salah ingat, aku mendapatkan oleh-oleh itu sekitar tahun 1984-an. Berarti telor Kaswari itu bisa dikategorikan benda antik dong, secara usianya kan sudah sekitar 31 tahunan kan?

3. Telor Cendrawasih ini bentuknya sangat unik, penuh dengan pahatan lukisan-lukisan khas tanah Papua. Aku tak bisa bayangkan bagaimana caranya seniman Papua membuat pahatan lukisan pada dinding telor Cendrawasih itu? Secara yang aku tahu tekstur telor itu kan rapuh dan mudah pecah. Namun pada telor Cendrawasih itu pahatan lukisannya sangat bagus dan rapi. Pantaslah bila disebut bercitarasa seni yang cukup tinggi karena keunikannya.

4. Burung Cendrawasih  itu kan habitat aslinya hanya ada di Papua. Burung Cendrawasih ini habitanya sudah tak banyak lagi dan termasuk satwa langka. Kini burung Cendrawasih menjadi salah satu jenis satwa yang dilindungi dan dilarang untuk diburu. Nah, ketika aku bisa memiliki telor Cendrawasih sebagai oleh-oleh khas tanah Papua tentunya momen ini sangat berharga bagiku karena tak semua orang bisa memiliki benda ini saking langkanya.

Kalau sahabat ingin tahu penampakan telor Cendrawasih  yang kumaksud, berikut aku posting gambar-bambarnya ya....

Telor Cendrawasih, ada lukisan khaas Papua 
ada tulisan "Kenang-kenangan JAGEBOB - MRK" Thamrin

Pada sisi lainnya ada lukisan burung Cendrawasih, keren ya...


Nah...yang ini ada lukisan Peta Papua, gak kalah keren nih...


Nah, itulah sekelumit cerita tentang oleh-oleh paling berkesan yang pernah kudapatkan. Bagaimana ceritamu? Yuk berbagi kisah  dan ikuti pula giveway yang diadakan Miss Fenny ya...

Tulisan ini diikutsertakan dalam (Birthday Giveaway) Oleh-oleh Paling Berkesan
bersama Miss Fenny


Kamis, 09 April 2015

Si Kancil, si Bijak atau si Nakal-kah?


Semalam, keponakanku "Raffy" nginap di rumah. Seperti biasa, anak usia 6 tahun itu minta diceritakan dongeng. Lalu aku menceritakan tentang si Kancil, dongeng klasik jamanku masih anak2 dulu.

       "Ada seekor kancil, hidupnya di hutan. Kancil itu nakal lho...dia suka mencuri ketimun....", begitulah awal aku memulai cerita. Tanpa disangka-sangka, Raffy tiba-tiba protes.

       "Tidak Bunda, si Kancil itu Bijak. Si Kancil itu tidak nakal,"  protesnya dengan bersemangat.

      'Tidak, sayang..., si Kancil itu anak nakal...," kilahku  bertahan. Lalu aku menyanyikan senandung tentang si Kancil. "Si Kancil anak nakal...suka mencuri ketimun...ayo lekas ditangkap...jangan diberi ampun..."

       'Tidak Bunda... Kancil  itu tidak nakal, kancil itu bijak," kali ini Raffy juga bertahan dengan pendapatnya.

       "Hmmm.....baiklah kalau begitu, sekarang gantian, coba Raffy saja yang cerita tentang si Kancil,"

Lalu, dengan semangat Raffy bercerita tentang petualangan si Kancil yang menurutnya bijak. Mulailah dia dengan ceritanya, "Pada jaman dahulu kala...,bla..bla..bla..."

Lho, ternyata dia bercerita tentang si Kancil versi Upin Ipin yang sering ditontonya tiap sore. Narasi dan gaya berceritanya mirip sekali dengan yang dia dengarkan dari tontonan serial Upin Ipin. Lengkap pula dengan dialek gaya bahasa Melayu. Alhasil, Raffy mampu menceritakan kembali cerita tentang si Kancil hampir sama persis dengan versi Upin Ipin.

Oh, ternyata anak ini tak sekedar menonton film Upin Ipin sebagai hiburan semata. Dia bisa menyimak dan memperhatikan dengan detil setiap adegan dalam film Upin Ipin. Hingga dia pun bisa menceritakan ulang kisah si Kancil secara detil dan sempurna.

Begitu ya ternyata anak-anak itu adalah pemerhati yang paling sempurna.

