IKLAN

Kamis, 28 Agustus 2014

Memilih gadget keren dan konten menarik

Suatu hari aku dibuat terkejut ketika keponakanku "Raffy" usia 4 tahun sedang mengutak-atik ponsel milik mamanya. Karena takut dia merusak ponsel itu lalu akupun menegurnya,"Raffy jangan utak-atik ponsel mamamu...nanti rusak lho tak bisa dipakai mama nelpon." tegurku. 


"Raffy cuma pakai untuk main game Bunda...," jelasnya. Bocah kecil itu kembali asyik tenggelam dengan game permainan  yang ada di ponsel mamanya. Lalu aku dekati bocah itu dan mengamati cara Raffy mengoperasikan aplikasi game yang ada di gadget. Ternyata dia mahir sekali memainkan game. Disatu sisi aku bersyukur bahwa anak sekecil itu sudah mahir menggunakan gadget. Aku saja yang segede ini tak mahir menggunakan gadget canggih seperti yang dipegang Raffy. Artinya biar dia masih kecil tapi sudah melek teknologi ya?

Bagi anak usia 4 tahun seperti Raffy mungkin yang menarik dari sebuah gadget adalah game permainannya ya? Lihat saja koleksi aplikasi game yang diunduhnya lewat ponsel mamanya, ada sepuluh aplikasi game lho. Awalnya aku tak percaya bila dia sudah pintar mengunduh aplikasi itu. Ketika Raffy menunjukkan caranya barulah aku percaya. Ck..ck..ck... anak segede ini sudah melek teknologi, bagaimana kalau dia besar nanti ya? Benakku langsung menilai bahwa bocah itu adalah bocah cerdas. "Tunggu sebentar Bunda....sekarang sedang loading...! Nanti kalau keluar tanda seperti ini barulah bisa mainkan gamennya," katanya sok ngajarin. Hmmm....anak segini ngerti apa yang dimaksud loading dan bisa menjelaskannya pula... Ck..ck..ck..., aku kembali berdecak kagum

Sekarang bandingkan dengan orang dewasa seperti kita-kita ini, gadget seperti apa sih yang kita butuhkan? Kalau aku lebih memilih gadget yang harganya terjangkau namun memuat konten-konten menarik sebagai penunjang pekerjaan. Kadang-kadang aku membutuhkan informasi yang mesti kucari lewat internet. Masalahnya kalau sedang berada di kantor aku tinggal buka laptop lalu  browsing. Nah saat berada di luar kantor apa mesti nenteng-nenteng laptop kemana-mana? Tidak mungkin kan? Jalan keluarnya bawa ponsel saja. Bentuknya yang bisa digenggam memungkinkan kita leluasa membawanya kemana-mana dan praktis lagi. 

Tak semua orang sama kebutuhannya akan gadget atau ponsel. Seperti Dewi rekan kerjaku, lebih memilih gadget canggih yang berbasis android. Menurutnya sih, kelebihan gadget android yang dimilikinya itu adalah memiliki fitur-fitur istimewa Salah satu kelebihan istimewa tersebut yaitu banyak terdapat aplikasi baik software maupun game yang bisa dinikmati baik berbayar maupun gratis. Jenis gadget android yang dimiliki si Dewi itu tampilan sangat menarik dan elegant. Selain itu dilengkapi dengan notifikasi yang bisa melaporkan adanya sms, YM dari FB, email ataupun artikel dari RSS Reader. Gadget ini juga bersifat multitasking yang memungkinkan penggunanya untuk menjalankan bernagai aplikasi sekaligus. Hebat bukan? Nah....kelemahan gadget android seperti ini baterenya cepat habis karena boros serta koneksi internet yang mahal karena koneksitas internet yang cepat.

Menyikapi perkembangan teknologi komunikasi saat ini, gadget yang mana sih yang benar-benar kita butuhkan? Apakah kita membeli gadget karena konten yang menarik dan sesuai kebutuhan ataukah hanya karena nilai jualnya yang tinggi dan tampilan kerennya semata?  Kalau aku sih pilih kedua-duanya yaitu gadget keren namun memiliki konten yang bagus. Jelas gadget seperti ini harganya cukup tinggi ya? Namun harga yang tinggi bila kita mendapatkan konten bagus dan sesuai dengan kebutuhan pastilah persoalan harga tadi luntur dong! Dengan kondisi saat ini dimana kita berada dalam era digital bagaimanapun memiliki gadget dengan konten bagus adalah suatu kebutuhan. 

