IKLAN

Jumat, 18 Juli 2014

Kenapa sih Ngeblog?


Kalau teman-teman ditanya kenapa sih kamu ngeblog? Ya tentunya ingin menjadi blogger dong...hehe... Pasti jawabannya beragam ya karena masing-masing punya alasan. Nah kalau pertanyaan yang sama ditujukan padaku, apa pula jawabanku? Hmm...aku ceritakan ya teman-teman latar belakangku mengapa menjadi blogger.


Tentu saja aku punya alasan kuat sehingga mendorongku negeblog dan kini menjadi seorang blogger. Tepatnya sejak tahun 2009 aku mulai terjun dalam kancah perbloggeran. Awalnya sih karena aku tertarik untuk menuangkan berbagai hasil coretan pena kedalam suatu dokumentasi. Memang aku punya hobi menulis dan berangan-angan menjadi penulis. Tapi angan-angan itu tak selamanya berjalan sesuai dengan harapan. Ada banyak tulisanku yang mental ditolak media. Jika sudah demikian maka aku merasa angan-anganku menjadi penulis kandas di tengah jalan. 

Pernah juga ada sekali dua kali tulisanku dimuat media. Wah...girangnya bukan main. Apalagi saat jerih payahku menulis mendapat imbalan honor. Bila sudah demikian makin menggebu lagi semangat menulis. Hobi tersalurkan dan mendapat apresiasi berupa honor, siapa sih yang tak gembira?

Aku sadar bahwa tulisanku tak mendapat sambutan baik dari media mungkin karena bobotnya kurang menarik. Yah...media mana sih yang tertarik dengan karya penulis pemula seperti aku? Sejak aku mengenal dunia perbloggeran, aku merasa inilah saatnya kebangkitan diriku dalam dunia tulis-menulis. Dengan dibantu oleh seorang saudara, aku dibuatkannya blog sebagai sarana untukku menyalurkan hobi menulis. Maklum, aku ini gaptek dengan IT dan internet, tetapi minatku yang tinggi  mendorongku untuk memiliki sebuah blog. Menurutku, apa yang akan kita tulis bisa kita tuangkan dalam sebuah blog. Karena blog ini sifatnya pribadi, maka tulisan apa saja kan bisa kita tuangkan disini. Jadinya tak bakalan ada yang nolak hasil karya tulisanku, lha wong ini blog milikku sendiri, iya kan? Hehe.....

Nah...kalau teman-teman ingin tahu lebih rinci alasanku ngeblog dan menjadi blogger, aku rinci sebagai berikut:

1. Menjadi blogger menjembatani angan-anganku menjadi seorang penulis agar bisa terealisasi. Dengan rajin menulis dalam blog maka akan melatih otak dan melatih ketrampilan untuk membuat tulisan yang bagus. Aku percaya, dengan rajin menulis maka kualitas tulisan akan semakin baik dan keterampilan menulis akan semakin terasah.

2. Menjadi blogger merupakan terapi hati, dimana kita bisa menuangkan apa saja yang ada dalam benak menjadi sebuah tulisan. Rasanya hati ini enteng banget bila sudah nulis di blog.

3. Menjadi blogger bisa mendapatkan penghasilan tambahan, ini targetku selanjutnya. Ada banyak teman-teman blogger menceritakan tentang hal ini. Dimana banyak blogger yang sukses mendapatkan penghasilan setelah menekuni dunia perbloggeran. 

Lalu, apa saja yang telah aku dapat sejak menjadi seorang blogger? Sebetulnya, kalau secara materi aku belum mendapatkan apa-apa. Karena aku jarang ikut kontes, kompetisi menulis ataupun giveaway. Bahkan aku sempat mandeg menulis di blog hampir satu tahun lamanya. Entahlah, mungkin karena kesibukan di kantor dan saat itu aku melanjutkan sekolah lagi, sehingga menyita waktu. Karena jarang melirik blog membuat ide-ide tulisan pun beku tak tersalurkan. Kini sejal awal 2014 semangat ngeblog bangkit lagi. Itupun karena aku mengikuti giveaway # 1 Hari 1 Ayat yang dibuat oleh mbak Primadhita. Karena aku amat tertarik dengan temanya, maka selama 31 hari setiap hari aku menulis temanya tentang ayat-ayat Alquran. Menurutku, tema ini sangat menarik karena selain mengasah kemampuan menulis juga aku bisa sambil belajar dan memahami isi Alquran. Walaupun tidak menang tapi aku bisa mendapatkan sertifikat karena berhasil membuat tulisan dengan tema tersebut selama satu bulan (31 hari). Makasih nih sebelumnya kepada mbak Primadita, berkat dia aku kembali eksis menulis di blog.

Kini, disela-sela kesibukan pekerjaan, aku menyempatkan menulis di blog. Aku juga mulai rajin mengikuti kontes, kompetisi tulisan, giveaway. Menurutku ajang seperti ini sangat bagus untuk mendorong kita agar membuat suatu tulisan yang bagus. Karena ini adalah ajang kompetisi tentunya ada yang menang dan kalah. Apalagi kalau melihat peserta kontes tersebut diikuti dan didominasi oleh blogger yang punya nama dan jawaranya kontes, kadang hatiku ciut juga. Tapi kalau kita selalu ciut dengan blogger keren yang sudah mumpuni, lalu kapan dong kita bisa eksis?

Nah...berbekal tekad dan semangat itulah maka aku kini mengikuti giveaway dari Ilham Kusumaning. Mudah-mudahan tulisanku ini menjadi salah satu yang terpilih mendapatkan tali asih darinya. (Ini ngarep banget namanya ya, haha...). Ayo...blogger yang lain...sudah ikutkah kalian giveaway yang ini?