Karena aku pun tak mau kalah sama si Raffy, bahwa aku juga punya kisah tentang si Kancil yang  nakal, aku  mencari ide bagaimana cara menjelaskannya. Lalu aku putarlah kisah si Kancil yang kudapat dari youtube. Raffy dengan seksama memperhatikan kisahnya melalui youtube. Dari  tontonan di youtube itu akhirnya dia jadi tahu bahwa si Kancil itu juga nakal.

Tapi dia tetap bertahan dengan pendapatnya, "Kancil itu nakal kan dulu.... Sekarang Kancil itu bijak, Bunda..."

 Nah...lho, aku tak bisa berkata-kata lagi dengan dalihnya si Raffy kali ini. Anak ini memang cerdas ternyata. Keep clever ya sayang...      


M. Raffy Al-Ghifarry
         

Sabtu, 04 April 2015

Terapi Ozon dan Klinik Anti Aging Terbaik ala Stanmed Menjawab Kebutuhan Khalayak



Kalangan penggiat lingkungan baik di Indonesia maupun di luar negeri saat ini sangat intensif menggalakkan kampanye tentang kerusakan lapisan ozon. Berbagai sosialisasi digelar untuk menyampaikan misi betapa pentingnya lapisan ozon yang ada di muka bumi ini bagi kesehatan manusia. Oleh karenanya, berbagai upaya dilakukan agar lapisan ozon tetap terjaga. Disinyalir, pola tingkah dan gaya hidup manusia modernlah yang membuat lapisan ozon semakin menipis. Polusi udara dituding sebagai salah satu penyebab utama terjadinya penipisan lapisan ozon di atmosfer. Disamping itu pemanfaat teknologi mesin pendingin ruangan juga kerap dituding dapat merusak lapisan ozon pula.

Lalu, apa sih lapisan ozon itu dan seberapa pentingkah manfaatnya bagi manusia yang menghuni jagad raya ini? Menurut informasi yang didapat dari berbagai sumber, lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer  yang berada di atas permukaan bumi. Molekul-molekul yang terdapat dalam lapisan atmosfer tersebut berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultraviolet. Pengaruhnya bagi kesehatan manusia adalah rentan terkena penyakit kanker kulit. Pengaruh radiasi sinar ultra violet pun akan merusak jaringan kulit sehingga tubuh manusia akan kelihatan lebih tua dari usia sebenarnya. 

Secara alami proses penuaan pada manusia tak bisa ditolak. Namun penuaan yang belum waktunya bisa dihindari asalkan kita tahu penyebabnya dan tahu langkah-langkah untuk mengatasinya. Secara alami proses penuaan pada tubuh manusia dimulai ketika usia 30 tahun. Selanjutnya fungsi organ akan semakin menurun hingga 80 persen ketika menginjak usia 70 tahunan.

Yang jelas, tanda-tanda penuaan pada manusia akan terlihat jelas dari warna kulitnya yang mulai suram. Lalu elastisitas kulitpun semakin menurun atau lebih dikenal dengan keriput. Nah, bagi sebagian besar wanita proses penuaan ini ibarat momok yang sangat menakutkan. Seperti kedatangan monster yang mesti dihalau dan kalau bisa lari secepatnya menjauh dari si monster yang bernama penuaan.

Sinar matahari yang mengandung ultra violet sangat berpengaruh besar tehadap proses penuaan pada tubuh manusia. Aktifitas manusia yang tak terelakan dari sengatan matahari merupakan pemicu terhebat datangnya proses penuaan. Ditambah lagi dengan adanya zat radikal bebas dari polusi lingkungan semakin menambah cepat proses penuaan. Radikal bebas itu sendiri merupakan molekul ganas yang dapat merusak jaringan sel-sel dalam tubuh manusia.

Lalu, yang paling kelihatan selain kulit suram dan keriput, proses penuaan akan terlihat jelas pada tampilan fisik manusia. Secara estetika tampilan tubuhnya tak lagi menarik dan muda. Tubuhnya kelihatan tak lagi segar. Pada kulit akan tampak flek-flek kehitaman. Garis-garis berkerut akan menghiasi wajah. Rambut pun akan mulai memutih. Seperti yang telah diuraikan di atas bahwa polusi udara yang ada di sekitar kita akan memicu datangnya proses penuaan secara dini.