Perkembangan teknologi saat ini banyak sekali beredar di pasaran jenis gadget yang sudah dibundling dengan konten menarik. Sebut saja Syaamil Tabz dan Syaamil Note yang diproduksi Sygma Creative Media Corporation (perusahaan penerbit Al-Quran). Syaamil Tabz dan Syaamil Note dilengkapi dengan aplikasi built in Islami lengkap yang memungkinkan pemilik gadget muslim dapat memenuhi kebutuhan ibadahnya.  Konten yang terdapat dalam gadget ini dibuat dan didesain sedemikian rupa agar bisa melakukan ibadah harian seperti  shalat, zikir dan doa. Dilengkapi juga konten ramah bagi anak-anak yaitu game interaktif yang bisa interaktif tanya jawab tentang keIslaman.

Jadi, pilihlah gadget keren dan memiliki konten menarik sebagai penunjang aktifitas sehari-hari. Dalam kondisi yang semakin mobile saat ini janganlah kita melupakan hal yang paling hakiki dalam hidup, yaitu agama. Perkuat keimanan kita dengan menjalankan ibadah. Bersama Syaamil Tabz dan Syaamil Note insyaAllah terjadi keseimbangan dalam hidup, yaitu tercukupinya kebutuhan jasmani dan terpenuhinya kebutuhan rohani.  Semoga dengan beragamnya kecanggihan teknologi komunikasi saat ini akan menambah kualitas ibadah kita menjadi lebih baik.

Syaamil Tabz

http://www.syaamilquran.com/syaamil-tabz-tablet-dengan-content-aplikasi-super-lengkap.html

Referensi:
www.syaamilquran.com/produk/syaamil-digital/syaamil-tabz
www.tasik-membara.blogspot.com/2013/02/kelebihan-dan-kekurangan-os-android-2013.htm?m=1



Artikel ini diikutsertakan pada Lomba Blog #PameranBukuBdg2014
bersama IKAPI Jabar dan Syaamil Quran
Hari Ketiga, 27 Agustus 2014

http://www.syaamilquran.com/lomba-blog-pameranbukubdg2014-bersama-ikapi-jabar-dan-syaamil-quran.html

12 komentar:

  1. Jaman sekarang hidup serasa lebih mudah karena IT memberika dukungan yang luar biasa. Kini, membaca Al Quran juga bisa dari gadget.
    Terima kasih ulasanya yang iformatif
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Pakde....dukungan teknologi komunikasi membuka kesempatan bagi kita pengguna gadget utk lebih pintar karena adanya konten menarik dan kaya manfaat.. Makasih atas kunjungannya Pakde...

      Hapus
  2. yah bener sekali tu mbak, anak kecil sekarang lebih pandai soal game apalagi game online, tidak seperti saya dulu mainnya cuma kelereng, petak umpet dan karet. itupun sudah wah dan sangat gembira karena dimainkan bersama -sama dengan kawan. tapi kayaknya permainan anak yang dulu sudah luntur dan menghilang. kalau saya sendiri untuk gadget yang penting menunjang pekerjaan saya nerima email itu sudah cukup.

    BalasHapus
  3. saya jadi makin penasaran sama konten syamil tab mbk hehe

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Kita sama2 mau Syaamil Tabz ya Mak...hehe...

      Hapus
  5. saya suka syaamil tabznya mak... kereen,, suka sekali dan kedua-duanya penting :D semoga beruntung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayukk Mak Aida ikutan lombanya biar dpt Syaamil Tabz...

      Hapus
  6. kecanggihan teknologi membuat semuanya terasa lebih mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali Mbak...kita saat ini dimanjakan dgn beragamnya jwnis gadget pintar...semua ini dampak positif perkembangan teknologi komunikasi.. Tinggal kita saja yg hrs bijak menyikapinya dan memanfaatkan gadget itu utk hal2 positif...

      Hapus
  7. Mestinya sekarang gak ada anak/orang yang bodoh ya mbak karena teknologi gadget dan internet sudah sedemikian berkembang. Semua ilmu dan tutorial ada di internet. Yang jadi masalah memang aplikasi-aplikasinya. Apakah mendidik atau tidak. Memang kita sebagai orang tua kudu bijak untuk memilihkan aplikasi tersebut...

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...