IKLAN

Jumat, 29 Agustus 2014

Ragam Al-Quran dan Kemudahan Beribadah



Ketika berkunjung ke sebuah toko buku terkenal di kotaku, aku melihat  beragam jenis Al-Quran dipajang. Aku mengamati satu persatu Al-Quran yang dipajang itu dan beberapa kuraih lalu membuka-buka lembarannya. Hmm...ternyata banyak sekali ragamnya. Misal ukurannya,  mulai dari yang kecil, sedang sampai berukuran besarpun ada. Lalu jenisnyapun beragam pula. Ada Al-Quran yang diterbitkan isinya langsung 30 juz, ada yang per sepuluh jus dan ada yang per juz. Di pajangan lainnya perhatianku tertuju pada Al-Quran digital yang bisa diaplikasikan kedalam komputer. Al-Quran jenis ini dilengkapi dengan pen penunjuk. Sehingga bila pen itu menunjuk pada stau kalimat dalam bahasa Arab, akan keluar suara bacaannya dari perangkat komputer. Semakin canggih dan beragam rupanya jenis Al-Quran saat ini.


Saat ini kita bisa memilih Al-Quran jenis apa yang sesuai kebutuhan. Cukup mendatangi toko buku dan di situ akan terjawab keinginan kita. Tinggal pilih pilih mau beli Al-Quran versi buku atau versi digital, semua tersedia. Bahkan Al-Quran braille untuk penyandang tunanetra juga tersedia. Kalau aku sih lebih nyaman memilih Al-Quran yang ada tajwid blok warna. Ada beberapa kalimat dalam bahasa Arab yang diblok dengan beragam warna. Tulisan bahasa Arab yang diblok warna itu menunjukkan panjang pendeknya bacaan tajwid. Nanti ada keterangannya bila blok warna merah tajwidnya seperti apa, lalu warna biru, hijau, pink juga diberi keterangan serupa. Kata-kata yang diblok warna itu menunjukkan bahwa ada pengucapan dengan tajwid tertentu yang harus diperhatikan. Ketika menemukan Al-Quran jenis ini aku langsung memutuskan untuk membelinya. Alhamdulillah, sejak memiliki Al-Quran tajwid blok warna kegiatan membaca Al-Quran semakin intens.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini banyak dijumpai Al-Quran versi seluler. Beberapa perusahaan membuat inovasi dengan menciptakan telpon genggam dan tablet yang ada konten Al-Quran di dalamnya. Cukup beli gadget jenis tertentu kita sudah bisa menjalankan anjuran agama untuk membaca Al-Quran di manapun berada. Entah itu saat waktu luang di kantor, saat dalam perjalanan atau saat berada dalam antreanpun kita bisa utak-atik gadget dan membaca Al-Quran. Mudah sekali bukan? Ternyata banyak sekali cara untuk memahami agama. Cukup buka gadget lalu kita akan menemukannya, entah itu tafsir Al-Quran, membaca hadist, riwayat rsulullah bahkan membaca Al-Quran juga bisa. Saat ini tak ada lagi alasan untuk mengatakan "Aku nggak bisa baca Al-Quran nih..." atau "Aku nggak punya waktu nih buat privat belajar baca Al-Quran..."  

Ragam jenis Al-Quran yang tersedia saat ini bertujuan untuk mempermudah kegiatan beribadah, dalam hal ini adalah membaca Al-Quran. Kemudahan itu semakin terjawab ketika di pasaran ada perusahaan mengeluarkan produk Syaamil Tabz. dan Syaamil Note. Jeni Alp-Quran seperti ini memberikan panduan dalam beribadah.  Produk Syaamil Tabz ini dilengkapi dengan aplikasi lengkap dan memiliki keunggulan. Nah....ternyata kini beribadah itu mudah bukan? Akupun tertarik dengan Al-Quran jenis ini. Mudah-mudahan kalau ada rejeki insyaAllah ingin memilikinya. Siapa tahu dapatnya dari mengikuti lomba blog Syaamil Quran ini ya?

Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog #PameranBukuBdg2014
bersama IKAPI Jabar dan Syaamil Quran
Hari ke-4 tanggal 28 Agustus 2014

http://www.syaamilquran.com/lomba-blog-pameranbukubdg2014-bersama-ikapi-jabar-dan-syaamil-quran.html

8 komentar:

  1. kereeeen mak, pengen banget punya Al-Qur'an Tabz nya hehehehe :D

    BalasHapus
  2. Ayo mak Aida... ikutan lomba blog Syaamil Quran ...siapa tahu dpt Al-Quran Tabz lho...

    BalasHapus
  3. Wah jd pnasaran sm al qur'an tab..msh yg biasa yg saya pake :)

    BalasHapus
  4. Aku juga masih pake gadget yg biasa Mak HM Zwan.. Kalo buruh info seputar Al-Quran mesti bromwing dulu trus di pin... Kalo pny jenis terbaru spt Syaamil Tabz gak perlu lg browsing2 ken kontennya sdh teraplikasi slm gadger itu...

    BalasHapus
  5. sekarang udah canggih..., tapi aku masih pake qur'an yang biasa.... Ada sih aplikasinya di HP ,walau hp jadul.... Tapi lebih enak yang biasa... Atau karena blm punya yang lebih keren ya... Hi2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong denganku Mbak... aku belum punya yang digital seperti yg ada di tabz atau note... pengen punya biar bisa dibawa kemana2 tanpa menenteng2 yang versi buku... makasih ya sdh berkunjung...

      Hapus
  6. Udah semakin canggih saja,
    oia salam kenal
    dari
    Pedagang Al Quran Digital Readpen PQ15

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya ya...