Nah.....terbayangkan, bagaimana proses penuaan terjadi? Sangat disayangkan, bila kita telah mengetahui penyebab penuaan dini namun tak mau melakukan perawatan. Bukan bermaksud menolak menjadi tua, tetapi paling tidak proses penuaan itu terjadi secara alami dan dapat ditempuh secara rileks apa adanya. Tanpa ada rasa takut dan stres akan datagnya proses penuaan.

Pemahaman akan proses penuaan secara alami patut di sosialisasikan kepada khalayak. Mengingat saat ini banyak sekali informasi yang menyesatkan dan tak bisa dipertanggung-jawabkan terkait pengobatan untuk mencegah penuaan. Ingat kata kuncinya, penuaan adalah proses alami yang dialami dalam fase kehidupan manusia. Dan fase tersebut mau tak mau akan dilakui oleh siapapun tanpa terkecuali.

Tapi jangan takut, bagi para wanita nih yang ingin tetap cantik dan tampil segar diusia matang, ada tempat perawatan yang bagus nih. Agar dapat tampil cantik, sehat dan bugar ala terapi ozon dan anti aging terbaik dapat melakukan perawatan di Klinik Stanford Medical Center. Agar para sahabat bisa mengetahui informasi mengenai perawatan apa saja yang dapat dilakukan di Klinik Stanford Medical Center dapat membuka situsnya dan klik di www.standfordcenter.com

Klinik Stanford Medical Center yang disingkat dengan Stanmed merupakan klinik ozon terbaik, klinik anti aging dan klinik infuglutathione terbaik saat ini. Predikat sebagai klinik perawatan terbaik taklah berlebihan mengingat Stanmed unggul dalam penyediaan layanan perawatan kesehatan. Keunggulan layanan kesehatan itulah yang menghantarkan klinik ini sebagai klinik terbaik yang menjawab kebutuhan khalayak akan perawatan kesehatannya.




Lalu, layanan apa saja yang disediakan Stanmed dan dibutuhkan khalayak untuk menjaga kesehatan dan kebugarannya? Untuk melakukan perawatan tubuh terkait datangnya proses penuaan,  agar tetap cantik, sehat dan bugar, Stanmed menyediakan layanan perawatan sebagai berikut:

1. Terapi Ozon.

Layanan terapi ozon merupakan cara terbaru dari ahlinya dengan memanfaatkan ozon sebagai unsur yang dapat bermanfaat bagi tubuh. Perkembangan teknologi saat ini dimanfaatkan oleh para ahli, yaitu dengan memanfaatkan bahan dasar ozon sebagai oksigen murni untuk terapi kesehatan. Fungsinya adalah untuk meregenerasi dan meremajakan sel-sel yang mati. Selanjutnya sel-sel yang mati tersebut diganti dengan sel-sel baru yang dapat mengoptimalkan organ tubuh. Terapi ozon ini juga mempunyai kemampuan sebagai anti kanker.

Terapi ozon membuat tubuh terbebas dari unsur-unsur yng merugikan seperti virus, toksin, bakteri dan jamur. Fungsi lainnya adalah meningkatkan aktivitas hemoglobin dan meningkatkan pelepasaan bermacam-macam hormon sehingga tubuh akan lebih segar. Bila tubuh segar tampilan fisikpun secara keseluruhan akan menarik dan tampak awet muda.
http://www.stanfordcenter.com

Di Stanmed, proses terapi ozon dilakukan dengan cara Apheresis. Cara kerjanya adalah dari pembuluh darah vena di tangan kiri pasien, darah ditarik keluar kemudian diproses ke mesin yang berisi ozon. Sebuah selang dipakai sebagai alat untuk menyalurkan darah ke dalam tabung. Kandungan lemak dalam darah  disaring tabung dan dan dianalisa. Kemudian darah dimasukkan kembali. Kandungan lemak dalam darah tak akan masuk ke dalam darah lagi, namun tertinggal di dalam tabung. Cara Apheresis ini tergolong aman bagi pasien karena hanya untuk sekali pakai.

http://www.stanfordcenter.com


2. Infus    Vitamin C.

Kebutuhan akan vitamin bagi tubuh manusia sangatlah penting. Sebagaimana yang dilansir media kesehatan, bahwa tubuh manusia membutuhkan kadar vitamin yang cukup. Kekukarangan asupan vitamin C akan membuat tubuh menjadi lesu dan kurang bergairah. Aktifitas yang padat akan terganggu bila tubuh manusia mengalami kelesuan. Manfaat utama vitamin C adalah untuk menjaga keseimbangan metabolisme dalam tubuh dan untuk kesehatan kulit.