Tulisan ini diikutsertakan dalam Giveaway #1TahunBlogILHM




28 komentar:

  1. Balasan
    1. Makasih mbak Harie atas apresiasinya...

      Hapus
  2. Kalau saya krn suka nulis aja mbak lama-lama jadi ketagihan ngeblog hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketagihan ngeblog juga ya Mbak? Tularkan kpd saya biar ketagihan juga Mbak..hehe..

      Hapus
  3. semangat mak...soal materi biasanya nyusul kalau rajin ngeblog dan kontes hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih support dan atensinya Mak...mdh2an semangatku gak melemah demi kontes dan GA...hehe

      Hapus
  4. Dulu saya ngeblog hanya utuk fun, lalu saya tingkatkan menjadi fun ad profit.
    Kini niat itu saya luruskan, "Ngeblog Untuk Ibadah"
    Semuanya saya uraikan dengan gamblang di buku Blogger Flamboyan
    Semoga berjaya dalam GA ya Jeng
    Salam hangat dari Surabaya

    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
  5. wah ternyata ngeblog juga banyak manfaatnya za...
    hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget Mas... Ngeblog itu banyak sekali manfaatnya..hehe..

      Hapus
  6. Makasih Pakde supportnya... InsyaAllah pengen ngikutin jejak Pakde yang eksis ngeblog...

    BalasHapus
  7. manfaat ngeblog itu banyak, ya. Tema kontesnya menarik, Semoga menang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...dengan ngikutin berbagai kontes dan beragam pula temanya secara otomatis membangkitkan gairah utk nulis...

      Hapus
  8. kebanyakan rekan blogger yang saya jumpai..menjadi blog sebagai sarana berbagi tulisan, namun apapun tujuannya,,,yang penting tetap happy be blogger...selamat berlomba ya..semoga menjadi yg terbaik...
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih ya sdh banyak memberi semangat... Salam juga dari Palembang..

      Hapus
  9. Kalo aku buat blog awalnya iseng-iseng ngembangin dari tugas akhir sekolah pas jaman smp. Eh, ketagihan sampai sekarang. Meskipun belum produktif banget setidaknya sudah manfaat yang sudah bisa diambil.
    Salam dari Galassia del Sogno

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm...ternyata blog juga penunjang kegiatan sekolah juga ya... Makasuh ya sdh berkunjung kemari...

      Hapus
  10. Nah...ternyata blig juga bermanfaat sebagai sarana penunjang dalam belajar ya... Mskasih ya sdh berkunjung kemari....

    BalasHapus
  11. Awalnya ngeblog tahun 2009 sekedar ikut-ikutan bisnis. Uplinenya punya blog untuk promosi downline juga menduplikasi...hehehe namun seiring waktu berjalan ngeblog sarana terapi hati mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisnisnya saat ini msh diterusin gak Mbak? Nah...bener tuh Mbak, ngeblog sbg sarana terapi hati.. Dng ngeblog selain bisa menuangkan ide2 juga kita bisa mendapatkan byk teman di sini... Sebagai ajang silaturahmi krn kita dikelilingi byk sekali teman..

      Hapus
  12. Wah mbak kita agak mirip juga ya ... artikel saya dulu pernah di muat di harian pagi dan sore di Jakarta ... waktu itu saya kaget honor yang saya terima dari redaksi koran tsb. ... jadilah ketagihan mengirim tulisan ke koran dan majalah.Tapi ya itu, penulis pemula mana laku terus menerus. Karena sudah mulai sibuk di tempat 'lumayan basah di PNS saya beralih nulis di blogger ...itupun cuman sebentar ... hiatus deh ,,,nah, kini mencoba kembali ke habitat lama ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah...sama nih...blogger nyambi jadi PNS..hehe.. Honor pertama aku wkt msh SMP.. Saat itu aku nulis di Gadis..dpt honor 15rb.. Senengnya bukan kepalang.. Uang itu langsung kubelukan 2 lembar kemeja... Rasanya gimana gitu pakai keneja hasil jerih payah nulis...

      Hapus
  13. rapi sekali ya sis tulisannya butuh berapa hari ya bisa nulis sampai panjang kek gitu, aku aja ngeblog yang penting ada artikel yang aq share.. hehe bisa jadi teman pelipur lara, dan nambah teman dan pengetahuan ya ngeblog itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @kiki: sebetulnya sih klu sdg mood gak butuh waktu lama buat nulis spt itu.. Begitu ada tema, ada mood, langsung deh jadi tulisannya...

      Hapus
  14. kalau aku sih emang hobi banget dulu ngeblogging sis, gara2 ada tugas dari kuliah jadinya sampek sekarang aku kembangin lagi jadi lahan bisnis deh blogku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @rahmat: wah...enak dong blog-nya berkembang jadi lahan bisnis... Maunya aku sih spt itu juga...kali2 aja ada perusahaan brand tertentu yg melirik blogku minta direview produknya...hehe..

      Hapus
  15. Ngeblog itu asyik, ya, Mak. dapat banyak manfaat dan jaringan perkawanan. Dan soal kompetisi, aduh, bukan cuma Mak saja yang keder, saya juga, hihi.
    Tetap semangat, Mak. yang penting usaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mak...rasanya kita punya byk teman walau blm pernah aekalupun jumpa...itu salah satu untungnya aktif ngeblog... Mak Rohyati masih suka keder juga ya dgn blogger yg udah punya nama? Hehe...kita sama ya Mak?

      Hapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...