Terlebih bagi golongan paruh baya, sangatlah membutuhkan asupan vitamin C yang cukup. Terkadang mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta mengkonsumsi ekstrak vitamin C menjadi plihan. Namun ada cara yang lebih manjur untuk menjaga  kebugaran tubuh agar terlihat cantik, segar dan bugar. Di Stanmed tersedia layanan infus vitamin C. Bagi pasien yang membutuhkan layanan ini tak perlu menunggu waktu lama saat melakukan infus vitamin C, cukup 15 menit saja layanan yang diharapkan tuntas.

Adapun keunggulan layanan infus vitamin C di Stanmed adalah jeniss vitamin yang digunakan mengandung unsur Sodium Ascorbate yang diimpor langsung dari pabriknya di Eropa. Kandungan Sodium Ascorbate tersebut sangat aman karena kadar asamnya tak memberikan efek ngilu.


3. Infus Glutathione.

Layanan lainnya dari Standmed adalah infus Glutathione. Apa yang dimaksud dengan glutathione? Glutathione adalah protein alami yang diproduksi di dalam tubuh untuk menjaga kekebalan tubuh manusia. Selain itu fungsi glutathione adalah untuk meremajakan sel-sel dalam tubuh. Glutathione juga berfungsi sebagai anti oksidan dan antitoksin.  Glutathione mempunyai suatu kemampuan untuk membuang toksin yang berbahaya dalam tubuh. Terbayang kan bagaimana jadinya tubuh kita bila kekurangan unsur ini? Tubuh akan mudah dihinggapi virus dan bakteri sehingga rentan terkena penyakit. Oleh karenanya, sudah sepatutnya kita tetap menjaga unsur glutathione.

Disamping itu, glutathione juga bermanfaat untuk atasi proses penuaan tubuh manusia. Kulit kusam dan suram akan tergantikan oleh peremajaan sel-sel organ tubuh. Nah, untuk mendorong terbentuknya sel-sel baru tersebut kadar glutathione haruslah tetap terjaga dengan baik.

Ada cara yang tepat untuk menjaga unsur glutathione agar tetap seimbang, yaitu dengan infus glutathione yang dapat ditemukan di Stanmed. Layanan terapi infus glutathione dari Stanmed dilakukan oleh ahli dibidangnya. Caranya adalah dengan memasukkan jarum ke dalam pembuluh darah sehingga penyerapannya kedalam tubuh dapat terserap dengan baik ke sel-sel seluruh tubuh melalui vena tanpa melalui pencernaan. Ini berbeda ketika asupan glutathione dilakukan secara oral akan melalui percernaan dan memberikan efek asam lambung bereaksi terhadap kadar keasamannya.

Efek dari infus glutathione akan terasa ketika memasuki 2 atau 3 bulan setelah terapi. Hasilnya memberikan sensasi kulit menjadi lebih bening dan bersih. Sehingga tampilan fisik seseorang kelihatan lebih muda dari usia sebenarnya.



Nah, bila sahabat ingin merasakan sensasi tampil cantik, sehat dan bugar ala terapi ozon dan klinik anti aging terbaik, datanglah ke ahlinya, yaitu di Standford Medical Center. So, tunggu apa lagi, jangan menunda-nunda untuk tetap sehat, karena investasi hidup yang paling bernilai adalah kesehatan.

Standford Medical Center
Jalan Hang Lekir Raya No. 9 Jakarta 12120
Telp. 021-7228899, Fax. 021-72800323
Jam kerja: Senin sampai Jumat pukul 08.30 - 17.00, Sabtu pukul 08.30 - 15.00

Referensi:
1. http://www.standfordcenter.com/
2. http://www.wikipedia.org/wiki/Lapisan_ozon


Jumat, 20 Maret 2015

Tulisan Lawas di Majalah ANITA (1)


     Pinjam istilahnya Syahrini, sesuatu banget ketika tulisan kita dimuat media. Nah...ketika bongkar-bongkar lemari ketemulah majalah lawas ANITA edisi 30 dan 33 terbitan akhir tahun  1997. Lama banget ya? Aku masih menyimpan kedua majalah ini karena di dalamnya terdapat dua tulisanku. Majalah ANITA memuat rubrik KITA (Kisah Cinta Kisah Cinta), berisi cerpen mini tentang percintaan. Aku masih ingat kala itu mendapat honor tigapuluh ribu, lumayan bisa dibeliin blouse, hehe.. 

       Nah, berikut kutulis ulang tulisanku di majalah ANITA. Maksudnya sih supaya bisa diabadikan saja di blog ini. Selain itu agar menambah semangatku dalam berkarya. Yuk, ikuti tulisanku di bawah ini ya...

PUISI CINTA

     Waktu aku kelas satu SMU, aku pernah naksir seorang cowok. Namanya Aris. Doski pendiam dan sedikit pemalu. Pakai kacamata minus. Dan yang bikin aku naksir sama doi, senyumnya itu lho... merontokkan jantung!

     Kayaknya, Aris juga suka sma aku. Bukannya aku kege-eran, tapi bila kami berdekatan, doi suka kikuk. Kalo diajak ngomong, matanya nggak pernah berani menatapku. Karena kami sama-sama pendiam dan pemalu, jadi nggak ada kemajuan sama sekali. Di kelas, kami suka lirik-lirikan. Kalo guru sedang mengajar, aku sering menangkap basah matanya yang teduh sedang memandangiku. Begitu mata kami beradu pandang, kami cepat-cepat mengalihkan perhatian ke guru. Hihihi...ketahuan nih. Jadi tengsin!

     Suatu hari, aku iseng menulis puisi cinta yang khusus kubuat untuknya. Lalu puisi itu aku kirimkan ke majalah sekolah. Walau aku memakai nama samaran, tetapi aku tetap mencantumkan asal kelasku. Tak urung, itu membuat seisi kelas gempar. Saling curiga dan menebak-nebak, siapa gerangan yang lagi jatuh cinta di kelas kami?

     Sampai aku lulus dan menamatkan SMU-ku, peristiwa "puisi" yang sempat bikin geger itu tak pernah terjawab oleh teman-teman, kalau akulah yang menulisnya. Namun aku yakin, Aris pasti mengetahuinya. Dia cuma senyum-senyum saja melihat ulahku itu. Prinsipku yang penting doi bisa tahu bagaimana perasaanku terhadapnya. Tapi dasar si Pemalu, doi tetap aja nggak berani mendekati aku, sampai akhirnya kami berpisah.

     Kini, setelah bertahun-tahun berlalu, aku kembali terkenang akan ulahku dulu. Aku kembali teringat pada si Pemalu Aris. Ah... di manakah dia sekarang ini? (Rita - Palembang). ***


Majalah ANITA No. 30  (10-19 November 1997)

Tulisan yang dimuat dalam rubrik KITA (Kish Cinta Kisah Cinta)


Jumat, 13 Maret 2015

Luruskan Niat Untuk Menikah


     "Kapan menikah...?"

      Pertanyaan seperti itu sering kuterima saat aku masih menjomblo. Wajar bila banyak orang  menanyakannya. Mengingat saat itu usiaku tak muda lagi. Bagi seorang wanita bila berusia diatas kepala tiga dan belum menikah akan menjadi pertanyaan banyak orang. Awalnya sih aku gerah juga ya ditanya-tanya seperti itu. 

       "Banyak banget sih orang kepo, pengen tahu urusan orang lain?" pikirku.

Kala itu aku sering merasa gerah atas pertanyaan banyak orang. Seolah mereka menuding ada yang salah pada diriku. Padahal mereka tak tahu apa yang sebenarnya menjadi alasanku kenapa masih menjomblo ketika usia sudah tak muda lagi.

       "Banyak faktor penyebab diriku memilih betah menjomblo."

Siapa sih tak ingin menikah dan punya pasangan hidup yang tepat? Begitu juga diriku. Ketika kuberi alasan betah menjomblo lantaran patah hati, banyak yang tak percaya. Malah ada yang bilang itu hanya hanya alasan semata yang terlalu dibuat-buat.

       "Kalian belum pernah merasakan patah hati kan, makanya nggak tahu kalau rasa sakitnya tuh sampe di sini..." (#nunjuk dada...)

Betul lho.....sakitnya tuh di sini....(#nunjuk dada) ketika cinta kita terbang bak burung hinggap di dahan lain. Bagaimana tak sakit bila hubungan yang sudah kita jalani selama bertahun-tahun kandas saat tiba ditahun kesepuluh! Sepuluh tahun Sodara-sodara.... Sepuluh tahun..!!! Ketika peristiwa itu terjadi usiaku sudah duapuluh delapan tahun pula! Mestinya ending dari hubungan itu manis ya....sebuah pernikahan. Tetapi apalah dayaku ketika si cowok itu digaet yang lain dan si cowok itu lebih memilih dia??? (#lho koq malah curhat di sini?)


Betitulah pengalamanku ketika masih jomblo saat usia diatas kepala tiga. Banyak orang yang mempertanyakan alasanku. Well.....aku mesti kasih tahu ya, ini lho penjelasannya.....:

1. Shock dan down, bener lho itulah kondisiku saat itu ketika tiba-tiba si cowok berlaku tak jujur. Dia lebih memilih orang lain. Yang bikin aku down itu bukan karena putusnya itu, tetapi karena dia tak memberi alasannya kenapa dia tiba-tiba menjauh. Dan akhirnya, akulah yang mesti tegas. "Well, ini nggak bener. Kalau dirimu sudah tak suka, tak apa-apa kita tak menikah. Tapi tolong beri penjelasannya." Tetapi si cowok seperti tikus kelelep, tak berdaya menghadapi pertanyaanku, hingga mesti aku yang mengambil keputusan, "Oke, mulai dari detik ini, aku yang mesti mengambil keputusan. Selamat tinggal cintaku.... Silahkan Engkau terbang dan memilih kemana Engkau akan bersandar melabuhkan pilihanmu..."

2. Butuh waktu untuk instropeksi diri untuk bangkit lagi. Jelas dong.....ketika terjadi kekecewaan yang begitu mendalam tentunya tak mudah dong menghapus semua kenangan dari ingatan. Tapi itu mesti kulakukan. Perlahan-lahan aku menata kembali kehidupan yang baru. Walau tak mudah, pelan tapi pasti aku bisa melalui hari-hari gelap dalam hidupku.

       "Yes...!!! Aku move-on!!!"

Begitulah, aku berteriak keras ketika aku bisa bangkit dari keterpurukan dalam membina hubungan. Tak apalah ini terjadi padaku, ini adalah garisan hidup yang harus kuterima. Aku yakin dibalik semua ini ada hikmahnya. Benar saja, dalam waktu yang tak terlalu lama setelah aku move on, seorang laki-laki yang belum terlalu lama kukenal mengajakku menikah.

       "Menikah???"

Pertanyaan itu kulontarkan kepada si lelaki pemberani. Baru kali ini aku ditantang seperti ini oleh laki-laki. 

       "Ya, kita menikah!"

Akhirnya, setelah melakukan shalat tahajud, aku menerima pinangan laki-laki itu. Aku tak mau keputusan menikah hanya karena emosi sesaat. Aku tak mau menikah karena takut dibilang perawan tua, takut dibilang sok wanita karir, takut dibilang sok mandiri, takut dibilang pilih-pilih....

       "Bismillah..... Aku luruskan niat untuk menikah."

Perlu sekali meluruskan niat, agar keputusan menikah tak diambil dalam kegamangan pikiran. Menikah itu ibadah, jadi perlu pertimbangan yang benar. Yang jelas aku menikah karena:

1. Memenuhi tuntunan agama yang kuanut, bahwa menikah itu adalah sunnah Rasul.  "Dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan, supaya kamu mengingat kebesaran Allah." QS. Adz Dzariyaat (51):49.

2. Secara psikologis, memiliki pendamping hidup bagiku adalah suatu kebutuhan. Aku butuh teman untuk sharring terhadap apapun masalah, dan alhamdulillah suamiku ini type orang yang menghargai dan mendengarkan curhat isteri. Terlebih lagi, dengan seringnya berdiskusi akhirnya segala persoalan yang dihadapi bisa dicari solusinya. 

3. Mencari kebahagiaan hidup dengan menikah. Kami bisa melakukan hal-hal yang membuat kami bahagia. Mulai dari urusan ibadah, urusan pekerjaan, urusan silaturahmi dengan keluarga besar, urusan hobby dan kesenangan. Pokoknya banyaklah hal-hal yang bisa membuat kami bahagia dan melaluinya berdua..

 Catatan kecil bagi pasangan yang belum menikah:

1. Sebelum memutuskan menikah, luruskan niat dan yakinkan diri, apakah memang menikah itu karena ridha Allah? Ini penting karena jangan sampai terburu-buru dan terbawa emosi hanya untuk mendapatkan label  atau status menjadi seorang "nyonya".

2. Sebelum menikah, yakinkan diri apakah laki-laki yang kita pilih adalah calon pendamping yang tepat bagi kita dalam mengarungi perkawinan kelak? Untuk menjawabnya, sahabat blogger yang muslim dapat melakukan shalat tahajud agar benar-benar diberi ketenangan bathin saat memutuskan menikah atau tidak.

3. Jangan ragu untuk mundur dari hubungan bila itu membuatmu tak nyaman. Abaikan lamanya rentang waktu yang telah dihabiskan selama ini untuk membina hubungan yang gagal. Lebih baik pahit diawal daripada pahit setelah menikah.

4. Cinta kilat, why not? Jaman sekarang kita kan mengenal yang namanya ta'aruf. Jangan takut mengambil keputusan untuk menikah ketika sahabat blogger yakin bahwa dia adalah calon yang tepat untuk bersama-sama denganmu mengarungi pahit manisnya kehidupan setelah pernikahan.

Well, bila sahabat blogger berencana menikah, luruskan niat dulu ya agar mendapatkan kemantapan hati. Jangan menikah dengan emosi sesaat demi mendapatkan status "nyonya." . 

  
     
          

Rabu, 11 Maret 2015

Terapi Ozon Solusi Tepat Atasi Penyakit Jantung dan Stroke Secara Dini


Setiap hari, aku mesti bolak balik turun naik ke lantai tiga entah hingga berapa kalinya. Hal itu kudu kulakoni secara berulang mengingat tempat tugasku berada di lantai tiga sebuah gedung perkantoran. Untuk usiaku yang sudah kepala empat tentu melelahkan. Selain dengkul dan tungkai penat, nafas yang ngos-ngosan, detak jantungku berdegup kencang bila aku tiba di lantai tiga. Oleh karenanya agar tak kelelahan aku seringkali mengatur ritme gerakan saat menaiki anak tangga. Jangan terlalu terburu-buru menaiki anak tangga seperti layaknya pegawai yang berusia muda. 

Dalam dua tahun terakhir ini, aku merasakan ada sesuatu yang perlu kucurigai terkait kesehatan jantungku. Aku tak berani lagi bawa motor apalagi nyetir mobil. Sejak pengalaman kecelakaan jatuh dari motor hingga patah tulang selangka, membuatku trauma mengendarai kendaraan di jalan raya. Jangankan membawa kendaraan, bila berada di boncengan motor atau disamping kemudi mobil pun aku seringkali gugup dan cemas. Apalagi bila ada kendaraan lain yang tiba-tiba memepet motor atau mobil yang kutumpangi, jantungku akan berdetak kencang dan berdenyut-denyut pertanda kecemasan yang berlebihan.

Bukan hanya itu, aku tak kuat lagi melakukan gerakan senam aerobik. Bila aku melakukan gerakan aerobik secara berlebihan, cepat sekali ngos-ngosan dan jantungku berdetak lebih kencang. Menurut saran instruktur senam bila usia sudah di atas kepala empat cukup melakukan gerakan low impact saja.

Cita rasa kopi tubruk ataupun kopi instan pun tak lagi bisa kunikmati. Aku hanya bisa mencium wanginya kopi tanpa menyeruputnya. Sudah sejak dua bulan terakhir aku menghindari minum kopi. Menurut pengetahuan yang kudapatkan dari googling dan media, sebaiknya tak minum kopi bila ada masalah dengan jantung.

Lalu, apakah aku ada masalah dengan jantungku? Entahlah, aku belum pernah memeriksakan kesehatan jantungku dengan dokter. Ada rasa takut seandainya hasil   pemeriksaan merujuk pada adanya gangguan pada sistem jantungku. 

Teringat aku pada pengalaman sahabatku. Selama satu bulan dia mesti cuti dari pekerjaan di kantornya lantaran harus menemani dan mengurusi suaminya opname di rumah sakit. Menurut ceritanya, suaminya itu terkena serangan jantung pada dini hari. Untunglah segera dibawa ke rumah sakit. Hasil pemeriksaan dokter, penyebab serangan jantung suaminya lantaran tingginya kolesterol dalam tubuh. Tanpa disadari oleh suaminya, kolesterol yang diremehkan selama ini telah menjadi timbunan lemak dalam organ tubuhnya dan sudah sampai ke jantung.

Dari pengetahuan yang kudapatkan bahwa penyakit jantung itu bisa dicegah lho. Caranya pencegahannya adalah dengan mengatur pola hidup sehat, diantaranya:

1. Mengkonsumsi makanan sehat dan bebas kimia.
2. Rajin berolahraga secara teratur sesuai tingkatan usia.
3. Menghindari stres dan hidup rileks.
4. Tidak merokok dan minum beralkohol.
5. Perbanyak ibadah agar sehat secara rohani.

Bila kita tak mengikuti anjuran hidup sehat tersebut, maka penyakit jantung juga dapat merambah ke otak. Kalau sudah merambah otak akan terjadilah yang namanya stroke. Tetapi jangan khawatir, ada solusi mengatasi penyakit jantung dan stroke. Saat ini tengah dikembangkan terapi ozon untuk mengatasi datangnya penyakit jantung dan stroke secara dini. Ozon adalah merupakan komponen udara segar yang terjadi secara alami, sebagai hasil reaksi antara sinar ultraviolet dari matahari dengan lapisan atas atmosfir bumi, dan membentuk lapisan pelindung yang menyelimuti bumi yang disebut juga lapisan ozon.

Fungsi lapisan ozon ini adalah menyerap radiasi sinar ultraviolet matahari sebelum mencapai bumi. Ozon menjadi perangkap panas matahari dan memancarkannya kembali ke segala arah. Inilah yang kemudian kita kenal dengan efek rumah kaca. Efeknya, membantu menjaga suhu bumi agar tetap hangat. Tanpa ozon suhu bumi akan mencapai nol pada malam hari. Terbayangkan bagaimana dinginnya malam bila suhu mencapai nol derajat? 

Dengan perkembangan teknologi dewasa ini, ozon yang terdapat di jagad bumi bisa diproses untuk terapi kesehatan, yang kita kenal dengan terapi ozon. Terapi ozon tersebut dikembangkan sedemikian rupa oleh ahlinya untuk terapi jantung dan terapi stroke. Kita dapat menemukan fasilitas terapi jantung dan terapi stroke di suatu tempat yang dikenal dengan "Klinik Terapi Jantung" dan "Klinik Terapi Stroke". Di kota-kota besar Indonesia seperti di Jakarta terdapat klinik dimaksud. Klinik Stanmed Center yang terletak di Jalan Hang Lekir Raya No. 9 Jakarta siap melayani terapi kesehatan yang kita inginkan. So, bila sahabat blogger ada yang mengeluh tentang kesehatan jantungnya bisa mengunjungi tempat ini lho. Tak ada salahnya merawat tubuh kita agar secara dini terhindar dari penyakit jantung dan stroke. Ingat, sehat adalah investasi. Jadi, sehat itu penting kan?

Referensi: www.stanfordcenter.com



Selasa, 10 Maret 2015

Naskah TTS karyaku Dimuat Kompas


Alhamdulillah, akhirnya naskah TTS karyaku dimuat Kompas. Sebuah penantian yang cukup panjang. Setelah menunggu lebih dari dua bulan, TTS karyaku dimuat dalam Buku TTS Pilihan Kompas Jilid 8. Dalam buku tersebut terdapat 70 TTS yang dapat diisi oleh pembaca. Nah, pada TTS yang ke-70 pada halaman 141 itu adalah karya yang kumaksud. Pada bagian bawah naskah itu terdapat kode RTA-K.001.

Aku sangat senang lho TTS karyaku diapresiasi Kompas. Betapa tidak? Karena selain diriku terdapat empat pengarang  lainnya yang sudah mumpuni dalam dunia TTS. Mereka itu adalah pengarang TTS senior yang karya sering diterbitkan Kompas maupun media lainnya yang ada kolom TTS.

Harapanku sih, aku ingin menggeluti dunia ini secara intens. Momentum atas dimuatnya TTS karyaku ini menjadi semangatku yang sempat padam. Seringnya penolakan dari media memang membuat semangat membuat naskah TTS kendor. Cerita tentang hobiku mengisi TTS dan membuat naskah TTS pernah kutulis disini. Bagi sahabat blogger yang hobi ngisi TTS bisa membeli buku ini di toko buku terkenal di kota Anda. Ohya, ada voucer berhadiah lho di dalamnya.... Yuk, buruan ke toko buku dan rebut hadiahnya ya..